Dirasah Hadits Do’a Sesudah Adzan, Allaahumma Rabba Haadzihid Da’watit Taammah…, Ziyadah dan Sisipannya

Adzan________by_miscacaMasyhur dan telah akrab di telinga kita do’a sesudah adzan yang kerap kita ucapkan sesudah mu’adzin mengumandangkan adzan. Do’a tersebut diriwayatkan oleh para imam masyhur, diantaranya adalah Al-Imam Al-Bukhaariy rahimahullah, berikut sanad dan matannya :

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’aib Abu Hamzah, dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Jaabir bin ‘Abdillaah radhiyallaahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan do’a berikut setelah mendengar An-Nidaa’ (yaitu adzan) : Allaahumma Rabba haadzihid da’watit taammah, wash shalaatil qaa’imah, aati Muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqaamam mahmuudanil ladziy wa ‘adtahu (Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan ini, berikanlah kepada Nabi Muhammad washilah dan keutamaan, dan bangkitkan beliau pada kedudukan yang terpuji yang telah Kau janjikan), maka dia berhak atas syafa’atku di hari kiamat nanti.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 614, 4719]

Dan dari jalan ini pula Al-Bukhaariy meriwayatkan dalam Khalqu Af’aalil ‘Ibaad no. 142; Al-Baghawiy dalam Syarhus Sunnah no. 420 dan Ma’aalimut Tanziil no. 740.

Para perawi hadits ini tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya :

1. ‘Aliy bin ‘Ayyaasy bin Muslim Al-Alhaaniy, Abul Hasan Al-Himshiy. Al-Haafizh dalam At-Taqriib no. 4779 berkata, “tsiqah tsabt.”

2. Syu’aib bin Abu Hamzah Diinaar Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abu Bisyr Al-Himshiy. Al-Haafizh dalam At-Taqriib no. 2798 berkata, “tsiqah ‘aabid.”

3. Muhammad bin Al-Munkadir bin ‘Abdillaah bin Hudzair bin ‘Abdil ‘Uzzaa bin ‘Aamir Al-Qurasyiy At-Taimiy, Abu ‘Abdillaah atau Abu Bakr Al-Madaniy. Al-Haafizh dalam At-Taqriib no. 6327 berkata, “tsiqah faadhil.”

4. Jaabir bin ‘Abdillaah Al-Anshaariy -radhiyallaahu ‘anhuma-, Abu ‘Abdillaah atau Abu ‘Abdirrahman atau Abu Muhammad Al-Madaniy. Sahabat Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Sanad hadits do’a ini bersumber dari ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, dari Syu’aib, dari Ibnul Munkadir, dari Jaabir secara marfuu’. Barulah setelah ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, ia diriwayatkan oleh banyak perawi lagi, diantaranya Al-Imam Al-Bukhaariy seperti hadits diatas, lalu beberapa perawi lain yang juga tidak kalah ketsiqahan dan kekuatannya :

1. Muhammad bin Sahl Al-Baghdaadiy dan Ibraahiim Al-Jauzajaaniy

Diriwayatkan Al-Imam At-Tirmidziy rahimahullah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَهْلِ بْنِ عَسْكَرٍ الْبَغْدَادِيُّ، وَإِبْرَاهِيمُ بْنُ يَعْقُوبَ، قَالَا: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ الْحِمْصِيُّ، حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ إِلَّا حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Jaami’ At-Tirmidziy no. 211]

Dan dari jalan Al-Jauzaajaniy, diriwayatkan oleh Ath-Thuusiy dalam Mukhtashar Al-Ahkaam Al-Mustakhraj ‘alaa Jaami’ At-Tirmidziy no. 189

Muhammad bin Sahl bin ‘Askar bin ‘Umaarah bin Duwaid Al-Bukhaariy At-Tamiimiy, Abu Bakr Al-Baghdaadiy. Seorang yang tsiqah. [Taqriibut Tahdziib no. 5937]

Ibraahiim bin Ya’quub bin Ishaaq As-Sa’diy, Abu Ishaaq Al-Jauzajaaniy. Seorang yang tsiqah haafizh, tertuduh Nashibiy. Pemilik kitab Al-Ahwaal Ar-Rijaal. [Taqriibut Tahdziib no. 273]

2. Ahmad bin Hanbal

Diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Daawud rahimahullah :

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّه، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِلَّا حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Sunan Abu Daawud no. 529]

Dan dengan sanad ini pula Ahmad meriwayatkan dalam Musnadnya no. 14403; Abu Ya’laa Al-Hanbaliy dalam Thabaqaatul Hanaabilah 1/364.

Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilaal bin Asad Asy-Syaibaaniy, Abu ‘Abdillaah Al-Baghdaadiy. Ahadul a’immah, tsiqah haafizh faqiih hujjah, orang yang paling didahulukan dari para ulama yang se-thabaqah dengannya (thabaqah ke-10). [Taqriibut Tahdziib no. 96]

3. ‘Amr bin Manshuur

Diriwayatkan oleh Al-Imam An-Nasaa’iy rahimahullah :

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ مَنْصُورٍ، قال: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، قال: حَدَّثَنَا شُعَيْبٌ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قال: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحْمُودَ الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِلَّا حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Sunan An-Nasaa’iy Ash-Shughraa no. 680]

Dan dari jalan ini An-Nasaa’iy meriwayatkannya dalam Al-Kubraa no. 1656 dan no. 9791.

‘Amr bin Manshuur, Abu Sa’iid An-Nasaa’iy. Seorang yang tsiqah tsabt. [Taqriibut Tahdziib no. 5119]

4. Muhammad bin Yahyaa Adz-Dzuhliy, ‘Abbaas bin Al-Waliid dan Muhammad bin Abul Husain

Diriwayatkan oleh Al-Imam Ibnu Maajah rahimahullah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، وَالْعَبَّاسُ بْنُ الْوَلِيدِ الدِّمَشْقِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ أَبِي الْحُسَيْنِ، قَالُوا: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ الْأَلْهَانِيُّ، حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِلَّا حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Sunan Ibnu Maajah no. 722]

Dan dari jalan Muhammad bin Yahyaa, Ibnu Hibbaan juga meriwayatkan dalam Shahiihnya no. 1689.

Muhammad bin Yahyaa bin ‘Abdillaah bin Khaalid bin Dzu’aib Adz-Dzuhliy, Abu ‘Abdillaah An-Naisaabuuriy. Guru Al-Imam Al-Bukhaariy, seorang yang tsiqah haafizh jaliil. [Taqriibut Tahdziib no. 6387]

‘Abbaas bin Al-Waliid bin Shubh Al-Khallaal, Abul Fadhl Ad-Dimasyqiy. Seorang yang shaduuq. [Taqriibut Tahdziib no. 3191]

Muhammad bin Ja’far Abul Husain As-Simnaaniy, Abu Ja’far bin Abul Husain Al-Qaumasiy. Seorang yang tsiqah. [Taqriibut Tahdziib no. 5789]

5. Muusaa bin Sahl Ar-Ramliy

Diriwayatkan oleh Al-Imam Ibnu Khuzaimah rahimahullah :

نا مُوسَى بْنُ سَهْلٍ الرَّمْلِيُّ، نا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ إِذَا سَمِعَ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحْمُودَ الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِلا حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Shahiih Ibnu Khuzaimah no. 413]

Muusaa bin Sahl bin Qaadim Ar-Ramliy, Abu ‘Imraan An-Nasaa’iy. Seorang yang tsiqah. [Taqriibut Tahdziib no. 6972]

6. Ibnu Zanjawaih dan Mahfuuzh bin Abu Taubah

Diriwayatkan oleh Al-Imam Muhammad bin Ishaaq As-Sirraaj rahimahullah :

حَدَّثَنَا مَحْفُوظُ بْنُ أَبِي تَوْبَةَ، وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ زِنْجَوَيْهِ، وَمُحَمَّدُ بْنُ سَهْلِ بْنِ عَسْكَرٍ الْبُخَارِيُّ، قَالُوا: ثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، ثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ، اللَّهُمَّ، رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْفَضِيلَةَ وَالْوَسِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِلا حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Musnad As-Sirraaj no. 57]

– Ibnu Zanjawaih namanya adalah Muhammad bin ‘Abdil Malik bin Zanjawaih Al-Baghdaadiy, Abu Bakr Al-Ghazzaal. Seorang yang tsiqah. [Taqriibut Tahdziib no. 6097]

