Apakah Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam Berwasiat Secara Khusus Kepada ‘Aliy bin Abi Thaalib?

special-02Pada tulisan lalu telah disinggung hadits-hadits mengenai wasiat-wasiat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam kepada ‘Aliy bin Abi Thaalib radhiyallaahu ‘anhu, bahwasanya ‘Aliy adalah pewasiat dan pewaris beliau, penutup wasiat, khalifah terbaik sepeninggal beliau, dan bahkan kekhalifahan ada pada ahli bait beliau. Namun sayangnya riwayat-riwayat tersebut tidak ada yang shahih satu pun, bahkan beberapa diantaranya adalah riwayat palsu yang berasal dari lisan orang-orang raafidhah pendusta.

Pertanyaan yang selanjutnya timbul adalah, apa yang sebenarnya terjadi? Apakah memang benar-benar ada wasiat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam secara khusus kepada ‘Aliy ketika beliau akan wafat jika ditinjau dari riwayat-riwayat yang shahih sebagaimana yang ada dalam Shahiih Al-Bukhaariy, Shahiih Muslim, 4 kitab Sunan dan kitab-kitab hadits mu’tabar lainnya? Dan juga bagaimana penuturan sahabat-sahabat Rasulullah yang lain mengenai pesan-pesan dan kata-kata terakhir Rasulullah? Apakah ada pesan untuk ‘Aliy yang disampaikan beliau melalui sahabat-sahabat yang lain?

Biarkan riwayat-riwayat yang berbicara.

‘Aaisyah Ash-Shiddiiqah

‘Aaisyah radhiyallaahu ‘anha sebagai istri Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, orang yang paling beliau cintai, orang yang mendampingi Nabi ketika sakaratul maut, menyangkal adanya wasiat Nabi secara khusus kepada ‘Aliy.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ أَخْبَرَنَا أَزْهَرُ أَخْبَرَنَا ابْنُ عَوْنٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ قَالَ ذُكِرَ عِنْدَ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْصَى إِلَى عَلِيٍّ فَقَالَتْ مَنْ قَالَهُ لَقَدْ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِنِّي لَمُسْنِدَتُهُ إِلَى صَدْرِي فَدَعَا بِالطَّسْتِ فَانْخَنَثَ فَمَاتَ فَمَا شَعَرْتُ فَكَيْفَ أَوْصَى إِلَى عَلِيٍّ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Muhammad, telah mengkhabarkan kepada kami Azhar, telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu ‘Aun, dari Ibraahiim, dari Al-Aswad, ia berkata, disebutkan di sisi ‘Aaisyah bahwasanya Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam berwasiat kepada ‘Aliy. ‘Aaisyah berkata, “Siapa yang mengatakan demikian? Sungguh aku telah melihat Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersandar di dadaku lalu beliau meminta baskom, beliau pun melemas kemudian wafat, sementara aku tidak merasakan (jika beliau telah tiada), maka bagaimana beliau berwasiat kepada ‘Aliy (sementara aku saja tidak tahu jika beliau telah tiada)?”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 4459]

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي وَأَبُو مُعَاوِيَةَ قَالَا حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ مَا تَرَكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا وَلَا شَاةً وَلَا بَعِيرًا وَلَا أَوْصَى بِشَيْءٍ

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Numair dan Abu Mu’aawiyah, dari Al-A’masy. (Dalam jalur sanad yang lain) Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillaah bin Numair, telah menceritakan kepada kami Ayahku dan Abu Mu’aawiyah, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Abu Waa’il, dari Masruuq, dari ‘Aaisyah, ia berkata, “Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak meninggalkan dinar, tidak dirham dan tidak pula seekor kambing atau unta, beliau tidak mewasiatkan sesuatu sama sekali.”
[Shahiih Muslim no. 1637]

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَمْرٌو النَّاقِدُ قَالَا حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ عَنْ هِلَالِ بْنِ أَبِي حُمَيْدٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَرَضِهِ الَّذِي لَمْ يَقُمْ مِنْهُ لَعَنَ اللَّهُ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ قَالَتْ فَلَوْلَا ذَاكَ أُبْرِزَ قَبْرُهُ غَيْرَ أَنَّهُ خُشِيَ أَنْ يُتَّخَذَ مَسْجِدًا وَفِي رِوَايَةِ ابْنِ أَبِي شَيْبَةَ وَلَوْلَا ذَاكَ لَمْ يَذْكُرْ قَالَتْ

