Takhrij Singkat Hadits : “Barangsiapa Membaca Ayat Kursi di Setiap Akhir Shalat…”

beautiful-ayatul-kursi-picture1Hadits ini diriwayatkan dari banyak jalan :

1. ‘Aliy bin Abi Thaalib -radhiyallahu ‘anhu-

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، حَدَّثَنِي الْقَاسِمُ بْنُ غَانِمِ بْنِ حَمُّوَيْهِ بْنِ الْحَسَنِ بْنِ مُعَاذٍ، ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ الصَّبَّاحِ، ثنا أَبِي، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو الْقُرَشِيُّ، عَنْ نَهْشَلِ بْنِ سَعِيدٍ الضَّبِّيِّ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ الْهَمْدَانِيِّ، عَنْ حَبَّةَ الْعُرَنِيِّ، قَالَ: سَمِعْتُ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَلَى أَعْوَادِ الْمِنْبَرِ، يَقُولُ: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ، لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةَ إِلا الْمَوْتُ، وَمَنْ قَرَأَهَا حِينَ يَأْخُذُ مَضْجَعَهُ، أَمَّنَهُ اللَّهُ عَلَى دَارِهِ، وَدَارِ جَارِهِ، وَدُوَيْرَاتٍ حَوْلَهُ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillaah Al-Haafizh, telah menceritakan kepadaku Al-Qaasim bin Ghaanim bin Hammawaih bin Al-Hasan bin Mu’aadz, telah menceritakan kepada kami Abul ‘Abbaas Muhammad bin Ishaaq bin Ash-Shabbaah, telah menceritakan kepada kami Ayahku, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Amr Al-Qurasyiy, dari Nahsyal bin Sa’iid Adh-Dhabbiy, dari Abu Ishaaq Al-Hamdaaniy, dari Habbah Al-‘Uraniy, ia berkata, aku mendengar ‘Aliy bin Abi Thaalib radhiyallahu ‘anhu mengatakan, aku mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda diatas mimbar dengan tongkatnya, “Barangsiapa membaca ayat Kursi pada tiap akhir shalat, tidak akan ada yang mencegahnya masuk surga kecuali kematian. Dan barangsiapa membacanya ketika hendak beranjak ke pembaringannya, maka Allah akan mengamankan rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah sekitarnya.”
[Syu’abul Iimaan no. 2395]

Al-Imam Al-Baihaqiy berkata, “Sanadnya dha’iif.”

Al-Imam Asy-Syaukaaniy berkata,

رواه الحاكم، عن علي رضي الله عنه، مرفوعًا، وفي سنده، حبة العرني، ونهشل بن سعيد، كذابان، قال في اللآلئ: أخرجه البيهقي في شعب الإيمان، عن الحاكم، وقال: إسناده ضعيف
“Diriwayatkan Al-Haakim, dari ‘Aliy radhiyallahu ‘anhu secara marfuu’, dan didalam sanadnya ada Habbah Al-‘Uraniy[1] dan Nahsyal bin Sa’iid[2], dua-duanya pendusta. Berkata (As-Suyuuthiy) dalam Al-La’aali’ : Dikeluarkan Al-Baihaqiy dalam Syu’abul Iimaan, dari Al-Haakim dan ia (Al-Baihaqiy) berkata : Sanadnya dha’iif. [Al-Fawaa’id Al-Majmuu’ah 1/257]

Habbah dalam periwayatan dari ‘Aliy mempunyai mutaba’ah dari Muhammad Al-Baaqir, diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Thaahir As-Silafiy dalam Masyaikhatu Al-Baghdaadiyah no. 18[3], telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin ‘Ulwaan, dari Ja’far bin Muhammad, dari Ayahnya, dari ‘Aliy, secara marfuu’.

Sanad ini munqathi’ dan sangat lemah, Muhammad Al-Baaqir, dia adalah Muhammad bin ‘Aliy bin Al-Husain bin ‘Aliy bin Abi Thaalib Al-Haasyimiy, seorang yang tsiqah faadhil namun ia tidak pernah bertemu ‘Aliy. Sedangkan Al-Husain bin ‘Ulwaan[4], dia didustakan Ibnu Ma’iin dan yang lainnya.

2. Al-Hasan bin ‘Aliy -radhiyallahu ‘anhuma-

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ هَاشِمٍ الْبَغَوِيُّ، ثنا كَثِيرُ بْنُ يَحْيَى، ثنا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ الرَّقَاشِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حَسَنِ بْنِ حَسَنٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ الصَّلاةِ الْمَكْتُوبَةِ كَانَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ إِلَى الصَّلاةِ الأُخْرَى “

Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Haasyim Al-Baghawiy, telah menceritakan kepada kami Katsiir bin Yahyaa, telah menceritakan kepada kami Hafsh bin ‘Umar Ar-Raqaasyiy, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Hasan bin Hasan, dari Ayahnya, dari Kakeknya, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat Kursi pada tiap akhir shalat wajib, dia berada dalam jaminan Allah hingga shalat berikutnya.”
[Mu’jam Al-Kabiir no. 2733]

Diriwayatkan pula oleh Ath-Thabaraaniy (Ad-Du’aa no. 674)[5]; Al-Khallaal (Fadhaa’il Suurat Al-Ikhlaash no. 56)[6], dari Katsiir bin Yahyaa, dari Hafsh bin ‘Umar Ar-Raqaasyiy, dari ‘Abdullaah bin Hasan bin Hasan, dari Ayahnya, dari Kakeknya, secara marfuu’.

Syaikh Al-Albaaniy dalam Irwaa’ul Ghaliil 3/243 dan Silsilatu Adh-Dha’iifah 11/229 berkata bahwasanya Hafsh bin ‘Umar Ar-Raqaasyiy tidak dikenal dan tidak ditemukan biografinya. Dalam riwayat Al-Khallaal disebutkan nama Hafsh bin ‘Umar secara lengkap, yaitu Hafsh bin ‘Umar bin Raziin Ar-Raqaasyiy, sepertinya inilah yang dimaksud oleh Syaikh Al-Albaaniy.

Katsiir bin Yahyaa, Abu Maalik Al-Bashriy[7], seorang yang shaduuq namun tasyayyu’. Terjadi pembicaraan atas dirinya.

Oleh karena itu, sanad dari jalan ini dha’iif.