Mahfuuzh bin Al-Fadhl Abu Taubah, Abu ‘Abdillaah Al-Baghdaadiy. Ahmad mendha’ifkannya dengan sangat, ia berkata “Mahfuuzh mendengarkan bersama kami di Yaman tetapi ia tidak mencatat apa-apa”, Al-‘Uqailiy menukil kalam Ahmad bin Hanbal, Adz-Dzahabiy berkata “tidak ditinggalkan (hadits-haditsnya)”. [Miizaanul I’tidaal 6/31; Adh-Dhu’afaa’ Al-‘Uqailiy no. 1878]

– Muhammad bin Sahl bin ‘Askar telah berlalu keterangannya.

7. Abu Zur’ah Ad-Dimasyqiy

Diriwayatkan oleh Al-Imam Ath-Thabaraaniy rahimahullah :

حَدَّثَنَا أَبُو زُرْعَةَ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ شُعَيْبِ بْنِ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مِنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ الأَذَانَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Musnad Asy-Syaamiyyiin no. 2972]

Dan dari jalan ini Ath-Thabaraaniy meriwayatkannya dalam Mu’jam Ash-Shaghiir no. 240, Mu’jam Al-Ausath no. 4654, dan Ad-Du’aa’ no. 430.

– Abu Zur’ah namanya adalah ‘Abdurrahman bin ‘Amr bin ‘Abdillaah bin Shafwaan An-Nashriy, Abu Zur’ah Ad-Dimasyqiy Al-Haafizh. Ia adalah seorang tsiqah haafizh, dan seorang mushannif (mempunyai karya tulis). [Taqriibut Tahdziib no. 3965]

8. Ibraahiim bin Al-Haitsam Al-Baladiy

Diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Bakr Asy-Syaafi’iy rahimahullah :

حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَاقَ بْنُ الْهَيْثَمِ الْبَلَدِيُّ، ثنا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ الْحِمْصِيُّ، ثنا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، إلَّا حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[Fawaa’id Abu Bakr Asy-Syaafi’iy no. 403]

Dan dari jalan ini Abul Qaasim Ibnu ‘Asaakir meriwayatkan dalam Al-Arba’uun Al-Abdaal no. 3, Taariikh Dimasyq 43/115 dan 53/161.

Ibraahiim bin Al-Haitsam, Abu Ishaaq Al-Baladiy. Ditautsiq Ad-Daaruquthniy dan Al-Khathiib, Ibnu ‘Adiy berkata “hadits-haditsnya mustaqiim kecuali hadits gua, dan aku tidak menemukan hadits-haditsnya yang mungkar”. [Miizaanul I’tidaal 1/201]

9. Muhammad bin Muslim Ar-Raaziy

Diriwayatkan oleh Al-Imam Ibnu Abi ‘Aashim rahimahullah :

ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ وَارَةَ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، حَدَّثَنَا شُعَيْبٌ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِلا حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
[As-Sunnah li Ibni Abi ‘Aashim no. 826]

Muhammad bin Muslim bin ‘Utsmaan bin ‘Abdillaah Ar-Raaziy, Abu ‘Abdillaah bin Waarah Al-Haafizh. Seorang yang tsiqah haafizh. [Taqriibut Tahdziib no. 6297]

Inilah sanad-sanad yang berhasil kami kumpulkan pada periwayatan do’a sesudah adzan ini, ia diriwayatkan oleh sekurang-kurangnya 13 orang perawi tsiqah (dikecualikan Mahfuuzh bin Abu Taubah karena ia lemah), haafizh, mutqin dan beberapa diantaranya adalah termasuk para imam terkemuka yang sudah tentu kekuatan hafalannya tidak diragukan lagi. Dan mereka semua meriwayatkan do’a ini dengan lafazh :

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

“Allaahumma Rabba haadzihid da’watit taammah, wash shalaatil qaa’imah, aati Muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqaamam mahmuudanil ladziy wa ‘adtahu.”

Dan ini adalah lafazh do’a sesudah adzan yang telah tsabt. Adapun pada beberapa riwayat terdapat ziyaadah dan idraaj, kami akan sebutkan beberapa diantaranya, insya Allah.

