Hadits “Dunia Terlaknat…Kecuali Dzikrullah dan Orang yang Berilmu…”

Gambar

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ , مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا عَالِمٌ أَوْ مُتَعَلِّمٌ , وَذِكْرُ اللَّهِ وَمَا وَالاهُ

“Dunia itu terlaknat, dan terlaknat juga apa-apa yang ada di dalamnya kecuali orang-orang yang berilmu atau orang yang belajar, dan Dzikrullah juga yang semisalnya.”

Hadits ini diriwayatkan dari beberapa jalur periwayatan :

1. ‘Abdullaah bin Mas’uud -radhiyallahu ‘anhu-

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ سَعِيدٍ الرَّازِيُّ ، ثنا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَبْدِيُّ ، ثنا أَبُو مُطَرِّفٍ الْمُغِيرَةُ بْنُ مُطَرِّفٍ ، ثنا ابْنُ ثَوْبَانَ ، عَنْ عَبْدَةَ بْنِ أَبِي لُبَابَةَ ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ , مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا عَالِمٌ أَوْ مُتَعَلِّمٌ , وَذِكْرُ اللَّهِ وَمَا وَالاهُ “

Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Sa’iid Ar-Raaziy, telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Mu’aadz Al-‘Abdiy, telah menceritakan kepada kami Abu Mutharrif Al-Mughiirah bin Mutharrif, telah menceritakan kepada kami Ibnu Tsaubaan, dari ‘Abdah bin Abu Lubaabah, dari Abu Waa’il, dari ‘Abdullaah (bin Mas’uud), ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dunia itu terlaknat, dan terlaknat juga apa-apa yang ada di dalamnya kecuali orang-orang yang berilmu atau orang yang belajar, dan Dzikrullah juga yang semisalnya.”
[Musnad Asy-Syaamiyyiin no. 163; Mu’jam Al-Ausath no. 4248]

Diriwayatkan pula oleh Al-Bazzaar 4/108 (no. 3310).

Sanad hadits ini lemah karena sebab Abu Mutharrif, Al-Mughiirah bin Mutharrif Al-Waasithiy.
Al-Haitsamiy berkata, “Aku tidak melihat penyebutannya (dalam kitab-kitab rijaal), aku tidak mengenalnya.” [Majma’ Az-Zawaa’id 1/127, 7/267].
Al-Bazzaar berkata, “Al-Mughiirah bin Al-Mutharrif, kami tidak mengetahui seorangpun yang menguatkan riwayatnya ini.” [Al-Bahr 5/145].
Adz-Dzahabiy berkata, “Lemah.” [Al-Muqtana fi Sard Al-Kunaa 2/81 no. 5813].
Al-Albaaniy berkata, “Tidak ma’ruuf dalam kitab-kitab rijaal.” [Silsilah Ash-Shahiihah no. 2797]

Dan sanad ini mempunyai cacat yaitu maqlub, oleh karena itu ia lemah lagi mungkar. Ad-Daaruquthniy berkata dalam kitab ‘Ilal :

وسئل عن حديث شقيق عن عبد الله عن النبي صلى الله عليه وسلم : الدنيا ملعونة ملعون ما فيها إلا عالم أو متعلم وذكر الله.
فقال : يرويه عبد الرحمن بن ثابت بن ثوبان واختلف عنه فرواه أبو المطرف مغيرة بن مطرف عن ابن ثوبان عن عبدة بن أبي لبابة عن شقيق عن عبد الله.
وهذا إسناد مقلوب وإنما رواه ابن ثوبان عن عطاء بن قرة عن عبد الله بن ضمرة عن أبي هريرة . وهو الصحيح اهـ

Aku ditanya mengenai hadits Syaqiiq (Abu Waa’il, -pent), dari ‘Abdullaah, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, “….(Al-Hadits)”, maka aku berkata, “Diriwayatkan oleh ‘Abdurrahman bin Tsaabit bin Tsaubaan dan diperselisihkan darinya dalam periwayatan Abul Mutharrif Mughiirah bin Mutharrif dari Ibnu Tsaubaan, dari ‘Abdah bin Abu Lubaabah, dari Syaqiiq, dari ‘Abdullaah. Sanad ini maqlub, akan tetapi yang benar Ibnu Tsaubaan meriwayatkan dari ‘Athaa’ bin Qurrah, dari ‘Abdullaah bin Dhamrah, dari Abu Hurairah. Inilah yang shahiih. Selesai.
[Al-‘Ilal Ad-Daaruquthniy 5/89]

2. Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu-

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ الْمُكْتِبُ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ ثَابِتٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ ثَابِتِ بْنِ ثَوْبَانَ قَال سَمِعْتُ عَطَاءَ بْنَ قُرَّةَ قَال سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ ضَمْرَةَ قَال سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَلَا إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلَّا ذِكْرُ اللَّهِ وَمَا وَالَاهُ وَعَالِمٌ أَوْ مُتَعَلِّمٌ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Haatim Al-Muktib, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Tsaabit, telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Tsaabit bin Tsaubaan, ia berkata, aku mendengar ‘Athaa’ bin Qurrah berkata, aku mendengar ‘Abdullaah bin Dhamrah berkata, aku mendengar Abu Hurairah berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Ketahuilah, dunia itu terlaknat dan terlaknat juga apa-apa yang ada di dalamnya, kecuali dzikir kepada Allah dan apa yang semisalnya, dan orang yang berilmu atau orang yang belajar.” Abu ‘Isaa berkata, “Hadits ini hasan gharib.”
[Jaami’ At-Tirmidziy no. 2322]

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Maajah, Sunan (no. 4112); Ibnu Abi ‘Aashim, Az-Zuhd (no. 126), Ibnu ‘Abdil Barr, Jaami’ul Bayaan (no. 135).

Lebih tepatnya, sanad hadits ini lemah.
– ‘Athaa’ bin Qurrah, Abu Qurrah As-Saluuliy Ad-Dimasyqiy. ‘Aliy bin Al-Madiiniy berkata, “Orang Syam, aku tidak mengetahuinya”, Abu Zur’ah berkata, “Dia termasuk hamba-hamba Allah yang baik”, Ibnu Hibbaan menyebutkan dalam Ats-Tsiqaat. [Tahdziib Al-Kamaal no. 3938]. Catatan : Ta’dil untuk ‘Athaa’ bin Qurrah adalah ta’dil dari sisi kepribadiannya, adapun dalam sisi periwayatan hadits maka ia tidak diketahui seperti perkataan Ibnul Madiiniy, oleh karena itu hadits-haditsnya membutuhkan mutaba’at atau syaahid agar naik ke derajat hasan.

– ‘Abdullaah bin Dhamrah As-Saluuliy, Al-Bukhaariy berkata, “Berkata Ibnul Madiiniy, dia saudara ‘Aashim bin Dhamrah, tak teranggap di sisi kami”, Ibnu Hibbaan menyebutkan dalam Ats-Tsiqaat, Al-‘Ijliy berkata, “Orang Kufah, tabi’in tsiqah”. [Tahdziibut Tahdziib 5/266 no. 457]. Catatan : Ibnu Hibbaan dan Al-‘Ijliy termasuk ulama yang tasahul (bermudah-mudahan) dalam tautsiq terhadap para perawi majhuul dan tautsiq mereka membutuhkan penguat dari ulama-ulama yang mendahului atau sezaman dengan mereka. Dalam hal ini, Ibnul Madiiniy malah mengabaikan ‘Abdullaah bin Dhamrah, oleh karena itu yang lebih tepat adalah ‘Abdullaah bin Dhamrah tidak diketahui dan hadits-haditsnya butuh mutaba’at atau syaahid. Allaahu a’lam.

