“Barangsiapa yang Ingin Ibunya Berkabung, Anaknya Menjadi Yatim, dan Istrinya Menjadi Janda, Maka Temui Aku di Balik Lembah Ini!”

Men Leading Camels in DesertIni adalah perkataan ‘Umar bin Al-Khaththaab, Abu Hafsh radhiyallaahu ‘anhu, ketika beliau akan hijrah ke Madinah, beliau mengancam orang-orang Quraisy yang berusaha menghalang-halangi hijrahnya sambil beliau membawa pedangnya kemudian berkata seperti yang telah disebutkan.

Kisah ini pun masyhur, dijadikan hujjah pada beberapa buku-buku yang membahas sejarah Islam pada bagian hijrahnya ‘Umar bin Al-Khaththaab dari Makkah ke Madinah. Namun kemasyhuran kisah belum tentu menjadikannya shahih.

Kisah ini diriwayatkan oleh Al-Imam ‘Izzuddiin Ibnul Atsiir rahimahullah dalam kitabnya dengan sanad dan matan :

أَنْبَأَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ هِبَةِ اللَّهِ الدَّقَّاقُ، إِذْنًا، أَنْبَأَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْبَاقِي، حَدَّثَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ الْجَوْهَرِيُّ، إِمْلاءً، أَنْبَأَنَا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ الْحَافِظُ، حَدَّثَنَا أَبُو رَوْقٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ بَكْرٍ الْهِزَّانِيُّ، بِالْبَصْرَةِ، حَدَّثَنَا الزُّبَيْرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ خَالِدٍ الْعُثْمَانِيُّ، بِمِصْرَ، سَنَةَ خَمْسٍ وَسِتِّينَ وَمِائَتَيْنِ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْقَاسِمِ الأَبُلِّيُّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَقِيلِ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْعَبَّاسِ، قَالَ: قَالَ لِي عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ: ” مَا عَلِمْتُ أَنَّ أَحَدًا مِنَ الْمُهَاجِرِينَ هَاجَرَ إِلا مُخْتَفِيًا، إِلا عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، فَإِنَّهُ لَمَّا هَمَّ بِالْهِجْرَةِ تَقَلَّدَ سَيْفَهُ، وَتَنَكَّبَ قَوْسَهُ، وَانْتَضَى فِي يَدِهِ أَسْهُمًا، وَاخْتَصَرَ عَنْزَتَهُ، وَمَضَى قِبَلَ الْكَعْبَةِ، وَالْمَلأُ مِنْ قُرَيْشٍ بِفِنَائِهَا، فَطَافَ بِالْبَيْتِ سَبْعًا مُتَمَكِّنًا، ثُمَّ أَتَى الْمُقَامَ، فَصَلَّى مُتَمَكِّنًا، ثُمَّ وَقَفَ عَلَى الْحَلْقِ وَاحِدَةً وَاحِدَةً، وَقَالَ لَهُمْ: شَاهَتِ الْوُجُوهُ، لا يَرْغَمُ اللَّهُ إِلا هَذِهِ الْمَعَاطِسَ، مَنْ أَرَادَ أَنْ تَثْكُلَهُ أُمُّهُ، وَيُوتِمَ وَلَدَهُ، وَيُرْمِلَ زَوْجَتَهُ، فَلْيَلْقَنِي وَرَاءَ هَذَا الْوَادِي، قَالَ عَلِيٌّ: فَمَا تَبِعَهُ أَحَدٌ إِلا قَوْمٌ مِنَ الْمُسْتَضْعَفِينَ عَلِمَهُمْ وَأَرْشَدَهُمْ وَمَضَى لِوَجْهِهِ

Telah memberitakan kepada kami ‘Abdul Wahhaab bin Hibbatillaah Ad-Daqqaaq -dengan izin-, telah memberitakan kepada kami Abu Bakr Muhammad bin ‘Abdil Baaqiy, telah menceritakan kepada kami Abu Muhammad Al-Jauhariy -dengan imlaa’-, telah memberitakan kepada kami Abul Hasan ‘Aliy bin Ahmad Al-Haafizh, telah menceritakan kepada kami Abu Rauq Ahmad bin Muhammad bin Bakr Al-Hizzaaniy -di Bashrah-, telah menceritakan kepada kami Az-Zubair bin Muhammad bin Khaalid Al-‘Utsmaaniy -di Mesir, tahun 265 H-, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Al-Qaasim Al-Ailiy, dari Ayahnya, dari ‘Aqiil bin Khaalid, dari Muhammad bin ‘Aliy bin ‘Abdillaah bin ‘Abbaas, dari Ayahnya, dari ‘Abdullaah bin ‘Abbaas, ia berkata, ‘Aliy bin Abi Thaalib berkata kepadaku,

