Dirasah Hadits Lemah : Keutamaan Memandikan Mayit Muslim

Keranda-Jenazah-TermurahHadits no. 1

Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah Al-Qazwiiniy rahimahullah :

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ الْمُحَارِبِيُّ، حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ كَثِيرٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ خَالِدٍ، عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ، عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا وَكَفَّنَهُ وَحَنَّطَهُ وَحَمَلَهُ وَصَلَّى عَلَيْهِ، وَلَمْ يُفْشِ عَلَيْهِ مَا رَأَى، خَرَجَ مِنْ خَطِيئَتِهِ مِثْلَ يَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman Al-Muhaaribiy, telah menceritakan kepada kami ‘Abbaad bin Katsiir, dari ‘Amr bin Khaalid, dari Habiib bin Abi Tsaabit, dari ‘Aashim bin Dhamrah, dari ‘Aliy -radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang memandikan seorang mayit, mengkafaninya, meminyakinya, membawa dan menshalatinya, dan ia diam terhadap apa yang dilihatnya, maka dosa-dosanya akan keluar sebagaimana pada hari ia dilahirkan oleh ibunya.”
[Sunan Ibnu Maajah no. 1462]

Diriwayatkan pula oleh Ibnu ‘Adiy (Al-Kaamil 6/221); Al-Khathiib (Taariikh Baghdaad 9/464); Ibnu Syaahiin (At-Targhiib fiy Fadhaa’ilul A’maal no. 414), dari jalan ‘Abdurrahman Al-Muhaaribiy dan seterusnya, secara marfuu’.

Disebutkan oleh Ibnul Jauziy dalam Al-‘Ilal Al-Mutanaahiyah hal. 896, hadits no. 1496, ia berkata :

هَذَا حديث لا يصح. قال أَحْمَد بْن حنبل: عباد بْن كثير روى أحاديث كذب لم يسمعها. قال يَحْيَى: ليس بشيء فِي الحديث. وقال الْبُخَارِيّ والنسائي: متروك

“Hadits ini tidak shahih, Ahmad bin Hanbal berkata, “‘Abbaad bin Katsiir meriwayatkan hadits-hadits dusta yang ia tidak mendengarnya.” Yahyaa (bin Ma’iin) berkata, “tidak ada nilainya dalam hadits.” Al-Bukhaariy dan An-Nasaa’iy berkata, “Matruuk.”

‘Amr bin Khaalid disebutkan biografinya oleh Adz-Dzahabiy dalam Al-Miizaan 5/311, ‘Amr bin Khaalid, Abu Khaalid Al-Qurasyiy Al-Kuufiy, Wakii’ berkata “memalsukan hadits”, Ibnu Ma’iin berkata “pendusta, tidak tsiqah”, dalam riwayat lain ia berkata “pendusta”, begitu pula kata Ahmad dan Ad-Daaruquthniy, An-Nasaa’iy berkata “orang Kuufah, tidak tsiqah.”

Hadits ini dha’iif jiddan. Demikian Syaikh Al-Albaaniy melemahkannya dalam Dha’iif Ibnu Maajah.

Hadits no. 2

Diriwayatkan oleh Abul Faraj Ibnul Jauziy rahimahullah :

أَنْبَأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ نَاصِرٍ، أَنْبَأَنَا أَبُو مَنْصُورٍ عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَنْبَارِيُّ، أَنْبَأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ بِشْرَانَ، أَنْبَأَنَا أَبُو حَفْصِ بْنُ شَاهِينَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ نَصْرٍ الْوَاسِطِيُّ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ وَهْبٍ الْعَلافُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ يَزِيدَ، أَنْبَأَنَا حَمَّادُ بْنُ عَمْرٍو النَّصِيبِيُّ، عَنْ السَّرِيِّ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، قَالَ: دَعَانِي رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: ” يَا عَلِيُّ اغْسِلِ الْمَوْتَى، فَإِنَّهُ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا غُفِرَ لَهُ سَبْعُونَ مَغْفِرَةً، لَوْ قُسِّمَتْ مَغْفِرَةٌ مِنْهَا عَلَى الْخَلائِقِ لَوَسِعَتْهُمْ. قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا يَقُولُ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا؟ قَالَ: يَقُولُ: غُفْرَانَكَ يَا رَحْمَنُ، حَتَّى يَفْرُغَ مِنَ الْغُسْلِ

Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Naashir, telah memberitakan kepada kami Abu Manshuur ‘Aliy bin Muhammad Al-Anbariy, telah memberitakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdil Malik bin Bisyraan, telah memberitakan kepada kami Abu Hafsh bin Syaahiin, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Al-Hasan bin Nashr Al-Waasithiy, telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Wahb Al-‘Allaaf, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Malik bin Yaziid, telah memberitakan kepada kami Hammaad bin ‘Amr An-Nashiibiy, dari As-Sariy bin Khaalid, dari Ja’far bin Muhammad, dari Ayahnya, dari Kakeknya, dari ‘Aliy bin Abi Thaalib, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam memanggilku, beliau bersabda, “Wahai ‘Aliy, mandikanlah mayit karena barangsiapa yang memandikan mayit, ia akan diampuni dengan 70 kali ampunan walau ampunan tersebut dibagikan kepada para makhluk sebanyak jumlah mereka.” Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, apa yang dikatakan mereka yang memandikan mayit?” Beliau bersabda, “Ampunanmu, wahai Ar-Rahman, hingga mereka selesai memandikannya.”
[Al-Maudhuu’aat 2/84]

As-Suyuuthiy dalam Al-La’aali’ 2/373 menyebutkannya dengan matan yang lebih panjang.

Berkata Ibnul Jauziy :

هَذَا حديث موضوع عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم، قال يَحْيَى بْن معين، حَمَّاد بْن عَمْرو يكذب ويضع الحديث، وَقَالَ ابْن حِبَّانَ، يضع الحديث وضعا عَنِ الثقات، لا يحل كتب حديثه إِلا على جهة التعجب

“Hadits ini palsu atas nama Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Yahyaa bin Ma’iin berkata, “Hammaad bin ‘Amr mendustakan dan memalsukan hadits.” Ibnu Hibbaan berkata, “Pemalsu hadits, ia memalsukan dari orang-orang tsiqah, tidak halal menulis haditsnya kecuali untuk menjelaskan kepalsuannya.”

Sedangkan As-Sariy bin Khaalid, berkata Abul Fath Al-Azdiy “Tidak dijadikan hujjah (hadits-haditsnya)”, dan Adz-Dzahabiy mengatakan bahwa ia tidak dikenal. [Miizaanul I’tidaal 3/173]

Seperti disebutkan oleh Ibnul Jauziy, hadits ini maudhuu’.

Hadits ini mempunyai jalan lain dari ‘Aaisyah radhiyallaahu ‘anha, seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 4/321[1], dan dalam sanadnya ada Jaabir, ia adalah Jaabir bin Yaziid bin Al-Haarits Al-Ju’fiy, seorang yang dha’iif matruuk dan raafidhiy. [Tahdziibul Kamaal no. 879; Taqriibut Tahdziib no. 878]

Hadits no. 3

Abul Faraj Ibnul Jauziy berkata :

أَنْبَأَنَا أَبُو الْقَاسِمِ الْجَرِيرِيُّ، أَنْبَأَنَا أَبُو طَالِبٍ الْعُشَارِيُّ، حَدَّثَنَا الدَّارَقُطْنِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو عُبَيْدٍ الْقَاسِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنِي إِدْرِيسُ بْنُ الْحَكَمِ الْعَبْدِيُّ، حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ عَطِيَّةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَسَتَرَ عَلَيْهِ وَأَدَّى الأَمَانَةَ غُفِرَ لَهُ أَرْبَعِينَ مَرَّةً، وَمَنْ كَسَى مَيِّتًا كَسَاهُ اللَّهُ مِنْ سُنْدُسِ الْجَنَّةِ وَإِسْتَبَرَقِهَا، وَمَنْ حَفَرَ لِمَيِّتٍ قَبْرًا كَانَ كَمَنْ أَسْكَنَ مَيِّتًا إِلَى أَنْ يَبْعَثَ اللَّهُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