*) Sanad Al-Baihaqiy dalam Syu’ab Al-Iimaan (no. 1578) menyebutkan Ibnu Tsaubaan yang juga meriwayatkan hadits ini dari ayahnya dari ‘Athaa’ bin Qurrah :

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي طَاهِرٍ الدَّقَّاقُ ، بِبَغْدَادَ ، أنا أَحْمَدُ بْنُ سَلْمَانَ الْفَقِيهُ ، ثنا هِلالُ بْنُ الْعَلاءِ الرَّقِّيُّ ، ثنا عَلِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ الرَّقِّيُّ الْعَطَّارُ ، ثنا أَبُو خُلَيْدٍ الدِّمَشْقِيُّ ، عَنِ ابْنِ ثَوْبَانَ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ قُرَّةَ ، عَنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ ضَمْرَةَ السَّلُولِيِّ ، ثنا أَبُو هُرَيْرَةَ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، يَقُولُ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ ، مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا ذِكْرَ اللَّهِ ، وَعَالِمًا ، أَوْ مُتَعَلِّمًا “

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Ahmad bin Abu Thaahir Ad-Daqqaaq di Baghdaad, telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Salmaan Al-Faqiih, telah menceritakan kepada kami Hilaal bin Al-‘Alaa’ Ar-Raqqiy, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Maimuun Ar-Raqqiy Al-‘Aththaar, telah menceritakan kepada kami Abu Khulaid Ad-Dimasyqiy, dari Ibnu Tsaubaan, dari Ayahnya, dari ‘Athaa’ bin Qurrah, dari ‘Abdullaah bin Dhamrah As-Saluuliy, telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah, ia berkata,… (Al-Hadits).

Muhaqqiq kitab Syu’ab Al-Iimaan berkata bahwa ini kesalahan dari naskah kitab, kemungkinan yang dimaksud adalah dari Ayahnya dan dari ‘Athaa’. Allaahu a’lam.

Ibnu Tsaubaan dalam jalan periwayatannya dari ‘Athaa’ bin Qurrah mempunyai mutaba’at dari :

A. Sufyaan Ats-Tsauriy

أَنْبَأَنَا الْحَرِيرِيُّ ، قَالَ : أَنْبَأَنَا الْعُشَارِيُّ ، قَالَ : نا الدَّارَقُطْنِيُّ ، قَالَ : نا الْحَسَنُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ الْمَجِيدِ ، قَالَ : نا سَلَمَةُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ مُجَاشِعٍ ، قَالَ : نا خَالِدُ بْنُ يَزِيدَ ، قَالَ : نا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ قُرَّةَ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ ضَمْرَةَ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ وَمَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا ذِكْرَ اللَّهِ أَوْ عَالِمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا

Telah memberitakan kepada kami Al-Hariiry, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Al-‘Usyaariy, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Ad-Daaruquthniy, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Al-Hasan bin Ibraahiim bin ‘Abdul Majiid, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Salamah bin Ahmad bin Mujaasyi’, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Khaalid bin Yaziid, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Sufyaan Ats-Tsauriy, dari ‘Athaa’ bin Qurrah, dari ‘Abdullaah bin Dhamrah, dari Abu Hurairah, ia berkata, …. (Al-Hadiits).
[Al-‘Ilal Al-Mutanaahiyah no. 1330]. Ibnul Jauziy berkata, “Khaalid bin Yaziid Al-‘Adawiy tafarrud didalamnya. Ibnu ‘Adiy berkata bahwa haditsnya tidak mempunyai mutaba’at.”

Sanad hadits ini mungkar.
– Khaalid bin Yaziid Abul Haitsam atau Abul Waliid Al-‘Umariy Al-Makkiy atau Al-‘Adawiy.
Ibnu ‘Adiy berkata, “Hadits-haditsnya yang diriwayatkan dari Ats-Tsauriy, Ibnu Abi Dzi’b dan yang lainnya termasuk hadits mungkar.” [Al-Kaamil 3/435].
Ibnu Hibbaan berkata, “Munkarul hadits jiddan.” [Al-Majruuhiin hal. 284].
Adz-Dzahabiy berkata, “Didustakan oleh Abu Haatim dan Yahyaa (bin Ma’iin), lemah lagi mungkar.” [Miizaan Al-I’tidaal 2/432; Al-Mughniy 1/303].
Ibnul Jauziy berkata, “Dia menceritakan hal-hal yang tidak ada asal-usulnya dari orang-orang tsiqah.” [Adh-Dhu’afaa’ wal Matruukiin 1/202].

– Salamah bin Ahmad bin Mujaasyi’ As-Samarqandiy, meriwayatkan dari Khaalid bin Yaziid Al-‘Umariy, pemilik riwayat-riwayat mungkar. [Al-Mughniy 1/394].

