Abu Quhaafah -Radhiyallahu ‘anhu-

Mount qubais

Abu Quhaafah, beliau adalah ayah Abu Bakr Ash-Shiddiiq -radhiyallahu ‘anhuma-. Nama lengkapnya adalah Abu Quhaafah ‘Utsmaan bin ‘Aamir bin ‘Amr bin Ka’b bin Sa’d bin Taim bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ay Al-Qurasyiy At-Taimiy. Menurut Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy, ibunya bernama Aaminah binti ‘Abdul ‘Uzza Al-‘Adawiyyah dan dalam riwayat yang lain bernama Qailah Al-‘Adawiyyah, sedangkan menurut Ibnu Sa’d, ibunya bernama Qutailah binti Aadaah bin Riyaah bin ‘Abdullaah bin Qurth Al-‘Adawiyyah, wallaahu a’lam.

Beliau masuk Islam pada saat Fathu Makkah (penaklukkan kota Makkah) yang ketika itu beliau telah berumur kira-kira 90 tahun pada tahun 8 Hijriyyah. Kisahnya masyhur dan mengandung dasar penetapan hukum fiqh pada anjuran untuk mewarnai rambut dan jenggot yang telah memutih dengan warna selain hitam.

Al-Imam Ahmad bin Hanbal meriwayatkan :

حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبِي عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ قَالَ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ عَبَّادِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدَّتِهِ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ قَالَتْ
لَمَّا وَقَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِذِي طُوًى قَالَ أَبُو قُحَافَةَ لِابْنَةٍ لَهُ مِنْ أَصْغَرِ وَلَدِهِ أَيْ بُنَيَّةُ اظْهَرِي بِي عَلَى أَبِي قَبِيسٍ قَالَتْ وَقَدْ كُفَّ بَصَرُهُ قَالَتْ فَأَشْرَفْتُ بِهِ عَلَيْهِ فَقَالَ يَا بُنَيَّةُ مَاذَا تَرَيْنَ قَالَتْ أَرَى سَوَادًا مُجْتَمِعًا قَالَ تِلْكَ الْخَيْلُ قَالَتْ وَأَرَى رَجُلًا يَسْعَى بَيْنَ ذَلِكَ السَّوَادِ مُقْبِلًا وَمُدْبِرًا قَالَ يَا بُنَيَّةُ ذَلِكَ الْوَازِعُ يَعْنِي الَّذِي يَأْمُرُ الْخَيْلَ وَيَتَقَدَّمُ إِلَيْهَا ثُمَّ قَالَتْ قَدْ وَاللَّهِ انْتَشَرَ السَّوَادُ فَقَالَ قَدْ وَاللَّهِ إِذَا دَفَعَتْ الْخَيْلُ فَأَسْرِعِي بِي إِلَى بَيْتِي فَانْحَطَّتْ بِهِ وَتَلَقَّاهُ الْخَيْلُ قَبْلَ أَنْ يَصِلَ إِلَى بَيْتِهِ وَفِي عُنُقِ الْجَارِيَةِ طَوْقٌ لَهَا مِنْ وَرِقٍ فَتَلَقَّاهُ الرَّجُلُ فَاقْتَلَعَهُ مِنْ عُنُقِهَا قَالَتْ فَلَمَّا دَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ وَدَخَلَ الْمَسْجِدَ أَتَاهُ أَبُو بَكْرٍ بِأَبِيهِ يَعُودُهُ فَلَمَّا رَآهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ هَلَّا تَرَكْتَ الشَّيْخَ فِي بَيْتِهِ حَتَّى أَكُونَ أَنَا آتِيهِ فِيهِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ هُوَ أَحَقُّ أَنْ يَمْشِيَ إِلَيْكَ مِنْ أَنْ تَمْشِيَ أَنْتَ إِلَيْهِ قَالَ فَأَجْلَسَهُ بَيْنَ يَدَيْهِ ثُمَّ مَسَحَ صَدْرَهُ ثُمَّ قَالَ لَهُ أَسْلِمْ فَأَسْلَمَ وَدَخَلَ بِهِ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَأْسُهُ كَأَنَّهُ ثَغَامَةٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَيِّرُوا هَذَا مِنْ شَعْرِهِ ثُمَّ قَامَ أَبُو بَكْرٍ فَأَخَذَ بِيَدِ أُخْتِهِ فَقَالَ أَنْشُدُ بِاللَّهِ وَبِالْإِسْلَامِ طَوْقَ أُخْتِي فَلَمْ يُجِبْهُ أَحَدٌ فَقَالَ يَا أُخَيَّةُ احْتَسِبِي طَوْقَكِ

Telah menceritakan kepada kami Ya’quub, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Ayahku, dari Ibnu Ishaaq, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin ‘Abbaad bin ‘Abdullaah bin Az-Zubair, dari Ayahnya, dari Neneknya yaitu Asmaa’ binti Abu Bakr -radhiyallahu ‘anhuma-, dia berkata, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam singgah di Dzi Thuwaa, Abu Quhaafah berkata kepada anak perempuannya yang bungsu, “Wahai putriku, naikkanlah aku pada bukit Abu Qubais.” -Asmaa’ berkata, “Beliau sudah buta penglihatannya.”-

Putrinya berkata, “Kemudian akupun menuntunnya.” Abu Quhafaah lalu bertanya, “Wahai puteriku, apa yang kau lihat?”

