Kisah Wafatnya Nabi Sulaimaan ‘Alaihissalaam

Gambar

Allah Tabaraka wa Ta’ala telah berfirman memberitakan wafatnya Nabi Sulaimaan bin Daawud ‘Alaihimassalaam :

فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلَى مَوْتِهِ إِلا دَابَّةُ الأرْضِ تَأْكُلُ مِنْسَأَتَهُ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَنْ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ

Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaimaan, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak tetap dalam ‘adzab yang menghinakan. [QS Saba’ : 14]

Mengenai kisah wafatnya ini, telah diriwayatkan oleh Al-Imaam Abu Ja’far Ibnu Jariir Ath-Thabariy rahimahullah dalam kitabnya :

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنْصُورٍ، قَالَ: ثنا مُوسَى بْنُ مَسْعُودٍ أَبُو حُذَيْفَةَ، قَالَ: ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” وَكَانَ سُلَيْمَانُ نَبِيُّ اللَّهِ عليه الصلاة والسلام إِذَا صَلَّى رَأَى شَجَرَةً نَابِتَةً بَيْنَ يَدَيْهِ، فَيَقُولُ لَهَا: مَا اسْمُكِ؟ فَتَقُولُ: كَذَا وَكَذَا، فَيَقُولُ: لأَيِّ شَيْءٍ أَنْتِ؟ فَإِنْ كَانَتْ لِغَرْسٍ غُرِسَتْ، وَإِنْ كَانَتْ لِدَوَاءٍ كُتِبَتْ، فَبَيْنَمَا هُوَ يُصَلِّي ذَاتَ يَوْمٍ، إِذْ رَأَى شَجَرَةً بَيْنَ يَدَيْهِ، فَقَالَ لَهَا: مَا اسْمُكِ؟ قَالَتْ: الْخَرُّوبُ، قَالَ: لأَيِّ شَيْءٍ أَنْتِ؟ قَالَتْ: لِخَرَابِ هَذَا الْبَيْتِ، فَقَالَ سُلَيْمَانُ: اللَّهُمَّ عَمِّ عَلَى الْجِنِّ مَوْتِي حَتَّى يَعْلَمَ الإِنْسُ أَنَّ الْجِنَّ لا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ، فَنَحَتَهَا عَصَا فَتَوَكَّأَ عَلَيْهَا حَوْلا مَيِّتًا، وَالْجِنُّ تَعْمَلُ، فَأَكَلَتْهَا الأَرَضَةُ، فَسَقَطَ، فَتَبَيَّنَتِ الإِنْسُ أَنَّ الْجِنَّ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا حَوْلا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ “، قَالَ: وَكَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ يَقْرَؤُهَا كَذَلِكَ، قَالَ: فَشَكَرَتِ الْجِنُّ لِلأَرَضَةِ، فَكَانَتْ تَأْتِيهَا بالماء “

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Manshuur, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Mas’uud Abu Hudzaifah, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Thuhmaan, dari ‘Athaa’ bin As-Saa’ib, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Sulaimaan adalah seorang Nabi Allah ‘Alaihi Ash-Shalaatu wassalaam, jika beliau akan shalat beliau melihat sebuah pohon yang tumbuh di hadapannya, kemudian beliau bertanya kepada pohon itu, “Siapa namamu?” Dijawab oleh pohon, “Ini dan ini.” Nabi Sulaimaan bertanya kembali, “Untuk apa engkau tumbuh?” Jika pohon tersebut tumbuh hanya sebagai tanaman biasa maka akan ditumbuhkan dan jika ia tumbuh sebagai obat maka akan dicatat.

Suatu hari, ketika Nabi Sulaimaan sedang shalat, beliau melihat sebuah pohon di hadapannya, beliau bertanya, “Siapa namamu?” Pohon menjawab, “Al-Kharruub.” Nabi Sulaimaan bertanya kembali, “Untuk apa engkau tumbuh?” Pohon menjawab, “Untuk merusak rumah ini.” Mendengar ini beliau berkata, “Ya Allah, rahasiakanlah tentang kematianku kepada para jin hingga manusia mengetahui bahwa para jin tersebut tidaklah mengetahui hal yang ghaib.”

