Lafazh Takbir Pada Hari Raya ‘Id

Allahu AkbarDalil disyari’atkannya bertakbir pada hari raya ‘Id adalah pada surat Al-Baqarah, akhir ayat mengenai puasa. Allah Ta’ala berfirman :

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. [QS Al-Baqarah : 185]

Para salafus shalih adalah orang yang bersemangat dalam mengamalkan ajaran ini, mereka bertakbir, bertahmid dan bertahlil mengagungkan asma Allah, mereka bersyukur atas karunia yang Allah Ta’ala berikan kepada mereka.

حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: ” كَانَ النَّاسُ يُكَبِّرُونَ فِي الْعِيدِ حِينَ يَخْرُجُونَ مِنْ مَنَازِلِهِمْ حَتَّى يَأْتُوا الْمُصَلَّى، وَحَتَّى يَخْرُجَ الْإِمَامُ، فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ سَكَتُوا، فَإِذَا كَبَّرَ كَبَّرُوا

Telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Haaruun, dari Ibnu Abi Dzi’b, dari Az-Zuhriy, ia berkata, “Dahulu manusia bertakbir pada hari ‘Id ketika mereka keluar dari rumah-rumah mereka hingga mereka mendatangi mushallaa, dan hingga keluarnya imam shalat. Jika imam shalat telah keluar maka mereka diam, jika imam bertakbir (memulai shalat), mereka pun bertakbir.
[Al-Mushannaf Ibnu Abi Syaibah no. 5672] – Shahih hingga Az-Zuhriy.

حدثنا الحسين، حدثنا يعقوب بن إبراهيم وحفص بن عمرو، قالا: حدثنا يحيى بن سعيد، عن إبن عجلان، عن نافع، عن إبن عمر، أنه كان يخرج للعيدين من المسجد فيكبر حتى يأتي المصلى، ويكبر حتى يأتي الإمام

Telah menceritakan kepada kami Al-Husain, telah menceritakan kepada kami Ya’quub bin Ibraahiim dan Hafsh bin ‘Amr, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid, dari Ibnu ‘Ajlaan, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar -radhiyallahu ‘anhuma-, bahwa dia dahulu keluar dari masjid pada dua hari ‘Id kemudian ia bertakbir hingga ia mendatangi mushallaa, dan ia bertakbir hingga imam datang.
[Sunan Ad-Daaruquthniy no. 1712] – Shahih mauquuf.

وَعَنِ ابْنِ الْمُسيِّبِ، وَعُرْوَةَ، وَأَبِي سَلَمَةَ، وَأَبِي بَكْرٍ: ” يُكَبِّرُونَ لَيْلَةَ الْفِطْرِ فِي الْمَسْجِدِ يَجْهَرُونَ بِالتَّكْبِيرِ “

Dan dari Ibnul Musayyib, ‘Urwah, Abu Salamah dan Abu Bakr, “Mereka bertakbir pada malam ‘Idul Fithr di masjid dengan menjahrkan takbir.”
[Syarhus Sunnah 3/168]

ثنا أَبُو هَمَّامٍ، حَدَّثَنِي ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ، وَأُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ” أَنَّهُ كَانَ يَجْهَرُ بِالتَّكْبِيرِ يَوْمَ الْفِطْرِ إِذَا غَدَا إِلَى الْمُصَلَّى حَتَّى يَخْرُجَ الإِمَامُ فَيُكَبِّرُ بِتَكْبِيرِهِ “

Telah menceritakan kepada kami Abu Hammaam, telah menceritakan kepadaku Ibnu Wahb, telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdullaah bin ‘Umar (Al-‘Umariy) dan Usaamah bin Zaid, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, bahwa dia dahulu menjahrkan takbir pada hari raya ‘Idul Fithr jika akan ke mushallaa hingga keluarnya imam, kemudian ia bertakbir dengan takbirnya (untuk shalat).
[Ahkaamul ‘Idain li Al-Firyaabiy no. 47] – Dha’if. ‘Abdullaah bin ‘Umar Al-‘Umariy seorang yang dha’if namun ahli ibadah. Abu Hammaam adalah Al-Waliid bin Syujaa’ As-Sakuuniy, perawi Muslim.