B. Wuhaib bin Al-Ward

أَخْبَرَنَا الإِمَامُ أَبُو عَلِيٍّ الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْقَاضِي ، أَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ هَارُونَ الطَّيْسَفُونِيُّ ، أَنَا أَبُو الْحَسَنِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ التُّرَابِيُّ ، أَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُمَرَ بْنِ بِسْطَامٍ ، أَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَيَّارٍ الْقُرَشِيُّ ، نا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ ، نا الْخُنَيْسِيُّ وَهُوَ مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ بْنِ خُنَيْسٍ ، عَنْ وُهَيْبِ بْنِ الْوَرْدِ الْعَابِدِ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ قُرَّةَ السَّلُولِيِّ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ ضَمْرَةَ ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا ، إِلا ذِكْرَ اللَّهِ أَوْ مُعَلِّمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا “

Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Imaam Abu ‘Aliy Al-Husain bin Muhammad Al-Qaadhiy, telah mengkhabarkan kepada kami Abul ‘Abbaas ‘Abdullaah bin Muhammad bin Haaruun Ath-Thaisafuniy, telah mengkhabarkan kepada kami Abul Hasan Muhammad bin Ahmad At-Turaabiy, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Muhammad bin ‘Umar bin Bisthaam, telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Sayyaar Al-Qurasyiy, telah mengkhabarkan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Khunaisiy -dia adalah Muhammad bin Yaziid bin Khunais-, dari Wuhaib bin Al-Ward Al-‘Aabid, dari ‘Athaa’ bin Qurrah As-Saluuliy, dari ‘Abdullaah bin Dhamrah, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “….(Al-Hadits)”
[Syarhus Sunnah Al-Baghawiy no. 4026]

Sanad hadits ini mursal. Tidak disebutkan nama Abu Hurairah di dalamnya.
Wuhaib bin Al-Ward, Abu Umayyah atau Abu ‘Utsmaan Al-Makkiy maula Bani Makhzuum, seorang yang tsiqah ‘aabid. [Taqriib At-Tahdziib no. 7489]

Sedangkan ‘Athaa’ bin Qurrah dalam jalan periwayatannya dari ‘Abdullaah bin Dhamrah mempunyai mutaba’at dari :

A. Tsaabit bin Tsaubaan -Ayah Ibnu Tsaubaan-

أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ يَمَانٍ عَنْ ابْنِ ثَوْبَانَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ ضَمْرَةَ عَنْ كَعْبٍ قَالَ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلَّا مُتَعَلِّمَ خَيْرٍ أَوْ مُعَلِّمَهُ

Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullaah bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Ibnu Yamaan, dari Ibnu Tsaubaan, dari Ayahnya, dari ‘Abdullaah bin Dhamrah, dari Ka’b (Al-Ahbar, -pent), ia berkata, “Dunia itu terkutuk, terkutuk pula apa yang ada di dalamnya, kecuali para pencari kebaikan atau para pengajarnya.”
[Sunan Ad-Daarimiy no. 322]

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Abi Syaibah, Al-Mushannaf (13/354).

Sanad hadits ini keliru dan ada kemungkinan berasal dari kekeliruan (wahm) Ibnu Yamaan.
Ibnu Yamaan adalah Yahyaa bin Yamaan Abu Zakariyaa Al-‘Ijliy Al-Kuufiy. Seorang yang shaduuq ‘aabid, banyak salah dan hafalannya bercampur. [Taqriib At-Tahdziib no. 7679].

Berkata Ad-Daaruquthniy :

خالفه يحيى بن اليمان، رواه عن ابن ثوبان، عن أبيه، عن عبد الله بن ضمرة ، عن كعب، قوله وهو وهم، وقيل عن ابن ثوبان، عن عبدة بن أبي لبابة، عن أبي وائل ولا يصح

Yahyaa bin Al-Yamaan menyelisihi (yaitu) yang dia riwayatkan dari Ibnu Tsaubaan, dari Ayahnya, dari ‘Abdullaah bin Dhamrah, dari Ka’b, perkataannya, dan ini keliru. Lalu dikatakan dari Ibnu Tsaubaan, dari ‘Abdah bin Abu Lubaabah, dari Abu Waa’il dan ini tidak shahih.
[Al-‘Ilal Ad-Daaruquthniy 11/44].

