Hadits-hadits Bathil dan Palsu (3)

1207432146695409721trash dumpster white.svg.hi1. Hadits, “Aku adalah penutup para Nabi kecuali Allah menghendaki (lain).”

Al-Imam Abu ‘Abdillaah Al-Juuraqaaniy rahimahullah berkata :

أَخْبَرَنَا أَبِي، رَحِمَهُ اللَّهُ، أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ الْبَلْخِيُّ، قَدِمَ عَلَيْنَا هَمَذَانَ، حَدَّثَنِي أَبُو الْحَسَنِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَسَنِ، فِي شُهُورِ سَنَةِ تِسْعٍ وَتِسْعِينَ وَثَلاثِ مِائَةٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا الشَّرِيفُ أَبُو مُحَمَّدٍ الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زَيْدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِي أَبُو عَبْدُ اللَّهِ طَاهِرُ بْنُ جَعْفَرٍ الْبُخَارِيُّ، تِلْمِيذُ الْإِمَامِ مُحَمَّدِ بْنِ الْفَضْلِ، قَالَ: حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ حَمَوَيْهِ الشَّاشِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا هَيْثَمُ بْنُ كُلَيْبٍ الشَّاشِيُّ، عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ بْنِ سُرَيْجٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْقِلٍ، عَنْ أَبِيهِ مَعْقِلِ بْنِ زِيَادٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيدٍ الْمَصْلُوبِ، عَنْ حُمَيْدٍ، عَنْ أَنَسٍ، أَنّ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” أَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّينَ، لَا نَبِيَّ بَعْدِي، إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Ayahku -semoga Allah merahmatinya-, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Al-Hasan Al-Balkhiy -mendatangi kami di Hamdzaan-, telah menceritakan kepadaku Abul Hasan Muhammad bin Ibraahiim bin Al-Hasan -pada bulan-bulan di tahun 399 H-, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Asy-Syariif Abu Muhammad Al-Hasan bin Muhammad bin Zaid bin Ahmad bin Muhammad, telah menceritakan kepadaku Abu ‘Abdillaah Thaahir bin Ja’far Al-Bukhaariy -murid dari Al-Imam Muhammad bin Al-Fadhl-, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Yuunus bin Hamawaih Asy-Syaasyiy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Haitsam bin Kulaib Asy-Syaasyiy, dari Abul ‘Abbaas bin Suraij, dari ‘Abdullaah bin Ma’qil, dari Ayahnya, Ma’qil bin Ziyaad, dari Muhammad bin Sa’iid Al-Mashluub, dari Humaid, dari Anas radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Aku adalah penutup para Nabi, tidak ada Nabi setelahku kecuali bahwa Allah menghendaki (lain).”
[Al-Abaathiil wa Al-Manaakiir 1/120]

Dan Ibnul Jauziy (Al-Maudhuu’aat 1/279); As-Suyuuthiy (Al-La’aali’ Al-Mashnuu’ah 1/264).

Al-Juuraqaaniy berkata,

هَذَا اسْتِثْنَاءٌ مَوْضُوعٌ بَاطِلٌ لَا أَصْلَ لَهُ مِنْ حَدِيثِ أَنَسٍ وَلَا حُمَيْدٍ، وَإِنَّمَا هُوَ مِنْ مَوْضُوعَاتِ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيدٍ الشَّامِيِّ، الْمَصْلُوبِ فِي الزَّنْدَقَةِ، وَكَانَ لَعَنَهُ اللَّهُ وَضَّاعًا كَذَّابًا، فَوَضَعَ هَذَا الِاسْتِثْنَاءَ فِي هَذَا الْحَدِيثِ

“Ini adalah pengecualian yang palsu, bathil, tidak ada asal-usulnya dari hadits Anas, dan tidak juga Humaid. Dan sesungguhnya ia berasal dari kepalsuan Muhammad bin Sa’iid Asy-Syaamiy Al-Mashluub[1] didalam kezindiqan, dan dia -semoga Allah melaknatnya- seorang pemalsu hadits dan pendusta, ia memalsukan pengecualian tersebut pada hadits ini.”