Dan masih dalam kitab yang sama,

ثنا أَبُو هَمَّامٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الشَّيْخِ، عَنْ عُثَيْمِ بْنِ نِسْطَاسٍ، قَالَ: ” كَانَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ يَفْعَلُ ذَلِكَ “. ثنا أَبُو هَمَّامٍ، حَدَّثَنِي ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ نَشِيطٍ، قَالَ: ” رَأَيْتُ بُكَيْرَ بْنَ الأَشَجِّ يَفْعَلُ ذَلِكَ “

Telah menceritakan kepada kami Abu Hammaam, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Ibnu Wahb, ia berkata, telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdullaah bin Asy-Syaikh, dari ‘Utsaim bin Nisthaas, ia berkata, “Dahulu Sa’iid bin Al-Musayyib melakukan seperti itu.”
Telah menceritakan kepada kami Abu Hammaam, telah menceritakan kepadaku Ibnu Wahb, telah mengkhabarkan kepadaku Ibraahiim bin Nasyiith, ia berkata, “Aku melihat Bukair bin Al-Asyaj melakukan seperti itu.”

Al-Haafizh Ibnul Mundzir rahimahullah mengatakan :

سائر الأخبار عن الأوائل دالة على أنهم كانوا يكبرون يوم الفطر إذا غدوا إلى الصلاة
“Keseluruhan khabar-khabar dari para pendahulu menunjukkan bahwasanya mereka dahulu bertakbir pada hari raya Fithr ketika mereka berangkat menuju shalat.” [Al-Ausath fiy As-Sunan wal Ijmaa’ 4/249]

Lafazh Takbir

Ada beberapa macam lafazh takbir pada hari raya dengan tingkat keshahihan yang berbeda-beda.

1) ‘Abdullaah bin ‘Abbaas

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ، عَنْ أَبِي بَكَّارٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: ” أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ مِنْ صَلَاةِ الْفَجْرِ يَوْمَ عَرَفَةَ إِلَى آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ لَا يُكَبِّرُ فِي الْمَغْرِبِ: ” اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، اللَّهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ، اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ “

Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid Al-Qaththaan, dari Abu Bakkaar, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas, bahwasanya dia dahulu bertakbir dari shalat Subuh pada hari ‘Arafah hingga akhir hari-hari Tasyriiq, dan dia tidak bertakbir ketika maghrib, “Allaahu Akbar Kabiiraa, Allaahu Akbar Kabiiraa, Allaahu Akbar wa Ajallu, Allaahu Akbar, wa Lillaahil Hamdu.”
[Al-Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 2/73] – Shahih mauquuf.

2) ‘Abdullaah bin Mas’uud

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ، قَالَ: ثنا عَبْدُ اللَّهِ ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الأَسْوَدِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ ” أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ مِنْ صَلاةِ الْغَدَاةِ يَوْمَ عَرَفَةَ إِلَى صَلاةِ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ النَّحْرِ يَقُولُ: اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ “

Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan, ia berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah, dari Sufyaan, dari Abu Ishaaq, dari Al-Aswad, dari ‘Abdullaah bin Mas’uud, bahwasanya dia dahulu bertakbir dari shalat Fajr pada hari ‘Arafah hingga shalat ‘Ashr pada hari Nahr, dia mengucapkan, “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Laa Ilaaha Illallaahu, Wallaahu Akbar, Allaahu Akbar, wa Lillaahil Hamdu.”
[Al-Ausath fiy As-Sunan wal Ijmaa’ no. 2204 dan 2208] – Hasan mauquuf.