Kesimpulan : jalur periwayatan Abu Hurairah tetap dalam kelemahannya karena hadits-hadits yang berfungsi sebagai penguat tidak bisa mengangkatnya ke derajat hasan.

3. Jaabir bin ‘Abdullaah -radhiyallahu ‘anhuma-

نا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْوَلِيدِ ، نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْجَرَّاحِ الْقُهُسْتَانِيُّ ، نا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عَمْرٍو ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ ، عَنِ ابْنِ الْمُنْكَدِرِ ، عَنْ جَابِرٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ ، مَلْعُونٌ مَا كَانَ فِيهَا إِلا مَا كَانَ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ

Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin Al-Waliid, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullaah bin Al-Jarraah Al-Quhustaaniy, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul Malik bin ‘Amr, dari Sufyaan Ats-Tsauriy, dari Ibnul Munkadir, dari Jaabir, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dunia itu terlaknat, terlaknat pula apa yang terdapat didalamnya kecuali apa yang berasal dari Dzikrullah.”
[Mu’jam Ibnul A’raabiy no. 977, 1069; Az-Zuhd wa Shifatuz Zaahidiin no. 65]

Diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy, Hilyatul Auliyaa’ (3/157, 7/91); Al-Baihaqiy, Az-Zuhd Al-Kabiir (no. 253), Syu’ab Al-Iimaan (7/341); Abu Thaahir As-Silafiy, Mu’jam As-Safar (no. 1047).

Sanad hadits ini keliru. Yang benar, hadits ini adalah hadits mursal. Ibnu Abi Haatim berkata :

وَسألت أبي عَنْ حديث رَوَاهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْجَرَّاحِ الْقَهْسَتَانِيُّ ، عَنْ أَبِي عَامِرٍ الْعَقَدِيِّ ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا مَا كَانَ مِنْهَا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ” . سَمِعْتُ أَبِي يَقُولُ : هَذَا خَطَأٌ ، إِنَّمَا هُوَ مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Aku bertanya kepada Ayahku mengenai hadits yang diriwayatkan ‘Abdullaah bin Al-Jarraah Al-Quhustaaniy, dari Abu ‘Aamir Al-‘Aqadiy, dari Sufyaan Ats-Tsauriy, dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Jaabir bin ‘Abdullaah, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “…..(Al-Hadits)”. Ibnu Abi Haatim berkata, aku mendengar Ayahku mengatakan, “Ini keliru, sesungguhnya yang benar dari Muhammad bin Al-Munkadir, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam.”
[Al-‘Ilal Ibnu Abi Haatim no. 1863]

Dan seperti itulah yang disebutkan Ahmad bin Hanbal dalam kitab Zuhd no. 153 secara mursal :

حَدَّثَنَا يَحْيَى ، عَنْ سُفْيَانَ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا مَا كَانَ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ “

Telah menceritakan kepadaku Yahyaa, dari Sufyaan, dari Muhammad bin Al-Munkadir, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “….” (Al-Hadits).

4. Abu Sa’iid Al-Khudriy -radhiyallahu ‘anhu-

قَرَأْتُ عَلَى أَبِي بَكْرٍ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ , أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ أَبِي دُلَيْمٍ ، حَدَّثَهُمْ ، نا مُحَمَّدُ بْنُ وَضَّاحٍ ، ثنا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ حَبِيبٍ الْمِصِّيصِيُّ ، ثنا ابْنُ الْمُبَارَكِ ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ ، مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا مَا كَانَ فِيهَا مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ ، وَالْعَالِمُ وَالْمُتَعَلِّمُ شَرِيكَانِ فِي الأَجْرِ ، وَسَائِرُ النَّاسِ هَمَجٌ لا خَيْرَ فِيهِمْ “