Kemudian dibuatkanlah tongkat untuk Nabi Sulaimaan dan beliau gunakan untuk bersandar kepadanya hingga beliau wafat sementara para jin sedang bekerja, hingga tongkat tersebut dimakan rayap dan tubuh beliau jatuh tersungkur. Maka manusia pun mengetahui bahwa andaikan para jin mengetahui hal ghaib maka mereka tidak akan lama berada dalam adzab yang menghinakan.” Perawi berkata, Ibnu ‘Abbaas selalu membaca, “Maka para jin berterima kasih kepada rayap dengan membawakan air untuk mereka.”
[Jaami’ul Bayaan 19/240; Taariikh Ath-Thabariy no. 355]

Keterangan para perawinya adalah :

Ahmad bin Manshuur bin Sayyaar Al-Baghdaadiy, Abu Bakr Ar-Ramaadiy. Seorang haafizh tsiqah dan masyhuur. Ditsiqahkan oleh Abu Daawud, Abu Haatim, Ad-Daaruquthniy dan Ibnu Hajar. Termasuk thabaqah ke-11. Wafat tahun 265 H. Dipakai oleh Ibnu Maajah. [Ikmaal Tahdziibul Kamaal 1/144; Taqriibut Tahdziib no. 114]

Muusaa bin Mas’uud An-Nahdiy, Abu Hudzaifah Al-Bashriy. Terjadi perbincangan dalam dirinya. Ahmad dalam suatu riwayat berkata “dia orang jujur”, dalam riwayat lain ia berkata “hampir tidak ada apa-apanya”, Ibnu Ma’iin dalam suatu riwayat berkata “dia bukan dari orang-orang pendusta”, dalam riwayat lain ia berkata “termasuk perawi lemah yang meriwayatkan dari Sufyaan”, Abu Haatim berkata “shaduuq, tetapi dalam beberapa haditsnya dari Sufyaan terdapat sesuatu”, Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat seraya berkata “yukhti'”, Ibnu Sa’d berkata “tsiqah, banyak haditsnya dan riwayat-riwayatnya baik”, Abu Ahmad Al-Haakim berkata “laisa bil qawiy”, Abu ‘Abdillaah Al-Haakim berkata “banyak kelirunya dan hapalannya buruk”, Ibnu Qaani’ berkata “terdapat kelemahan”, At-Tirmidziy melemahkannya, Ad-Daaruquthniy berkata “Al-Bukhaariy telah memakainya dan dia (Muusaa) banyak kelirunya”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq sayyi’ul hifzh.” Termasuk thabaqah ke-9. Wafat tahun 220 H atau setelahnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy sebagai mutaba’ah, Abu Daawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibut Tahdziib no. 9657; Taqriibut Tahdziib no. 7010]. Oleh karena itu, Abu Hudzaifah Muusaa bin Mas’uud adalah orang yang jujur akan tetapi ia tidak kuat dalam hadits-haditsnya karena faktor hapalan dan kekeliruannya, namun ia bisa dipakai sebagai mutaba’ah. Wallaahu a’lam.

Ibraahiim bin Thuhmaan bin Syu’bah Al-Khurasaaniy, Abu Sa’iid Al-Harawiy Al-Makkiy. Seorang yang tsiqah, terkadang meriwayatkan secara gharib, terdapat perbincangan dalam dirinya mengenai Irjaa’. Termasuk thabaqah ke-7. Wafat tahun 168 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Taqriibut Tahdziib no. 189]