2. Hadits, “Aku adalah penutup para Nabi, begitu juga ‘Aliy dan keturunannya…,”

Al-Imam Abu ‘Abdillaah Al-Juuraqaaniy berkata :

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْغَفَّارِ بْنِ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ حَمْدَانَ الْحَافِظُ النَّيْسَابُورِيُّ، أَخْبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْخَلَّالُ الْحَافِظُ، بِبَغْدَادَ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَرْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى الْعَلَوِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الصَّامِتِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: ” كَمَا أَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّينَ، كَذَلِكَ عَلِيٌّ وَذُرِّيَتُهُ يَخْتِمِونَ الْأَوْصِيَاءَ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ “

Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Abdul Ghaffaar bin Muhammad, telah mengkhabarkan kepada kami Abul Hasan ‘Aliy bin Muhammad bin Ahmad bin Hamdaan Al-Haafizh An-Naisaabuuriy, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad Al-Hasan bin Muhammad Al-Khallaal Al-Haafizh -di Baghdaad-, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Ahmad bin Harb, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Muhammad bin Yahyaa Al-‘Alawiy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazzaaq, telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar, dari Muhammad bin ‘Abdillaah Ash-Shaamit, dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebagaimana aku adalah penutup para Nabi, begitu pula ‘Aliy dan keturunannya, mereka adalah penutup semua wasiat (wahyu) hingga hari kiamat.”
[Al-Abaathiil wa Al-Manaakiir 1/279]

Dan Ibnul Jauziy (Al-Maudhuu’aat 1/377); As-Suyuuthiy (Al-La’aali’ Al-Mashnuu’ah 1/360)

Al-Juuraqaaniy berkata,

هَذَا حَدِيثٌ مُنْكَرٌ، لَا أَعْلَمُ رَوَاهُ سِوَى الْحَسَنِ بْنِ مُحَمَّدٍ الْعَلَوِيِّ، هُوَ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ، وَكَانَ يَمِيلُ إِلَى الرَّفْضِ

“Ini hadits mungkar, aku tidak mengetahui ada yang meriwayatkannya kecuali Al-Hasan bin Muhammad Al-‘Alawiy[2], dia munkarul hadiits dan dia condong kepada raafidhah.”

Al-Haafizh Adz-Dzahabiy dalam Tartiib Al-Maudhuu’aat no. 330 berkata, “Makdzuub (dusta).”

3. Hadits, “…aku adalah akarnya, ‘Aliy adalah cabangnya…,”

Al-Imam Abul Faraj Ibnul Jauziy rahimahullah berkata :

رَوَى أَبُو بَكْرِ بْنُ مَرْدَوَيْهِ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ حَفْصٍ، حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ يَعْقُوبَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ دِينَارٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ إِسَماعِيلَ الْهَمَدَانِيِّ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ، عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَثَلِي مثل شَجَرَةٍ أَنَا أَصْلُهَا وَعَلِيٌّ فَرْعُهَا، وَالْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ ثَمَرَتُهَا، وَالشِّيعَةُ وَرَقُهَا، فَأَيَّ شَيْءٍ يَخْرُجُ مِنَ الطَّيِّبِ إِلا الطَّيِّبَ “

Abu Bakr bin Mardawaih meriwayatkan, telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin Ahmad, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Husain bin Hafsh, telah menceritakan kepada kami ‘Abbaad bin Ya’quub, telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Diinaar, dari ‘Amr bin Ismaa’iil Al-Hamdaaniy, dari Abu Ishaaq, dari ‘Aashim bin Dhamrah, dari ‘Aliy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Perumpamaanku adalah perumpamaan sebuah pohon yang aku adalah akarnya, ‘Aliy adalah cabangnya, Al-Hasan dan Al-Husain adalah buahnya, dan syi’ah mereka adalah dedaunannya. Maka apa saja yang dikeluarkan dari sebuah kebaikan melainkan (ia berupa) kebaikan pula”
[Al-Maudhuu’aat 1/397]

Syaikh Abul Faraj berkata,

قَالَ ابْنُ حِبَّانَ: كَانَ عباد بن يعقوب رافضيا داعية، روى المناكير عن المشاهير فاستحق الترك

“Ibnu Hibbaan berkata, “‘Abbaad bin Ya’quub seorang yang menyeru kepada raafidhah, meriwayatkan hal-hal mungkar dari para perawi terkenal, maka wajib untuk meninggalkannya.”

Al-Haafizh Adz-Dzahabiy dalam Tartiib Al-Maudhuu’aat no. 354 berkata sanadnya gelap, dalam Miizaanul I’tidaal 5/299 berkata, “Baathil.”

Hadits bathil dengan ‘Abbaad bin Ya’quub[3], seorang raafidhah dan ‘Amr bin Ismaa’iil Al-Hamdaaniy[4], ia majhuul.

