Imam Al-Humaidiy -rahimahullah-

Gambar

Namanya adalah ‘Abdullaah bin Az-Zubair bin ‘Iisaa bin ‘Ubaidillaah bin Usaamah bin ‘Abdillaah bin Humaid bin Zuhair bin Al-Haarits bin Asad bin ‘Abdul ‘Uzzaa, Abu Bakr Al-Humaidiy Al-Asadiy Al-Qurasyiy Al-Makkiy. Al-Imaam Al-Haafizh Ats-Tsiqah Al-Faqiih Syaikhul Haram, shaahibul Musnad. Beliau keturunan Asad bin ‘Abdul ‘Uzzaa yang mana bani Asad dinasabkan kepadanya, oleh karena itu beliau masih satu garis keturunan dengan Ummul Mu’miniin Khadiijah binti Khuwailid dan Az-Zubair bin Al-‘Awwaam -radhiyallahu ‘anhuma-.

Tidak disebutkan secara pasti mengenai tahun kelahiran beliau pada kitab-kitab taariikh dan biografi (ada yang menyebutkan beliau lahir tahun 170 H) selain bahwa beliau dilahirkan di Makkah Al-Mukaramah, tumbuh disana dan belajar kepada haafizh dan imam di zamannya, yaitu Sufyaan bin ‘Uyainah, menjadi sahabat dekatnya dan hapal hadits darinya sebanyak 10000 hadits. Kemudian beliau bermulazamah dengan Al-Imaam Asy-Syaafi’iy, menjadi sahabatnya dan menemaninya dalam perjalanan-perjalanannya. Al-Humaidiy ikut rihlah ke Mesir bersama gurunya tersebut hingga akhir hayatnya pada tahun 204 H, kemudian Al-Humaidiy kembali ke Makkah dan menghabiskan sisa umurnya disana.

Guru-guru Beliau

Imam Al-Humaidiy mempunyai banyak guru. Al-Haafizh Al-Mizziy menyebutkan guru-gurunya tersebut, diantaranya adalah, Sufyaan bin ‘Uyainah, Bisyr bin Bakr At-Tuniisiy, Hammaad bin Usaamah, ‘Abdullaah bin Al-Haarits Al-Jumahiy, Abu Shafwaan ‘Abdullaah bin Sa’iid Al-Umawiy, ‘Abdul ‘Aziiz bin ‘Abdush Shamad Al-‘Ammiy, ‘Abdul ‘Aziiz Ad-Daraawardiy, ‘Aliy bin ‘Abdul Hamiid bin Shaifiy, Fudhail bin ‘Iyyaadh, Muhammad bin Idriis Asy-Syaafi’iy, Marwaan bin Mu’aawiyah Al-Fazaariy, Wakii’ bin Al-Jarraah, Al-Waliid bin Muslim, Ya’laa bin ‘Ubaid, Muhammad bin ‘Ubaid Ath-Thanaafisiy, ‘Abdul ‘Aziiz bin Abu Haazim, Ibraahiim bin Sa’d, Abu Dhamrah Anas bin ‘Iyyaadh, ‘Abdullaah bin Rajaa’ Al-Makkiy, ‘Abdurrahman bin Sa’d bin ‘Ammaar Al-Mu’adzin, dan lain-lain. Rahimahumullahu ajma’in.

Murid-murid Beliau

Diantara murid-muridnya yang meriwayatkan hadits darinya, adalah Muhammad bin Ismaa’iil Al-Bukhaariy, Abu Daawud As-Sijistaaniy, Muhammad bin ‘Iisaa At-Tirmidziy, Ibnu Maajah Al-Qazwiiniy, Abu ‘Abdurrahman Ahmad bin Syu’aib An-Nasaa’iy, Muhammad bin Yahyaa Adz-Dzuhliy, Ya’quub bin Syaibah, Ya’quub bin Sufyaan, Abu Haatim Muhammad bin Idriis Ar-Raaziy, Abu Zur’ah ‘Ubaidullaah bin ‘Abdul Kariim Ar-Raaziy, Muhammad bin ‘Aliy bin Maimuun Ar-Raqqiy, Salamah bin Syabiib, Ismaa’iil Al-Ashbahaaniy, Abul Azhar Ahmad bin Al-Azhar An-Naisaabuuriy, Bisyr bin Muusaa Al-Asadiy, ‘Ubaidullaah bin Fadhaalah An-Nasaa’iy, Haaruun Al-Hammaal, Yuusuuf bin Muusaa Al-Qaththaan, dan lain-lain. Rahimahumullahu ajma’in

Pendapat Para Ulama Mengenai Beliau

قال أحمد بن حنبل الحميدي عندنا إمام
Ahmad bin Hanbal berkata, “Al-Humaidiy di sisi kami adalah seorang Imam.”