Telah memberitakan kepada kami Abul Qaasim Al-Jariiriy, telah memberitakan kepada kami Abu Thaalib Al-‘Usyaariy, telah menceritakan kepada kami Ad-Daaruquthniy, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Ubaid Al-Qaasim bin Ismaa’iil, telah menceritakan kepadaku Idriis bin Al-Hakam Al-‘Abdiy, telah menceritakan kepada kami Yuusuf bin ‘Athiyyah, dari Sa’iid bin Abu ‘Aruubah, dari Qataadah, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, dari Abu Hurairah -radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang memandikan mayit, menutupi aib-aibnya dan melaksanakan amanahnya, ia diampuni sebanyak 40 kali ampunan. Dan barangsiapa mengkafani mayit, Allah akan mengkafaninya dengan sutera halus dan tebal dari surga. Dan barangsiapa menggali kubur untuk mayit, maka ia bagaikan membuatkan tempat tinggal untuk mayit hingga Allah membangkitkan orang-orang yang berada didalam kubur (pada hari kiamat).”
[Al-Maudhuu’aat 2/85]

As-Suyuuthiy menyebutkannya dalam Al-La’aali’ 2/8

Berkata Ibnul Jauziy :

قَالَ الدَّارَقُطْنِيُّ: تفرد بِهِ يُوسُف عَنِ ابْن أَبِي عروبة. قَالَ يَحْيَى بْن معين: يُوسُف لَيْسَ بشيء، وَقَالَ ابْن حِبَّانَ: يقلب الأخبار ويلزق المتون الموضوعة بالأسانيد الصحيحة، لا يجوز الاحتجاج بِهِ

“Ad-Daaruquthniy berkata, “Yuusuf tafarrud meriwayatkan dari Ibnu Abu ‘Aruubah.” Yahyaa bin Ma’iin berkata, “Yuusuf tidak ada nilainya.” Ibnu Hibbaan berkata, “Membolak-balikkan khabar-khabar, mengikutkan matan-matan yang palsu dengan sanad-sanad shahih, tidak boleh berhujjah dengannya.”

Yuusuf bin ‘Athiyyah menurut Adz-Dzahabiy adalah orang yang tertuduh berdusta (muttaham) [Tartiib Al-Maudhuu’aat no. 456]

Hadits ini dha’iif jiddan. Matannya bercampur-baur dengan matan yang tidak ada asal-usulnya karena sebab Yuusuf bin ‘Athiyyah.

Bagaimana Hadits Shahih Keutamaan Memandikan Mayit?

Yang shahih adalah diriwayatkan oleh Abu Bakr Al-Baihaqiy rahimahullah :

أَخْبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ الْجَبَّارِ السُّكَّرِيُّ بِبَغْدَادَ، أنبأ إِسْمَاعِيلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّفَّارُ، ثنا عَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ التَّرْقُفِيُّ، ثنا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمُقْرِئُ، ثنا سَعِيدُ بْنُ أَبِي أَيُّوبَ، حَدَّثَنِي شُرَحْبِيلُ بْنُ شَرِيكٍ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبَاحٍ اللَّخْمِيِّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا رَافِعٍ يُحَدِّثُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” مَنْ غَسَّلَ مُسْلِمًا فَكَتَمَ عَلَيْهِ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ أَرْبَعِينَ مَرَّةً، وَمَنْ حَفَرَ لَهُ فَأَجَنَّهُ أَجْرَى عَلَيْهِ كَأَجْرِ مَسْكَنٍ أَسْكَنَهُ إِيَّاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ كَفَّنَهُ كَسَاهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ سُنْدُسِ وَإِسْتَبْرَقِ الْجَنَّةِ