4. Hadits, “Kau dan syi’ahmu berada didalam surga.”

Al-Imam Abul Faraj Ibnul Jauziy berkata :

أَنْبَأَنَا الْقَزَّازُ، قَالَ: أَنْبَأَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ أَبِي طَالِبٍ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا صَالِحُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ يُوسُفَ الْبَزَّازُ، حَدَّثَنَا عِصَامُ بْنُ الْحَكَمِ، حَدَّثَنَا جُمَيْعُ بْنُ عُمَيْرٍ الْبَصْرِيُّ، حَدَّثَنَا سَوَّارٌ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُحَادَةَ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” أَنْتَ وَشِيعَتُكَ فِي الْجَنَّةِ “

Telah memberitakan kepada kami Al-Qazzaaz, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Ahmad bin ‘Aliy, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Abu Thaalib, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ibraahiim, telah menceritakan kepada kami Shaalih bin Ahmad bin Yuusuf Al-Bazzaaz, telah menceritakan kepada kami ‘Ishaam bin Al-Hakam, telah menceritakan kepada kami Jumai’ bin ‘Umair Al-Bashriy, telah menceritakan kepada kami Sawwaar, dari Muhammad bin Juhaadah, dari Asy-Sya’biy, dari ‘Aliy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kau dan syi’ahmu berada didalam surga.”
[Al-Maudhuu’aat 1/397] – Hadits ini ada pada Taariikh Baghdaad 14/227, diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy (Hilyatul ‘Auliyaa’ 4/329)

Syaikh Abul Faraj berkata,

هَذَا حديث لا يصح. وسوار لَيْسَ بِثِقَةٍ. قَالَ ابن نمير: جميع من أكذب الناس. وَقَالَ ابْنُ حِبَّانَ: كَانَ يَضَعُ الْحَدِيثَ

“Ini hadits yang tidak shahih, Sawwaar[5] tidak tsiqah. Ibnu Numair berkata, “Jumai’[6] adalah manusia paling pendusta,” dan Ibnu Hibbaan berkata, “dia seorang pemalsu hadits.”

Sawwaar mempunyai mutaba’ah dari Abu Janaab Al-Kalbiy[7], diriwayatkan oleh ‘Abdullaah bin Ahmad dalam As-Sunnah 2/547, juga oleh Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 9/51, dari jalan Abu Yahyaa Al-Himmaaniy, dari Abu Janaab Al-Kalbiy, dari Abu Sulaimaan Al-Hamdaaniy, dari Pamannya, dari ‘Aliy secara marfuu’, dengan matannya terdapat tambahan kalimat :

وَإِنَّ قَوْمًا لَهُمْ نَبْزٌ يُقَالُ لَهُ الرَّافِضَةُ إِنْ أَدْرَكْتَهُمْ فَاقْتُلْهُمْ فَإِنَّهُمْ مُشْرِكُونَ

“Dan ada suatu kaum, padanya terdapat para pencela yang dinamakan Ar-Raafidhah. Jika kau menjumpai mereka maka bunuhlah mereka karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang musyrik.”

Abu Janaab telah dilemahkan oleh Ibnu Ma’iin dan An-Nasaa’iy, Ahmad berkata bahwa ia munkarul hadiits, sedangkan Abu Sulaimaan Al-Hamdaaniy[8] seorang yang majhuul yang meriwayatkan khabar-khabar baathil. Dan sanad ini pun tidak selamat dari kelemahan yang lain yaitu mubhamnya nama paman dari Abu Sulaimaan.

Hadits ini mempunyai syaahid dari Ummu Salamah, diriwayatkan oleh Al-Khathiib dalam Taarikh Baghdaad 14/303 dengan matan yang lebih panjang dari hadits ‘Aliy, namun didalamnya pun terdapat Sawwaar bin Mush’ab. Perinciannya, Sawwaar meriwayatkan dari ‘Athiyyah Al-‘Aufiy[9], dari Abu Sa’iid Al-Khudriy, dari Ummu Salamah, secara marfuu’. Dan ‘Athiyyah Al-‘Aufiy telah dilemahkan oleh jumhur, namun ia ditsiqahkan oleh Ibnu Sa’d. Diriwayatkan pula oleh Ath-Thabaraaniy dalam Mu’jam Al-Ausath no. 6605.