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, dan ‘Amr An-Naaqid, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Haasyim bin Al-Qaasim, telah menceritakan kepada kami Syaibaan, dari Hilaal bin Abi Humaid, dari ‘Urwah bin Az-Zubair, dari ‘Aaisyah, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda pada saat sakitnya yang menyebabkan beliau tak bisa bangkit lagi, “Allah melaknat kaum Yahudi dan Nashara, mereka menjadikan kubur Nabi-nabi mereka sebagai masjid,” ‘Aaisyah berkata, “Kalaulah bukan karena hal itu niscaya kubur beliau dipertontonkan, karena dikhawatirkan akan dijadikan masjid.” Dalam riwayat Ibnu Abi Syaibah, “Kalaulah bukan karena hal itu,” tidak disebutkan, ‘Aaisyah berkata.
[Shahiih Muslim no. 531; Shahiih Al-Bukhaariy no. 1390]

حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ يُونُسُ قَالَ الزُّهْرِيُّ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ فِي رِجَالٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ وَهُوَ صَحِيحٌ إِنَّهُ لَمْ يُقْبَضْ نَبِيٌّ حَتَّى يَرَى مَقْعَدَهُ مِنْ الْجَنَّةِ ثُمَّ يُخَيَّرَ فَلَمَّا نَزَلَ بِهِ وَرَأْسُهُ عَلَى فَخِذِي غُشِيَ عَلَيْهِ ثُمَّ أَفَاقَ فَأَشْخَصَ بَصَرَهُ إِلَى سَقْفِ الْبَيْتِ ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ الرَّفِيقَ الْأَعْلَى فَقُلْتُ إِذًا لَا يَخْتَارُنَا وَعَرَفْتُ أَنَّهُ الْحَدِيثُ الَّذِي كَانَ يُحَدِّثُنَا وَهُوَ صَحِيحٌ قَالَتْ فَكَانَتْ آخِرَ كَلِمَةٍ تَكَلَّمَ بِهَا اللَّهُمَّ الرَّفِيقَ الْأَعْلَى

Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah, Yuunus berkata, Az-Zuhriy berkata, telah mengkhabarkan kepadaku Sa’iid bin Al-Musayyab -diantara orang-orang yang berilmu-, bahwa ‘Aaisyah berkata, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda ketika beliau dalam keadaan sehat, “Tidaklah seorang Nabi diwafatkan hingga diperlihatkan kedudukannya di surga, kemudian ia diberi pilihan (dunia atau akhirat). Ketika maut mendatangi beliau dan kepalanya berada di pangkuanku, beliau pingsan, lalu beliau sadar dan mengarahkan pandangannya ke langit-langit, beliau berdo’a, “Ya Allah, Ar-Rafiiqul A’laa.” Aku (‘Aaisyah) berkata, “Beliau tidak memilih kami, aku mengetahui perkataan tersebut yang beliau sabdakan ketika beliau masih sehat.” ‘Aaisyah berkata, “Akhir kalimat yang beliau sabdakan tersebut adalah, Ya Allah, Ar-Rafiiqul A’laa.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 4463; Shahiih Muslim no. 2447]

‘Amr bin Al-Haarits

Redaksi hampir mirip juga diriwayatkan dari sahabat ‘Amr bin Al-Haarits radhiyallaahu ‘anhu dengan sanad dan matan :

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَارِثِ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُعَاوِيَةَ الْجُعْفِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ خَتَنِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخِي جُوَيْرِيَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ قَالَ مَا تَرَكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ مَوْتِهِ دِرْهَمًا وَلَا دِينَارًا وَلَا عَبْدًا وَلَا أَمَةً وَلَا شَيْئًا إِلَّا بَغْلَتَهُ الْبَيْضَاءَ وَسِلَاحَهُ وَأَرْضًا جَعَلَهَا صَدَقَةً

Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Al-Haarits, telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Abi Bukair, telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Mu’aawiyah Al-Ju’fiy, telah menceritakan kepada kami Abu Ishaaq, dari ‘Amr bin Al-Haarits, ipar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, saudara laki-laki Juwairiyah binti Al-Haarits. ‘Amr berkata, “Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika wafatnya tidak meninggalkan dirham, tidak dinar, tidak seorang hamba sahaya laki-laki maupun perempuan dan beliau tidak meninggalkan sesuatu kecuali seekor bighal berwarna putih, senjata perang dan sebidang tanah yang beliau jadikan sedekah.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 2739]

Sebidang tanah tersebut adalah tanah fadak yang pada masa kekhalifahan Abu Bakr Ash-Shiddiiq radhiyallaahu ‘anhu, tanah tersebut diminta bagiannya oleh Faathimah radhiyallaahu ‘anha karena ia menyangka bahwa Rasulullah telah mewariskannya. Maka Abu Bakr berkata seperti sabda Rasulullah :

لَا نُورَثُ مَا تَرَكْنَا صَدَقَةٌ

“Kami tidak mewariskan, apa yang telah kami tinggalkan adalah sedekah.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 3091]

‘Abdullaah bin ‘Abbaas

Al-Imam Ahmad meriwayatkan dengan sanadnya hingga Ibnu ‘Abbaas radhiyallaahu ‘anhuma :