“Aku tidak mengetahui seorangpun dari kaum Muhajirin yang berhijrah melainkan mereka berhijrah secara sembunyi-sembunyi, kecuali ‘Umar bin Al-Khaththaab. Sesungguhnya ketika ia akan berhijrah, ia menyandangkan pedangnya, meletakkan busurnya di pundaknya, mengeluarkan anak panah di tangannya, memendekkan tombaknya, lalu ia pergi ke depan Ka’bah ketika orang-orang Quraisy sedang berkumpul di sana. ‘Umar berthawaf 7 kali dengan sempurna di Baitul Haram, ia mendatangi Al-Maqaam lalu shalat hingga selesai, kemudian ia berjalan menuju halaqah mereka satu persatu.

‘Umar mengumumkan kepada mereka, “Wajah-wajah buruk, tidaklah Allah akan menghinakan kecuali hidung-hidung (kalian) ini, barangsiapa yang ingin ibunya berkabung, anaknya menjadi yatim dan istrinya menjadi janda, maka temui aku di balik lembah ini!”

‘Aliy berkata, “Maka setelah itu tidaklah ada seorangpun yang mengikuti ‘Umar kecuali golongan orang-orang yang lemah dan tertindas, ia mengajari dan menunjuki mereka, dan mereka pun berlalu (mengikutinya).”
[Usdul Ghaabah 4/144, Daarul Kutub Al-‘Ilmiyyah]

Diriwayatkan pula oleh Abul Qaasim Ibnu ‘Asaakir (Taariikh Dimasyq 44/51)

Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah berkata :

وقد وجدت مداره على الزبير بن محمد بن خالد العثماني، حدثنا عبد الله بن القاسم الأملي (كذا الأصل ولعله الأيلي)، عن أبيه بإسناده إلى علي، وهؤلاء الثلاثة في عداد المجهولين، فإن أحدا من أهل الجرح والتعديل لم يذكرهم مطلقا. انتهى

“Dan sungguh aku telah mendapati sumber (penyakit) kisah ini pada Az-Zubair bin Muhammad bin Khaalid Al-‘Utsmaaniy, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Al-Qaasim Al-Amiliy (beginilah yang terdapat di kitab asal, dan aku berharap dia adalah Al-Ailiy), dari Ayahnya, dengan isnadnya hingga ‘Aliy. Ketiga orang ini (yaitu Az-Zubair, ‘Abdullaah dan Ayahnya, Al-Qaasim) adalah para perawi majhuul. Tidak sekalipun nama mereka disebut oleh para ahli jarh wa ta’dil secara mutlaq.” Selesai. [Difaa’ ‘an Al-Hadiits An-Nabawiy wa As-Siirah hal. 43]

Dr. Akram Dhiyaa’ Al-‘Umariy hafizhahullah memperkuat pernyataan Syaikh Al-Albaaniy, ia berkata :

وأما ما روي من إعلان عمر لهجرته وتهديده من يلحق به بثكل أمه، فلم يصح. انتهى

“Adapun pada apa yang diriwayatkan dari kisah pengumuman ‘Umar ketika ia akan hijrah dan ancamannya kepada mereka yang menemuinya (di balik lembah) bahwa ia akan membuat ibunya berkabung, maka kisah ini tidak shahih.”

Dan dalam ta’liqnya, Dr. Akram berkata :

بإسناد فيه مجاهيل ثلاثة

“Dengan isnad yang didalamnya terdapat 3 orang perawi majhuul.” [As-Siirah An-Nabawiyyah Ash-Shahiihah 1/206]

Al-Lajnah Ad-Daa’imah (majelis fatwa Arab Saudi) pernah ditanya mengenai keshahihan kisah ini, jawaban mereka :