Putrinya menjawab, “Aku melihat gumpalan hitam yang sedang berkumpul.” Abu Quhaafah berkata, “Itu adalah pasukan berkuda.”

Putrinya berkata lagi, “Aku juga melihat seseorang yang berlari-lari di antara kumpulan itu ke depan dan ke belakang.” Abu Quhaafah berkata, “Wahai putriku, itulah Waazi’, yakni orang yang memerintahkan pasukan berkuda agar maju ke depan.”

Putrinya berkata, “Demi Allah wahai ayah, kumpulan hitam itu bergerak!” Abu Quhaafah berkata, “Demi Allah, jika pasukan berkuda telah bergerak maka bawalah aku pulang ke rumahku.”

Lalu putri bungsu Abu Quhaafah membawa pulang ayahnya namun di tengah jalan, pasukan berkuda menemukan mereka sebelum sampai ke rumah, dan putri bungsu Abu Quhaafah ketika itu mengenakan kalung dari perak di lehernya, lalu seseorang melepaskannya.

Asmaa’ melanjutkan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memasuki kota Makkah dan beliau masuk ke dalam Masjid, Abu Bakr datang menuntun ayahnya menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihat mereka, beliau bersabda, “Kenapa kau tidak membiarkan ayahmu ini di rumahnya hingga aku saja yang mendatanginya?”

Abu Bakr menjawab, “Wahai Rasulullah, ayahku lebih berhak untuk berjalan menemuimu daripada engkau yang berjalan menemuinya.”

Asmaa’ berkata, “Lalu beliau mendudukkan ayah Abu Bakr di sisinya, mengusap dadanya dan bersabda, “Masuklah Islam.” Maka Abu Quhaafah pun masuk Islam. Dan ketika itu Abu Bakr membawa ayahnya menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sementara di kepala ayahnya seakan-akan tumbuh Tsaghaamah (tumbuhan berwarna putih), lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ubahlah warna rambutnya,”

Kemudian Abu Bakr berdiri dan memegang tangan saudari perempuannya, lalu berkata, “Aku bersumpah kepada Allah dan Islam akan kalung saudariku (maksudnya siapa yang mengambil kalung saudarinya harap untuk mengembalikannya).” Namun tak seorangpun yang menjawab pertanyaannya. Abu Bakr lalu berkata, “Wahai saudariku, relakanlah kalungmu.”
[Musnad Ahmad no. 26415] – sanadnya hasan.

Diriwayatkan juga oleh Ibnu Hibbaan (Shahiih Ibnu Hibbaan no. 7208); Al-Haakim (Al-Mustadrak 3/42); Ath-Thabaraaniy (Mu’jam Al-Kabiir no. 236); Al-Baihaqiy (Dalaa’il An-Nubuwwah 5/95); Ibnu Sa’d (Ath-Thabaqaat 5/312, 8/513); Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy (Ma’rifatush Shahaabah no. 4930); dan lain-lain, dari jalan Ibnu Ishaaq, telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin ‘Abbaad, dari Ayahnya, dari Neneknya, dan seterusnya.

Ibnu Ishaaq seorang yang shaduuq tapi banyak melakukan tadlis termasuk mentadlis dari perawi lemah dan majhuul, akan tetapi di riwayat ini ia menyatakan dengan jelas penyimakan (simaa’), oleh karena itu hilanglah syubhat tadlis.

Al-Haafizh Abul Hasan Al-Haitsamiy berkata para perawinya adalah para perawi tsiqah [Majma’ Az-Zawaa’id 6/176].

Dihasankan oleh Syaikh Muqbil Al-Waadi’iy dalam Ash-Shahiihul Musnad no. 1543.