3. Jaabir bin ‘Abdillaah Al-Anshaariy -radhiyallahu ‘anhuma-

حدثنا الحسين بن موسى بن خلف الرسعيني، حدثنا إسحاق بن رزيق، حدثنا إسماعيل بن يحيى بن عبيد الله التيمي، حدثنا إبن جريج، عن أبي الزبير، عن جابر رضي الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ خَرَقَتْ سَبْعَ سَمَوَاتٍ فَلَمْ يَلْتَئِمْ خَرْقُهَا حَتَّى يَنْظُرَ اللَّهُ إِلَى قَائِلِهَا فَيَغْفِرَ لَهُ، ثُمَّ يَبْعَثَ اللَّهُ إِلَيْهِ مَلَكًا فَيَكْتُبَ حَسَنَاتِهِ وَيَمْحُوَ سَيِّئَاتِهِ إِلَى الْغَدِ مِنْ تِلْكَ السَّاعَةِ “

Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Muusaa bin Khalaf Ar-Ras’iiniy, telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ruzaiq, telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Yahyaa bin ‘Ubaidillaah At-Taimiy, telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij, dari Abu Az-Zubair, dari Jaabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca ayat Kursi di setiap akhir shalat, maka bacaannya itu akan menembus tujuh langit dan tidak akan ditutupi bekasnya hingga Allah melihat kepada orang yang membacanya tersebut lalu Allah akan mengampuninya. Kemudian Allah akan mengutus malaikat yang akan mencatat kebaikannya dan menghapus keburukannya hingga esok hari dari sejak ia membacanya.”
[Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 1/496]

Diriwayatkan pula oleh Al-Waahidiy (Tafsiir Al-Wasiith 1/366)[8]

Hadits ini dimasukkan oleh Ibnul Jauziy dalam Al-Maudhuu’at 1/243 dan Ibnu ‘Iraaq Al-Kinaaniy dalam Tanziih Asy-Syarii’ah 1/286

Telah berkata Al-Imam Asy-Syaukaaniy,

رواه ابن عدي، عن جابر، مرفوعًا، وإسناده باطل
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy, dari Jaabir secara marfuu’, dan sanadnya baathil. [Al-Fawaa’id Al-Majmuu’ah 1/257]

Didalam sanadnya ada Ismaa’iil bin Yahyaa At-Taimiy[9], dikatakan oleh Ibnu ‘Adiy bahwa ia menceritakan hal-hal baathil dari hadits para rawi tsiqah. Disifati dengan sifat pendusta oleh Ad-Daaruquthniy dan yang lainnya.

4. ‘Abdullaah bin ‘Amr bin Al-‘Aash -radhiyallahu ‘anhuma-

أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ كُرْدَزَاذَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ بْنِ الْعَبَّاسِ الْوَرَّاقُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عَبْدِ الْجَبَّارِ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرِ بْنِ مَرْوَانَ الْفِهْرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ لَهِيعَةَ، عَنْ أَبِي قَبِيلٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ لَمْ يَتَوَلَّ قَبْضَ نَفْسِهِ إِلا اللَّهُ تَعَالَى “

Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad bin Kurdazaadz, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Ismaa’iil bin Al-‘Abbaas Al-Warraaq, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Al-Hasan bin ‘Abdul Jabbaar, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsiir bin Marwaan Al-Fihriy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Lahii’ah, dari Abu Qabiil, dari ‘Abdullaah bin ‘Amr, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca ayat Kursi, tidak akan ada yang bisa menahan jiwanya (untuk masuk surga) kecuali Allah Ta’ala.”
[Taariikh Baghdaad 7/113]

Diriwayatkan pula oleh Abu Thaahir As-Silafiy (Masyaikhatu Al-Baghdaadiyah no. 11)[10], dengan lafazh “Barangsiapa membaca ayat Kursi di setiap akhir shalat, dst.”

Sanad dari jalan ini dha’iif jiddan, didalamnya ada Muhammad bin Katsiir Al-Fihriy[11], dikatakan oleh Al-Haafizh bahwa ia matruuk.

5. ‘Abdullaah bin Mas’uud -radhiyallahu ‘anhu-

حدثنا معاوية بن العباس الحمصي، والحسين بن إسماعيل الرملي، قالا: ثنا عمران بن بكار، ثنا عبد السلام بن محمد الحضرمي، ثنا بقية، عن الأوزاعي، عن جسر بن الحسن، عن عون بن عبد الله بن عتبة، عن إبن مسعود قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ، فَمَاتَ دَخَلَ الْجَنَّةَ “

Telah menceritakan kepada kami Mu’aawiyah bin Al-‘Abbaas Al-Himshiy dan Al-Husain bin Ismaa’iil Ar-Ramliy, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Imraan bin Bakkaar, telah menceritakan kepada kami ‘Abdussalaam bin Muhammad Al-Hadhramiy, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Al-Auzaa’iy, dari Jasr bin Al-Hasan, dari ‘Aun bin ‘Abdillaah bin ‘Utbah, dari Ibnu Mas’uud, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat Kursi di setiap akhir shalat kemudian ia meninggal, maka ia masuk surga.”
[Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 2/426]

Diriwayatkan pula oleh Abu Bakr Ibnul Muqri’ (Hadiits Ibnul Muqri’ no. 11)[12], telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Al-Auzaa’iy, dari Jasr, dari ‘Aun, dari Ibnu Mas’uud secara marfuu’.

Al-Imam Ibnu Thaahir Al-Maqdisiy berkata,

وجسر هذا قال السعدي: هو واهي الحديث، وهذا حديث مرسل، يعني أن عونا لم يدرك إبن مسعود
Dan Jasr[13], berkata As-Su’diy : Dia waahiyul hadiits, dan hadits ini mursal, yakni karena ‘Aun tidak pernah bertemu Ibnu Mas’uud. [Dzakhiiratul Huffaazh 4/2366]

Kami menambahkan bahwasanya sanad hadits ini juga tidak selamat dari tadlis Baqiyyah, dikarenakan ia meriwayatkan dengan ‘an’anah sementara Baqiyyah sendiri berstatus shaduuq namun banyak melakukan tadlis termasuk dari perawi lemah dan majhuul. Ia dimasukkan ke dalam mudallis thabaqah keempat oleh Ibnu Hajar dalam Ta’riifu Ahlit Taqdiis no. 117, ‘an’anahnya tidak diterima hingga ia menyatakan dengan jelas penyimakannya.

Oleh karena itu, sanad dari jalan ini dha’iif jiddan.

6. Anas bin Maalik -radhiyallahu ‘anhu-

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، أنا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَتَّابٍ، ثنا ابْنُ أَبِي الْعَوَّامِ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْيَمَامِيُّ، عَنِ سالم الْخَيَّاطِ، عَنِ الْحَسَنِ، وَالْمُخْتَارِ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ آيَةَ الْكُرْسِيِّ، حُفِظَ إِلَى الصَّلاةِ الأُخْرَى، وَلا يُحَافِظُ عَلَيْهَا، إِلا نَبِيٌّ، أَوْ صِدِّيقٌ، أَوْ شَهِيدٌ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillaah Al-Haafizh, telah memberitakan kepada kami Abu Bakr bin ‘Attaab, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abul ‘Awwaam, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin ‘Abdirrahman Al-Yamaamiy, dari Saalim Al-Khayyaath, dari Al-Hasan dan Al-Mukhtaar, dari Anas, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca ayat Kursi di tiap akhir shalat wajib, (kemudian) menjaga hingga shalat berikutnya, tidaklah ada orang yang selalu menjaganya kecuali Nabi, atau shiddiiq (orang yang jujur), atau syahiid.”
[Syu’abul Iimaan no. 2396]

Al-Imam Al-Baihaqiy berkata,

وَهَذَا أَيْضًا إِسْنَادُهُ ضَعِيفٌ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ
Hadits ini juga sanadnya dha’iif. Wallaahu a’lam.