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ رُفَيْعٍ قَالَ دَخَلْتُ أَنَا وَشَدَّادُ بْنُ مَعْقِلٍ عَلَى ابْنِ عَبَّاسٍ فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ مَا تَرَكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا مَا بَيْنَ هَذَيْنِ اللَّوْحَيْنِ وَدَخَلْنَا عَلَى مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ فَقَالَ مِثْلَ ذَلِكَ قَالَ وَكَانَ الْمُخْتَارُ يَقُولُ الْوَحْيُ

Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziiz bin Rufai’, ia berkata, “Aku dan Syaddaad bin Ma’qil menemui Ibnu ‘Abbaas, maka ia berkata, “Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam tidaklah meninggalkan apapun kecuali apa yang ada diantara lembaran-lembaran ini (yaitu Al-Qur’an, -pent).” Dan kami menemui Muhammad bin ‘Aliy (yaitu Muhammad bin ‘Aliy bin Abi Thaalib atau Muhammad bin Al-Hanafiyyah, -pent), maka ia berkata seperti itu juga. Dan Al-Mukhtaar berkata, “Yang dimaksud adalah wahyu.”
[Musnad Ahmad no. 1838] – Sanadnya shahih.

‘Abdullaah bin Abi Aufaa

Hal senada juga didapat dari Ibnu Abi Aufaa radhiyallaahu ‘anhu, seperti teriwayatkan berikut ini :

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ مَالِكِ بْنِ مِغْوَلٍ عَنْ طَلْحَةَ بْنِ مُصَرِّفٍ قَالَ سَأَلْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ أَبِي أَوْفَى هَلْ أَوْصَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَا قُلْتُ فَلِمَ كُتِبَ عَلَى الْمُسْلِمِينَ الْوَصِيَّةُ أَوْ فَلِمَ أُمِرُوا بِالْوَصِيَّةِ قَالَ أَوْصَى بِكِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yahyaa At-Tamiimiy, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdurrahman bin Mahdiy, dari Maalik bin Mighwal, dari Thalhah bin Musharrif, ia berkata, aku bertanya kepada ‘Abdullaah bin Abi Aufaa, apakah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam berwasiat? Maka ia menjawab, “Tidak.” Aku kembali bertanya, “Maka mengapa kaum muslimin diperintah untuk menulis wasiat -atau mengapa mereka diperintah untuk berwasiat-?” Ibnu Abi Aufaa menjawab, “Beliau berwasiat dengan Kitabullah ‘Azza wa Jalla.”
[Shahiih Muslim no. 3094; Shahiih Al-Bukhaariy no. 2740]

Zaid bin Arqam

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَشُجَاعُ بْنُ مَخْلَدٍ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ عُلَيَّةَ قَالَ زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنِي أَبُو حَيَّانَ حَدَّثَنِي يَزِيدُ بْنُ حَيَّانَ قَالَ انْطَلَقْتُ أَنَا وَحُصَيْنُ بْنُ سَبْرَةَ وَعُمَرُ بْنُ مُسْلِمٍ إِلَى زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ فَلَمَّا جَلَسْنَا إِلَيْهِ قَالَ لَهُ حُصَيْنٌ لَقَدْ لَقِيتَ يَا زَيْدُ خَيْرًا كَثِيرًا رَأَيْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَمِعْتَ حَدِيثَهُ وَغَزَوْتَ مَعَهُ وَصَلَّيْتَ خَلْفَهُ لَقَدْ لَقِيتَ يَا زَيْدُ خَيْرًا كَثِيرًا حَدِّثْنَا يَا زَيْدُ مَا سَمِعْتَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَا ابْنَ أَخِي وَاللَّهِ لَقَدْ كَبِرَتْ سِنِّي وَقَدُمَ عَهْدِي وَنَسِيتُ بَعْضَ الَّذِي كُنْتُ أَعِي مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَا حَدَّثْتُكُمْ فَاقْبَلُوا وَمَا لَا فَلَا تُكَلِّفُونِيهِ ثُمَّ قَالَ قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا فِينَا خَطِيبًا بِمَاءٍ يُدْعَى خُمًّا بَيْنَ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَوَعَظَ وَذَكَّرَ ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ أَلَا أَيُّهَا النَّاسُ فَإِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ رَسُولُ رَبِّي فَأُجِيبَ وَأَنَا تَارِكٌ فِيكُمْ ثَقَلَيْنِ أَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللَّهِ فِيهِ الْهُدَى وَالنُّورُ فَخُذُوا بِكِتَابِ اللَّهِ وَاسْتَمْسِكُوا بِهِ فَحَثَّ عَلَى كِتَابِ اللَّهِ وَرَغَّبَ فِيهِ ثُمَّ قَالَ وَأَهْلُ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb, dan Syujaa’ bin Makhlad, semuanya dari Ibnu ‘Ulayyah, Zuhair berkata, telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Ibraahiim, telah menceritakan kepadaku Abu Hayyaan, telah menceritakan kepadaku Yaziid bin Hayyaan, ia berkata, pada suatu hari aku pergi mengunjungi Zaid bin Arqam -radhiyallaahu ‘anhu- bersama Hushain bin Sabrah dan ‘Umar bin Muslim. Setelah kami duduk, Hushain berkata kepada Zaid bin Arqam, “Wahai Zaid, kau telah memperoleh kebaikan yang banyak. Kau pernah melihat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Kau pernah mendengar sabda beliau. Kau pernah bertempur bersama beliau dan kau pun pernah shalat berjama’ah bersama beliau. Sungguh kau telah memperoleh kebaikan yang banyak, oleh karena itu wahai Zaid, sampaikanlah kepada kami apa yang pernah kau dengar dari hadits Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam.”