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdullaah bin Yahyaa bin ‘Abdil Jabbaar As-Sukkariy -di Baghdaad-, telah memberitakan Ismaa’iil bin Muhammad Ash-Shaffaar, telah menceritakan kepada kami ‘Abbaas bin ‘Abdillaah At-Tarqufiy, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdirrahman Al-Muqri’, telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Abu Ayyuub, telah menceritakan kepadaku Syurahbiil bin Syariik, dari ‘Aliy bin Rabaah Al-Lakhmiy, ia berkata, aku mendengar Abu Raafi’ -radhiyallaahu ‘anhu- menceritakan bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa memandikan mayit lalu menyembunyikan aib-aibnya, Allah akan mengampuninya dengan 40 kali ampunan. Dan barangsiapa menggali (kubur) untuknya maka akan diberikan pahala untuknya seperti pahala orang yang memberikan tempat tinggal hingga hari kiamat. Dan barangsiapa yang mengkafani mayit, Allah akan mengkafaninya dengan sutra halus dan tebal dari surga di hari kiamat nanti.”
[Sunan Al-Kubraa 3/394; Sunan Ash-Shaghiir no. 1057]

Al-Baihaqiy juga mengeluarkannya dalam beberapa tempat dalam kitabnya, Ma’rifatus Sunan wal Atsaar no. 2073; Syu’abul Iimaan no. 9265; Al-Aadaab no. 371.

Dan diriwayatkan pula oleh Al-Haakim (Al-Mustadrak 1/354, 1/362); Ath-Thabaraaniy (Mu’jam Al-Kabiir no. 929); Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy (Ma’rifatush Shahaabah no. 6823).

Hadits ini sanadnya hasan. Al-Haafizh Adz-Dzahabiy mengomentarinya :

إسناده جيد، من جزء ترقفي

“Isnadnya jayyid, berasal dari juz (milik) At-Tarqufiy.” [Al-Muhadzdzab fiy Ikhtishaar Sunan Al-Kubraa 3/1327]

Dan Al-Imam Al-Haakim menshahihkannya (dan disepakati Adz-Dzahabiy), ia berkata :

هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ

“Hadits ini shahih sesuai syarat Muslim, namun keduanya tidak mengeluarkannya.”

Syaikh Al-Albaaniy dalam ta’liiqnya terhadap At-Targhiib wa At-Tarhiib no. 3492 berkata, “Shahiih,” begitu pula dalam Ahkaamul Janaa’iz hal. 69.

Wallaahu a’lam.

Tangerang, Selasa 17 Rabii’ul Akhir 1435 H
Al-Faqiir Ilallaah, Abu Ahmad Tommi Marsetio -wafaqahullah-

Banyak mengambil faidah dari kitab :

“Tartiibul Maudhuu’aat”, karya Al-Haafizh Syamsuddiin Abu ‘Abdillaah Adz-Dzahabiy rahimahullah, tahqiiq : Kamaal Basyuuniy Zaghluul, Daarul Kutub Al-‘Ilmiyyah, cetakan pertama.

Footnotes :

[1] Riwayatnya adalah :

وَأَنَا أَبُو يَعْلَى، ثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَجَّاجِ النِّيلِيُّ، قَالا: ثَنَا سَلامُ بْنُ أَبِي مُطِيعٍ، ثَنَا جَابِرٌ عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ الْجَزَّارِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَأَدَّى فِيهِ الأَمَانَةَ أَلا يَغْشَي مِنْهُ مَا يَكُونُ مِنْهُ عِنْدَ ذَاكَ، كَانَ مِنْ ذُنُوبِهِ وَخَطَايَاهُ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ. قال: ” وَلْيَلِهِ أَقْرَبُ النَّاسِ مِنْهُ إِنْ يُعْلَمُ، وَإِلا فَمَنْ تَرُونَ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s