Dha’if karena sebab Saalim Al-Khayyaath[14], Al-Haafizh berkata “shaduuq, hapalannya buruk” dan dilemahkan An-Nasaa’iy dan Ad-Daaruquthniy. Sementara ‘Abdullaah bin ‘Abdirrahman Al-Yamaamiy majhuul.

Dan juga dari jalan Anas bin Maalik dengan lafazh yang lain :

نا أَبُو سَعِيدٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ عَمْرٍو، رَحِمَهُ اللَّهُ، نا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَلِيٍّ الْعَدْلُ الدَّيْنَوَرِيُّ، نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سَلامٍ الْعَطَّارُ، نا أَبِي، نا سَلَمَةُ بْنُ وَرْدَانَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، إِحْدَى عَشْرَةَ مَرَّةً فِي دُبُرِ صَلاةِ الصُّبْحِ لَمْ يُسَلَّطِ الشَّيْطَانُ عَلَيْهِ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ، وَلَمْ يَأْتِ بِذَنْبٍ، وَإِنْ جَهِدَ الشَّيْطَانُ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Sa’iid Muhammad bin ‘Aliy bin ‘Amr -semoga Allah merahmatinya-, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdullaah bin Ibraahiim bin ‘Aliy Al-‘Adl Ad-Dainuuriy, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullaah bin Wahb, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Sa’iid bin Sallaam Al-‘Aththaar, telah mengkhabarkan kepada kami Ayahku, telah mengkhabarkan kepada kami Salamah bin Wardaan, dari Anas bin Maalik -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat Kursi dan Qul huwallaahu ahad (surat Al-Ikhlaash) pada setiap akhir shalat subuh, niscaya syetan tidak akan mampu menggodanya pada hari itu, dia tidak akan berbuat dosa walau syetan berupaya keras.”
[Amaaliy li Abu Muthii’ Al-Mishriy no. 14]

Sanadnya dha’iif jiddan, bahkan matannya baathil. Salamah bin Wardaan[15] dikatakan oleh Al-Haakim bahwa banyak riwayatnya dari Anas adalah riwayat-riwayat mungkar, sementara Sa’iid bin Sallaam Al-‘Aththaar[16] dikatakan oleh Al-Bukhaariy “munkarul hadiits”, dan Ahmad mendustakannya.

7. Ash-Shalshaal bin Ad-Dalahmas -radhiyallahu ‘anhu-

أَخْبَرَنَا عَلِيٌّ، عَنْ أَحْمَدَ بْنِ عُبَيْدٍ، ثنا أَبُو عُمَارَةَ الْمُسْتَمْلِي، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الضُّوء َيْعِنِيِّ بْنِ الصَّلْصَالِ بْنِ الدَّلَهْمَسِ، ثنا أَبِي، أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ، تُوِّجَ بِتَاجِ الْجَنَّةِ ”
وَبِإِسْنَادِهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ، لَمْ يَكُنْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ، إِلا أَنْ يَمُوتَ، فَإِذَا مَاتَ دَخَلَ الْجَنَّةَ “

Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy, dari Ahmad bin ‘Ubaid, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Umaarah Al-Mustamliy, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Adh-Dhau’ -yakni bin Ash-Shalshaal bin Ad-Dalahmas-, telah menceritakan kepada kami Ayahku, bahwa Ayahnya telah menceritakan kepadanya, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al-Baqarah, dia akan diberi mahkota dengan mahkota surga.”

Dan dengan isnadnya yang sama, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca ayat Kursi pada tiap akhir shalat, tidak akan ada (penghalang) diantara dirinya dan masuk surga, kecuali kematian. Maka jika ia mati, ia masuk surga.”
[Syu’abul Iimaan no. 2167]

Sanadnya dha’iif jiddan, Abu ‘Umaarah Al-Mustamliy[17] telah dilemahkan Ad-Daaruquthniy, sedangkan Muhammad bin Adh-Dhau’ bin Ash-Shalshaal[18] dikatakan sebagai pendusta oleh Al-Khathiib.

8. Al-Mughiirah bin Syu’bah -radhiyallahu ‘anhu-

حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الْقَاضِي، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ زُهَيْرٍ، حَدَّثَنَا مَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ هَاشِمٍ، عَنْ عُمَرَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ، عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ، مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ، إِلا أَنْ يَمُوتَ، فَإِذَا مَاتَ دَخَلَ الْجَنَّةَ “

Telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad Muhammad bin Ahmad Al-Qaadhiy, telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Zuhair, telah menceritakan kepada kami Makkiy bin Ibraahiim, telah menceritakan kepada kami Haasyim bin Haasyim, dari ‘Umar bin Ibraahiim, dari Muhammad bin Ka’b, dari Al-Mughiirah bin Syu’bah, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca ayat Kursi pada tiap akhir shalat, tidaklah ada (penghalang) diantaranya dan memasuki surga kecuali kematian, maka jika ia mati, ia masuk surga.”
[Hilyatul Auliyaa’ 3/221]

Al-Imam Abu Nu’aim berkata,

هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ مِنْ حَدِيثِ الْمُغِيرَةِ، تَفَرَّدَ بِهِ هَاشِمُ بْنُ هَاشِمٍ، عَنْ عُمَرَ، عَنْهُ مَا كَتَبْنَاهُ عَالِيًا إِلا مِنْ حَدِيثِ مَكِّيٍّ
Hadits ini gharib dari hadits Al-Mughiirah, Haasyim bin Haasyim bersendirian didalamnya, dari ‘Umar. Tidaklah kami mencatatnya secara ‘aliy kecuali dari hadits Makkiy.

Syaikh Al-Albaaniy berkata,

إسناده ثقات رجال الشيخين غير عمر بن إبراهيم
Isnadnya terpercaya (terdiri dari) para perawi Asy-Syaikhain selain ‘Umar bin Ibraahiim[19]. [Silsilatu Ash-Shahiihah 2/664]

Sanad hadits dari jalan ini dha’iif, karena kemajhulan ‘Umar bin Ibraahiim, dikatakan oleh Al-‘Uqailiy bahwa hadits-haditsnya tidak memiliki mutaba’at.