‘An’Anah Abu Ishaaq dari Al-Aswad bin Yaziid dipakai dalam Ash-Shahiihain, dan Sufyaan Ats-Tsauriy meriwayatkan dari Abu Ishaaq sebelum hapalannya mengalami ikhtilaath, terlebih lagi ia (bersama Syu’bah) adalah orang paling tsabt pada periwayatan Abu Ishaaq.

3) Salmaan Al-Faarisiy

أَخْبَرَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ بْنُ بِشْرَانَ، أَخْبَرَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّفَّارُ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ، قَالَ: كَانَ سَلْمَانُ يُعَلِّمُنَا التَّكْبِيرَ، يَقُولُ: ” كَبِّرُوا: اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، أَوْ قَالَ: تَكْبِيرًا، اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَى وَأَجَلُّ مِنْ أَنْ تَكُونَ لَكَ صَاحِبَةٌ، أَوْ يَكُونَ لَكَ وَلَدٌ، أَوْ يَكُونَ لَكَ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ، أَوْ يَكُونَ لَكَ وَلِيٍّ مِنَ الذُّلِّ، وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا، اللَّهُمَّ ارْحَمْنَا “”

Telah mengkhabarkan kepada kami Abul Husain bin Bisyraan, telah mengkhabarkan kepada kami Ismaa’iil bin Muhammad Ash-Shaffaar, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Manshuur, telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazzaaq, telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar, dari ‘Aashim bin Sulaimaan, dari Abu ‘Utsmaan An-Nahdiy, ia berkata, dahulu Salmaan mengajari kami kalimat takbir, ia mengatakan, “Bertakbirlah kalian, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar Kabiiraa, atau mengucapkan, “Allaahu Akbar, Allaahumma anta a’laa wa ajallu min an takuunu laka shaahibah au yakuuna laka walad au yakuuna laka syariik fil mulki au yakuunu laka waliyyin minadz dzulli wa kabbirhu takbiiraa, Allaahummagh firlanaa, Allaahummar hamnaa.”
[Fadhaa’ilul Auqaat no. 227] – Shahih mauquuf.

4) ‘Umar bin Al-Khaththaab

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ، قَالَ: ثنا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، عَنِ ابْنِ التَّيْمِيِّ، عَنِ الْحَجَّاجِ بْنِ أَرْطَأَةَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ، عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ، أَنَّ عُمَرَ ” كَانَ يُكَبِّرُ مِنْ صَلاةِ الْغَدَاةِ يَوْمَ عَرَفَةَ إِلَى صَلاةِ الظُّهْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ يُكَبِّرُ فِي الْعَصْرِ يَقُولُ: اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ash-Shabaah, ia berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazzaaq, dari Ibnu At-Taimiy, dari Al-Hajjaaj bin Artha’ah, dari ‘Athaa’ bin Abi Rabaah, dari ‘Ubaid bin ‘Umair, bahwa ‘Umar dahulu bertakbir dari shalat Fajr pada hari ‘Arafah hingga shalat Zhuhur pada akhir hari-hari Tasyriiq, ia bertakbir pada shalat ‘Ashr, ia mengucapkan, “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Laa Ilaaha Illallaahu Wallaahu Akbar, Allaahu Akbar wa Lillaahil Hamdu.”
[Al-Ausath fiy As-Sunan wal Ijmaa’ no. 2207] – Dha’if.

Hajjaaj bin Artha’ah[1] walaupun seorang yang shaduuq namun ia banyak melakukan tadlis, pada riwayat ini dia meriwayatkan dengan ‘an’anah. Ibnu At-Taimiy adalah Mu’tamir bin Sulaimaan bin Turkhaan At-Taimiy, perawi Ash-Shahiihain.