Zaid bin Arqam berkata, “Wahai putra saudaraku, demi Allah, sesungguhnya aku ini sudah tua dan ajalku sudah semakin dekat. Aku sudah lupa sebagian dari apa yang pernah aku dengar dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Oleh karena itu, apa yang bisa aku sampaikan maka terimalah dan apa yang tidak bisa aku sampaikan maka janganlah memaksaku untuk menyampaikannya.”

Kemudian Zaid meneruskan, “Pada suatu ketika, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam berdiri dan berkhutbah di suatu mata air yang di sebut Khumm, yang terletak antara Makkah dan Madinah. Beliau memuji Allah, kemudian menyampaikan nasehat dan peringatan serta bersabda, “Amma ba’d, ketahuilah wahai sekalian manusia, bahwasanya aku adalah manusia biasa seperti kalian. Sebentar lagi utusan Tuhanku (Malaikat Maut) akan datang kepadaku dan aku pun siap menyambutnya. Sesungguhnya aku akan meninggalkan dua hal yang berat kepada kalian, yaitu Kitabullah yang berisi petunjuk dan cahaya. Maka ambillah Kitabullah dan berpeganglah erat-erat dengannya.” -Perawi berkata, “Sepertinya Rasulullah sangat menekankan dan menganjurkan pengamalan Kitabullah.”- Beliau melanjutkan, “Dan keluargaku. Aku ingatkan kepada kalian semua akan Allah terhadap keluargaku (beliau ucapkan tiga kali).”
[Shahiih Muslim no. 2410]

Hadits Zaid ini adalah hadits tsaqalain yang masyhur. Didalamnya terkandung anjuran agar berpegang teguh dengan Al-Qur’an yang berisi petunjuk dan cahaya, dan agar menghormati hak-hak ahli bait Rasulullah, mencintai dan memuliakan mereka. Bukanlah pengertian hadits tsaqalain ini adalah berpegang teguh dengan ahli bait lalu mema’shumkan mereka, karena ahli bait tidaklah ma’shum dan terpelihara dari dosa dan kesalahan. Hal ini adalah manhaj ahlussunnah dalam memahami hadits tsaqalain ini, sebagaimana ditunjukkan oleh riwayat berikut :

أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا خَالِدٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ وَاقِدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِي بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ قَالَ ارْقُبُوا مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَهْلِ بَيْتِهِ

Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdullaah bin ‘Abdil Wahhaab, telah menceritakan kepada kami Khaalid, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Waaqid, ia berkata, aku mendengar Ayahku menceritakan dari Ibnu ‘Umar, dari Abu Bakr radhiyallaahu ‘anhum, ia berkata, “Peliharalah hubungan dengan Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam dengan (menghormati) ahli baitnya.”
[Shahiih Al-Bukhaariy 2/734]

Sahabat-sahabat yang lain pun turut memberikan persaksiannya, kita simak riwayat-riwayat berikut ini.

Anas bin Maalik

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْمِقْدَامِ، حَدَّثَنَا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَتْ عَامَّةُ وَصِيَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم حِينَ حَضَرَتْهُ الْوَفَاةُ وَهُوَ يُغَرْغِرُ بِنَفْسِهِ: ” الصَّلَاةَ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Al-Miqdaam, telah menceritakan kepada kami Al-Mu’tamir bin Sulaimaan, aku mendengar Ayahku menceritakan, dari Qataadah, dari Anas bin Maalik -radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata, “Wasiat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam secara umum ketika beliau akan wafat menjelang sakaratul maut adalah, “Shalat, dan hamba-hamba sahaya yang kalian miliki.”
[Sunan Ibnu Maajah no. 2697] – Sanadnya shahih.