Aku membaca di hadapan Abu Bakr Yahyaa bin ‘Abdurrahman, bahwa Muhammad bin Abu Dulaim menceritakan kepada mereka, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Wadhdhaah, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Malik bin Habiib Al-Mishshiishiy, telah menceritakan kepada kami Ibnul Mubaarak, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Abu Sa’iid Al-Khudriy, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dunia itu terlaknat dan terlaknat pula apa-apa yang terdapat di dalamnya kecuali yang berasal dari Dzikrullah, kemudian orang yang berilmu dan orang yang belajar, keduanya adalah teman dalam mencari pahala. Dan orang-orang yang kejam tidak akan ada kebaikan dalam diri mereka.”
[Jaami’ul Bayaan Al-‘Ilmi wa Fadhlihi 1/27]

Sanadnya lemah karena inqitha’ Khaalid bin Ma’daan dari Abu Sa’iid Al-Khudriy. Khaalid bin Ma’daan Ibnu Abi Karb, Abu ‘Abdillaah Al-Kalaa’iy Al-Himshiy. Seorang yang tsiqah, ahli ibadah namun banyak memursalkan riwayat [Taqriib At-Tahdziib no. 1678].

Ibnu ‘Abdil Barr berkata, “Seperti inilah yang diriwayatkan ‘Abdul Malik bin Habiib Al-Mishshiishiy, dari Ibnul Mubaarak secara musnad. Dan telah diriwayatkan oleh ‘Abdaan -dia adalah ‘Abdullaah bin ‘Utsmaan-, dari Ibnul Mubaarak, dari Tsaur, dari Khaalid bin Ma’daan, mauquf dari perkataan Abud Dardaa’. (Keterangannya akan datang nanti, insya Allah).

5. Abud Dardaa’ -radhiyallahu ‘anhu-

Sanad dari Abud Dardaa’ diriwayatkan dari beberapa jalur :

A. Abu ‘Ubaidillaah Muslim bin Misykam

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَوْفٍ ، أَخْبَرَنَا مُوسَى بْنُ أَيُّوبَ النَّصِيبِيُّ ، أَخْبَرَنَا خِدَاشُ بْنُ مُهَاجِرٍ ، عَنِ ابْنِ جَابِرٍ ، عَنْ أَبِي عُبَيْدِ اللَّهِ مُسْلِمِ بْنِ مِشْكَمٍ ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ , قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ ، مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا مَا ابْتُغِيَ بِهِ وَجْهُ اللَّهِ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Auf, telah mengkhabarkan kepada kami Muusaa bin Ayyuub An-Nashiibiy, telah mengkhabarkan kepada kami Khidaasy bin Muhaajir, dari Ibnu Jaabir, dari Abu ‘Ubaidillaah Muslim bin Misykam, dari Abud Dardaa’, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dunia itu terkutuk dan terkutuk pula apa yang ada di dalamnya kecuali apa yang diniatkan untuk mencari wajah Allah.”
[Az-Zuhd Ibnu Abi ‘Aashim no. 127]

Diriwayatkan pula oleh Ath-Thabaraaniy, Musnad Asy-Syaamiyyiin (no. 612).

Sanad hadits ini lemah.
Al-Haitsamiy berkata, “Di dalam sanadnya ada Khidaasy bin Al-Muhaajir, aku tidak mengenalnya. Perawi sisanya adalah orang-orang tsiqah.” [Majma’ Az-Zawaa’id 10/225].
Adz-Dzahabiy berkata, “Tidak dikenal, akan tetapi haditsnya lurus (mustaqim).” [Miizaan Al-I’tidaal 2/438].

B. Sa’d bin Tamiim

حدثنا عفان قال حدثنا وهيب قال حدثنا موسى بن عقبة قال حدثني بلال بن سعد الكندي عن أبيه عن أبي الدرداء أنه كان إذا ذكر الدنيا قال : إنها ملعونة ملعون ما فيها

Telah menceritakan kepada kami ‘Affaan, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Wuhaib, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muusaa bin ‘Uqbah, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Bilaal bin Sa’d Al-Kindiy, dari Ayahnya, dari Abud Dardaa’, bahwa jika disebutkan dunia di hadapannya (Abud Dardaa’, -pent), maka ia akan berkata, “Dia terlaknat dan terlaknat apa-apa yang ada di dalamnya.”
[Mushannaf Ibnu Abi Syaibah no. 35596]