Sawwaar juga meriwayatkan dari Abul Jahhaaf[10], dari Muhammad bin ‘Amr Al-Haasyimiy, dari Faathimah binti ‘Aliy, dari Ummu Salamah secara marfuu’, diriwayatkan oleh Al-Khallaal dalam Syarh Ushuulil I’tiqaad Ahlissunnah wal Jamaa’ah no. 2801. Abul Jahhaaf (namanya adalah Daawud bin Abu ‘Auf), seorang syii’iy ghuluw yang ditsiqahkan oleh Ahmad, Ibnu Ma’iin dan Abu Haatim namun dilemahkan Ibnu ‘Adiy. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat dan berkata “yukhti'”.

Walhadits, hadits ini tetap pada hukum asalnya yaitu tidak shahih, tidak naik ke derajat hasan dan ia hadits yang sangat lemah. Syaikh Al-Albaaniy mengkategorikan hadits ini sebagai hadits palsu dalam keutamaan ahlul bait, Silsilatu Adh-Dha’iifah 12/186.

Allaahu a’lam.
–bersambung–

Hadits-hadits kami sarikan dari :

1. “Al-Abaathiil wa Al-Manaakiir” karya Al-Imam Abu ‘Abdillaah Al-Husain bin Ibraahiim Al-Juuraqaaniy, tahqiiq : Syaikh ‘Abdurrahman bin ‘Abdul Jabbaar Al-Faryuwaa’iy.

2. “Al-Maudhuu’aat” karya Al-Imam Abul Faraj Ibnul Jauziy dengan perantaraan Jawaami’ul Kaliim.

Footnotes :

[1] Muhammad bin Sa’iid bin Hassaan bin Qais Al-Qurasyiy Al-Asadiy, Abu Qais atau Abu ‘Abdillaah atau Abu ‘Abdirrahman Al-Mashluub Asy-Syaamiy. Ahmad dalam suatu riwayat berkata “hadits-haditsnya adalah palsu”, dalam riwayat lain ia berkata “sengaja berdusta”, Ibnu Ma’iin berkata “munkarul hadiits”, Al-Bukhaariy berkata “tinggalkan haditsnya”, An-Nasaa’iy berkata “para pendusta yang terkenal sebagai pemalsu hadits ada 4 orang, Ibraahiim bin Abu Yahyaa di Madinah, Al-Waaqidiy di Baghdaad, Muqaatil bin Sulaimaan di Khurasaan, dan Muhammad bin Sa’iid di Syaam”, Ad-Daaruquthniy berkata “matruuk”, Ibnu Hibbaan berkata “tidak halal menyebutkan haditsnya didalam kitab kecuali dengan cara mencelanya”, Al-Mizziy berkata “pendusta dan pemalsu hadits”, Adz-Dzahabiy berkata “orang yang binasa”, Ibnu Hajar berkata “memalsukan 4000 hadits”. Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal no. 5241; Miizaanul I’tidaal 6/164; Lisaanul Miizaan 7/153; Tahdziibut Tahdziib 9/184; Taqriibut Tahdziib no. 5907]

[2] Al-Hasan bin Muhammad bin Muhammad bin Yahyaa bin Al-Hasan bin Ja’far bin ‘Ubaidillaah bin Al-Husain bin ‘Aliy Zainul ‘Aabidiin bin Al-Husain Al-‘Alawiy. Seorang yang condong kepada raafidhah, tidak tsiqah. Al-Khathiib Al-Baghdaadiy menuduhnya berdusta dan membuat-buat hadits dusta mengenai keutamaan ‘Aliy, Ibnul Jauziy berkata “seorang raafidhah, pendusta”, As-Suyuuthiy berkata “munkarul hadiits, pendusta”, Ibnu ‘Iraaq berkata “matruuk”. Wafat tahun 358 H. [Lisaanul Miizaan 3/116; Miizaanul I’tidaal 2/272; Diiwaan Adh-Dhu’afaa’ no. 955; Tanziihusy Syarii’ah 1/357; Al-La’aali’ Al-Mashnuu’ah 1/360; Al-Maudhuu’aat 1/377]