Ummu Salamah

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ صَالِحٍ أَبِي الْخَلِيلِ عَنْ سَفِينَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي مَرَضِهِ الَّذِي تُوُفِّيَ فِيهِ الصَّلَاةَ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ فَمَا زَالَ يَقُولُهَا حَتَّى مَا يَفِيضُ بِهَا لِسَانُهُ

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Haaruun, telah menceritakan kepada kami Hammaam, dari Qataadah, dari Shaalih bin Abul Khaliil, dari Safiinah, dari Ummu Salamah -radhiyallaahu ‘anha-, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dahulu berkata ketika sakitnya yang membawa pada kematiannya, “Shalat, dan hamba-hamba sahaya yang kalian miliki,” senantiasa beliau mengucapkan itu hingga lisan beliau terasa kelu.
[Sunan Ibnu Maajah no. 1625] – Sanadnya shahih.

Jaabir bin ‘Abdillaah Al-Anshaariy

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّاءَ، عَنْ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَبْلَ وَفَاتِهِ بِثَلَاثٍ، يَقُولُ: ” لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ بِاللَّهِ الظَّنَّ

Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yahyaa, telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Zakariyyaa, dari Al-A’masy, dari Abu Sufyaan, dari Jaabir -radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata, aku mendengar Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda 3 hari sebelum wafatnya, “Janganlah salah seorang dari kalian meninggal kecuali ia berprasangka baik kepada Allah.”
[Shahiih Muslim no. 2879]

Abud Dardaa’ ‘Uwaimir bin Maalik

حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ الْحَسَنِ الْمَرْوَزِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ ح و حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعِيدٍ الْجَوْهَرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَطَاءٍ قَالَا حَدَّثَنَا رَاشِدٌ أَبُو مُحَمَّدٍ الْحِمَّانِيُّ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ شَيْئًا وَإِنْ قُطِّعْتَ وَحُرِّقْتَ وَلَا تَتْرُكْ صَلَاةً مَكْتُوبَةً مُتَعَمِّدًا فَمَنْ تَرَكَهَا مُتَعَمِّدًا فَقَدْ بَرِئَتْ مِنْهُ الذِّمَّةُ وَلَا تَشْرَبْ الْخَمْرَ فَإِنَّهَا مِفْتَاحُ كُلِّ شَرٍّ

Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Al-Hasan Al-Marwaziy, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi ‘Adiy. (Dalam jalur sanad yang lain) Dan telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Sa’iid Al-Jauhariy, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Wahhaab bin ‘Athaa’, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Raasyid Abu Muhammad Al-Himmaaniy, dari Syahr bin Hausyab, dari Ummud Dardaa’, dari Abud Dardaa’ -radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata, “Kekasihku Shallallaahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan padaku agar jangan menyekutukan Allah dengan sesuatu pun walau engkau disembelih dan dibakar, jangan tinggalkan shalat wajib dengan sengaja karena barangsiapa dengan sengaja meninggalkannya maka ia telah terlepas dari perlindungan Allah, dan jangan meminum khamr karena khamr adalah kunci semua keburukan.”
[Sunan Ibnu Maajah no. 4034] – Hasan lighairih.

Dan tidak adil rasanya jika kita tidak melongok kepada ahli bait Rasulullah sendiri, apakah memang ada wasiat khusus bagi ‘Aliy.

Faathimah bintu Rasulullah

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ و حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ عَنْ زَكَرِيَّاءَ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ عَنْ فِرَاسٍ عَنْ عَامِرٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ اجْتَمَعَ نِسَاءُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ يُغَادِرْ مِنْهُنَّ امْرَأَةً فَجَاءَتْ فَاطِمَةُ تَمْشِي كَأَنَّ مِشْيَتَهَا مِشْيَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَرْحَبًا بِابْنَتِي فَأَجْلَسَهَا عَنْ يَمِينِهِ أَوْ عَنْ شِمَالِهِ ثُمَّ إِنَّهُ أَسَرَّ إِلَيْهَا حَدِيثًا فَبَكَتْ فَاطِمَةُ ثُمَّ إِنَّهُ سَارَّهَا فَضَحِكَتْ أَيْضًا فَقُلْتُ لَهَا مَا يُبْكِيكِ فَقَالَتْ مَا كُنْتُ لِأُفْشِيَ سِرَّ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ مَا رَأَيْتُ كَالْيَوْمِ فَرَحًا أَقْرَبَ مِنْ حُزْنٍ فَقُلْتُ لَهَا حِينَ بَكَتْ أَخَصَّكِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحَدِيثِهِ دُونَنَا ثُمَّ تَبْكِينَ وَسَأَلْتُهَا عَمَّا قَالَ فَقَالَتْ مَا كُنْتُ لِأُفْشِيَ سِرَّ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى إِذَا قُبِضَ سَأَلْتُهَا فَقَالَتْ إِنَّهُ كَانَ حَدَّثَنِي أَنَّ جِبْرِيلَ كَانَ يُعَارِضُهُ بِالْقُرْآنِ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً وَإِنَّهُ عَارَضَهُ بِهِ فِي الْعَامِ مَرَّتَيْنِ وَلَا أُرَانِي إِلَّا قَدْ حَضَرَ أَجَلِي وَإِنَّكِ أَوَّلُ أَهْلِي لُحُوقًا بِي وَنِعْمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ فَبَكَيْتُ لِذَلِكَ ثُمَّ إِنَّهُ سَارَّنِي فَقَالَ أَلَا تَرْضَيْنَ أَنْ تَكُونِي سَيِّدَةَ نِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ أَوْ سَيِّدَةَ نِسَاءِ هَذِهِ الْأُمَّةِ فَضَحِكْتُ لِذَلِكَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, dan telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Numair, dari Zakariyyaa’. (Dalam jalur sanad yang lain) Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair, telah menceritakan kepada kami Ayahku, telah menceritakan kepada kami Zakariyyaa’, dari Firaas, dari ‘Aamir, dari Masruuq, dari ‘Aaisyah, ia berkata, suatu ketika para istri Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam sedang berkumpul tanpa ada seorang pun dari mereka yang tidak hadir saat itu. Tak lama kemudian, datanglah Faathimah dengan berjalan kaki yang mana cara berjalannya mirip dengan cara berjalan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Ketika melihatnya, maka beliau pun menyambutnya dengan mengucapkan, “Selamat datang wahai putriku yang tercinta!”