هذا الأثر ذكره تقي الدين الفاسي في ج 6 من كتاب (العقد الثمين في تاريخ البلد الأمين) فقال: لما هـم عمر بالهجرة إلى المدينة ، تقلد سيفه وتنكب قوسه، وانتضى في يده أسهمًا، وأتى إلى الكعبة وأشراف قريش بفنائها، فطاف سبعًا، وصلى ركعتين عند المقام، ثم أتى حلقهم واحدة واحدة، ثم قال: شاهت الوجوه، من أراد أن تثكله أمه، ويوتم ولده، وترمل زوجته، فليلحقني وراء هذا الوادي، فما تبعه منهم أحد. ثم قال: روينا ذلك عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه، وروينا عنه أنه قال: ما علمت أحدًا هاجر إلا مختفيًا، إلا عمر بن الخطاب رضي الله عنه، فإنه لما هم بالهجرة تقلد سيفه وذكر الخبر. وقال السيوطي في (تاريخ الخلفاء) (ص 115): أخرج ابن عساكر عن علي … ثم ذكر ذلك الأثر.
وهذا الأثر لا نعلم له أصلاً صحيحًا

“Atsar ini disebutkan oleh Taqiyuddiin Al-Faasiy pada juz 6 dari kitabnya, Al-‘Aqd Ats-Tsamiin fiy Taariikh Al-Baladil Amiin, ia berkata, “(disebutkan kisah ‘Umar seperti yang telah dituliskan diatas).” As-Suyuuthiy berkata dalam Taariikh Al-Khulafaa’ hal. 115, “Dikeluarkan oleh Ibnu ‘Asaakir dari ‘Aliy…” kemudian ia menyebutkan atsarnya. Dan atsar ini kami tidak mengetahui ia memiliki asal (dari hadits) yang shahih.

http://www.alifta.net/fatawa/fatawaDetails.aspx?View=Page&PageID=10097&PageNo=1&BookID=3

Jadi, kisah ini dha’if dengan sanad yang gelap yaitu terdapatnya 3 orang perawi majhuul yang biografinya tidak ditemukan dalam kitab-kitab jarh wa ta’dil dan biografi para perawi hadits.

Kisah ini pun bertentangan dengan kisah shahih mengenai hijrahnya ‘Umar bin Al-Khaththaab yang diriwayatkan dengan sanadnya dari Ibnu Ishaaq rahimahullah. Kami akan sebutkan dalam pemaparan berikut, insya Allah.

Hijrahnya ‘Umar bin Al-Khaththaab ke Madinah

Diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Bakr Al-Bazzaar rahimahullah dengan sanad dan matan sebagai berikut :

حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ قُمَيْرٍ، قَالَ: أنا صَدَقَةُ بْنُ سَابِقٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ: حَدَّثَنِي نَافِعٌ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ، قَالَ: ” لَمَّا اجْتَمَعْنَا لِلْهِجْرَةِ اعْتَدَدْتُ أنا، وَعَيَّاشُ بْنُ أَبِي رَبِيعَةَ، وَهِشَامُ بْنُ الْعَاصِي الْمَيْضَاةَ، مَيْضَاةَ بَنِي غِفَارٍ، فَوْقَ سَرِفٍ، وَقُلْنَا: أَيُّكُمْ لَمْ يُصْبِحْ عِنْدَهَا، فَقَدِ احْتَبَسَ فَلْيَنْطَلِقْ صَاحِبَاهُ، فَحُبِسَ عَنَّا هِشَامُ بْنُ الْعَاصِ، فَلَمَّا قَدِمْنَا الْمَدِينَةَ، فَنَزَلْنَا فِي بَنِي عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ بِقُبَاءَ، وَخَرَجَ
أَبُو جَهْلِ بْنُ هِشَامٍ، وَالْحَارِثُ بْنُ هِشَامٍ إِلَى عَيَّاشِ بْنِ أَبِي رَبِيعَةَ، وَكَانَ ابْنَ عَمِّهِمَا وَأَخَاهُمَا لأُمِّهِمَا حَتَّى قَدِمَا عَلَيْنَا الْمَدِينَةَ فَكَلَّمَاهُ، فَقَالا لَهُ: إِنَّ أُمَّكَ نَذَرَتْ أَنْ لا تَمَسَّ رَأْسَهَا بِمِشْطٍ حَتَّى تَرَاكَ، فَرَقَّ لَهَا، فَقُلْتُ لَهُ: يَا عَيَّاشُ، إِنَّهُ وَاللَّهِ إِنْ يُرِيدُكَ الْقَوْمُ إِلا عَنْ دِينِكِ، فَاحْذَرْهُمْ، فَوَاللَّهِ لَوْ قَدْ أَذَى أُمَّكَ الْقَمْلُ لَقَدِ امْتَشَطَتْ، وَلَوْ قَدِ اشْتَدَّ عَلَيْهَا حَرُّ مَكَّةَ أَحْسَبُهُ، قَالَ: لاسْتَظَلَّتْ، فَقَالَ: إِنّ لِي هُنَاكَ مَالا فَخُذْهُ. قَالَ: قُلْتُ وَاللَّهِ إِنَّكَ لَتَعْلَمُ أَنِّي مِنْ أَكْثَرِ قُرَيْشٍ مَالا فَلَكَ نِصْفُ مَالِي، وَلا تَذْهَبْ مَعَهَا، قَالَ: فَأَبَى عَلَيَّ إِلا أَنْ يَخْرُجَ مَعَهُمَا، فَقُلْتُ لَهُ لَمَّا أَبَى عَلَيَّ: أَمَا إِذْ فَعَلْتَ مَا فَعَلْتَ فَخُذْ نَاقَتِي هَذِهِ فَإِنَّهَا نَاقَةٌ ذَلُولٌ فَالْزَمْ ظَهْرَهَا، فَإِنْ رَابَكَ مِنَ الْقَوْمِ رَيْبٌ فَانْجُ عَلَيْهَا، فَخَرَجَ مَعَهُمَا عَلَيْهَا حَتَّى إِذَا كَانُوا بِبَعْضِ الطَّرِيقِ، قَالَ أَبُو جَهْلِ بْنُ هِشَامٍ: وَاللَّهِ لَقَدِ اسْتَبْطَأَتْ بَعِيرِي هَذَا، أَفَلا تَحْمِلُنِي عَلَى نَاقَتِكَ هَذِهِ؟ قَالَ: بَلَى، فَأَنَاخَ وَأَنَاخَا لِيَتَحَوَّلَ عَلَيْهَا، فَلَمَّا اسْتَوَوْا بِالأَرْضِ عَدَيَا عَلَيْهِ وَأَوْثَقَاهُ، ثُمَّ أَدْخَلاهُ مَكَّةَ وَفَتَنَاهُ فَافْتُتِنَ، قَالَ: وَكُنَّا نَقُولُ: وَاللَّهِ لا يَقْبَلُ اللَّهُ مِمَّنِ افْتُتِنَ صَرْفًا وَلا عَدْلا، وَلا تُقْبَلُ تَوْبَةُ قَوْمٍ عَرَفُوا اللَّهَ ثُمَّ رَجَعُوا إِلَى الْكُفْرِ لِبَلاءٍ أَصَابَهُمْ، قَالَ: وَكَانُوا يَقُولُونَ ذَلِكَ لأَنْفُسِهِمْ، فَلَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم الْمَدِينَةَ أَنْزَلَ اللَّهُ فِيهِمْ، وَفِي قَوْلِنَا لَهُمْ وَقَوْلِهِمْ لأَنْفُسِهِمْ،: قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِلَى قَوْلِهِ وَأَنْتُمْ لا تَشْعُرُونَ،
قَالَ عُمَرُ: فَكَتَبْتُهَا فِي صَحِيفَةٍ وَبَعَثْتُ بِهَا إِلَى هِشَامِ بْنِ الْعَاصِي، قَالَ هِشَامٌ: فَلَمْ أَزَلْ أَقْرَؤُهَا بِذِي طُوًى أَصْعَدُ بِهَا فِيهِ حَتَّى فَهِمْتُهَا، قَالَ: فَأُلْقِيَ فِي نَفْسِي أَنَّهَا إِنَّمَا أُنْزِلَتْ فِينَا، وَفِيمَا كُنَّا نَقُولُ فِي أَنْفُسِنَا، وَيُقَالُ: فِينَا فَرَجَعْتُ فَجَلَسْتُ عَلَى بَعِيرِي فَلَحِقْتُ بِرَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم بِالْمَدِينَةِ

Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Muhammad bin Qumair, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Shadaqah bin Saabiq, dari Muhammad bin Ishaaq, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, dari ‘Umar bin Al-Khaththaab, ia berkata, “Ketika kami berkumpul untuk sepakat hijrah ke Madinah, aku, ‘Ayyaasy bin Abu Rabii’ah dan Hisyaam bin Al-‘Aash mempersiapkan (rencana hijrah kami) di sebuah lahan subur milik bani Ghifaar, yang berada di atas Sarif. Kami bersepakat, “Barangsiapa diantara kalian yang belum tiba di tempat ini pada pagi hari, maka ia telah tertahan dan hendaknya ia meninggalkan sahabatnya.” Ternyata Hisyaam bin Al-‘Aash telah tertahan (oleh orang-orang Quraisy).