‘Athaa’ bin As-Saa’ib bin Maalik bin Zaid Ats-Tsaqafiy, Abu Muhammad atau Abu As-Saa’ib atau Abu Zaid Al-Kuufiy. Seorang yang shaduuq, mengalami ikhtilath (hapalannya bercampur baur) di akhir umurnya. Al-Bukhaariy berkata “hadits-hadits ‘Athaa’ yang terdahulu (sebelum ikhtilath) adalah shahiih”, Ahmad berkata “Barangsiapa mendengar hadits-haditsnya yang terdahulu maka ia shahiih, dan barangsiapa mendengar hadits-haditsnya yang terakhir maka ia tidak bernilai apa-apa”, Abu Haatim berkata “dia tempatnya kejujuran sebelum hapalannya bercampur baur”, An-Nasaa’iy berkata “tsiqah dalam haditsnya yang terdahulu, akan tetapi hapalannya berubah (1). Riwayat Syu’bah, Ats-Tsauriy dan Hammaad bin Zaid darinya adalah jayyid”, Ibnu Ma’iin berkata “dha’iif, kecuali riwayatnya yang datang dari Syu’bah dan Sufyaan (Ats-Tsauriy)”, Yahyaa bin Sa’iid berkata “Hammaad bin Zaid mendengar dari ‘Athaa’ sebelum hapalannya berubah”. Termasuk thabaqah ke-5. Wafat tahun 136 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Taqriibut Tahdziib no. 4592; Miizaanul I’tidaal 5/90]

Sa’iid bin Jubair bin Hisyaam Al-Asadiy, Abu Muhammad atau Abu ‘Abdillaah Al-Kuufiy. Murid Ibnu ‘Abbaas. Tsiqah tsabt faqiih. Termasuk thabaqah ke-3. Wafat tahun 95 H di tangan Al-Hajjaaj. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Taqriibut Tahdziib no. 2278]

‘Abdullaah bin Al-‘Abbaas bin ‘Abdul Muththalib bin Haasyim bin ‘Abd Manaaf Al-Qurasyiy, Abul ‘Abbaas Al-Haasyimiy Al-Madaniy. Sahabat dan sepupu Nabi yang mulia -radhiyallahu Ta’ala ‘anhuma-, lautan ilmu, paling paham dalam tafsiir dan ilmu Al-Qur’an. Termasuk thabaqah ke-1. Wafat tahun 68 H di Thaa’if. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Taqriibut Tahdziib no. 3409]

Hadits ini diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy (Mu’jam Al-Kabiir no. 12281); Al-Bazzaar (Musnad 11/271); Al-Haakim (Al-Mustadrak 4/396); Ibnu ‘Asaakir (Taariikh Dimasyq 22/295); Adh-Dhiyaa’ Al-Maqdisiy (Al-Ahaaditsul Mukhtaarah no. 3637); Ibnu Makhlad Al-Bazzaaz (Hadiits 1/247); semua dari jalan Ibraahiim bin Thuhmaan, dari ‘Athaa’, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas secara marfuu’

Sanad hadits ini lemah karena Muusaa bin Mas’uud, dan juga karena ikhtilath ‘Athaa’ bin As-Saa’ib. Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah menyebutkan bahwa Ibraahiim bin Thuhmaan tidaklah diketahui meriwayatkan dari ‘Athaa’ sebelum ikhtilathnya [Silsilatu Adh-Dha’iifah no. 1033], dan pendapat ini dirajihkan oleh Syaikh Abu Ishaaq Al-Huwainiy hafizhahullah dalam webnya (2). Ibraahiim bin Thuhmaan menyendiri dalam periwayatan dari ‘Athaa’ secara marfuu’. Al-Haafizh Al-Bazzaar berkata :

وَهَذَا الْحَدِيثُ قَدْ رَوَاهُ جَمَاعَةٌ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، مَوْقُوفًا، وَلا نَعْلَمُ أَسْنَدَهُ إِلا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ
Dan hadits ini sungguh telah diriwayatkan jama’ah (ahli hadits) dari ‘Athaa’, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas secara mauquuf. Kami tidak mengetahuinya (periwayatannya) secara musnad kecuali dari Ibraahiim bin Thuhmaan. [Musnad Al-Bazzaar 11/271]

‘Athaa’ bin As-Saa’ib dalam periwayatannya dari Sa’iid bin Jubair mempunyai mutaba’ah dari :

Salamah bin Kuhail

Diriwayatkan oleh Al-Haafizh Ibnu ‘Asaakir rahimahullah :