Setelah itu beliau mempersilahkannya untuk duduk di sebelah kanan atau di sebelah kiri, lalu beliau bisikkan sesuatu kepadanya hingga ia (Faathimah) menangis. Kemudian sekali lagi Rasulullah pun membisikkan sesuatu kepadanya hingga ia tertawa. Maka aku (‘Aaisyah) bertanya kepadanya, “Wahai Faathimah, apa yang membuat dirimu menangis?” Faathimah menjawab, “Sungguh aku tidak ingin menyebarkan rahasia yang telah dibisikkan Rasulullah.”

‘Aaisyah berkata, maka aku katakan, “Aku tidak pernah melihat kebahagian yang lebih dekat dengan kesedihan seperti hari ini.” Lalu aku bertanya kepadanya ketika dia menangis, “Apakah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengistimewakanmu dari kami dengan ucapannya hingga kau menangis?” Aku tetap bertanya mengenai apa yang diucapkan Rasulullah kepadanya, namun dia tetap menjawab, “Aku tidak akan menyebarkan rahasia Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam.”

Setelah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam wafat, aku menghampiri Faathimah seraya bertanya kembali padanya, “Wahai Faathimah, aku hanya ingin menanyakan kepadamu tentang apa yang telah dibisikkan Rasulullah kepadamu yang dulu kau tidak mau menjelaskannya kepadaku.” Faathimah menjawab, “Dahulu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam membisikkan sesuatu kepadaku, beliau memberitahukan bahwasanya Jibriil dan beliau biasanya bertadarrus Al-Qur’an satu kali dalam setiap tahun dan kini beliau bertadarrus kepadanya (Jibriil) sebanyak dua kali. Sungguh aku (yaitu Rasulullah) tahu bahwa ajalku telah dekat. Sesungguhnya kau (wahai Faathimah) adalah orang yang paling pertama menyusulku dari kalangan ahli baitku. Sebaik-baik pendahulumu adalah aku.”

Faathimah berkata, “Mendengar bisikan itu, maka akupun menangis. Kemudian ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berbisik lagi kepadaku, “Wahai Faathimah, maukah kau menjadi sayyidah (pemimpin) para istri orang-orang mu’min atau pemimpin para wanita umat ini?” Lalu akupun tertawa mendengarnya.”
[Shahiih Muslim no. 2453]

‘Aliy bin Abi Thaalib

Giliran ‘Aliy sendiri yang akan menceritakan bagaimanakah sebenarnya wasiat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam itu, apakah memang benar ia menerima wasiat kekhalifahan dari Rasulullah ataukah ada sesuatu yang lain, ataukah ….. ?