Diriwayatkan pula oleh Al-Baihaqiy, Syu’ab Al-Iimaan (no. 9948) dengan sanad :

أَخْبَرَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ بْنُ بِشْرَانَ ، نَا الْحُسَيْنُ بْنُ صَفْوَانَ ، نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي الدُّنْيَا ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيسَ الْحَنْظَلِيُّ ، نَا الْمُعَلَّى بْنُ أَسَدٍ الْعَمِّيُّ ، نَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ الْمُخْتَارِ ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ ، حَدَّثَنِي بِلالُ بْنُ سَعْدٍ التَّيْمِيُّ ، عَنْ أَبِيهِ ، أَنَّ أَبَا الدَّرْدَاءِ ، ” ذَكَرَ الدُّنْيَا , فَقَالَ : إِنَّهَا مَلْعُونَةٌ ، مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا مَا كَانَ لِلَّهِ ، أَوْ مَا ابْتُغِيَ بِهِ وَجْهُهُ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Abul Husain bin Bisyraan, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin Shafwaan, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullaah bin Abid Dunyaa, telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Idriis Al-Hanzhaliy (Abu Haatim, -pent), telah mengkhabarkan kepada kami Al-Mu’alla bin Asad Al-‘Ammiy, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul ‘Aziiz bin Al-Mukhtaar, dari Muusaa bin ‘Uqbah, telah menceritakan kepadaku Bilaal bin Sa’d At-Tamiimiy, dari Ayahnya, bahwa Abud Dardaa’ jika disebutkan mengenai dunia,…(Al-Hadits).

Kedua sanad hadits ini mauquf shahih hingga Abud Dardaa’, rijaalnya adalah para perawi tsiqah dan masyhur. Dan kedua sanad ini adalah sanad yang paling jayyid dalam jalan periwayatan Abud Dardaa’.

C. Jubair bin Nufair

حدثنا أبو داود قال : نا ابن السرح ، قال : أنا عبد الله بن وهب ، قال : أخبرني معاوية بن صالح ، عن أبي الزاهرية ، عن جبير بن نفير ، عن أبي الدرداء ، قال : الدنيا ملعونة ، ملعون ما فيها إلا ما كان من ذكر الله ، أو آوى إلى ذكر الله

Telah menceritakan kepada kami Abu Daawud, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu As-Sarh, ia berkata, telah memberitakan kepada kami ‘Abdullaah bin Wahb, ia berkata, telah mengkhabarkan kepadaku Mu’aawiyah bin Shaalih, dari Abu Az-Zaahiriyah, dari Jubair bin Nufair, dari Abud Dardaa’, ia berkata, “Dunia itu terlaknat, terlaknat pula apa yang ada di dalamnya kecuali apa yang berasal dari Dzikrullah, atau yang menuju kepada Dzikrullah.”
[Az-Zuhd Abu Daawud As-Sijistaaniy no. 222]

Sanadnya mauquf hasan.
– Ibnu As-Sarh namanya adalah Ahmad bin ‘Amr bin ‘Abdillaah bin ‘Amr bin As-Sarh, Abu Thaahir Al-Umawiy Al-Mishriy. Imam faaqih negeri Mesir, syaikh Muslim, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, Ibnu Maajah dan yang lainnya. [Siyar A’laam An-Nubalaa’ 12/62]

– Abu Az-Zaahiriyah namanya adalah Hudair bin Kuraib Al-Himshiy, ulama negeri Syaam. Seorang yang shaduuq. [Taqriib At-Tahdziib no. 1153].