9. Abu Umaamah Al-Baahiliy -radhiyallahu ‘anhu-

أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ بِشْرٍ، بِطَرَسُوسَ، كَتَبْنَا عَنْهُ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلا أَنْ يَمُوتَ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin Bisyr di Tharsuus, kami mencatat darinya, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Himyar, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ziyaad, dari Abu Umaamah, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca ayat Kursi di setiap akhir shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya dari memasuki surga kecuali dia mati.”
[‘Amalul Yaum wal Lailah li An-Nasaa’iy no. 100]

Al-Haafizh Ibnu Hajar dalam Nataa’ijul Ifkaar 2/294 menilai sanad hadits ini hasan gharib sementara Syaikh Muqbil Al-Waadi’iy dalam Al-Jaami’ush Shahiih 5/375 menilai sanad hadits ini hasan.

Al-Imam Asy-Syaukaaniy berkata,

في إسناد النسائي الحسين بن بشر قال النسائي لا بأس به وقال في موضع آخر ثقة
Pada sanad An-Nasaa’iy ada Al-Husain bin Bisyr[20], berkata An-Nasaa’iy, “tidak mengapa dengannya,” dan ia berkata pada riwayat yang lain, “tsiqah.” [Tuhfatudz Dzaakiriin hal. 155]

Diriwayatkan pula oleh Ath-Thabaraaniy (Mu’jam Al-Kabiir no. 7532)[21] -dengan tambahan lafazh “Qul huwallaahu ahad”-; Mu’jam Al-Ausath no. 8069[22]; Ad-Du’aa no. 675[23]); Ar-Ruuyaaniy (Musnad no. 1268)[24]; Ibnus Sunniy (‘Amalul Yaum wal Lailah no. 125)[25]; Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy (Akhbaar Ashbahaan 1/417)[26], semua dari jalan Muhammad bin Himyar, dari Muhammad bin Ziyaad Al-Alhaaniy, dari Abu Umaamah secara marfuu’

Para ulama berselisih pendapat mengenai Muhammad bin Himyar[27] pada jalur sanad ini. Pokok cacatnya adalah karena ia tafarrud didalamnya. Ahmad, Ibnu Ma’iin dan An-Nasaa’iy menta’dilnya, begitu pula ulama-ulama yang lain setelahnya. Sementara Abu Haatim dan Ya’quub Al-Fasawiy mencacatnya, Abu Haatim berkata “ditulis haditsnya namun tidak dijadikan hujjah” (dan ini adalah salah satu bentuk jarh dari Abu Haatim), Ya’quub berkata “laisa bil qawiy”.

Al-Haafizh Ibnu Hajar dalam Nataa’ijul Ifkaar 2/295 mengatakan bahwa kalam Abu Haatim dan Ya’quub Al-Fasawiy mengenai Ibnu Himyar termasuk “jarh ghairu mufassar” yaitu jarh yang tidak dijelaskan.

Mengenai tafarrud Ibnu Himyar, Al-Imam Ad-Daaruquthniy berkata (seperti dinukil Ibnul Jauziy),

غريب من حديث الألهاني عن أبي أمامه تفرد به محمد بن حمير عنه.قال يعقوب بن سفيان: ليس بالقوي
Gharib dari hadits Al-Alhaaniy, dari Abu Umaamah. Muhammad bin Himyar tafarrud didalamnya dari Al-Alhaaniy, Ya’quub bin Sufyaan berkata “laisa bil qawiy”. [Al-Maudhuu’at 1/244]

Maqbulnya tafarrud Ibnu Himyar bisa dijelaskan dengan beberapa jawaban :

1. Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Imam An-Nasaa’iy sementara beliau tidak meng-illat’kannya padahal beliau termasuk ke dalam imam-imam yang ahli di bidang illat hadits.

2. Muhammad bin Himyar termasuk ke dalam perawi Al-Bukhaariy dalam kitab shahihnya. Walaupun Al-Imam Al-Bukhaariy meriwayatkan hadits Ibnu Himyar dengan mutaba’at namun kita telah mengetahui beliau menerapkan syarat yang sangat ketat dalam penilaian perawinya.

3. Tiga imam ahli jarh wa ta’dil yang pendapat mereka sangat diperhitungkan (yaitu Ahmad, Ibnu Ma’iin dan An-Nasaa’iy -seperti telah disebut diatas-) telah menta’dil Ibnu Himyar. Terkhusus Ibnu Ma’iin dan An-Nasaa’iy, mereka berdua tergolong ketat dalam menilai ‘adil perawi sehingga ta’dil dari mereka sudah merupakan kredit tersendiri untuk seorang perawi.

4. Menyendirinya seorang perawi shaduuq dapat diterima jika ada qarinah bahwa ia seorang yang dhabith dan tidak dicacati hapalannya, dalam hal ini tidak ada imam ahli hadits yang mencacati hapalan Ibnu Himyar namun jarh padanya adalah jarh yang tidak dijelaskan (seperti disebut diatas).

5. Hadits ini bukanlah termasuk ushuul ahkam.

Al-Imam Ibnus Sunniy juga meriwayatkan dari Abu Umaamah Al-Baahiliy dengan lafazh yang berlainan :

أَخْبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدِ بْنُ صَاعِدٍ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ مَعْرُوفٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَبُو التَّقِيِّ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ الذُّهْلِيِّ، أَنَّهُ أَخْبَرَهُ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ صُدَيِّ بْنِ عَجْلانَ الْبَاهِلِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ كَانَ بِمَنْزِلَةِ مَنْ قَاتَلَ عَنْ أَنْبِيَاءِ اللَّهِ عز وجل حَتَّى يُسْتَشْهَدَ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad bin Shaa’id, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan bin Ma’ruuf, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Hamiid bin Ibraahiim Abu At-Taqiy, telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy, dari Daawud bin Ibraahiim Adz-Dzuhliy bahwasanya ia telah mengkhabarinya dari Abu ‘Umaamah Shuday bin ‘Ajlaan Al-Baahiliy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca ayat Kursi pada akhir shalat wajib, kedudukannya bagaikan berperang bersama para Nabi Allah ‘Azza wa Jalla hingga ia dimintai persaksiannya.”
[‘Amalul Yaum wal Lailah li Ibnis Sunniy no. 124]

Sanadnya dha’iif. Daawud bin Ibraahiim Adz-Dzuhliy tidak ditemukan biografinya, yang berarti dia majhuul. Sementara Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy[28], Al-Haafizh berkata bahwa ia shaduuq selama ia meriwayatkan dari penduduk negerinya (Syaam), dan di hadits ini tidak diketahui apakah Daawud bin Ibraahiim termasuk penduduk Syaam atau bukan. Abu At-Taqiy ‘Abdul Hamiid bin Ibraahiim[29], Al-Haafizh mengatakan shaduuq, hanya saja kitab-kitabnya hilang sehingga hapalannya menjadi buruk.

Kesimpulan :

Setelah melihat semua jalan periwayatan, maka didapat kesimpulan berdasarkan point-point berikut :

1. Hadits “Barangsiapa membaca ayat Kursi di setiap akhir shalat…”, diriwayatkan dari banyak jalan namun dari banyak jalan tersebut hampir semua tidak ada yang selamat dari kelemahan, mulai dari kelemahan yang ringan hingga yang parah.