Dan dalam riwayat Al-Imam Muslim :

حَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قال: ” أُتِيَ بِأَبِي قُحَافَةَ يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ وَرَأْسُهُ وَلِحْيَتُهُ كَالثَّغَامَةِ بَيَاضًا، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” غَيِّرُوا هَذَا بِشَيْءٍ وَاجْتَنِبُوا السَّوَادَ “

Telah menceritakan kepada kami Abu Ath-Thaahir, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullaah bin Wahb, dari Ibnu Juraij, dari Abu Az-Zubair, dari Jaabir bin ‘Abdillaah -radhiyallahu ‘anhuma-, ia berkata, “Abu Quhaafah didatangkan (ke hadapan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam) pada hari Fathu Makkah dan di kepala dan jenggotnya bagaikan tumbuhan Ats-Tsagaamah yang berwarna putih semua. Maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ubahlah ini (rambut dan jenggotnya) dengan sesuatu dan hindarilah warna hitam.”
[Shahiih Muslim no. 2105]

Ibrah Kisah

Dari kisah Abu Quhaafah ini terlihat keteladanan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang beliau sangat menghormati orang yang lebih tua dan sudah sepuh, seperti Abu Quhaafah, sehingga beliau merasa sungkan ketika Abu Quhaafah didatangkan ke hadapan beliau oleh Abu Bakr Ash-Shiddiiq dan beliau merasa beliaulah yang lebih berhak untuk menemui Abu Quhaafah di rumahnya. Inilah akhlak mulia yang diajarkan Islam bahwa orang yang lebih muda hendaknya menghormati orang yang lebih tua dengan mendahulukan dan mengutamakannya.

Allah Ta’ala berfirman :

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الإنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ
Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaanNya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya. [QS Al-Fath : 29]

حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ حَمْزَةُ بْنُ الْعَبَّاسِ الْعَقَبِيُّ بِبَغْدَادَ ، ثنا عَبْدُ الْكَرِيمِ بْنُ هُشَيْمٍ ، ثنا نُعَيْمُ بْنُ حَمَّادٍ ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الْمَحْبُوبِيُّ بِمَرْوَ ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ سَيَّارٍ ، ثنا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ ، قَالا : ثنا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُبَارَكِ ، أَنْبَأَ خَالِدُ بْنُ مِهْرَانَ الْحَذَّاءُ ، عَنْ عِكْرِمَةَ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” الْبَرَكَةُ مَعَ أَكَابِرِكُمْ “

Telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad Hamzah bin Al-‘Abbaas Al-‘Aqabiy -di Baghdad-, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Kariim bin Husyaim, telah menceritakan kepada kami Nu’aim bin Hammaad, dan telah mengkhabarkan kepada kami Abul ‘Abbaas Muhammad bin Ahmad Al-Mahbuubiy -di Marwa-, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Sayyaar, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Waarits bin ‘Ubaidillaah, ia berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Al-Mubaarak, telah memberitakan Khaalid bin Mihraan Al-Hadzdzaa’, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas -radhiyallahu ‘anhuma-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Keberkahan ada pada orang-orang tua dari kalian.”
[Al-Mustadrak 1/62; Shahiih Ibnu Hibbaan no. 559] – Shahih. Lihat Ash-Shahiihah no. 1778.

حَدَّثَنَا يَعْمَرُ بْنُ بِشْرٍ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ يَعْنِي ابْنَ مُبَارَكٍ ، قَالَ : قَالَ أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ , حَدَّثَنِي نَافِعٌ ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ ، قَالَ : رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَسْتَنُّ ، فَأَعْطَى أَكْبَرَ الْقَوْمِ ، وَقَالَ : إِنَّ جِبْرِيلَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَنِي أَنْ أُكَبِّرَ

Telah menceritakan kepada kami Ya’mar bin Bisyr, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah -yakni Ibnul Mubaarak-, ia berkata, Usaamah bin Zaid berkata, telah menceritakan kepadaku Naafi’, bahwa Ibnu ‘Umar -radhiyallahu ‘anhuma- berkata, aku melihat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam sedang memakai siwak lalu beliau memberikannya pada orang yang lebih tua dari suatu kaum, dan beliau bersabda, “Sesungguhnya Jibriil Shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkanku untuk mendahulukan yang lebih tua.”
[Musnad Ahmad no. 6191; Mu’jam Al-Ausath no. 3218] – Hasan.

Abu Quhaafah tetap tinggal di Makkah dan ia tidak berhijrah ke Madinah hingga wafat pada tahun 14 H pada masa pemerintahan khalifah ‘Umar bin Al-Khaththaab radhiyallahu ‘anhu. Putranya, Abu Bakr Ash-Shiddiiq, khalifah Rasulullah, telah mendahuluinya setahun sebelumnya. Abu Quhaafah wafat pada usia 97 tahun. Semoga Allah Ta’ala meridhai Abu Quhaafah ‘Utsmaan bin ‘Aamir dan menempatkan beliau di dalam surgaNya kelak.

Allaahu a’lam.

Sumber :
Al-Ishaabah fiy Tamyiiz Ash-Shahaabah, karya Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy, tahqiiq : Dr. ‘Abdullaah bin ‘Abdul Muhsin At-Turkiy.
Ath-Thabaqaat Al-Kubraa karya Ibnu Sa’d, tahqiiq : ‘Aliy Muhammad ‘Umar, maktabah Al-Khaanujiy.
Sirah Nabawiyyah Ibnu Hisyaam, edisi Indonesia, penerbit Darul Falah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s