Ketika kami (‘Umar dan ‘Ayyaasy) tiba di daerah Madinah, kami singgah di desa bani ‘Amr bin ‘Auf yang terletak di Qubaa’, dan keluarlah Abu Jahl bin Hisyaam dan Al-Haarits bin Hisyaam (dari Makkah) untuk menemui ‘Ayyaasy bin Abu Rabii’ah -‘Ayyaasy adalah putra paman mereka dan saudara seibu mereka- hingga mereka berdua menyusul kami di Madinah.

Mereka berdua berkata kepada ‘Ayyaasy, “Sesungguhnya ibumu telah bernadzar bahwa ia tidak akan menyentuh kepalanya dan menyisir rambutnya hingga ia melihatmu!” Aku katakan kepadanya, “Wahai ‘Ayyaasy, demi Allah! Sesungguhnya mereka tidak menginginkanmu melainkan kau (murtad) dari agamamu, maka berhati-hatilah terhadap mereka. Demi Allah! Jika ibumu terganggu oleh seekor kutu maka ia pasti akan menyisir rambutnya, dan jika panas udara Makkah menyengatnya maka ia pasti akan berteduh.”

‘Ayyaasy berkata, “Sesungguhnya disana aku mempunyai harta, aku akan mengambilnya.” ‘Umar berkata, aku katakan, “Demi Allah, sesungguhnya engkau telah mengetahui bahwa aku termasuk orang Quraisy yang banyak hartanya, aku akan memberikan separuh hartaku untukmu dan janganlah kau pergi bersamanya.”

Maka ia tidak menuruti kata-kataku selain ia ingin kembali ke Makkah bersama keduanya. Aku katakan kepadanya ketika itu, “Adapun jika memang engkau ingin kembali, ambillah untaku ini karena ia adalah unta yang mudah kau kendalikan, tetaplah kau berada di atas punggungnya. Jika kau melihat hal-hal yang meragukan dari kaum tersebut, selamatkan dirimu dengan unta ini.”

Kemudian ‘Ayyaasy pun kembali ke Makkah bersama Abu Jahl dan Al-Haarits hingga sampailah mereka pada setengah jalan menuju Makkah, Abu Jahl berkata kepada ‘Ayyaasy, “Demi Allah, sungguh unta ini memperlambat perjalananku (hingga tertinggal darimu), tidakkah kau tukar dengan untamu ini (agar aku bisa menyusulmu)?” ‘Ayyaasy berkata, “Baiklah.” Lalu mereka pun turun dari unta masing-masing untuk bertukar. Ketika mereka telah berada di atas tanah, Abu Jahl dan Al-Haarits menganiaya ‘Ayyaasy dan mengikatnya, kemudian membawanya memasuki Makkah, disana mereka menyiksanya dan berusaha mengubahnya untuk kembali ke agama mereka.

‘Umar berkata, “Kami dahulu pernah mengatakan, “Demi Allah, Allah tidak akan menerima amalan dari mereka yang berubah murtad dan tidak pula keadilan mereka, dan Dia tidak akan menerima taubat sebuah kaum yang (sebelumnya) telah mengenal Allah kemudian kembali kepada kekafiran karena siksaan teman-teman mereka.” ‘Umar berkata, “Mereka dahulu mengatakan seperti itu kepada diri mereka sendiri. Maka ketika Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam tiba di Madinah, Allah menurunkan ayat kepada para sahabat, kepada perkataan kami untuk mereka (orang-orang yang dipaksa murtad tersebut), dan kepada perkataan para sahabat tersebut yang ditujukan untuk diri mereka sendiri, yaitu ayat :

“Katakanlah, “Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya,” hingga firmanNya, “Sedang kamu tidak menyadarinya.” (QS Az-Zumar : 53-55).