أخبرنا أبو غالب أحمد بن الحسن، أنا أبو محمد الجوهري، أنا أبو عمر بن حيوية، نا يحيى بن محمد بن صاعد، نا الحسين بن الحسن، نا الأحوص بن جواب الضبي، نا عبد الجبار بن العباس الهمداني، عن سلمة بن كهيل، عن سعيد بن جبير، عن إبن عباس، قال…..(الحديث

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Ghaalib Ahmad bin Al-Hasan, telah memberitakan kepada kami Abu Muhammad Al-Jauhariy, telah memberitakan kepada kami Abu ‘Umar bin Hayyawaih, telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Muhammad bin Shaa’id, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin Al-Hasan, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Ahwash bin Jawwaab Adh-Dhabbiy, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul Jabbaar bin Al-‘Abbaas Al-Hamdaaniy, dari Salamah bin Kuhail, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata, …(al-hadiits) – semakna dengan hadits diatas
[Taariikh Dimasyq 22/296]

Sanad riwayat ini hasan.

Al-Husain bin Al-Hasan bin Harb, Abu ‘Abdillaah Al-Marwaziy. Sahabat Ibnul Mubaarak. Seorang yang shaduuq, dan ditsiqahkan oleh Ibnu Hibbaan dan Maslamah bin Qaasim. Termasuk thabaqah ke-10. Wafat tahun 245 H atau 246 H. Dipakai oleh At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibut Tahdziib no. 1593; Taqriibut Tahdziib no. 1315]

Al-Ahwash bin Jawwaab Adh-Dhabbiy, Abul Jawwaab Al-Kuufiy. Yahyaa bin Ma’iin dalam suatu riwayat mentsiqahkannya, dalam riwayat lain ia berkata “laisa bi dzaaka al-qawiy (tidak begitu kuat)”, Abu Haatim berkata “shaduuq”, Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat dan ia berkata “mutqin, kemungkinan memiliki kekeliruan”, Adz-Dzahabiy berkata “shaduuq masyhuur”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq, kemungkinan memiliki kekeliruan”. Termasuk thabaqah ke-9. Wafat tahun 211 H. Dipakai oleh Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy dan An-Nasaa’iy. [Miizaanul I’tidaal 1/314; Tahdziibut Tahdziib no. 357; Taqriibut Tahdziib no. 289]

‘Abdul Jabbaar bin Al-‘Abbaas Asy-Syibaamiy Al-Kuufiy Al-Hamdaaniy. Terjadi perbincangan mengenai dirinya. Ahmad berkata “aku berharap tidak ada yang salah dalam dirinya, dan dia tasyayyu'”, Abu Haatim mentsiqahkannya, Yahyaa bin Ma’iin dan Abu Daawud berkata “tidak ada yang salah dengannya”, Al-Jauzajaaniy berkata “berlebih-lebihan dalam keburukan madzhabnya (yaitu tasyayyu’)”, Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Al-Majruuhiin seraya membawakan perkataan Abu Nu’aim “aku tidak pernah menemukan di Kuufah orang yang lebih pembohong dari ‘Abdul Jabbaar bin Al-‘Abbaas dan Abu Israa’iil Al-Malaa’iy”, Al-Bazzaar berkata “hadits-haditsnya lurus insya Allah”, Al-‘Ijliy berkata “termasuk orang-orang shaalih, tidak mengapa dengannya”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq tasyayyu'”. Termasuk thabaqah ke-7. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul Mufrad, Abu Daawud dalam Al-Qadr dan At-Tirmidziy. [Miizaanul I’tidaal 4/239; Al-Majruuhiin hal. 159; Tahdziibut Tahdziib no. 5209; Taqriibut Tahdziib no. 3741]. Syaikh Al-Albaaniy berkata “shaduuq” [Silsilatu Adh-Dha’iifah no. 6573]. Oleh karena itu, ‘Abdul Jabbaar bin Al-‘Abbaas diterima riwayatnya selama ia tidak membawakan riwayat yang mendukung bid’ah tasyayyu’-nya.