2. Sanad yang paling selamat adalah jalan sanad Abu Umaamah Al-Baahiliy seperti yang diriwayatkan Al-Imam An-Nasaa’iy dalam ‘Amalul Yaum, dan di sisi kami ia sanad yang hasan, tidak sampai shahih namun juga tidaklah dha’if.

3. Sanad-sanad yang kelemahannya ringan (walaupun matannya agak berbeda) dapat dijama’ sehingga ia menjadi hadits hasan lighairihi, dan bila dijama’ dengan hadits Abu Umaamah yang hasan, maka hadits “Barangsiapa membaca ayat Kursi di setiap akhir shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya dari memasuki surga kecuali dia mati,” adalah shahih lighairihi dengan keseluruhan jalannya.

Diantara para ulama yang menshahihkan/menghasankan hadits ini :

1. Al-Haafizh Ibnu Hajar seperti telah disebutkan.
2. Syaikh Muhammad Naashiruddiin Al-Albaaniy dalam Shahiihul Jaami’ no. 6464, Shahiih At-Targhiib no. 1595 dan Silsilatu Ash-Shahiihah 2/661 no. 972.
3. Syaikh Muqbil Al-Waadi’iy seperti telah disebutkan.
4. Syaikh ‘Abdul ‘Aziiz bin Baaz dalam Fataawaa Nuur ‘Ala Ad-Darb 8/132 dan Majmuu’ Fataawaa Ibnu Baaz 50/11.
5. Al-Haafizh Abul Hasan Al-Haitsamiy dalam Majma’ Az-Zawaa’id 10/105.
6. Al-Haafizh Ibnu ‘Abdil Haadiy dalam Al-Muharrar hal. 53.
7. Al-Haafizh Al-Mundziriy dalam At-Targhiib wa At-Tarhiib 2/448.
8. Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Zaadul Ma’aad 1/285.
9. Al-Haafizh Jalaaluddiin As-Suyuuthiy sebagaimana ternukil dalam Al-La’aali’ 1/230, Al-Jaami’ Ash-Shaghiir no. 8926 dan An-Nukat ‘Ala Al-Maudhuu’at hal. 57.
10. Al-Imam Asy-Syaukaaniy dalam Tuhfatudz Dzaakiriin hal. 155.
11. Al-Imam Ad-Dimyaathiy dalam Al-Mutajir Ar-Raabih no. 473.
12. Al-Imam Al-Bahuutiy dalam Kasysyaaf Al-Qinaa’ 1/366.
13. Al-Haafizh Jamaaluddiin Az-Zaila’iy Al-Hanafiy dalam Takhriij Al-Kasysyaaf 1/160.
14. Syaikh Saliim bin ‘Iid Al-Hilaaliy dalam tahqiqnya terhadap Al-Waabilush Shayyib no. 197.
15. Syaikh Abu Ishaaq Al-Huwainiy dalam Al-Junnatul Murtaab no. 134.

Dan diantara para ulama yang mendha’ifkan hadits ini :

1. Al-Imam Abul Faraj Ibnul Jauziy dalam Al-Maudhuu’at 1/233, dan ini merupakan sesuatu yang berlebihan dan tidak pada tempatnya karena hadits ini bukan termasuk hadits palsu.
2. Al-Imam Ad-Daaruquthniy seperti telah disebutkan diatas.
3. Al-Haafizh Zainuddiin Al-‘Iraaqiy dalam Takhriij Al-Ihyaa’ no. 1106.
4. Syaikhul Islaam Ibnu Taimiyyah dalam Majmuu’ Fataawaa 22/508.
5. Al-Haafizh Adz-Dzahabiy dalam Miizaanul I’tidaal 6/128 pada biografi Muhammad bin Himyar.
6. Al-‘Allaamah ‘Abdurrahman Al-Mu’allimiy Al-Yamaaniy dalam tahqiqnya terhadap Al-Fawaa’id Al-Majmuu’ah hal. 299.

Rahimahumullahu ajma’iin.

Allaahu a’lamu bish shawwaab.

Sumber-sumber :

“Silsilatu Ash-Shahiihah” dan “Silsilatu Adh-Dha’iifah”, karya Syaikh Muhammad Naashiruddiin Al-Albaaniy, maktabah Al-Ma’aarif, Riyaadh.

“Nataa’ijul Ifkaar”, karya Al-Haafizh Syihaabuddiin Abul Fadhl Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy, tahqiiq : Hamdiy ‘Abdul Majiid As-Salafiy, Daar Ibni Katsiir.

– http://www.alukah.net/sharia/0/37412/

http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=3401

Footnotes :

[1] Habbah bin Juwain bin ‘Aliy bin ‘Abd Nahm bin Maalik Al-‘Uraniy, Abu Qudaamah Al-Kuufiy Al-Bajaliy. Adz-Dzahabiy berkata “syi’ah ekstrim, dia yang menceritakan bahwa ‘Aliy bersamanya di Shiffin selama 80 purnama”, Ibnu Ma’iin berkata “tidak tsiqah” dan diikuti Al-Jauzajaaniy, Ibnu Khiraasy berkata “tidak ada apa-apanya”, An-Nasaa’iy berkata “tidak kuat”, Ibnu Hibbaan mendha’ifkan, dan Al-‘Ijliy mengatakan ia tabii’iy tsiqah, Ibnu Hajar berkata “shaduuq, padanya terdapat banyak kesalahan, berlebih-lebihan dalam tasyayyu'”. Termasuk thabaqah ke-2. Wafat tahun 79 H. Dipakai An-Nasaa’iy dalam Khashaa’ish ‘Aliy. [Tahdziibul Kamaal no. 1076; Miizaanul I’tidaal 2/188; Taqriibut Tahdziib no. 1081]

[2] Nahsyal bin Sa’iid bin Wardaan Al-Wardaaniy, Abu Sa’iid atau Abu ‘Abdillaah Adh-Dhabbiy Al-Bashriy. Ditinggalkan oleh jama’ah. Ishaaq bin Raahawaih berkata “pendusta”, Abu Haatim dan An-Nasaa’iy berkata “matruuk”, An-Nasaa’iy dalam riwayat lain berkata “tidak tsiqah dan tidak ditulis haditsnya”, Abu Zur’ah dan Ad-Daaruquthniy mendha’ifkannya, Ibnu Ma’iin dalam suatu riwayat berkata “tidak ada apa-apanya”, dalam riwayat lain ia berkata “tidak tsiqah”. Termasuk thabaqah ke-7. Dipakai Ibnu Maajah. [Miizaanul I’tidaal 7/50; Al-Majruuhiin 3/52; Tahdziibut Tahdziib 10/479; Taqriibut Tahdziib no. 7198]