قال  أبو حاتم : أثبت الناس في ابن عيينة الحميدي وهو رئيس أصحاب ابن عيينة وهو ثقة إمام
Abu Haatim berkata, “Orang yang paling tsabt pada hadits Ibnu ‘Uyainah adalah Al-Humaidiy, dia adalah yang paling utama dari sahabat-sahabat Ibnu ‘Uyainah dan dia Imam yang tsiqah.”

قال عبد الرحمن بن أبي حاتم، عن محمد بن عبد الرحمن الهروي : قدمت مكة سنة ثمان وتسعين ومائة، ومات ابن عيينة في أول السنة قبل قدومنا بسبعة أشهر، فسألت عن أصحاب ابن عيينة، فذكر لي الحميدي، فكتبت حديث ابن عيينة عنه
‘Abdurrahman bin Abu Haatim berkata, dari Muhammad bin ‘Abdurrahman Al-Harawiy, “Aku mendatangi Makkah pada tahun 198 H ketika Ibnu ‘Uyainah wafat pada permulaan tahun, 7 bulan sebelum kedatangan kami. Kemudian kami bertanya kepada sahabat-sahabat Ibnu ‘Uyainah, mereka menyebut nama Al-Humaidiy kepadaku. Maka aku menulis hadits Ibnu ‘Uyainah darinya.”

قال يعقوب الفسوي حدثنا الحميدي وما لقيت أنصح للإسلام وأهله منه
Ya’quub Al-Fasawiy berkata, “Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy, dan aku menerima nasihat-nasihat untuk Islam dan pemeluknya dari beliau.”

قال محمد بن سهل القهستاني حدثنا الربيع بن سليمان سمعت الشافعي يقول ما رأيت صاحب بلغم أحفظ من الحميدي كان يحفظ لسفيان بن عيينة عشرة الاف حديث
Muhammad bin Sahl Al-Quhustaaniy berkata, telah menceritakan kepada kami Ar-Rabii’ bin Sulaimaan, aku mendengar Asy-Syaafi’iy mengatakan, “Aku belum pernah melihat sahabat dekatku yang paling haafizh dari Al-Humaidiy, dia menghapal hadits Sufyaan Ibnu ‘Uyainah sebanyak 10000 hadits.”

قال محمد بن إسحاق المروزي سمعت إسحاق بن راهويه يقولالأئمة في زماننا الشافعي والحميدي وأبو عبيد
Muhammad bin Ishaaq Al-Marwaziy berkata, aku mendengar Ishaaq bin Raahawaih berkata, “Para Imam di zaman kami adalah Asy-Syaafi’iy, Al-Humaidiy dan Abu ‘Ubaid.”

قال زكريا الساجي ، قلت لأبي داود : من أصحاب الشافعي؟ فقال : أولهم الحميدي، وأحمد بن حنبل، وألبويطي، هو يوسف بن يحيى المصري
Zakariyaa As-Saajiy berkata, aku bertanya kepada Abu Daawud, “Siapa sajakah sahabat Asy-Syaafi’iy?” Ia menjawab, “Yang paling awal dari mereka adalah Al-Humaidiy, Ahmad bin Hanbal dan Al-Buwaithiy, ia adalah Yuusuf bin Yahyaa Al-Mishriy.”

قال أبو العباس السراج سمعت محمد بن إسماعيل يقول الحميدي إمام في الحديث
Abul ‘Abbaas As-Siraaj berkata, aku mendengar Muhammad bin Ismaa’iil Al-Bukhaariy mengatakan, “Al-Humaidiy seorang Imam dalam hadits.”

