Pembahasan Hadits “Cukuplah Seseorang (Dianggap) Berdusta Jika Ia Menceritakan Semua yang Ia Dengar.”

DustaTentunya kita sering mendengar hadits ini, ia dibawakan ketika kita sedang berusaha untuk memperingatkan saudara kita dari berdusta atas nama Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam atau ketika saudara kita sedang membawakan hadits-hadits yang padahal tidak ada asal-usulnya atau tidak mereka ketahui shahih dha’ifnya.

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim bin Al-Hajjaaj rahimahullah dalam kitab Shahiih-nya dengan sanad dan matan lengkapnya :

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَفْصٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال : كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا، أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Hafsh, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Khubaib bin ‘Abdirrahman, dari Hafsh bin ‘Aashim, dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Cukuplah seseorang (dianggap) berdusta jika ia menceritakan semua yang ia dengar.”
[Shahiih Muslim 1/10, Muqaddimah, Muhammad Fu’aad ‘Abdul Baaqiy]

Diriwayatkan pula oleh Abu Daawud (Sunan no. 4992); Ibnu Hibbaan (Shahiih Ibnu Hibbaan no. 30); Al-Haakim (Al-Mustadrak 1/112); Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy (Al-Mustakhraj ‘alaa Shahiih Muslim no. 30, 67); Ibnu Abi ‘Aashim (Az-Zuhd no. 74); Al-Baihaqiy (Al-Adab 1/235); Al-Khathiib Al-Baghdaadiy (Al-Jaami’ li Akhlaaq Ar-Raawiy no. 1356), semua dari jalan ‘Aliy bin Hafsh, dan seterusnya secara marfuu’.

Zhahir sanad hadits ini shahih, namun ada cacat tersembunyi yang merusak keshahihannya. ‘Aliy bin Hafsh dalam periwayatannya secara marfuu’ dari Syu’bah, diselisihi oleh beberapa perawi lain yang juga meriwayatkan dari Syu’bah namun secara mursal, akan kami sebutkan nanti, insya Allah.

– ‘Aliy bin Hafsh, dia adalah ‘Aliy bin Hafsh Al-Madaa’iniy, Abul Hasan Al-Baghdaadiy. Ditautsiq oleh Ibnu Ma’iin, Ibnul Madiiniy, Abu Daawud dan Ibnu Abi Syaibah, dalam riwayat lain Ibnu Ma’iin berkata “tidak ada yang salah dengannya”, begitu pula kata An-Nasaa’iy, Ahmad lebih menyukainya dibanding Syabaabah, Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat seraya berkata “kemungkinan melakukan kesalahan”, Abu Haatim berkata “shaalihul hadiits, ditulis namun tidak dijadikan hujjah”, Al-Haafizh berkata “shaduuq”. Dipakai Muslim dalam Shahiihnya serta 3 kitab Sunan kecuali Ibnu Maajah. [Al-Jarh wa At-Ta’diil 6/182; Ats-Tsiqaat 8/467; Tahdziibul Kamaal no. 4054; Taqriibut Tahdziib no. 4719]

‘Aliy bin Hafsh dalam periwayatannya secara marfuu’ mempunyai mutaba’ah dari Abu Usaamah, diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya :

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ شُعْبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنِي خُبَيْبٌ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا، أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah, dari Syu’bah, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Khubaib, dari Hafsh bin ‘Aashim, dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, (dan seterusnya).
[Al-Mushannaf no. 26010]

– Abu Usaamah, dia adalah Hammaad bin Usaamah bin Zaid Al-Qurasyiy, Abu Usaamah Al-Kuufiy, maulaa bani Haasyim. Seorang yang tsiqah tsabt, kemungkinan melakukan tadlis, di akhir umurnya ia meriwayatkan dari kitab. Riwayatnya dipakai Kutubus Sittah. [Taqriibut Tahdziib no. 1487]

Beberapa perawi yang menyelisihi ‘Aliy bin Hafsh tersebut adalah :

1. ‘Abdurrahman bin Mahdiy dan Mu’aadz bin Mu’aadz

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ الْعَنْبَرِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullaah bin Mu’aadz Al-‘Anbariy, telah menceritakan kepada kami Ayahku. (dalam jalur riwayat lain) Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Mahdiy, keduanya (Mu’aadz dan Ibnu Mahdiy) berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Khubaib bin ‘Abdirrahman, dari Hafsh bin ‘Aashim[1], ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, (dan seterusnya).
[Shahiih Muslim 1/10, Muqaddimah, Muhammad Fu’aad ‘Abdul Baaqiy]

Riwayat ini mursal shahih hingga Hafsh bin ‘Aashim.