[3] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الْقَطِيعِيُّ، نَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُقْبَةَ الْكُوفِيُّ، نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَوَّارٍ، نَا أَحْمَدُ بْنُ صُبَيْحٍ الأَسَدِيُّ، نَا الْحُسَيْنُ بْنُ عُلْوَانَ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” اقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ، فَإِنَّهُ لا يُحَافِظُ عَلَيْهَا إِلا نَبِيٌّ أَوْ صِدِّيقٌ أَوْ شَهِيدٌ “

[4] Al-Husain bin ‘Ulwaan Al-Kalbiy. Ibnu Ma’iin berkata “pendusta” dan begitu pula Ahmad, Ibnul Madiiniy berkata “dha’iif jiddan”, Abu Haatim, An-Nasaa’iy dan Ad-Daaruquthniy berkata “matruukul hadiits”. [Lisaanul Miizaan 3/189; Al-Kasyful Hatsiits no. 244; Miizaanul I’tidaal 2/298; Al-Majruuhiin 1/244]

[5] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ هَاشِمٍ الْبَغَوِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ حَيَّانَ الْمَازِنِيُّ، قَالا: ثنا كَثِيرُ بْنُ يَحْيَى صَاحِبُ الْبَصْرِيِّ، ثنا حَفْصُ بْنُ عَمْرٍو الرَّقَاشِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حَسَنِ بْنِ حَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ الصَّلاةِ الْمَكْتُوبَةِ كَانَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ عز وجل حَتَّى الصَّلاةِ الأُخْرَى “

[6] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدٍ الزَّاهِدُ، ثنا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَسَّانَ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ سَهْلٍ الأَهْوَازِيُّ، ثنا أَبُو مَالِكٍ كَثِيرُ بْنُ يَحْيَى صَاحِبُ الْبَصْرِيِّ، ثنا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ بْنِ رَزِينٍ الرَّقَاشِيُّ، كَتَبْنَا عَنْهُ مُنْذُ نَحْوِ سِتِّينَ سَنَةً، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حَسَنِ بْنِ حَسَنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ،، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ كَانَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ إِلَى الصَّلاةِ الأُخْرَى “

[7] Katsiir bin Yahyaa bin Katsiir, Abu Maalik Al-Bashriy. Abu Haatim berkata “tempatnya kejujuran, tasyayyu'”, Abu Zur’ah berkata “shaduuq”, Al-Azdiy berkata “dia memiliki riwayat-riwayat mungkar”, Adz-Dzahabiy berkata “penduduk Bashrah, seorang syi’ah”, ‘Abbaas Al-‘Anbariy melarang manusia mengambil riwayat-riwayat darinya, Al-Albaaniy berkata “Aku berharap pelarangan tersebut hanya karena tasyayyu’nya”. [Lisaanul Miizaan 6/415; Miizaanul I’tidaal 5/496; Silsilatu Adh-Dha’iifah 11/229]

Abul Fath Al-Azdiy berlebih-lebihan dalam menjarhnya sedangkan perkataan Al-‘Anbariy telah dijelaskan oleh Al-Albaaniy bahwasanya riwayat-riwayat yang dilarang untuk diambil adalah riwayat yang mendukung bid’ah tasyayyu’nya. Abu Haatim dan Abu Zur’ah telah menta’dilnya, oleh karena itu Katsiir bin Yahyaa adalah shaduuq selama ia tidak membawakan riwayat yang mendukung tasyayyu’nya. Allaahu a’lam.

[8] Riwayatnya adalah :

أَخْبَرَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ النَّصْرَابَاذِيُّ، أَخْبَرَنَا الإِمَامُ أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الْقَفَّالُ، حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُوسَى بْنِ خَلَفٍ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ رُزَيْقٍ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ يَحْيَى بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ التَّيْمِيُّ، حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ خَرَقَتْ سَبْعَ سَمَوَاتٍ فَلَمْ يَلْتَئِمْ خَرْقُهَا حَتَّى يَنْظُرَ اللَّهُ إِلَى قَائِلِهَا فَيَغْفِرَ لَهُ، ثُمَّ يَبْعَثَ اللَّهُ إِلَيْهِ مَلَكًا فَيَكْتُبَ حَسَنَاتِهِ وَيَمْحُوَ سَيِّئَاتِهِ إِلَى الْغَدِ مِنْ تِلْكَ السَّاعَةِ “أ

[9] Ismaa’iil bin Yahyaa bin ‘Ubaidillaah bin Thalhah bin ‘Abdillaah bin ‘Abdirrahman bin Abu Bakr Ash-Shiddiiq, Abu Yahyaa At-Taimiy. Ibnu ‘Adiy berkata seperti telah disebutkan, Shaalih bin Muhammad Jazarah berkata “dia pemalsu hadits”, Al-Azdiy berkata “termasuk rukun-rukun pendusta”, Abu ‘Aliy An-Naisaaburiy, Ad-Daaruquthniy dan Al-Haakim sepakat berkata “pendusta”, Adz-Dzahabiy berkata “disepakati untuk ditinggalkan” dan disetujui Ibnu Hajar. [Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 1/496; Al-Jarh wa At-Ta’diil 2/203; Lisaanul Miizaan 2/181; Miizaanul I’tidaal 1/415; Al-Mughniy fiy Adh-Dhu’afaa’ 1/89]

[10] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ بْنِ الْعَبَّاسِ الْوَرَّاقُ، إِمْلاءً غَيْرَ مَرَّةٍ، أَنا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عَبْدِ الْجَبَّارِ الصُّوفِيُّ، قِرَاءَةً عَلَيْهِ سَنَةَ أَرْبَعٍ وَثَلاثِ مِائَةٍ، نَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ الْفِهْرِيُّ، نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ لَهِيعَةَ، عَنِ أَبِي قُبَيْلٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ لَمْ يَتَوَلَّ قَبْضَ رُوحِهِ إِلا اللَّهُ تعالى “

[11] Muhammad bin Katsiir bin Marwaan bin Suwaid Al-Fihriy Asy-Syaamiy. Ibnu ‘Adiy berkata “munkarul hadiits dari semua yang diriwayatkan darinya, dan bencana berasal darinya”, Ibnu Ma’iin berkata “tidak tsiqah”, Adz-Dzahabiy berkata “waahin (lemah)”, ‘Aliy bin Al-Husain bin Al-Junaid berkata “munkarul hadiits, aku membenci meriwayatkan darinya”, Ibnu Hajar berkata seperti telah disebutkan diatas. Wafat tahun 220 H atau 230 H. [Siyar A’lam An-Nubalaa’ 10/385; Lisaanul Miizaan 7/460; Miizaanul I’tidaal 6/313; Al-Jarh wa At-Ta’diil 8/70; Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 7/501; Taqriibut Tahdziib no. 6255]

[12] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الطَّائِيُّ، نا عِمْرَانُ بْنُ بَكَّارٍ، نا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ مُحَمَّدٍ، نا بَقِيَّةُ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ جِسْرِ بْنِ الْحَسَنِ، عَنْ عَوْنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ، دَخَلَ الْجَنَّةَ “