Riwayat Al-Baihaqiy : Ziyaadah “Inniy As’aluka bi Haqq” dan “Innaka Laa Tukhliful Mii’aad”

Al-Imam Abu Bakr Al-Baihaqiy rahimahullah menyebutkan dalam beberapa kitabnya, riwayat yang terdapat tambahan tersebut diriwayatkan dengan sanad dan matan :

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، وَأَبُو نَصْرٍ أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ أَحْمَدَ الْقَاضِي، قَالا: أنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، نا مُحَمَّدُ بْنُ عَوْفٍ، نا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، نا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا، الَّذِي وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ، إِلا حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillaah Al-Haafizh, dan Abu Nashr Ahmad bin ‘Aliy bin Ahmad Al-Qaadhiy, keduanya berkata, telah memberitakan kepada kami Abul ‘Abbaas Muhammad bin Ya’quub, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Auf, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, telah mengkhabarkan kepada kami Syu’aib bin Abu Hamzah, dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Jaabir bin ‘Abdillaah, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “…Allaahumma inniy as’aluka bihaqqi haadzihid da’watit taammah…(hingga)…innaka laa tukhliful mii’aad…”
[Sunan Ash-Shaghiir no. 270; Sunan Al-Kubraa 1/409; Ad-Da’awaatul Kabiir no. 47]

Muhammad bin ‘Auf bin Sufyaan Ath-Thaa’iy, Abu Ja’far Al-Himshiy. Ia seorang yang tsiqah haafizh. [Taqriibut Tahdziib no. 6202]

Ziyaadah ini berasal dari riwayat Muhammad bin ‘Auf, oleh karena itu riwayat ini syaadz karena Muhammad bin ‘Auf menyelisihi perawi-perawi tsiqah haafizh lainnya (seperti yang telah kami sebutkan diatas) dalam meriwayatkan lafazh do’a ini tanpa ziyadah tersebut.

Namun sebagaimana telah ma’ruuf dalam pembicaraan-pembicaraan seputar takhrij hadits, bahwasanya seorang tsiqah jika ia menyelisihi perawi-perawi tsiqah lainnya dalam meriwayatkan lafazh ziyadah, maka para ulama tidak mutlak menolak ziyadah tersebut, beberapa diantara mereka menerima dengan syarat dan qarinah tertentu dan memasukkannya ke dalam “Ziyaadatu Ats-Tsiqah“.

Hal ini sebagaimana terjadi pada hadits tahrik (menggerak-gerakkan jari telunjuk ketika duduk tahiyat), salah satu perawi hadits tersebut yaitu Zaa’idah bin Qudaamah menyelisihi banyak perawi tsiqah lainnya yang meriwayatkan dari ‘Aashim bin Kulaib tanpa lafazh “yuharrikuhaa”, dan pembicaraan ini belum mencapai kata sepakat hingga sekarang, ada ulama yang menerima ziyadah “yuharrikuha” karena ketinggian status Zaa’idah bin Qudaamah (tsiqah tsabt) seperti Syaikh Al-Albaaniy namun ada juga yang menolaknya karena menganggapnya syaadz seperti Syaikh Muqbil Al-Waadi’iy -rahimahumullah-.

Begitu pun pada hadits ini, sebagian ulama ada yang menghasankan ziyadah “Innaka Laa Tukhliful Mii’aad” seperti Al-‘Allaamah ‘Abdul ‘Aziiz bin Baaz rahimahullah, dan akan kami sebutkan fatwa mengenainya pada bagian akhir tulisan.

Riwayat Ath-Thahaawiy : Idraaj “Sayyidanaa”

Al-Imam Abu Ja’far Ath-Thahaawiy rahimahullah menyebutkan dalam kitabnya, Syarhu Ma’aanil Atsaar :

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو الدِّمَشْقِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” إِذَا سَمِعَ الْمُؤَذِّنَ، قَالَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ أَعْطِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ، وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحْمُودَ الَّذِي وَعَدْتَهُ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin ‘Amr Ad-Dimasyqiy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’aib bin Abu Hamzah, dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Jaabir bin ‘Abdillaah, ia berkata, dahulu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “…wash shalaatil qaa’imah, a’thi sayyidanaa Muhammadanil wasiilata…(dst).”
[Syarhu Ma’aanil Atsaar no. 521]

‘Abdurrahman bin ‘Amr adalah Abu Zur’ah Ad-Dimasyqiy, penyebutannya telah berlalu diatas pada sanad Ath-Thabaraaniy, silahkan merujuk kesana, dan lafazh “sayyidanaa” tersebut adalah idraaj (sisipan) yang tidak ada asal-usulnya dikarenakan telah tsabt pada sanad Ath-Thabaraaniy dari Abu Zur’ah Ad-Dimasyqiy lafazh do’a yang tidak ada sisipan sayyidanaa. Kemungkinan ini adalah sisipan pada beberapa naskah kitab Ath-Thahaawiy tersebut. Wallaahu a’lam.