‘Abdurrahman bin Mahdiy bin Hassaan bin ‘Abdirrahman Al-‘Anbariy, Abu Sa’iid Al-Azdiy Al-Bashriy. Seorang yang tsiqah tsabt dan haafizh, mengetahui keadaan para perawi dan ‘aalim akan hadits. Riwayatnya dipakai Kutubus Sittah. [Taqriibut Tahdziib no. 4018]

Sedangkan Mu’aadz bin Mu’aadz bin Nashr bin Hassaan Al-‘Anbariy, Abul Mutsannaa atau Abu Haani’ At-Tamiimiy Al-Bashriy Al-Qaadhiy. Seorang yang tsiqah mutqin. Riwayatnya dipakai Kutubus Sittah. [Taqriibut Tahdziib no. 6740]

2. Hafsh bin ‘Umar

حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ ح وحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَفْصٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، -قَالَ ابْنُ حُسَيْنٍ فِي حَدِيثِهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ-، أَنّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin ‘Umar, telah menceritakan kepada kami Syu’bah. (dalam jalur riwayat yang lain) Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Husain, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Hafsh, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Khubaib bin ‘Abdirrahman, dari Hafsh bin ‘Aashim, -Ibnu Husain berkata dalam haditsnya, dari Abu Hurairah-, bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Cukuplah seseorang (dianggap) berdosa jika ia menceritakan semua yang ia dengar.”
[Sunan Abu Daawud no. 4992]

Diriwayatkan pula oleh Al-Haakim (Al-Mustadrak 1/112) dari jalan Hafsh bin ‘Umar.

Jalur pertama mursal shahih hingga Hafsh bin ‘Aashim, sedangkan jalur kedua adalah jalur marfuu’ yang melewati ‘Aliy bin Hafsh dengan menyebutkan perantara Abu Hurairah, dengan kata ‘berdusta’ diganti oleh ‘berdosa’.

Hafsh bin ‘Umar bin Al-Haarits bin Sakhbarah Al-Azdiy An-Namariy, Abu ‘Umar Al-Haudhiy. Seorang yang tsiqah tsabt. Riwayatnya dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahiihnya, Abu Daawud dan An-Nasaa’iy. [Taqriibut Tahdziib no. 1412]

3. Muhammad bin Ja’far (Ghundar)

أَخْبَرَنا هِبَةُ اللَّهِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أنبا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ بُنْدَارٍ، ثنا أَبُو عَرُوبَةَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، أنبا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ خَبِيبٍ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Telah mengkhabarkan kepada kami Hibbatullah bin Ibraahiim, telah memberitakan ‘Aliy bin Al-Husain bin Bundaar, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aruubah, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyaar, telah memberitakan Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Khubaib, dari Hafsh bin ‘Aashim, dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, (dan seterusnya).
[Musnad Asy-Syihaab no. 1416]

Riwayat ini mursal shahih hingga Hafsh.

Muhammad bin Ja’far Al-Hudzaliy, Abu ‘Abdillaah atau Abu Bakr Al-Bashriy, terkenal dengan julukan “Ghundar”. Al-Haafizh berkata “tsiqah, shahiihul kitaab kecuali jika padanya terdapat kelalaian”, dan Ghundar adalah murid Syu’bah yang paling tsabt periwayatannya, melebihi Ibnu Mahdiy. Riwayatnya dipakai Kutubus Sittah. [Tahdziibul Kamaal no. 5120; Taqriibut Tahdziib no. 5787]

4. Wahb bin Jariir

حدثنا محمد بن المثنى، قال : نا وهب بن جرير، قال : نا شعبة، عن خبيب بن عبد الرحمن، عن حفص بن عاصم كذا قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : كفى بالمرء كذبا أن يحدث بكل ما سمع

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Wahb bin Jariir, ia berkata, telah memberitakan kepada kami Syu’bah, dari Khubaib bin ‘Abdirrahman, dari Hafsh bin ‘Aashim, sebagaimana ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, (dan seterusnya).
[Musnad Al-Bazzaar 15/20]

Mursal shahih hingga Hafsh.