قال ابن حبان: كان صاحب سنة وفضل ودين
Ibnu Hibbaan berkata, “Beliau shaahibus sunnah dan orang yang mulia didalam agama.”

قال الحاكم كان البخاري إذا وجد الحديث عند الحميدي لا يعدوه إلي غيره
Al-Haakim berkata, “Al-Bukhaariy jika mendapati hadits dari Al-Humaidiy maka ia tidak beralih kepada yang lainnya.”

قال إبن حجر : عبد الله بن الزبير بن عيسى القرشي الأسدي الحميدي المكي أبو بكر ثقة حافظ فقيه أجل أصحاب بن عيينة من العاشرة
Ibnu Hajar berkata, “‘Abdullaah bin Az-Zubair bin ‘Iisaa Al-Qurasyiy Al-Asadiy Al-Humaidiy Al-Makkiy Abu Bakr, tsiqah haafizh faqiih dalam sahabat-sahabat Ibnu ‘Uyainah, dari thabaqah ke-10.”

Karya-karya Beliau

– Kitab Al-Musnad (Musnad Al-Humaidiy), karya beliau yang paling tersohor.
– Kitab Ar-Raddu ‘Ala An-Nu’maan.
– Kitab Tafsiir Al-Qur’an, kedua kitab ini diriwayatkan oleh Muhammad bin ‘Umair Ath-Thabariy.
– Kitab Dalaa’il.

Musnad Al-Humaidiy

Telah shahih penisbatan kitab Musnad kepada Imam Al-Humaidiy. Sanad riwayat kitab ini muttashil hingga Imam Bisyr bin Muusaa Al-Asadiy, dimulai dari Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Hammaad bin Muhammad bin Al-Husain Al-Harraaniy, dari Abul Hasan Sa’dullaah bin Nashr bin Sa’iid bin Ad-Dajaajiy, dari Abu Manshuur Muhammad bin Ahmad bin Al-Khayaath, dari Abu Thaahir ‘Abdul Ghafaar bin Muhammad bin Ja’far bin Zaid Al-Mu’addib, dari Abu ‘Aliy Muhammad bin Ahmad bin Al-Hasan bin Ishaaq Ash-Shawwaaf, dari Bisyr bin Muusaa Al-Asadiy.

Sebanyak 1338 hadits ada dalam kitab beliau. Penyusunannya dimulai dari musnad 4 khulafa’ Ar-Raasyidiin yaitu Abu Bakr Ash-Shiddiiq, ‘Umar bin Al-Khaththaab, ‘Utsmaan bin ‘Affaan dan ‘Aliy bin Abi Thaalib, kemudian berturut-turut Az-Zubair bin Al-‘Awwaam, ‘Abdurrahman bin ‘Auf, Sa’d bin Abi Waqqaash, Sa’iid bin Zaid Al-‘Adawiy, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarraah, ‘Abdullaah bin Mas’uud dan seterusnya hingga yang terakhir adalah musnad Jaabir bin ‘Abdillaah Al-Anshaariy, dan ditutup dengan pembahasan Ushuulus Sunnah oleh Imam Al-Humaidiy.

Dari 1338 hadits tersebut, sebanyak 582 hadits adalah muttafaqun ‘alaih ‘ala Asy-Syaikhaan, 96 hadits riwayat Al-Bukhaariy dan 152 hadits riwayat Muslim. Dari kitab Musnad ini, terlihat bahwa beliau termasuk ulama yang perhatian terhadap keshahihan sanad. Muhaqqiq kitab, Husain Saliim Asad telah menghitung hadits dha’iif dalam kitab Musnad ini dan hanya terdapat 7% hadits dha’iif dari 1338 hadits. Ini menunjukkan kecermatan Imam Al-Humaidiy dalam menyeleksi para perawi dan ketinggian manhaj beliau dalam kitab Musnadnya walaupun Imam Al-Humaidiy tidak menerangkan manhajnya secara jelas.

‘Aqidah Beliau

Al-Humaidiy adalah seorang Imam ahlussunnah wal jama’ah. ‘Aqidah beliau secara jelas terlihat dari kitab beliau sendiri, mengikuti ‘aqidah ahlussunnah yang telah digariskan oleh Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan diikuti oleh para sahabatnya -radhiyallahu ‘anhum-, para tabi’in, tabi’ut tabi’in dan orang-orang setelahnya yang setia mengikuti jalan mereka -rahimahumullahu ajma’in-.