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ أَخْبَرَنَا بِشْرُ بْنُ شُعَيْبٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ عَلِيًّا يَعْنِي ابْنَ أَبِي طَالِبٍ خَرَجَ مِنْ عِنْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا عَنْبَسَةُ حَدَّثَنَا يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ خَرَجَ مِنْ عِنْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي وَجَعِهِ الَّذِي تُوُفِّيَ فِيهِ فَقَالَ النَّاسُ يَا أَبَا حَسَنٍ كَيْفَ أَصْبَحَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَصْبَحَ بِحَمْدِ اللَّهِ بَارِئًا فَأَخَذَ بِيَدِهِ الْعَبَّاسُ فَقَالَ أَلَا تَرَاهُ أَنْتَ وَاللَّهِ بَعْدَ الثَّلَاثِ عَبْدُ الْعَصَا وَاللَّهِ إِنِّي لَأُرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيُتَوَفَّى فِي وَجَعِهِ وَإِنِّي لَأَعْرِفُ فِي وُجُوهِ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ الْمَوْتَ فَاذْهَبْ بِنَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَسْأَلَهُ فِيمَنْ يَكُونُ الْأَمْرُ فَإِنْ كَانَ فِينَا عَلِمْنَا ذَلِكَ وَإِنْ كَانَ فِي غَيْرِنَا أَمَرْنَاهُ فَأَوْصَى بِنَا قَالَ عَلِيٌّ وَاللَّهِ لَئِنْ سَأَلْنَاهَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَمْنَعُنَا لَا يُعْطِينَاهَا النَّاسُ أَبَدًا وَإِنِّي لَا أَسْأَلُهَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبَدًا

Telah menceritakan kepada kami Ishaaq, telah mengkhabarkan kepada kami Bisyr bin Syu’aib, telah menceritakan kepadaku Ayahku, dari Az-Zuhriy, ia berkata, telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdullaah bin Ka’b, bahwa ‘Abdullaah bin ‘Abbaas mengkhabarkan kepadanya bahwa ‘Aliy bin Abi Thaalib beranjak dari sisi Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. (Dalam jalur yang lain) Dan telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Shaalih, telah menceritakan kepada kami ‘Anbasah, telah menceritakan kepada kami Yuunus, dari Ibnu Syihaab, ia bekata, telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdullaah bin Ka’b bin Maalik, bahwa ‘Abdullaah bin ‘Abbaas mengkhabarkan kepadanya, bahwa ‘Aliy bin Abi Thaalib radhiyallaahu ‘anhu beranjak dari sisi Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam disaat beliau sakit yang menyebabkan beliau meninggal, maka orang-orang bertanya, “Wahai Abu Hasan, bagaimana keadaan Rasulullah Shallaallahu ‘alaihi wasallam?” ‘Aliy menjawab, “Alhamdulillah beliau membaik.”

Lalu Al-‘Abbaas menggenggam tangannya dan berkata, “Demi Allah, tidakkah engkau lihat? Sesungguhnya aku mengetahui bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam akan wafat karena sakitnya ini. Sesungguhnya aku telah mengetahui wajah-wajah bani ‘Abdil Muththalib ketika menghadapi kematiannya. Mari kita menemui Rasulullah Shallaallahu ‘alaihi wasallam, lalu kita tanyakan kepada siapa perkara (kepemimpinan umat) ini akan diserahkan? Jika (diserahkan) kepada kita, maka kita akan mengetahuinya dan jika (diserahkan) kepada selain kita maka kita akan menyuruh beliau supaya mewasiatkannya pada kita.”

Maka ‘Aliy radhiyallahu ‘anhu berkata; “Demi Allah, bila kita memohonnya kepada Rasulullah Shallaallahu ‘alaihi wasallam lalu beliau menolak, maka selamanya orang-orang tidak akan memberikannya kepada kita. Karena itu, aku tidak akan pernah menanyakannya kepada Rasulullah Shallaallahu ‘alaihi wasallam selama-lamanya.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 6266]

Inilah ‘Aliy bin Abi Thaalib, sepupu Rasulullah, dengan keilmuan dan sikap tawadhdhu’nya, tidak mengharapkan jabatan kekhalifahan walaupun Al-‘Abbaas mendesaknya untuk bertanya kepada Rasulullah mengenai perkara kepemimpinan umat. Dan jawaban ‘Aliy menunjukkan akan ilmunya yang tinggi, sikap wara’ dan zuhd yang tidak menghendaki dunia.

حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ أَبِي سَهْلٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ عَنْ مُغِيرَةَ عَنْ أُمِّ مُوسَى عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ كَانَ آخِرُ كَلَامِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ

Telah menceritakan kepada kami Sahl bin Abi Sahl, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudhail, dari Mughiirah, dari Ummu Muusaa, dari ‘Aliy bin Abi Thaalib, ia berkata, “Akhir perkataan Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam adalah, shalat dan hamba-hamba sahaya yang kalian miliki.”
[Sunan Ibnu Maajah no. 2698] – Sanadnya hasan.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا مُطَرِّفٌ أَنَّ عَامِرًا حَدَّثَهُمْ عَنْ أَبِي جُحَيْفَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قُلْتُ لِعَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ مِنْ الْوَحْيِ إِلَّا مَا فِي كِتَابِ اللَّهِ قَالَ لَا وَالَّذِي فَلَقَ الْحَبَّةَ وَبَرَأَ النَّسَمَةَ مَا أَعْلَمُهُ إِلَّا فَهْمًا يُعْطِيهِ اللَّهُ رَجُلًا فِي الْقُرْآنِ وَمَا فِي هَذِهِ الصَّحِيفَةِ قُلْتُ وَمَا فِي الصَّحِيفَةِ قَالَ الْعَقْلُ وَفَكَاكُ الْأَسِيرِ وَأَنْ لَا يُقْتَلَ مُسْلِمٌ بِكَافِرٍ