Wahb bin Jariir bin Haazim bin Zaid Al-Azdiy, Abu ‘Abdillaah Al-Bashriy. Al-Haafizh berkata bahwa ia tsiqah. Riwayatnya dipakai Kutubus Sittah. [Taqriibut Tahdziib no. 7472]

5. Aadam bin Abi Iyaas dan Sulaimaan bin Harb

حَدَّثَنَاهُ أَبُو الْقَاسِمِ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي بِهَمْدَانَ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثنا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ، وَأَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، أَنْبَأَ إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ الْقَاضِي، ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، وَأَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُوسَى، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَيُّوبَ، أَنْبَأَ حَفْصُ بْنُ عُمَرَ، قَالُوا: ثنا شُعْبَةُ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Telah menceritakannya kepada kami Abul Qaasim ‘Abdurrahman bin Al-Hasan Al-Qaadhiy -di Hamdaan-, telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Al-Husain, telah menceritakan kepada kami Aadam bin Abi Iyaas. (dalam jalur sanad yang lain) Dan telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr bin Ishaaq Al-Faqiih, telah memberitakan Ismaa’iil bin Ishaaq Al-Qaadhiy, telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin Harb. (dalam jalur sanad yang lain) Dan telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdullaah bin Muhammad bin Muusaa, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ayyuub, telah memberitakan Hafsh bin ‘Umar, mereka (Aadam bin Abi Iyaas, Sulaimaan bin Harb dan Hafsh bin ‘Umar) berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Khubaib bin ‘Abdirrahman, dari Hafsh bin ‘Aashim, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, (dan seterusnya).
[Al-Mustadrak 1/112]

Ketiga jalur sanad ini mursal shahih hingga Hafsh.

Aadam bin Abi Iyaas ‘Abdirrahman bin Muhammad bin Syu’aib Al-Khurasaaniy, Abul Hasan Al-‘Asqalaaniy. Al-Haafizh berkata bahwa ia tsiqah ‘aabid. Riwayatnya dipakai Ash-Shahiihain, Abu Daawud dalam An-Naasikh wal Mansuukh, serta 3 kitab Sunan. [Tahdziibul Kamaal no. 294; Taqriibut Tahdziib no. 132]

Sedangkan Sulaimaan bin Harb bin Bujail Al-Azdiy, Abu Ayyuub Al-Bashriy Al-Qaadhiy. Al-Haafizh berkata bahwa ia tsiqah imaam lagi haafizh. Riwayatnya dipakai Kutubus Sittah. [Taqriibut Tahdziib no. 2545]

Inilah 7 orang perawi yang menyelisihi ‘Aliy bin Hafsh dan Abu Usaamah dalam periwayatan dari Syu’bah. Al-Imam Ad-Daaruquthniy merajihkan bahwasanya sanad yang mursal adalah mahfuuzh, dikarenakan beberapa sebab :

1. Ketujuh orang perawi yang menyelisihi ‘Aliy bin Hafsh tersebut adalah para perawi yang termasuk huffaazh besar, terutama diperhitungkannya keberadaan ‘Abdurrahman bin Mahdiy dan Ghundar yang keduanya adalah orang paling tsabt periwayatannya pada Syu’bah.

2. Apalagi jika kita melihat apa yang dikatakan Ibnul Mubaarak mengenai Ghundar :

قال أحمد بن منصور المروزي , عن سلمة بن سليمان , قال عبد الله بن المبارك : إذا اختلف الناس في حديث شعبة فكتاب غندر حكم بينهم

Ahmad bin Manshuur Al-Marwaziy berkata, dari Salamah bin Sulaimaan, ‘Abdullaah bin Al-Mubaarak berkata, “Jika manusia berselisih pada hadits Syu’bah, maka kitab Ghundar menjadi hujjah diantara mereka.” [Tahdziibul Kamaal no. 5120; Siyaru A’laam An-Nubalaa’ 9/98]

3. Al-Imam Abu Daawud merajihkan irsalnya hadits ini, beliau berkata pada hadits no. 4992 dalam Sunan-nya :

وَلَمْ يَذْكُرْ حَفْصٌ أَبَا هُرَيْرَةَ، قَالَ أبو داود: وَلَمْ يُسْنِدْهُ إِلَّا هَذَا الشَّيْخُ يَعْنِي عَلِيَّ بْنَ حَفْصٍ الْمَدَائِنِيَّ

“Dan Hafsh (bin ‘Umar) tidak menyebutkan Abu Hurairah (pada sanad ini),” Abu Daawud berkata lagi, “Dan tidaklah memusnadkan hadits ini kecuali dari Syaikh ini, yakni ‘Aliy bin Hafsh Al-Madaa’iniy.”