‘Umar berkata, “Maka aku mencatat ayat tersebut pada sebuah lembaran dan kukirimkan kepada Hisyaam bin Al-‘Aash, Hisyaam berkata, “Tatkala lembaran tersebut sampai, aku segera membacanya di Dziy Thuwaa. Aku terus menaiki Dziy Thuwaa hingga aku memahami isi lembaran tersebut. Kemudian aku sampaikan pada diriku sendiri bahwasanya ayat tersebut sesungguhnya diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang pernah kami katakan terhadap diri kami sendiri. Maka aku segera menuju untaku, aku duduk diatasnya untuk pergi menyusul Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam di Madinah.”
[Musnad Al-Bazzaar 1/258]

Al-Imam Al-Bazzaar berkata :

وَهَذَا الْحَدِيثُ لا نَعْلَمُ رَوَاهُ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم إِلا عُمَرُ، وَلا نَعْلَمُ رُوِيَ عَنْ عُمَرَ مُتَّصِلا إِلا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ بِهَذَا الإِسْنَادِ

“Dan hadits ini tidak kami ketahui diriwayatkan dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam kecuali dari ‘Umar, dan tidak kami ketahui diriwayatkan dari ‘Umar secara muttashil kecuali dari sisi ini dan dengan sanad ini.”

Pembahasan Sanad dan Derajat Kisah

Kisah ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Hisyaam (As-Siirah An-Nabawiyyah 2/114); Al-Baihaqiy (Sunan Al-Kubraa 9/13); Abu Bakr An-Najjaad (Musnad ‘Umar bin Al-Khaththaab no. 79); Ibnul Atsiir (Usdul Ghaabah 4/145), semua dari jalan Ibnu Ishaaq, telah menceritakan kepadaku Naafi’, dan seterusnya.

Dan disebutkan pula oleh Abul Hasan Al-Haitsamiy dalam Kasyful Astaar 2/302 dengan sanad Al-Bazzaar.

Kemudian Al-Haitsamiy dalam Majma’ Az-Zawaa’id 6/64 berkata :

رواه البزار ورجاله رجال ثقات

“Diriwayatkan Al-Bazzaar dan para perawinya adalah para perawi tsiqah.”

Shadaqah bin Saabiq dalam sanad Al-Bazzaar adalah Shadaqah bin Saabiq, Abu ‘Amr Az-Zamin, laqabnya adalah Al-Muq’ad. Meriwayatkan dari Ibnu Ishaaq, dan meriwayatkan darinya Abu Yahyaa Shaa’iqah, Al-Fadhl bin Sahl Al-A’raj, Muhammad bin Abu ‘Uttaab Al-A’yun, Ibraahiim bin Sa’iid Al-Jauhariy, Sa’daan bin Nashr dan yang lainnya. Adz-Dzahabiy berkata “aku tidak mengetahui seorangpun yang mendha’ifkannya”, Abu Thaahir Al-Mukhallish[1] berkata “Shadaqah bin Saabiq, dia tsiqah”. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat. [Al-Jarh wa At-Ta’diil 4/434; Taariikh Al-Islaamiy 14/196; Ats-Tsiqaat 8/320; Ats-Tsiqaat Mim-Man Lam Yaqa’ fil Kutubis Sittah no. 5312; Al-Mukhallishiyyaat no. 1980]

Shadaqah bin Saabiq dalam periwayatannya dari Ibnu Ishaaq mempunyai mutaba’ah dari Yuunus bin Bukair, sebagaimana telah diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqiy dalam Sunan-nya, Al-Imam Abu Bakr An-Najjaad dalam Musnad ‘Umar dan Al-Imam Ibnul Atsiir dalam Usdul Ghaabah. Yuunus bin Bukair bin Waashil Asy-Syaibaaniy, Abu Bakr Al-Jamaal Al-Kuufiy, ia dipakai Al-Bukhaariy secara mu’allaq dan Muslim dalam Shahiih-nya. Al-Haafizh berkata “shaduuq yukhti'”. [Taqriibut Tahdziib no. 7900].

Al-Imam Ibnu Jariir Ath-Thabariy meriwayatkan pula dalam Tafsirnya, Jaami’ul Bayaan 21/308 dalam tafsir Surat Az-Zumar, dengan sanad yang menguatkan Shadaqah bin Saabiq dari periwayatan Ibnu Ishaaq;

حدثنا إبراهيم بن سعيد الجوهري، قال: ثنا يحيى بن سعيد الأموي ، عن ابن إسحاق، عن نافع، عن ابن عمر قال: قال يعني عمر

Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Sa’iid Al-Jauhariy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid Al-Umawiy, dari Ibnu Ishaaq, dari Naafi’ dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, telah berkata -yakni ‘Umar-, “…(al-hadits).”