Al-Humaidiy berkata pada pembahasan Ushuulus Sunnah di akhir kitab Musnad 2/358-362 :

السُّنَّةُ عِنْدَنَا أَنْ يُؤْمِنَ الرَّجُلُ بِالقَدرِ: خَيْرِهِ وَشَرِهِ، حُلوِهِ ومُرِّهِ
As-Sunnah di sisi kami adalah berimannya seseorang kepada Qadar, baik dan buruknya, manis dan pahitnya.

وَأَنَّ الإِيمَانَ قَوْلٌ وَعَمَلٌ، يَزِيدُ وَيَنْقُصُ، وَلا يَنْفَعُ قَوْلٌ إِلا بِعَمَلٍ، وَلا عَمَلٌ وَقَوْلٌ إِلا بِنِيَّةٍ، وَلا قَوْلٌ وَعَمَلٌ بِنِيَّةٍ إِلا بِسُنَّةٍ
Dan Al-Iimaan terdiri dari perkataan dan perbuatan, bisa bertambah dan berkurang, dan tidaklah bermanfaat perkataan kecuali diiringi dengan perbuatan, dan tidaklah disebut perbuatan dan perkataan kecuali dengan niat, dan tidaklah sempurna perkataan dan perbuatan dengan niat kecuali diiringi dengan sunnah.

وَالْقُرآنُ كَلامُ اللَّهِ، سَمِعْتُ سُفْيَانَ يَقُولُ: القُرآنُ كلامُ اللَّهِ، وَمَنْ قَالَ: مَخلوقٌ فهُوَ مُبتَدِعٌ، لَمْ نَسمَعْ أحدًا يقولُ هَذَا
Dan Al-Qur’an adalah Kalaamullah. Aku mendengar Sufyaan mengatakan, “Al-Qur’an Kalamullah, dan barangsiapa yang mengatakan makhluq, dia adalah seorang ahli bid’ah. Kami tidak mengetahui seorangpun yang mengatakan seperti itu (Al-Qur’an makhluq, -pent).”

Perkataan Ibnu ‘Uyainah ini mengisyaratkan pada zaman beliau, madzhab Mu’tazilah belum berani menampakkan diri ke permukaan. Oleh karena itu perkataan Al-Qur’an makhluq tidak populer di masyarakat. Ia baru mengemuka setelah diberi angin oleh Khalifah ‘Abbaasiyah, Al-Ma’muun -semoga Allah mengampuni beliau-, dan tersebarlah pendapat Al-Qur’an makhluq dengan pelopornya yaitu kaum Mu’tazilah dan Jahmiyah dengan para ulama buruknya, kemudian terjadilah banyak fitnah yang menimpa para ulama ahlussunnah (termasuk yang menimpa Al-Imaam Al-Bukhaariy dengan Al-Imaam Adz-Dzuhliy) lalu peristiwa penyiksaan beberapa ulama yang memegang teguh Al-Qur’an adalah Kalamullah, diantara mereka adalah Al-Imaam Ahmad bin Hanbal -rahimahullah-.

وَالإِقْرارُ بالرُّوْيةِ بَعْدَ الموتِ
Dan mengikrarkan adanya ru’yah (ru’yatullah, -pent) setelah mati.