4. Al-Imam Ad-Daaruquthniy berkata dalam ta’liqnya terhadap kitab Al-Majruuhiin :

هَذَا حَدِيثٌ رَوَاهُ غُنْدَرٌ، وَابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، وَغَيْرُهُمَا، عَنْ شُعْبَةَ، مُرْسَلا، لَمْ يَذْكُرُوا فِيهِ أَبَا هُرَيْرَةَ، وَذَكَرَهُ عَلِيُّ بْنُ حَفْصٍ الْمَدَائِنِيُّ، وَغَيْرُهُ أَثْبَتُ مِنْهُ

“Hadits ini diriwayatkan Ghundar, Ibnu Abi ‘Adiy dan yang selainnya, dari Syu’bah secara mursal, tidak disebutkan didalamnya Abu Hurairah (akan tetapi) ‘Aliy bin Hafsh Al-Madaa’iniy yang menyebutkannya. Dan para perawi selain ‘Aliy bin Hafsh lebih tsabt daripadanya.” [At-Ta’liiqaat ‘alaa Al-Majruuhiin 1/40]

Abu Hurairah mempunyai syaahid dari Abu Umaamah Al-Baahiliy radhiyallaahu ‘anhu, seperti diriwayatkan oleh Al-Qudhaa’iy :

أَخْبَرَنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُمَرَ الْبَزَّازُ، ثنا ابْنُ الأَعْرَابِيِّ، ثنا هِلالُ بْنُ الْعَلاءِ، ثنا أَبِي الْعَلاءُ بْنُ هِلالٍ، ثنا هِلالُ بْنُ عُمَرَ، أَخْبَرَنِي عُمَرُ بْنُ هِلالٍ، عَنْ أَبِي غَالِبٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” كَفَى بِالْمَرْءِ مِنَ الْكَذِبِ أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Umar Al-Bazzaaz, telah menceritakan kepada kami Ibnul A’raabiy, telah menceritakan kepada kami Hilaal bin Al-‘Alaa’, telah menceritakan kepada kami Ayahku -yaitu- Al-‘Alaa’ bin Hilaal, telah menceritakan kepada kami Hilaal bin ‘Umar, telah mengkhabarkan kepadaku ‘Umar bin Hilaal, dari Abu Ghaalib, dari Abu Umaamah, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, (dan seterusnya).
[Musnad Asy-Syihaab no. 1415]

Diriwayatkan pula oleh Al-Haakim (Al-Mustadrak 2/20; Al-Madkhal ilaa Ash-Shahiih no. 34); Ibnul A’raabiy (Mu’jam no. 2396); Al-Juwaibaariy (Hadiits no. 11), dari jalan Hilaal bin Al-‘Alaa’ dan seterusnya secara marfuu’.

Dan sanad hadits ini dha’if. Kelemahannya terletak pada :

Al-‘Alaa’ bin Hilaal bin ‘Umar bin Hilaal bin Abu ‘Athiyyah Al-Baahiliy, Abu Muhammad Ar-Raqqiy, dikutip dari Al-Miizaan bahwa Abu Haatim berkata “munkarul hadiits, dha’iif, di sisinya terdapat hadits maudhuu’ dari Yaziid bin Haaruun”, An-Nasaa’iy berkata “putranya, Hilaal, meriwayatkan darinya selain hadits mungkar, aku tidak tahu darimana datangnya (hadits mungkar tersebut), dari dia atau dari ayahnya”, Ibnu Hibbaan berkata “membolak-balikkan sanad-sanad dan mencampur-adukkan nama-nama perawi”, Al-Haafizh berkata “padanya terdapat kelemahan (layyin)”. Riwayatnya dipakai An-Nasaa’iy. [Miizaanul I’tidaal 5/131; Taqriibut Tahdziib no. 5259]

Hilaal bin ‘Umar Ar-Raqqiy, Adz-Dzahabiy berkata bahwa ia telah didha’ifkan oleh Abu Haatim. [Miizaanul I’tidaal 7/100]

‘Umar bin Hilaal, Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat, hanya 1 orang yang meriwayatkan darinya, yang berarti dia majhuul al-‘ain, sebagaimana dikatakan oleh Al-Albaaniy. [Ats-Tsiqaat 7/187; Silsilatu Adh-Dha’iifah 5/258]

Jadi, sanad ini tidak qawiy untuk mengangkat sanad Abu Hurairah.

