Apakah Diperbolehkan Minum Sambil Berdiri?

Gambar

السؤال

هل يجوز الشرب واقفاً؟
Apakah diperbolehkan minum sambil berdiri?

الإجابــة

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

فقد أخرج مسلم في صحيحه عن أنس بن مالك رضي الله تعالى عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم: “زجر عن الشرب قائماً”.
فهذا الحديث الصحيح صريح في النهي عن الشرب قائماً، ولكن ثبت أيضاً أنه صلى الله عليه وسلم شرب قائماً، ففي الصحيحين عن ابن عباس رضي الله تعالى عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم شرب من زمزم قائماً.
وفي صحيح البخاري أن علي بن أبي طالب رضي الله تعالى عنه أتي على باب الرحبة بماء فشرب قائماً، فقال: إن ناسا يكره أحدهم أن يشرب وهو قائم، وإني رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم فعل كما رأيتموني فعلت.
ورجح المحققون من أهل العلم مثل النووي في شرح صحيح مسلم، وابن القيم في زاد المعاد: أن النهي للكراهة التنزيهية، وإن فعله صلى الله عليه وسلم بيان للجواز عند الحاجة، وهذا هو الصحيح إن شاء الله تعالى.
والله أعلم.
Segala Puji bagi Allah, Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullaah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan kepada para sahabatnya. Amma ba’d :

Al-Imaam Muslim dalam kitab shahihnya telah mengeluarkan sebuah hadits, dari Anas bin Maalik -radhiyallahu Ta’ala ‘anhu-, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang minum sambil berdiri.
Hadits ini shahih dan secara jelas menyatakan pelarangan minum sambil berdiri. Akan tetapi telah tsabat pula bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam meminum sambil berdiri. Seperti yang terdapat dalam shahihain, dari Ibnu ‘Abbaas -radhiyallahu Ta’ala ‘anhuma- bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam meminum air zamzam sambil berdiri.
Dan di dalam Shahiih Bukhaariy, bahwa ‘Aliy bin Abi Thaalib -radhiyallahu Ta’ala ‘anhu- mendatangi pintu Ar-Rahbah kemudian ia minum sambil berdiri, ia berkata, “Sesungguhnya orang-orang tidak menyukai bila salah seorang dari kalian minum sambil berdiri, padahal aku pernah melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam melakukannya sebagaimana kalian melihatku saat ini.”
Muhaqqiq dari para ahli ‘ilmu semisal An-Nawawiy dalam Syarh Shahih Muslim, dan Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad mengomentari hadits-hadits diatas : Sesungguhnya pelarangan tersebut hanya bersifat makruh tanzih (tidak disukai, -pent), dan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri telah melakukannya (minum sambil berdiri, -pent) ketika ada kebutuhan. Inilah yang shahih, insya Allahu Ta’ala.

Allahu a’lam

Sumber : sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s