[13] Jasr bin Al-Hasan Al-Yamaamiy, Abu ‘Utsmaan Al-Kuufiy. Waahiyul hadiits, Ibnu Ma’iin berkata “tidak ada apa-apanya”, Abu Haatim berkata “tidaklah aku melihat ada yang salah dengan haditsnya”, An-Nasaa’iy dalam suatu riwayat mendha’ifkannya, dalam riwayat lain ia berkata “tidak tsiqah dan tidak ditulis haditsnya”, Al-Jauzajaaniy berkata “lemah”, Ibnu Hibbaan berkata “shaduuq”, Ibnu Hajar berkata “maqbuul”, dan Syu’aib Al-Arna’uuth berkata “dha’iif”. Termasuk thabaqah ke-7. Dipakai oleh Abu Daawud dalam Al-Maraasiil. [Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 2/426; Tahdziibul Kamaal no. 924; Dzakhiiratul Huffaazh 4/2366; Al-Ahwaal Ar-Rijaal no. 166; Taqriibut Tahdziib no. 930; Ats-Tsiqaat 6/155; Tahriirut Taqriib 1/214]

[14] Saalim bin ‘Abdullaah Al-Khayyaath Al-Bashriy. Ats-Tsauriy meridhainya, Ibnu Ma’iin berkata “tidak ada apa-apanya”, An-Nasaa’iy berkata “tidak tsiqah”, Ad-Daaruquthniy berkata “layyinul hadiits”, Ibnu Hibbaan berkata “meriwayatkan khabar-khabar yang terbolak-balik (sanadnya) dan ia menambahi hal-hal yang tidak berasal darinya”, Adz-Dzahabiy berkata “mempunyai kelemahan”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq, hapalannya buruk”, Syu’aib Al-Arna’uuth berkata “dha’iif”. Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal no. 2151; Miizaanul I’tidaal 3/165; Al-Kaasyif 1/422; Taqriibut Tahdziib no. 2178; Tahriirut Taqriib 2/7]

[15] Salamah bin Wardaan Al-Laitsiy Al-Jundiy, Abu Ya’laa Al-Madaniy. ‘Amr bin ‘Aliy berkata “diingkari Al-Bukhaariy dan Abu Haatim”, Ahmad berkata “munkarul hadiits, dha’iif”, Ibnu Ma’iin berkata “tidak ada apa-apanya”, Abu Daawud dan An-Nasaa’iy mendha’ifkannya, dalam riwayat lain An-Nasaa’iy berkata “tidak tsiqah”, Al-Haakim Abu ‘Abdillaah berkata “kebanyakan riwayatnya dari Anas adalah riwayat mungkar”, Ahmad bin Shaalih Al-Mishriy berkata “dia di sisiku tsiqah hasanul hadiits”, Ibnu Hajar berkata “dha’iif”. Termasuk thabaqah ke-5. Wafat sekitar tahun 150 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Adabul Mufrad, At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal no. 2473; Tahdziibut Tahdziib 4/160; Taqriibut Tahdziib no. 2514]

[16] Sa’iid bin Sallaam Al-‘Aththaar, Abul Hasan Al-Bashriy. Didustakan oleh Ahmad dan Ibnu Numair. Al-Bukhaariy dan Ibnu Hibbaan berkata “munkarul hadiits”, Ibnu Hibbaan menambahkan “meriwayatkan dari rawi-rawi tsabt hal-hal yang tidak ada asal-usulnya”, An-Nasaa’iy berkata “dha’iif”, Al-‘Ijliy berkata “tidak mengapa dengannya”, dan Al-‘Ijliy dalam hal ini telah bersikap tasahul. [Miizaanul I’tidaal 3/206; Taariikhul Kabiir 3/481; Al-Majruuhiin 1/321]

[17] Muhammad bin Ahmad bin Al-Mahdiy, Abu ‘Umaarah Al-Mustamliy. Ad-Daaruquthniy berkata “dha’iif jiddan”, dalam riwayat lain ia berkata “matruuk”, Al-Khathiib berkata “dalam haditsnya ada hal-hal yang diingkari dan gharib”. [Miizaanul I’tidaal 6/44, Al-Mughniy fiy Adh-Dhu’afaa’ 2/154]

[18] Muhammad bin Adh-Dhau’ bin Ash-Shalshaal bin Ad-Dalahmas bin Haml bin Jandalah At-Tamiimiy, Abu Ja’far Al-Kuufiy. Al-Khathiib berkata “dia pendusta, orang yang rusak, peminum khamr dan pendosa”, Ibnu Hibbaan berkata “tidak boleh dijadikan hujjah”, Adz-Dzahabiy berkata “tidak tsiqah, haditsnya baathil”. [Taariikh Baghdaad 3/356; Miizaanul I’tidaal 6/192]

[19] ‘Umar bin Ibraahiim bin Muhammad bin Al-Aswad. Al-‘Uqailiy berkata “tidak mempunyai mutaba’ah”, dan ‘Umar bin Ibraahiim ini majhuul, yang meriwayatkannya hanya Haasyim bin Haasyim. [Ta’jiilul Manfa’ah 2/35; Lisaanul Miizaan 6/60; Miizaanul I’tidaal 5/216; Taariikhul Kabiir 6/141]

[20] Al-Husain bin Bisyr bin ‘Abdul Hamiid Ath-Tharsuusiy Al-Himshiy. An-Nasaa’iy dalam suatu riwayat berkata “tidak mengapa dengannya” dan disetujui Ibnu Hajar, dalam riwayat lain An-Nasaa’iy berkata “tsiqah”, Abu Haatim berkata “syaikh”. Termasuk thabaqah ke-11. Dipakai oleh An-Nasaa’iy. [Tahdziibul Kamaal no. 1295; Taqriibut Tahdziib no. 1306]

[21] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ كَيْسَانَ الْمِصِّيصِيُّ، ثنا الْحُسَيْنُ بْنُ بِشْرٍ الطَّرَسُوسِيُّ، ح وَحَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ الْعَلاءِ بْنِ زِبْرِيقٍ الْحِمْصِيُّ، ثنا عَمِّي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، ح وَحَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ هَارُونَ، ثنا هَارُونُ بْنُ دَاوُدَ النَّجَّارُ الطَّرَسُوسِيُّ، قَالُوا: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ الأَلْهَانِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا أُمَامَةَ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ “، زَادَ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ فِي حَدِيثِهِ: “[قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ] “

Tambahan lafazh “Qul huwallahu ahad” adalah lafazh yang mungkar, ia berasal dari Muhammad bin Ibraahiim dan ia tafarrud meriwayatkannya dari Muhammad bin Himyar. Namanya adalah Muhammad bin Ibraahiim bin Al-‘Alaa’ bin Zibriiq Al-Himshiy. Ibnu ‘Auf berkata bahwa ia pencuri hadits-hadits, dan Ibnu ‘Adiy mencelanya dalam Al-Kaamil. [Al-Mughniy fiy Adh-Dhu’afaa’ 2/150; Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 7/547]