ومَا أَشبَهَ هَذَا مِنَ القُرآنِ وَالحديثِ، لا نَزيدُ فِيهِ، وَلا نُفَسِّرُهُ، نقِفُ عَلَى مَا وَقفَ عَليهِ القُرآنُ والسَّنَّةُ، وَنَقُولُ: الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى، ومنْ زعمَ غيرَ هَذَا، فَهوَ مُعَطِّلٌ جَهْميٌ، وَأنْ لا يَقُولَ كَمَا قَالَتِ الخَوارجُ: مَنْ أَصَابَ كَبيرَةً، فقدْ كَفَرَ، وَلا نُكَفَّرُ بِشّيءٍ منَ الذُّنوبِ، إِنَّما الكُفرُ فِي تَرْكِ الخَمْسِ التَّي قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” بُنِيَ الإِسْلامُ عَلَى خَمْسٍِ، شَهَادَةِ أنْ لا إلهَ إِلا اللَّهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلاةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ، وَحَجِّ الْبَيتِ
Dan yang seperti ini dari Al-Qur’an dan Al-Hadiits (beliau mengisyaratkan kepada ayat-ayat asma’ wa shifat), kami tidak menambahinya dan kami tidak menafsirinya. Kami berdiri diatas apa-apa yang Al-Qur’an dan As-Sunnah berdiri padanya. FirmanNya, “Yang Maha Pengasih beristiwa diatas ‘arsy,” [QS Thaahaa : 5], barangsiapa yang mengatakan selain dari firman Allah ini, dia adalah seorang mu’aththil Jahmiy. Dan tidaklah kami berkata sebagaimana perkataan khawarij, “Barangsiapa yang melakukan dosa-dosa besar, maka dia kafir.” Kami tidaklah mengkafirkan sedikitpun dari para pelaku dosa. Akan tetapi kekafiran adalah pada meninggakan 5 perkara yaitu perkara-perkara yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, “Islam dibangun diatas 5 perkara, persaksian bahwa tiada Tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa di bulan Ramadhaan, dan berhaji ke Baitul Haraam.”

Hadits-hadits Imam Al-Humaidiy yang terdapat dalam Shahiih Al-Bukhaariy

1. Hadits pembahasan niat.

حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ قَالَ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى الْمِنْبَرِ
قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy ‘Abdullaah bin Az-Zubair, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyaan, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid Al-Anshaariy, ia berkata, telah mengkhabarkan kepadaku Muhammad bin Ibraahiim At-Taimiy, bahwa ia mendengar ‘Alqamah bin Waqqaash Al-Laitsiy mengatakan, aku mendengar ‘Umar bin Al-Khaththaab -radhiyallahu ‘anhu- diatas mimbar mengatakan, aku mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Semua perbuatan tergantung niat, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang tergantung pada apa yang diniatkan. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa yang dia niatkan.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 1; Musnad Al-Humaidiy no. 28]

2. Hadits terlarangnya dengki (iri hati) kecuali kepada 2 hal.

حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنِي إِسْمَاعِيلُ بْنُ أَبِي خَالِدٍ عَلَى غَيْرِ مَا حَدَّثَنَاهُ الزُّهْرِيُّ قَالَ سَمِعْتُ قَيْسَ بْنَ أَبِي حَازِمٍ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ قَالَ
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا حَسَدَ إِلَّا فِي اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَسُلِّطَ عَلَى هَلَكَتِهِ فِي الْحَقِّ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ الْحِكْمَةَ فَهُوَ يَقْضِي بِهَا وَيُعَلِّمُهَا

Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyaan, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Ismaa’iil bin Abu Khaalid -dengan lafazh hadits yang lain dari yang diceritakannya kepada kami dari Az-Zuhriy-, ia berkata, aku mendengar Qais bin Abu Haazim berkata, aku mendengar ‘Abdullaah bin Mas’uud berkata, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada dengki kecuali terhadap dua hal, terhadap seseorang yang Allah berikan harta lalu dia pergunakan harta tersebut di jalan kebenaran dan terhadap seseorang yang Allah berikan hikmah (ilmu, -pent) lalu dia mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 73; Musnad Al-Humaidiy no. 99]

3. Hadits berkabungnya seorang wanita atas kematian seseorang selain suaminya.

حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بْنُ مُوسَى قَالَ أَخْبَرَنِي حُمَيْدُ بْنُ نَافِعٍ عَنْ زَيْنَبَ بِنْتِ أَبِي سَلَمَةَ قَالَتْ
لَمَّا جَاءَ نَعْيُ أَبِي سُفْيَانَ مِنْ الشَّأْمِ دَعَتْ أُمُّ حَبِيبَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا بِصُفْرَةٍ فِي الْيَوْمِ الثَّالِثِ فَمَسَحَتْ عَارِضَيْهَا وَذِرَاعَيْهَا وَقَالَتْ إِنِّي كُنْتُ عَنْ هَذَا لَغَنِيَّةً لَوْلَا أَنِّي سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَحِلُّ لِامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ تُحِدَّ عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلَاثٍ إِلَّا عَلَى زَوْجٍ فَإِنَّهَا تُحِدُّ عَلَيْهِ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا

Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy, telah menceritakan kepada kami Sufyaan, telah menceritakan kepada kami Ayyuub bin Muusaa, ia berkata, telah mengkhabarkan kepadaku Humaid bin Naafi’, dari Zainab binti Abu Salamah, ia berkata, ketika kabar kematian Abu Sufyaan sampai dari negeri Syam, Ummu Habiibah radhiyallahu ‘anha meminta wewangian pada hari ketiga lalu memakainya untuk bagian sisi badannya dan lengannya dan ia berkata, “Sungguh bagiku ini sudah cukup seandainya aku tidak mendengar Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak halal bagi wanita yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir untuk berkabung melebihi tiga hari kecuali bila ditinggal mati suaminya yang saat itu dia boleh berkabung sampai empat bulan sepuluh hari.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 1280; Musnad Al-Humaidiy no. 308]

4. Hadits Al-‘Aqiiq, lembah yang diberkahi.

حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ وَبِشْرُ بْنُ بَكْرٍ التِّنِّيسِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنِي عِكْرِمَةُ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ إِنَّهُ سَمِعَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ
سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِوَادِي الْعَقِيقِ يَقُولُ أَتَانِي اللَّيْلَةَ آتٍ مِنْ رَبِّي فَقَالَ صَلِّ فِي هَذَا الْوَادِي الْمُبَارَكِ وَقُلْ عُمْرَةً فِي حَجَّةٍ

Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy, telah menceritakan kepada kami Al-Waliid dan Bisyr bin Bakr At-Tuniisiy, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Al-Auzaa’iy, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Yahyaa, ia berkata, telah menceritakan kepadaku ‘Ikrimah, bahwa ia mendengar Ibnu ‘Abbaas -radhiyallahu ‘anhuma- mengatakan bahwa ia mendengar ‘Umar -radhiyallahu ‘anhu- mengatakan, aku mendengar Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika berada di lembah Al-‘Aqiiq bersabda, “Malaikat yang diutus oleh Rabbku datang kepadaku dan berkata, “Shalatlah di lembah yang diberkahi ini dan katakanlah, “Aku berniat melaksanakan ‘umrah dalam ibadah haji ini.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 1534; Musnad Al-Humaidiy no. 19]

5. Hadits tentang sifat surga dan neraka.

حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُ أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ فَاقْرَءُوا إِنْ شِئْتُمْ
{ فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ

Telah menceritakan kepada kami Al-Humaidiy, telah menceritakan kepada kami Sufyaan, telah menceritakan kepada kami Abu Az-Zinaad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Allah berfirman, “Aku telah menyediakan untuk hamba-hambaKu yang shalih kenikmatan yang belum pernah mata melihatnya, telinga mendengarnya dan terbayangkan dari lubuk hati manusia.” Bacalah firmanNya jika kamu menghendaki, “Tidak seorangpun yang mengetahui apa yang telah disediakan untuk mereka (kenikmatan) yang menyedapkan mata.” [QS As-Sajdah : 17].”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 3244; Musnad Al-Humaidiy no. 1167]

Wafatnya Imam Al-Humaidiy

Imam Al-Humaidiy wafat di tanah kelahirannya, negeri Makkah Al-Mukaramah pada bulan Rabii’ul Awwal tahun 219 H, demikianlah yang disebutkan Ibnu Sa’d, Al-Bukhaariy, Ibnu Hibbaan dan dikuatkan oleh Ibnu Hajar. Ada yang mengatakan tahun 220 H. Semoga Allah Ta’ala merahmati beliau, menerima semua amal kebaikannya dan mengampuni kesalahan-kesalahannya.

Allaahu a’lam.

Tommi Marsetio

Sumber :
– Al-Jarh wa At-Ta’diil 5/56.
– Tahdziibul Kamaal no. 3270.
– Siyaru A’laam An-Nubalaa’ 10/616.
– Tahdziibut Tahdziib no. 4373.
– Taqriibut Tahdziib no. 3320.
– Musnad Al-Humaidiy (e-book), tahqiiq Husain Saliim Asad Ad-Daaraaniy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s