5) Jaabir bin ‘Abdillaah

ثنا عُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ السَّمَّاكُ، ثنا أَبُو قِلابَةَ، ثنا نَائِلُ بْنُ نَجِيحٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شِمْرٍ، عَنْ جَابِرٍ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ، وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَابِطٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا صَلَّى الصُّبْحَ مِنْ غَدَاةِ عَرَفَةَ يُقْبِلُ عَلَى أَصْحَابِهِ، فَيَقُولُ: ” عَلَى مَكَانِكُمْ “، وَيَقُولُ: ” اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ “.
فَيُكَبِّرُ مِنْ غَدَاةِ عَرَفَةَ إِلَى صَلاةِ الْعَصْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ

Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin Ahmad As-Sammaak, telah menceritakan kepada kami Abu Qilaabah, telah menceritakan kepada kami Naa’il bin Najiih, dari ‘Amr bin Syimr, dari Jaabir, dari Abu Ja’far dan ‘Abdurrahman bin Saabith, dari Jaabir bin ‘Abdillaah, ia berkata, dahulu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam jika shalat Subuh pada hari ‘Arafah, beliau mengatakan sesuatu kepada para sahabatnya, beliau bersabda, “Tetaplah di tempat kalian!” Kemudian beliau mengucapkan, “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Laa Ilaaha Illallaahu Wallaahu Akbar, Allaahu Akbar wa Lillaahil Hamdu.” Maka beliau bertakbir dari selesai shalat Subuh pada hari ‘Arafah hingga shalat ‘Ashr pada akhir hari-hari Tasyriiq.
[Sunan Ad-Daaruquthniy no. 1721] – Dha’if jiddan.

Jaabir pada riwayat diatas adalah Jaabir bin Yaziid Al-Ju’fiy[2], kemudian ‘Amr bin Syimr[3], keduanya matruuk. Abu Qilaabah adalah ‘Abdul Malik bin Muhammad Ar-Ruqqaasyiy Al-Bashriy, seorang yang shaduuq hasanul hadiits. Abu Ja’far adalah Muhammad bin ‘Aliy bin Al-Husain bin ‘Aliy Al-Haasyimiy Al-Qurasyiy, terkenal dengan laqab Muhammad Al-Baaqir, tsiqah faadhil masyhuur.

6) ‘Aliy bin Abi Thaalib

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، قَالَ: ثنا حَجَّاجٌ، قَالَ: ثنا حَمَّادٌ، عَنْ حَجَّاجٍ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ، عَنْ عَلِيٍّ، أَنَّ عَلِيًّا كَانَ ” يُكَبِّرُ يَوْمَ عَرَفَةَ صَلاةَ الْفَجْرِ إِلَى الْعَصْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ يَقُولُ: اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Abdul ‘Aziiz, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Hajjaaj, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Hammaad, dari Hajjaaj, dari Abu Ishaaq, dari ‘Aashim bin Dhamrah, dari ‘Aliy, bahwa ‘Aliy dahulu bertakbir pada hari ‘Arafah dari shalat Fajr hingga ‘Ashr pada akhir hari-hari Tasyriiq, ia mengucapkan, “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Laa Ilaaha Illallaahu, Wallaahu Akbar, Allaahu Akbar wa Lillaahil Hamdu.”
[Al-Ausath fiy As-Sunan wal Ijmaa’ no. 2209] – Dha’if.

Hajjaaj yang meriwayatkan dari Hammaad adalah Al-Hajjaaj bin Minhaal, perawi Ash-Shahiihain. Hajjaaj yang kedua adalah Hajjaaj bin Artha’ah, telah disinggung bahwa ia seorang yang shaduuq namun banyak tadlis dan ia meriwayatkan dengan ‘an’anah. Juga ‘an’anah Abu Ishaaq dari ‘Aashim bin Dhamrah.