Walhasil, dalam pembahasan ini dapat kita tarik kesimpulan bahwasanya :

1. Hadits “Cukuplah seseorang (dianggap) berdusta jika ia menceritakan semua yang ia dengar”, diriwayatkan dengan 2 jalan, yaitu muttashil marfuu’ dan mursal.

2. Hadits yang muttashil marfuu’ berasal dari 2 perawi yang meriwayatkan dari Syu’bah yaitu ‘Aliy bin Hafsh (shaduuq) dan Abu Usaamah (tsiqah tsabt, kemungkinan tadlis). Namun kedua orang ini diselisihi oleh 7 orang perawi huffaazh yang juga meriwayatkan dari Syu’bah secara mursal, dua diantaranya adalah ashab Syu’bah yang paling tsabt periwayatan darinya yaitu Ibnu Mahdiy (tsiqah tsabt dan haafizh, ‘aalim bir rijaal wal hadiits) dan Ghundar (tsiqah shahiihul kitab kecuali jika ada kelalaian). Terkhusus Ghundar, maka seperti telah dikatakan oleh Ibnul Mubaarak, jika ada pertentangan manusia pada hadits Syu’bah, riwayat Ghundar menjadi hujjah diantara mereka.

3. Oleh karena itu, sanad yang mahfuuzh dan rajih adalah sanad yang mursal dengan tidak menyebut perantara Abu Hurairah, adapun sanad yang muttashil marfuu’ dengan menyebut perantara Abu Hurairah, maka ia syaadz. Wallaahu a’lam.

Namun begitu, walau hadits ini mursal bukan berarti lantas ditolak mentah-mentah. Kita simak perkataan Al-Imam An-Nawawiy seperti dikutip pemilik kitab ‘Aunul Ma’buud syarh Sunan Abu Daawud :

قَالَ الدَّارَقُطْنِيُّ الصَّوَاب الْمُرْسَل عَنْ شُعْبَة كَمَا رَوَاهُ مُعَاذ وَابْن مَهْدِيّ وَغُنْدَر.
قُلْت: وَقَدْ رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ فِي سُنَنه أَيْضًا مُرْسَلًا وَمُتَّصِلًا فَرَوَاهُ مُرْسَلًا عَنْ حَفْص بْن عُمَر عَنْ شُعْبَة وَرَوَاهُ مُتَّصِلًا مِنْ رِوَايَة عَلِيّ بْن حَفْص، وَإِذَا ثَبَتَ أَنَّهُ رُوِيَ مُتَّصِلًا وَمُرْسَلًا فَالْعَمَل عَلَى أَنَّهُ مُتَّصِل، هَذَا هُوَ الصَّحِيح الَّذِي قَالَهُ جَمَاعَة مِنْ أَهْل الْحَدِيث وَالْفِقْه وَالْأُصُول، وَلَا يَضُرّ كَوْن الْأَكْثَرِينَ رَوَوْهُ مُرْسَلًا فَإِنَّ الْوَصْل زِيَادَة مِنْ ثِقَة وَهِيَ مَقْبُولَة اِنْتَهَى كَلَام النَّوَوِيّ

Ad-Daaruquthniy berkata, “Yang benar adalah ia mursal dari Syu’bah sebagaimana Mu’aadz (bin Mu’aadz), Ibnu Mahdiy dan Ghundar meriwayatkannya.”
Aku (An-Nawawiy) berkata, “Dan Abu Daawud telah meriwayatkan dalam Sunan-nya juga secara mursal dan muttashil, riwayat yang mursal berasal dari Hafsh bin ‘Umar dari Syu’bah dan riwayat muttashil dari ‘Aliy bin Hafsh. Dan jika telah tetap bahwasanya hadits ini diriwayatkan secara muttashil maupun mursal, maka pengamalannya dibawa kepada yang muttashil, inilah yang shahih dan yang telah dikatakan jama’ah ahli hadits, ahli fiqh dan ahli ushul, dan tidaklah memudharatkan banyaknya jumlah periwayatan yang mursal karena jika (sanadnya) telah disambungkan (dari) ziyaadah seorang yang tsiqah, maka ia diterima.” Selesai kalam An-Nawawiy. [‘Aunul Ma’buud hal. 2285, Daar Ibnu Hazm]

Demikian yang bisa kami tuliskan, semoga bermanfaat.
Wallaahu a’lam.