[22] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ هَارُونَ، نا هَارُونُ بْنُ دَاوُدَ النَّخَّارُ الطَّرَسُوسِيُّ، نا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ الأَلْهَانِيُّ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إلا أَنْ يَمُوتَ “

[23] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ هَارُونَ، ثنا هَارُونُ بْنُ دَاوُدَ النَّجَّارُ الطَّرَسُوسِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ الأَلْهَانِيُّ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلا أَنْ يَمُوتَ “

[24] Riwayatnya adalah :

نَا عَلِيُّ بْنُ زَيْدٍ الْفَرَائِضَيُّ، نَا عَلِيُّ بْنُ صَدَقَةَ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ ثَلاثَ مِرَاتٍ، لَمْ يَكُنْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجَنَّةِ إِلا الْمَوْتُ “

[25] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ الْفَضْلِ الْكَلاعِيُّ الْحِمْصِيُّ، حَدَّثَنَا الْيَمَانُ بْنُ سَعِيدٍ، وَأَحْمَدُ بْنُ هَارُونَ، جَمِيعًا بِالْمِصِّيصَةِ قَالا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ الأَلْهَانِيِّ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَحُلْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلا الْمَوْتُ “

[26] Riwayatnya adalah :

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثنا عُمَرُ بْنُ بَحْرٍ الأَسَدِيُّ، سَمِعْتُ أَبَا رِضْوَانَ بْنَ سَعِيدٍ الْمِصِّيصِيَّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَحِلْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلا الْمَوْتُ “

[27] Muhammad bin Himyar bin Unais As-Saliihiy, Abu ‘Abdillaah atau Abu ‘Abdil Hamiid Al-Himshiy Al-Qudhaa’iy. Ahmad berkata “tidaklah aku mengetahuinya kecuali kebaikan”, Ibnu Ma’iin dan Duhaim berkata “tsiqah”, An-Nasaa’iy berkata “tidak ada yang salah dengannya”, Abu Haatim berkata “ditulis haditsnya namun tidak dijadikan hujjah, Muhammad bin Harb dan Baqiyyah lebih kusukai dibanding dia”, Ya’quub bin Sufyaan Al-Fasawiy berkata “laisa bil qawiy”, Disebutkan oleh Ibnu Hibbaan dalam Ats-Tsiqaat, Ad-Daaruquthniy berkata “tidak mengapa dengannya”, Ibnu Qaani’ berkata “shaalih”, Adz-Dzahabiy berkata “syaikh Himsh, padanya terdapat riwayat gharib dan seorang diri”, dan Adz-Dzahabiy sendiri memasukkannya dalam Man Tukullima Fiihi, sebuah indikasi akan penghasanan haditsnya, Ibnu Hajar berkata “shaduuq”. Termasuk thabaqah ke-9. Wafat tahun 200 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud dalam Al-Maraasiil, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Al-Jarh wa At-Ta’diil 7/239; Tahdziibul Kamaal no. 5170; Miizaanul I’tidaal 6/128; Siyar A’laam An-Nubalaa’ 9/234; Tahdziibut Tahdziib 9/134; Taqriibut Tahdziib no. 5837; Man Tukullima Fiihi wa Huwa Muwatstsaq hal. 447]

[28] ‘Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy bin Saliim Al-‘Ansiy, Abu ‘Utbah Al-Himshiy. Ahmad dalam suatu riwayat berkata “Baqiyyah lebih kusukai dibanding dia”, dalam riwayat lain ia berkata “pada riwayatnya dari penduduk ‘Iraaq dan penduduk Hijaaz sebagiannya ada sesuatu, dan riwayatnya dari penduduk Syaam maka ia tsabt dan lebih shahih”, Ad-Daaruquthniy berkata “mudhtharibul hadiits dari selain penduduk Syaam”, Ibnul Madiiniy berkata “dua laki-laki yang paling mengetahui hadits penduduk negeri mereka, yaitu Ibnu ‘Ayyaasy dan Ibnu Lahii’ah”, Ya’quub bin Sufyaan berkata “ilmu penduduk Syaam terdapat pada Ibnu ‘Ayyaasy dan Al-Waliid bin Muslim”, dalam riwayat lain ia berkata “tsiqah ‘adil”, Ibnu Ma’iin dalam suatu riwayat berkata “tsiqah, ia lebih kusukai dari Baqiyyah”, dalam riwayat lain ia berkata “tidak ada yang salah pada riwayatnya dari penduduk Syaam”, Ya’quub bin Syaibah berkata “ditsiqahkan Ibnu Ma’iin dan sahabat-sahabat kami khusus pada riwayatnya dari penduduk Syaam”, Al-Bukhaariy berkata “jika ia menceritakan dari penduduk negerinya, maka ia shahih, tetapi jika ia menceritakan dari selain mereka, maka perlu dilihat ulang (fiihi nazhar, dan ini adalah jarh yang keras di sisi Al-Bukhaariy)”, Abu Haatim berkata “layyin”, An-Nasaa’iy mendha’ifkannya, Ibnu Hibbaan berkata “banyak salah pada haditsnya”, Adz-Dzahabiy berkata “muhaddits negeri Syaam”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq selama ia meriwayatkan dari penduduk negerinya (Syaam)”. Termasuk thabaqah ke-8. Wafat tahun 181 atau 182 H. Dipakai Al-Bukhaariy dalam Raf’ul Yadain, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Mausuu’atu Aqwaal Al-Imam Ahmad 1/109; Mausuu’atu Aqwaal Abul Hasan Ad-Daaruquthniy no. 556; Tahdziibul Kamaal no. 472; Miizaanul I’tidaal 1/400; Siyaru A’laam An-Nubalaa’ 8/312; Taqriibut Tahdziib no. 473]

[29] ‘Abdul Hamiid bin Ibraahiim Al-Hadhramiy, Abu Taqiy Al-Akbar Al-Himshiy. Abu Haatim berkata “tidak ada apa-apanya, laki-laki yang bukan haafizh”, dan diikuti An-Nasaa’iy, dalam riwayat lain An-Nasaa’iy berkata “tidak tsiqah”, Muhammad bin ‘Auf berkata “seorang syaikh yang buta, tidak haafizh”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq, hanya saja kitab-kitabnya hilang sehingga hapalannya memburuk”. Al-Arnaa’uth dan Basyaar ‘Awwaad berkata “dha’iif” dan inilah yang tepat insya Allah. Termasuk thabaqah ke-9. Dipakai oleh An-Nasaa’iy. [Tahdziibul Kamaal no. 3704; Taqriibut Tahdziib no. 3751; Tahriirut Taqriib 2/295]

* * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s