Demikian riwayat-riwayat dari para sahabat mengenai takbir pada hari raya ‘Id, dan lafazh-lafazh takbir diatas dapat diucapkan pada dua hari raya, yaitu ‘Idul Fithr dan ‘Idul Adhaa. Dan riwayat-riwayat tersebut kesemuanya adalah riwayat mauquuf yang bersumber hingga para sahabat saja, adapun riwayat yang marfuu’ hingga Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, maka ia sangat lemah. Namun sebagai catatan untuk kita semua, masalah lafazh takbir pada hari raya adalah masalah yang luas karena Allah Ta’ala memerintahkan kita dengan perintah umum yaitu mengagungkanNya dengan takbir, tahmid dan tahlil, dan tidak terdapat lafazh yang tsabt dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam sehingga jika seseorang sudah biasa memakai lafazh yang dipakai oleh masyarakat Indonesia ketika takbiran, maka itu boleh dan bukan bid’ah. Dan jika ingin mengikuti lafazh yang diajarkan oleh para sahabat -radhiyallahu ‘anhum- diatas maka itupun bagus.

Sebagai contoh, Al-Imam Asy-Syaafi’iy rahimahullah mempunyai lafazh takbir pula, seperti diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqiy rahimahullah :

أَخْبَرَنَا أَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو، نَا أَبُو الْعَبَّاسِ الأَصَمُّ، أَنَا الرَّبِيعُ، أَنَا الشَّافِعِيُّ رَضْيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: ” أُحِبُّ أَنْ يَخْرُجَ إِلَى الصَّفَا مِنْ بَابِ الصَّفَا، وَيَظْهَرَ فَوْقَهُ مِنْ مَوْضِعٍ يَرَى مِنْهُ الْبَيْتَ، ثُمَّ يَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ، فَيُكَبِّرَ وَيَقُولَ ” اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ عَلَى مَا هَدَانَا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى مَا هَدَانَا وَأَوْلانَا، لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَلا إِلَهَ إِلا اللَّهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ لا إِلَهَ إِلا اللهُ وَلا نَعْبُدُ إِلا إِيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Sa’iid bin Abu ‘Amr, telah mengkhabarkan kepada kami Abul ‘Abbaas Al-Asham, telah memberitakan kepada kami Ar-Rabii’, telah memberitakan kepada kami Asy-Syaafi’iy -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata, “Aku menyukai seseorang keluar menuju Shafaa dari pintu Shafaa, dan ia melihat Al-Bait (Ka’bah) dari posisinya yang ia dapat melihatnya, kemudian ia menghadap kiblat dan bertakbir dengan mengucapkan, “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, wa Lillaahil Hamdu, wallaahu akbar ‘ala maa hadaanaa, walhamdulillaahi ‘ala maa hadaanaa wa aulaanaa, laa Ilaaha Illallaahu wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu biyadihil khaiiru wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir, wa laa Ilaaha Illallaah shadaqa wa’dahu wa nashara ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu laa Ilaaha Illallaah wa laa na’budu illaa iyaahu mukhlishiina lahud diina wa lau karihal kaafiruun.”
[Sunan Ash-Shaghiir no. 1685] – Shahih hingga Asy-Syaafi’iy.

Dan dengan sanad yang sama hingga Asy-Syaafi’iy, ia berkata :

وَالتَّكْبِيرُ كَمَا كَبَّرَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فِي الصَّلَاةِ اللَّهُ أَكْبَرُ فَيَبْدَأُ الْإِمَامُ فَيَقُولُ: ” اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، حَتَّى يَقُولَهَا ثَلَاثًا، وَإِنْ زَادَ تَكْبِيرًا فَحَسَنٌ، وَإِنْ زَادَ فَقَالَ: اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا، اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ فَحَسَنٌ، وَمَا زَادَ مَعَ هَذَا مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ أَحْبَبْتُهُ لَهُ “