Banyak mengambil faidah dari kitab :

Bainal Imaamain, Muslim wad-Daaruquthniy“, karya Syaikh Rabii’ bin Haadiy Al-Madkhaliy, Maktabah Ar-Rusyd, Riyaadh.

Footnotes :

[1] Pada cetakan Shahiih Muslim yang ditahqiq Syaikh Muhammad Fu’aad ‘Abdul Baaqiy, ada ziyadah “Abu Hurairah” setelah Hafsh bin ‘Aashim, dan ini kemungkinan adalah kekeliruan dari muhaqqiq karena riwayat Ibnu Mahdiy dan Mu’aadz bin Mu’aadz dari Syu’bah tidak ada tambahan tersebut, seperti telah ditegaskan oleh Al-Imam Abu Daawud diatas bahwa ziyadah Abu Hurairah hanya berasal dari ‘Aliy bin Hafsh dan dikuatkan oleh Al-Imam Ad-Daaruquthniy dalam At-Ta’liiqaat. Silahkan lihat kembali perkataan mereka.

* * * * *

6 thoughts on “Pembahasan Hadits “Cukuplah Seseorang (Dianggap) Berdusta Jika Ia Menceritakan Semua yang Ia Dengar.”

      • Oh… Bukan matannya yang bercanggah?
        Artinya ada hadits lain dg matan sama tapi rawi yg berbeda. Bukannya itu justru malah jadi penguat?
        Imam muslim memang tidak hanya mengambil jalur Ali Bin Hafsh dari Syu’bah saja. Beliau juga mengambil dari jalur Abdurrahman bin Mahdiy dari Syu’bah dan dari jalur Mu’adz bin Mu’adz dari Syu’bah.

  1. Benar… dalam kajian ilmu hadits, secara teori sebuah hadits dpt dikuatkan oleh hadits lain yang berasa dari jalur perawi berbeda. Namun, tidak lantas setiap kasus berlaku teori ini, tetap harus diteliti jalur sanad dari hadits lain tersebut, apakah ia bebas dr ‘ilal, bebas dari penyelisihan perawi baik itu secara penyebutan sanad maupun matan. Jika terdapat 1 cacat saja, maka tdk bs saling menguatkan, yg ada malah saling menafikan sehingga harus ditarjih mana hadits yg lebih kuat.

    Dalam kasus hadits diatas, justru jalur ‘Aliy bin Hafsh itulah yg ma’lul karena mukhalafah dengan bbrp perawi lain yg tingkat ketsiqahan dan kedhabitannya melebihi ‘Aliy bin Hafsh. ‘Aliy bin Hafsh meriwayatkan dari Hafsh bin ‘Aashim secara maushul (dengan menyebut Abu Hurairah), sedangkan perawi lain yg lbh tsiqah dan dhabit meriwayatkan dari Hafsh bin ‘Aashim secara mursal (tanpa menyebut Abu Hurairah), dan jika ditarjih, maka yg mahfuzh adalah sanad dari selain ‘Aliy bin Hafsh. Sedangkan hadits ‘Aliy bin Hafsh itu syaadz.

    • OK, for argument, anggap saja saya setuju bahwa jalur `Aliy bin Hafsh itu cacat/syaadz/menyelisih jalur lain. Pertanyaannya, apakah konten yg ada dalam jalur lain itu berbeda dengan konten yang dibawa oleh `Aliy?
      Jikapun haditsnya `Aliy ini syaadz, Imam Muslim tidak hanya mengambil dari `Aliy tetapi juga dari Abdurrahman bin Mahdiy dan Mu’adz bin Mu’adz (dg sanad yg terputus di Abu Hurairah).

  2. Kan sudah saya tulis diatas, yg bercanggah adalah penyebutan Abu Hurairah

    Masalah matan atau konten hadits, tidak ada yg bercanggah satu dengan yg lain. Oleh karenanya An-Nawawiy berkata, bahwa pengamalan hadits ini dibawa kepada sanad yg muttashil (maushul) karena ‘Aliy bin Hafsh dan Abu Usaamah membawakan ziyadah (tambahan) dalam sanad (yaitu penyebutan Abu Hurairah), dan ziyadah seorang tsiqah selama tidak menihilkan apapun dalam hadits tsb (baik sanad maupun matan), maka ziyadah tersebut dpt diterima jika kita menerima adanya karena ia memberikan faidah ilmu tambahan. Inilah “ziyadah ats-tsiqah” dalam kajian ilmu hadits.

    Coba bapak baca kembali tulisan diatas termasuk kutipan qaul An-Nawawiy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s