[3] ‘Abbaad bin Ya’quub Al-Asadiy Ar-Rawaajiniy, Abu Sa’iid Al-Kuufiy Asy-Syii’iy. Abu Haatim berkata “syaikh tsiqah”, Ibnu Khuzaimah berkata “tsiqah dalam riwayat, tertuduh dalam agamanya”, Ibnu ‘Adiy berkata “ghuluw dalam tasyayyu’, meriwayatkan hadits-hadits yang diingkari pada keutamaan ahlul bait”, disebutkan pula dari Ibnu ‘Adiy bahwa ‘Abbaad kerap menjelek-jelekkan para salaf (maksudnya para sahabat), Shaalih bin Muhammad berkata “ia menjelek-jelekkan ‘Utsmaan”, Ad-Daaruquthniy berkata “syii’iy shaduuq”, Ibnu Hibbaan berkata “seorang yang menyeru kepada raafidhah, meriwayatkan hal-hal mungkar dari para perawi terkenal, maka wajib untuk meninggalkannya”, Adz-Dzahabiy berkata “berlebih-lebihan dalam syi’ah, pengusung bid’ah, akan tetapi shaduuq dalam hadits”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq, seorang raafidhah, haditsnya oleh Al-Bukhaariy digandengkan (dengan hadits dari perawi lain), Ibnu Hibbaan berlebih-lebihan dalam perkataannya yaitu berhak ditinggalkan”. Termasuk thabaqah ke-10. Wafat tahun 250 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal no. 3104; Miizaanul I’tidaal 4/44; Taqriibut Tahdziib no. 3153; Al-Majruuhiin 2/172]

‘Abbaad bin Ya’quub, dia shaduuq dalam periwayatan hadits namun ghuluw dalam bid’ah tasyayyu’, riwayatnya diterima selama ia tidak meriwayatkan hal-hal yang mengusung bid’ahnya, adapun ketika ia meriwayatkan hal-hal yang mendukung bid’ahnya terutama yang berlebih-lebihan dalam keutamaan ahlul bait, maka riwayatnya diingkari. Allaahu a’lam.

[4] ‘Amr bin Ismaa’iil Al-Hamdaaniy, meriwayatkan dari Abu Ishaaq As-Sabii’iy khabar bathil mengenai ‘Aliy ‘Alaihissalaam. [Miizaanul I’tidaal 5/299; Al-Mughniy fiy Adh-Dhu’afaa’ no. 4630]

[5] Sawwaar bin Mush’ab Al-Hamdaaniy Al-Kuufiy, Abu ‘Abdillaah Al-A’maa Al-Mu’adzdzin. Ibnu Ma’iin berkata “tidak ada apa-apanya”, dalam riwayat lain ia berkata “dha’iif”, Al-Bukhaariy berkata “munkarul hadiits”, An-Nasaa’iy berkata “matruuk”, Abu Daawud berkata “tidak tsiqah”, Ibnu Hibbaan berkata “dia mendatangkan hadits-hadits mungkar dari orang-orang masyhur”, Adz-Dzahabiy berkata “padanya terdapat hadits-hadits mungkar”. Wafat sekitar tahun 170 H. [Miizaanul I’tidaal 3/343; Lisaanul Miizaan 4/216; Al-Majruuhiin 1/356]

[6] Jumai’ bin ‘Umair Al-Bashriy. Ibnu Hajar dalam At-Tahdziib berkata “ia meriwayatkan hadits baathil mengenai syi’ah ‘Aliy, sedangkan dalam At-Taqriib ia berkata “dha’iif”, Al-Albaaniy berkata “majhuulul haal”. [Tahdziibut Tahdziib 2/111; Taqriibut Tahdziib no. 975; Silsilatu Adh-Dha’iifah 12/188]

Oleh karena itu, perkataan Ibnul Jauziy, “Ibnu Numair berkata, “Jumai’ adalah manusia paling pendusta,” dan Ibnu Hibbaan berkata, “dia seorang pemalsu hadits,” kalimat ini sejatinya adalah jarh untuk Jumai’ bin ‘Umair bin ‘Affaaq At-Taimiy, Abul Aswad Al-Kuufiy, dan dia adalah seorang tabi’in dari thabaqah ke-3 yang meriwayatkan dari ‘Aaisyah dan Ibnu ‘Umar -radhiyallahu ‘anhuma-, oleh karena itu perkataan tersebut keliru, yang benar adalah Jumai’ seperti yang telah dituliskan dan ia bukan seorang kadzdzaab. Allaahu a’lam.