Al-Umawiy adalah Yahyaa bin Sa’iid bin Abaan bin Sa’iid bin Al-‘Aash bin Sa’iid bin Al-‘Aash bin Umayyah Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abu Ayyuub Al-Kuufiy. Perawi Al-Bukhaariy dan Muslim. Seorang tsiqah, telah ditautsiq oleh Ahmad, Ibnu Ma’iin, An-Nasaa’iy, Ad-Daaruquthniy dan lainnya, Ahmad menambahkan bahwa ia memiliki riwayat-riwayat gharib dari Al-A’masy, Al-Haafizh berkata “shaduuq, terkadang meriwayatkan secara gharib”. [Tahdziibul Kamaal no. 6831; Taqriibut Tahdziib no. 7554]

Jalan periwayatan sanad ini hingga Ibnu Ishaaq adalah shahih.

Muhammad bin Ishaaq bin Yasaar Al-Qurasyiy, Abu Bakr atau Abu ‘Abdillaah Al-Muththalibiy Al-Madaniy, shahibul Maghaaziy. Al-Haafizh dalam At-Taqriib no. 5725 berkata “shaduuq, sering melakukan tadlis”, namun pada sanad ini ia meriwayatkan dengan memakai lafazh sharih “haddatsaniy (telah menceritakan kepadaku) sehingga hilanglah syubhat tadlisnya dari Naafi’ maulaa Ibnu ‘Umar.

Oleh karena itu secara keseluruhan, kisah hijrahnya ‘Umar ini berderajat hasan, dan bila memperhitungkan keimaman Ibnu Ishaaq dalam bidang sirah dan maghaziy, maka kisah ini bisa menjadi shahih, dan tentu saja cukup menjadi hujjah bagi kita. Walhamdulillah.

Wallaahu a’lamu bishshawwaab.

Tangerang Selatan, 13 Jumadil Awwal 1435 H

Abu Ahmad Tommi Marsetio bin Sutomo -wafaqahullah-

Footnote :

[1] Beliau adalah Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Al-‘Abbaas bin ‘Abdirrahman bin Zakariyaa Al-Baghdaadiy Adz-Dzahabiy, Abu Thaahir Al-Mukhallish. Al-Muhaddits, Al-Mu’ammar (yang berumur panjang), Ash-Shaduuq. Dilahirkan pada bulan Syawwal, tahun 305 H. Dikatakan ia menuntut ilmu dari sejak tahun 312 H yang berarti beliau baru berusia 7 tahun.

Ia mendengar hadits dari Abul Qaasim Al-Baghawiy, Abu Bakr bin Abu Daawud (putra Al-Imam Abu Daawud), Yahyaa bin Shaa’id, Abu Bakr bin Ziyaad An-Naisaabuuriy, Ahmad bin ‘Abdillaah bin Yuusuf As-Sijistaaniy, Ibraahiim bin Hammaad, Abu Ja’far Al-Bahluul, Abu ‘Umar Muhammad bin Yuusuf Al-Qaadhiy, dan lain-lain.

Meriwayatkan hadits darinya Al-Laalikaa’iy, Abu Muhammad Al-Khallaal, Abu Sa’d As-Sammaan, ‘Abdul ‘Aziiz bin Muhammad Al-Qaththaan, Abul Husain Al-Muhtadiy Billaah, Abu Nashr Muhammad bin Muhammad Az-Zainabiy, ‘Abdul ‘Aziiz bin ‘Aliy Al-Anmaathiy, dan lain-lain.

Abu Bakr Al-Khathiib Al-Baghdaadiy berkata, “Dia seorang yang tsiqah, wafat pada bulan Ramadhan, tahun 393 H.

Di antara karya-karyanya adalah :
– Al-Amaaliy
– Al-Intiqaa’ fiy Akhbaaril Madiinah
– Al-Mukhallishiyyaat
– Al-Fawaa’id
Dan lain-lain.

Sumber biografi :
– Siyaru A’laam An-Nubalaa’ 16/478, Al-Haafizh Adz-Dzahabiy, tahqiiq : Syaikh Syu’aib Al-Arnaa’uuth, Ar-Risaalah.
http://shamela.ws/index.php/author/534

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s