“Dan bertakbir sebagaimana takbirnya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam pada shalat, (yaitu) Allaahu Akbar,” Imam memulai dengan mengucapkan, “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, hingga ia mengucapkannya tiga kali, dan jika seseorang menambah takbirnya maka itu baik, dan jika menambah lafazhnya, “Allaahu Akbar Kabiiraa, walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhanallaahi bukrataw wa’ashiilaa, Allaahu Akbar, wa laa na’budu illaa iyaahu mukhlishiina lahud diina wa lau karihal kaafiruun, laa Ilaaha Illallaahu wahdahu, shadaqa wa’dahu, wa nashara ‘abdahu, wa hazamal ahzaaba wahdahu, laa Ilaaha Illallaahu wallaahu Akbar, maka itu baik, dan apapun yang ditambah bersama lafazh ini dari kalimat-kalimat dzikrullah, maka aku menyukainya.”
[Ma’rifatus Sunan wal Atsaar 3/62]

Demikian pemaparan ini, semoga bermanfaat terutama bagi kami.
Allaahu a’lam.

Footnotes :

[1] Hajjaaj bin Artha’ah bin Tsaur bin Hubairah bin Syaraahiil bin Ka’b Al-Kuufiy, Abu Artha’ah Al-Qaadhiy An-Nakha’iy. Seorang yang shaduuq, akan tetapi sering keliru dan sering melakukan tadlis. Termasuk thabaqah ke-7. Wafat pada tahun 145 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal 1112; Taqriibut Tahdziib no. 1119]

Oleh Ibnu Hajar, ia dimasukkan dalam mudallis thabaqah keempat, yang berarti ia sering melakukan tadlis dari perawi-perawi dha’if dan majhuul. ‘An’anahnya mutlak tidak diterima hingga ia jelas menyatakan penyimakan dari syaikhnya. [Ta’riifu Ahlut Taqdiis hal. 49 no. 118]

[2] Jaabir bin Yaziid bin Al-Haarits bin ‘Abd Yaghuuts bin Ka’b Al-Ju’fiy, Abu ‘Abdillaah atau Abu Muhammad atau Abu Yaziid Al-Kuufiy Asy-Syii’iy. Seorang yang hampir disepakati akan kedha’ifannya, raafidhiy matruuk, bahkan sebagian ulama menjulukinya “Kadzdzaab” (pendusta). Ibnu ‘Adiy mengatakan bahwa ia meyakini aqidah raj’ah (suatu aqidah sesat yang dimiliki oleh orang-orang syi’ah rafidhah bahwasanya para imam mereka akan mengalami reinkarnasi atau hidup kembali ke dunia ini dan akan membalas dendam terhadap musuh-musuh yang telah menzhalimi mereka, termasuk Abu Bakr dan ‘Umar -radhiyallahu ‘anhuma-). Termasuk thabaqah ke-5. Wafat pada tahun 127 H atau dikatakan 132 H. Dipakai oleh Abu Daawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal no. 879; Tahdziibut Tahdziib no. 1075; Taqriibut Tahdziib no. 878]

[3] ‘Amr bin Syimr Al-Ju’fiy, Abu ‘Abdillaah Al-Kuufiy Asy-Syii’iy. Ibnu Ma’iin berkata “tidak ada apa-apanya”, dalam riwayat lain ia berkata “haditsnya tidak ditulis”, Al-Jauzajaaniy berkata “menyimpang dan pendusta”, Ibnu Hibbaan berkata “raafidhiy, menghujat para sahabat, meriwayatkan riwayat-riwayat palsu dari orang-orang tsiqah”, Al-Bukhaariy berkata “munkarul hadiits”, An-Nasaa’iy dan Ad-Daaruquthniy berkata “matruukul hadiits”, Adz-Dzahabiy berkata “ditinggalkan Ad-Daaruquthniy, seorang syi’ah fanatik”. Abu Nu’aim berkata “meriwayatkan dari Jaabir Al-Ju’fiy riwayat-riwayat palsu dan mungkar”. Wafat pada kekhalifahan Abu Ja’far. [Miizaanul I’tidaal 5/324; Al-Mughniy fiy Adh-Dhu’afaa’ 2/67; Lisaanul Miizaan 6/210]

* * *

3 thoughts on “Lafazh Takbir Pada Hari Raya ‘Id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s