Salamah bin Kuhail bin Hushain Al-Hadhramiy, Abu Yahyaa Al-Kuufiy. Seorang yang tsiqah, agak condong kepada tasyayyu’. Termasuk thabaqah ke-4. Wafat tahun 123 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal no. 2467; Taqriibut Tahdziib no. 2508]

Maka, dari penjabaran diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kisah wafatnya Nabi Sulaimaan ‘Alaihissalaam hanyalah riwayat yang mauquuf hingga Ibnu ‘Abbaas dan inilah yang shahih. Adapun riwayat yang marfuu’ hingga Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam (dan riwayat tersebut dha’iif), maka ia berasal dari periwayatan Ibraahiim bin Thuhmaan yang meriwayatkan dari ‘Athaa’ bin As-Saa’ib setelah ikhtilathnya dan ia menyelisihi jama’ah ahli hadits (3) yang meriwayatkan dari ‘Athaa’ secara mauquuf, terlebih lagi, Salamah bin Kuhail (sebagai mutaba’ah untuk ‘Athaa’) juga meriwayatkan hadits ini dari Sa’iid bin Jubair dari Ibnu ‘Abbaas secara mauquuf. Dan Al-Haafizh Ibnu Katsiir dalam Al-Bidaayah wa An-Nihaayah (2/28) menyebutkan sanad dari Abu Maalik dan dari Abu Shaalih dari Ibnu ‘Abbaas, dan dari Murrah Al-Hamdaaniy dari Ibnu Mas’uud dan dari beberapa sahabat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengenai kisah ini [Jaami’ul Bayaan 22/75; Taariikh Ath-Thabariy 1/502-503].

Kisah ini -wallaahu a’lam- kemungkinan berasal dari para ulama ahli kitaab dan bukan dari lisan Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang ma’shum, maka kisah ini tidaklah dibenarkan hingga menyepakati kebenaran dan tidaklah didustakan hingga menyelisihi kebenaran. Seperti telah tsabt dalam sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Al-Imaam Al-Bukhaariy rahimahullah mengenai kisah-kisah Israiliyyat :

حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ الضَّحَّاكُ بْنُ مَخْلَدٍ أَخْبَرَنَا الْأَوْزَاعِيُّ حَدَّثَنَا حَسَّانُ بْنُ عَطِيَّةَ عَنْ أَبِي كَبْشَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً وَحَدِّثُوا عَنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَلَا حَرَجَ وَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aashim Adh-Dhahhaak bin Makhlad, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Auzaa’iy, telah menceritakan kepada kami Hassaan bin ‘Athiyyah, dari Abu Kabsyah, dari ‘Abdullaah bin ‘Amr, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat, ceritakanlah (kisah) dari Bani Israa’iil dan tidaklah berdosa. Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka bersiap-siaplah menempati tempat duduknya di neraka.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 3461]

Allaahu Ta’ala a’lam.

Sumber :
Tuhfatun Nubalaa’ min Qishashul Anbiyaa’ – karya Al-Haafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy rahimahullah, tahqiiq : Ghunaim bin ‘Abbaas bin Ghunaim, taqdiim : Dr. As-Sayyid bin Husain Al-‘Affaaniy, maktabah Ash-Shahaabah – maktabah At-Taabi’iin, edisi e-book.

[Banyak mengambil faidah dari penjelasan Syaikh Al-Albaaniy dalam Silsilatu Adh-Dha’iifah]

Footnote :

(1) Perkataan Imam An-Nasaa’iy inilah yang lebih tepat mengenai ‘Athaa’ bin As-Saa’ib.

(2) Silahkan simak fatwa beliau : http://www.alheweny.org/aws/play.php?catsmktba=718

(3) Seperti Jariir bin ‘Abdul Hamiid dalam Al-Mustadrak 2/423 dan Sufyaan bin ‘Uyainah dalam Musnad Al-Bazzaar 11/271 dan Kasyful Astaar no. 2353. Jariir bin ‘Abdul Hamiid termasuk yang meriwayatkan dari ‘Athaa’ setelah ikhtilathnya sedangkan Ibnu ‘Uyainah meriwayatkan sebelum dan sesudah ikhtilathnya. Lihat Al-Mukhtalithiin no. 33 karya Al-Haafizh Al-‘Alaa’iy dengan ta’liq dari muhaqqiq kitab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s