D. Khaalid bin Ma’daan

حَدَّثَنَا أَبُو عُتْبَةَ ، ثنا بَقِيَّةُ ، ثنا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ ، قَالَ : ” الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا ، إِلا ذِكْرَ اللَّهِ وَمَا أَدَّى إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ ، وَالْعَالِمُ وَالْمُتَعَلِّمُ شَرِيكَانِ فِي الأَجْرِ ، وَسَائِرُ النَّاسِ هَمَجٌ لا خَيْرَ فِيهِمْ “

Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Utbah, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Abud Dardaa’, ia berkata, “Dunia itu terkutuk, terkutuk pula apa yang ada di dalamnya, kecuali Dzikrullah dan apa yang menuju kepadanya, kemudian orang yang berilmu dan orang yang belajar, keduanya adalah teman dalam mencari pahala. Dan diluar mereka adalah orang-orang kejam yang tidak ada kebaikan dalam diri mereka.”
[Juuz Ats-Tsaalits min Hadiits Abul ‘Abbaas Al-Asham no. 29]

Diriwayatkan pula oleh Ahmad, Az-Zuhd (no. 136); Ibnul A’raabiy, Az-Zuhd (no. 68); Ibnu ‘Abid Dunyaa, Az-Zuhd (no. 243); Ibnul Mubaarak, Az-Zuhd (no. 543); Al-Aajurriy, Akhlaaq Al-‘Ulamaa’ (hal. 42).

Sanad hadits ini lemah karena inqitha’ Khaalid bin Ma’daan dari Abud Dardaa’.
Ahmad berkata bahwa Khaalid tidak mendengar dari Abud Dardaa’ [Tahdziibut Tahdziib no. 2222].

6. Yusr khadim Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam

حدثني حمكان بن علي بن حمكان أبو البقاء المرندي الواعظ بتبريز لفظا قال أخبرنا أبو المحاسن عبد العزيز بن علي بن يحيى أبنا والدي الشيخ الفقيه أبو الحسين علي بن يحيى ثنا الشيخ الزاهد أبو علي الحسن بن خارجة قال سمعت يسرا خادم رسول الله صلى الله عليه وسلم بمصر وكان موضوعا بين قطن مندوف وله من العمر ثلاث مئة سنين بدعاء النبي صلى الله عليه وسلم يقول سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : الدنيا ملعونة ملعون ما فيها إلا ذكر الله ومن أوى إلى ذكر الله تعالى

Telah menceritakan kepadaku Hamakaan bin ‘Aliy bin Hamakaan Abul Baqaa’ Al-Marandiy Al-Waa’izh di Tabriz dengan lafazh, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Abul Muhaasin ‘Abdul ‘Aziiz bin ‘Aliy bin Yahyaa, -putra Asy-Syaikh Al-Faqiih Abul Husain ‘Aliy bin Yahyaa-, telah menceritakan kepada kami Asy-Syaikh Az-Zaahid Abu ‘Aliy Al-Hasan bin Khaarijah, ia berkata, aku mendengar Yusra khadim Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam di Mesir -dan dia sedang meletakkan sesuatu diantara lipatan katun yang berumur 300 tahun dengan do’a Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam-, ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata, “….(Al-Hadits)”.
[Mu’jam Asy-Syuyuukh Ibnu ‘Asaakir no. 375]

Sanad hadits ini lemah.
– Al-Hasan bin Khaarijah, (meriwayatkan) dari Yusr khadim Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Tidak tsiqah, tidak ma’mun. [Lisaan Al-Miizaan no. 914]
– Yusr atau Yusra, seorang yang majhuul, tidak dikenal sebagai sahabat Nabi maupun khadim beliau.

Kesimpulan :

Hadits “Dunia itu terlaknat, dan terlaknat juga apa-apa yang ada di dalamnya kecuali orang-orang yang berilmu atau orang yang belajar, dan Dzikrullah juga yang semisalnya,” asalnya adalah hadits lemah, namun ia diriwayatkan dari beberapa jalur periwayatan, yang paling baik adalah dari jalur mauquf Abud Dardaa’ yang jika digabungkan maka dapat mengangkat kelemahan yang ada pada hadits asalnya. Oleh karena itu, hadits ini adalah hadits hasan lighairihi.

Allaahu a’lamu bishawab.
Semoga bermanfaat.

Diselesaikan di :
Ciputat pada Senin, 6 Jumadil Awwal 1434 H atau 18 Maret 2013.

Mengambil faidah dari kitab “Silsilah Ahaadiits Ash-Shahiihah” karya Syaikh Al-Albaaniy, cetakan Maktabah Al-Ma’aarif -dengan beberapa penambahan-.

One thought on “Hadits “Dunia Terlaknat…Kecuali Dzikrullah dan Orang yang Berilmu…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s