Riwayat Ibnus Sunniy : Idraaj “Wad Darajatar Rafii’ah”

Idraaj ini terdapat pada riwayat Al-Imam Abu Bakr Ibnus Sunniy rahimahullah dalam kitabnya :

حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ، أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ، حَدَّثَنَا شُعَيْبٌ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيعَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdirrahman, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Amr bin Manshuur, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, telah menceritakan kepada kami Syu’aib, dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Jaabir bin ‘Abdillaah radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “…aati Muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wad darajatar rafii’ah, wab’atshu maqaaman…(dst).”
[‘Amalul Yaum wal Lailah no. 96]

Abu ‘Abdirrahman pada sanad diatas adalah Al-Imam An-Nasaa’iy, Al-Imam ats-tsiqah ats-tsabt al-haafizh, guru Ibnus Sunniy, yang mana Ibnus Sunniy mengambil riwayat ini dari jalan An-Nasaa’iy, dari ‘Amr bin Manshuur dan seterusnya, berarti idraaj “wad darajatar rafii’ah” tersebut juga adalah idraaj yang tidak ada asal-usulnya dari sanad hadits An-Nasaa’iy. Kemungkinan pun ini adalah sisipan pada beberapa naskah kitab Ibnus Sunniy. Wallaahu a’lam.

Bolehkah Mengamalkan Tambahan dan Sisipan Tersebut Ketika Berdo’a?

Bolehkah mengamalkan lafazh “Innaka Laa Tukhliful Mii’aad”?
Tim Markaz Fatawa Islamweb ditanya dengan sebuah pertanyaan, apa hukum perkataan “Innallaaha Laa Yukhliful Mii’aad” setelah do’a?

Jawaban mereka :

فالظاهرُ أنك تريد السؤال عن زيادة ( إنك لا تخلف الميعاد ) الواردة في بعض روايات حديث جابر في الدعاء عقب الأذان، وقد ثبت الحديثُ في الصحيحين دونَ هذه الزيادة، ورواهُ عن علي بن عياش جمعٌ من الحفاظ الأثبات منهم أحمدُ وعلي بن المديني وأبو زرعة الرازي والبخاري والجوزجاني وغيرهم وكلهم لم يذكروا فيه زيادة ( إنك لا تخلف الميعاد ) وإنما رواها البيهقي عن محمد بن عوف عن علي بن عياش وليس تفرد محمد بن عوف مما يُحتمل، وبخاصة في مقابلة هؤلاء الأئمة المتقدم ذكرهم، فالظاهرُ أن هذه الزيادة شاذة، والأولى تركها والاقتصارُ على ما في الصحيحين ولفظه: اللهم رب هذه الدعوة التامة، والصلاة القائمة، آتِ محمداً الوسيلة والفضيلة، وابعثه مقاماً محمودا الذي وعدته.

وقد حسن هذه الزيادة بعض أهل العلم كالعلامة ابن باز رحمه الله، فمن رأى حسنها أو قلد من حسنها فلا حرج عليه في أن يقولها.

Nampaknya kau ingin bertanya mengenai tambahan (Innaka Laa Tukhliful Mii’aad) yang terdapat pada sebagian riwayat hadits Jaabir pada pembahasan do’a setelah adzan. Sungguh telah tetap hadits ini pada Ash-Shahiihain tanpa adanya tambahan tersebut. Ia diriwayatkan dari ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, semuanya dari para huffazh yang tsabat, diantaranya adalah Ahmad, ‘Aliy bin Al-Madiiniy, Abu Zur’ah Ar-Raaziy, Al-Bukhaariy, Al-Jauzajaaniy dan selain mereka, yang mana mereka tidak menyebutkan tambahan tersebut (Innaka Laa Tukhliful Mii’aad). Akan tetapi (tambahan ini) diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dari Muhammad bin ‘Auf, dari ‘Aliy bin ‘Ayyaasy, dan Muhammad bin ‘Auf tidak menyendiri dalam membawakan (tambahannya), dan dengan kekhususan dalam riwayat yang telah dibawakan para imam tersebut yang telah berlalu penyebutan mereka diatas, maka yang nampak bahwa tambahan ini adalah syaadz, harus kau hindari dan cukupkan dirimu kepada apa yang terdapat pada Ash-Shahiihain, dengan lafazhnya : Allaahumma Rabba haadzihid da’watit taammah, wash shalaatil qaa’imah, aati Muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqaamam mahmuudanil ladziy wa ‘adtahu.