[7] Yahyaa bin Hayy Abu Hayah Al-Kuufiy, Abu Janaab Al-Kalbiy. Ibnu Sa’d berkata “dha’if dalam hadits”, Ibnul Madiiniy berkata “Yahyaa Al-Qaththaan membicarakannya”, Al-Bukhaariy dan Abu Haatim berkata “Yahyaa mendha’ifkannya”, Yaziid bin Haaruun berkata “shaduuq, melakukan tadlis”, Abu Nu’aim berkata “Abu Janaab tidak mengapa dengannya, kecuali ia melakukan tadlis”, Ahmad berkata “hadits-haditsnya mungkar”, Ibnu Ma’iin dalam suatu riwayat berkata “tidak ada yang salah dengannya”, dalam riwayat lain ia berkata “shaduuq”, dan dalam riwayat akhir ia berkata “dha’iif”, Ibnu Numair berkata “shaduuq, sering tadlis, merusak haditsnya dengan tadlis yang ia lakukan, ia menceritakan hal-hal yang ia tidak mendengarnya langsung”, Al-Fallaas berkata “matruukul hadiits”, An-Nasaa’iy berkata “laisa bil qawiy”, dalam riwayat lain ia berkata “tidak tsiqah, mudallis”, Ibnu ‘Adiy berkata “tidak kuat disisi mereka, termasuk orang-orang syi’ah di Kuufah”, As-Saajiy berkata “shaduuq, munkarul hadiits”, Ibnu Hajar berkata “mereka mendha’ifkannya, banyak melakukan tadlis”. Termasuk thabaqah ke-6. Wafat tahun 150 H atau sebelumnya. Dipakai oleh Abu Daawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 9/50; Tahdziibul Kamaal no. 6817; Tahdziibut Tahdziib 11/201; Taqriibut Tahdziib no. 7537]

[8] Abu Sulaimaan Al-Hamdaaniy. Adz-Dzahabiy berkata “tidak diketahui siapa dia, juga Ayahnya, meriwayatkan khabar-khabar baathil”. [Miizaanul I’tidaal 7/377]

[9] ‘Athiyyah bin Sa’d bin Junaadah Al-‘Aufiy Al-Jadaliy Al-Qaisiy, Abul Hasan Al-Kuufiy. Ahmad dalam suatu riwayat berkata “dia dha’if”, dalam riwayat lain ia berkata “Ats-Tsauriy mendha’ifkan hadits-hadits ‘Athiyyah”, dan dalam riwayat lain ia berkata “Husyaim membicarakan ‘Athiyyah Al-‘Aufiy”, Ad-Daaruquthniy dalam suatu riwayat berkata “mudhtharibul hadiits”, dalam riwayat lain ia berkata “dha’iif”, Ibnu Ma’iin berkata “shaalih”, Yahyaa Al-Qaththaan berkata “‘Athiyyah, Abu Haaruun (Al-‘Abdiy) dan Bisyr bin Harb di sisiku sama (yaitu dha’if)”, Abu Haatim berkata “ditulis haditsnya, dha’if”, An-Nasaa’iy dan yang lain berkata “dha’iif”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq, banyak melakukan kekeliruan, syi’ah mudallis”, Al-Arna’uuth berkata “dha’iif, dilemahkan oleh jama’ah”. Termasuk thabaqah ke-3. Wafat tahun 111 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul Mufrad, Abu Daawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah. [Tahdziibul Kamaal no. 3956; Miizaanul I’tidaal 5/100; Taqriibut Tahdziib no. 4616; Mausuu’atu Aqwaal Abul Hasan Ad-Daaruquthniy no. 2401; Mausuu’atu Aqwaal Al-Imam Ahmad 3/11; Tahriirut Taqriib 3/20]

[10] Daawud bin Abu ‘Auf Suwaid At-Tamiimiy Al-Burjumiy, Abul Jahhaaf Al-Kuufiy. Ahmad dan Ibnu Ma’iin berkata “tsiqah”, Abu Haatim berkata “shaalihul hadiits”, An-Nasaa’iy berkata “tidak ada yang salah dengannya”, Al-‘Uqailiy berkata “termasuk orang-orang syi’ah”, Ibnu ‘Adiy berkata “ghulat tasyayyu’, haditsnya kebanyakan pada keutamaan ahlul bait, dia tidak kuat di sisiku dan tidak dijadikan hujjah dalam haditsnya”, Al-Azdiy berkata “dha’if, zaa’igh (menyimpang)”, Ibnu Hajar berkata “shaduuq, kemungkinan melakukan kekeliruan”. Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy dan Ibnu Maajah. [Mausuu’atu Aqwaal Al-Imam Ahmad 1/351; Miizaanul I’tidaal 3/30; Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 3/544; Adh-Dhu’afaa’ Al-‘Uqailiy 2/386; Tahdziibut Tahdziib 3/196; Taqriibut Tahdziib no. 1805]

*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s