Namun sungguh tambahan ini telah dihasankan oleh sebagian ulama seperti Al-‘Allaamah Ibnu Baaz rahimahullah, maka barangsiapa yang berpendapat (tambahan ini) sebagai tambahan yang hasan atau ia mengikuti pendapat orang yang menghasankannya, maka tidak mengapa baginya jika ia berpendapat seperti itu.

Sumber : http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=115799

Bolehkah mengamalkan lafazh idraaj “sayyidanaa” dan “wad darajatar rafii’ah”?
Tim Markaz Fatawa Islamweb juga ditanya dengan sebuah pertanyaan, apakah boleh membaca do’a sesudah adzan dengan “sayyidanaa” dan “wad darajatar rafii’ah”?

Jawaban mereka :

فإنه يشرع للمسلم إذا سمع النداء أن يقول مثل ما يقول المؤذن، ويذكر بعد ذلك الأذكار التي أشار إليها السائل الكريم، فقد أمر النبي صلى الله عليه وسلم بذلك، كما في صحيح البخاري وغيره.
وينبغي أن يقول ذلك بعد الأذان وبعد الإقامة، ولا بأس أن يقتصر على رواية البخاري ، أو يزيد عليها إنك لا تخلف الميعاد. فقد جاءت في رواية أخرى للبيهقي.
وأما الدرجة الرفيعة فقد نقل المباركفوري في تحفة الأحوذي عن القاري في المرقاة، قال: وأما زيادة (الدرجة الرفيعة) المشهورة على الألسنة فقال البخاري: لم أره في شيء من كتب الروايات.
وعليه فينبغي للمسلم أن يقتصر على ما ورد عن رسول الله صلى الله عليه وسلم وصحَّ به النقل

Disyari’atkan bagi setiap muslim jika mendengar An-Nidaa’ (adzan) untuk mengucapkan seperti apa yang diucapkan mu’adzin, dan setelah itu berdo’a dengan do’a yang ditunjukkan oleh penanya yang mulia (yaitu do’a sesudah adzan, Allaahumma Rabba haadzihid da’watit taammah…dst). Sungguh Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam telah memerintahkannya, sebagaimana terdapat pada Shahiih Al-Bukhaariy dan selainnya, yang harus diucapkan setelah adzan dan setelah iqaamah. Tidak mengapa mencukupkan kepada riwayat Al-Bukhaariy atau menambahnya dengan “Innaka laa tukhliful mii’aad”, sebagaimana tambahan ini telah didatangkan pada riwayat lain dari Al-Baihaqiy.

Adapun “Ad-darajatar rafii’ah”, Al-Mubaarakfuuriy telah menukil dalam Tuhfatul Ahwadziy, perkataan (Mulla ‘Aliy) Al-Qaariy dalam Al-Mirqah (maksudnya kitab Mirqaatul Mafaatih syarhu Misykaatul Mashaabih), ia berkata, “Dan adapun tambahan (Ad-Darajatar Rafii’ah) yang telah masyhuur pada lisan-lisan manusia, maka Al-Bukhaariy berkata, “Aku tidak melihat sedikitpun (perkataan ini) berasal dari kitab-kitab riwayat hadits, maka wajib bagi muslim agar mencukupkan diri kepada apa yang berasal dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang telah diketahui shahih penukilannya.”

Sumber : http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=35197

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.
Wallaahu a’lamu bishshawwaab.

Sebagian mengambil faidah dari :
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=123375

* * * * *

One thought on “Dirasah Hadits Do’a Sesudah Adzan, Allaahumma Rabba Haadzihid Da’watit Taammah…, Ziyadah dan Sisipannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s