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yuunus, telah menceritakan kepada kami Zuhair, telah menceritakan kepada kami Mutharrif, bahwa ‘Aamir telah menceritakan kepada mereka, dari Abu Juhaifah radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata, aku berkata kepada ‘Aliy radhiyallaahu ‘anhu, “Apakah pada kalian terdapat suatu wahyu selain apa yang terdapat pada Kitabullah?” ‘Aliy menjawab, “Tidak, demi Dzat yang membelah biji-bijian dan menciptakan kehidupan, aku tidak mengetahuinya kecuali pemahaman atas apa yang diberikan Allah kepada seseorang mengenai Al-Qur’an dan yang terdapat pada lembaran ini.” Aku bertanya, “Apakah yang terdapat pada lembaran ini?” ‘Aliy menjawab, “Membayar diyat, membebaskan tawanan dan janganlah seorang muslim dibunuh karena seorang kafir.”
[Shahiih Al-Bukhaariy, Al-Fath no. 3047]

Dan dalam lafazh Sufyaan Ats-Tsauriy, dari Mutharrif :

هَلْ عِنْدَكُمْ كِتَابٌ

“Apakah pada kalian terdapat suatu kitab?”
[Shahiih Al-Bukhaariy, Al-Fath no. 111]

Hadits ini menunjukkan bahwasanya Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam tidaklah mengkhususkan ‘Aliy, tidak pula seorang sahabat yang lain diatas para sahabat yang mulia, dengan sesuatu dari hadits-hadits beliau.

Mengapa sahabat Abu Juhaifah bertanya seperti itu kepada ‘Aliy? Al-Haafizh Al-Imam Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy menerangkan jawabannya, ia berkata :

وإنما سأله أبو جحيفة عن ذلك لأن جماعة من الشيعة كانوا يزعمون أن عند أهل البيت – لا سيما عليا – أشياء من الوحي خصهم النبي – صلى الله عليه وسلم – بها لم يطلع غيرهم عليها. انتهى

“Sesungguhnya Abu Juhaifah bertanya kepadanya mengenai hal tersebut (yaitu apakah pada kalian terdapat suatu kitab atau wahyu selain Al-Qur’an? -pent) dikarenakan sekelompok orang dari syi’ah menyangka bahwa di sisi ahli bait -tidak hanya ‘Aliy- terdapat sesuatu dari wahyu yang Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam khususkan kepada mereka dan tidak beliau beritahukan atas sahabat yang lainnya.” Selesai. [Fathul Baariy 1/204]

Dalam riwayat lain, ‘Aliy bin Abi Thaalib mengakui sendiri bahwa di sisinya tidak ada kitab lain atau sesuatu yang dikhususkan kepadanya dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam kecuali Kitabullah dan shahifah tersebut. Diriwayatkan Al-Imam Muslim :

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَأَبُو كُرَيْبٍ جَمِيعًا عَنْ أَبِي مُعَاوِيَةَ قَالَ أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ عَنْ أَبِيهِ قَالَ خَطَبَنَا عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ فَقَالَ مَنْ زَعَمَ أَنَّ عِنْدَنَا شَيْئًا نَقْرَؤُهُ إِلَّا كِتَابَ اللَّهِ وَهَذِهِ الصَّحِيفَةَ قَالَ وَصَحِيفَةٌ مُعَلَّقَةٌ فِي قِرَابِ سَيْفِهِ فَقَدْ كَذَبَ فِيهَا أَسْنَانُ الْإِبِلِ وَأَشْيَاءُ مِنْ الْجِرَاحَاتِ وَفِيهَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةُ حَرَمٌ مَا بَيْنَ عَيْرٍ إِلَى ثَوْرٍ فَمَنْ أَحْدَثَ فِيهَا حَدَثًا أَوْ آوَى مُحْدِثًا فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللَّهِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ لَا يَقْبَلُ اللَّهُ مِنْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَرْفًا وَلَا عَدْلًا وَذِمَّةُ الْمُسْلِمِينَ وَاحِدَةٌ يَسْعَى بِهَا أَدْنَاهُمْ وَمَنْ ادَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيهِ أَوْ انْتَمَى إِلَى غَيْرِ مَوَالِيهِ فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللَّهِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ لَا يَقْبَلُ اللَّهُ مِنْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَرْفًا وَلَا عَدْلًا

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, Zuhair bin Harb dan Abu Kuraib, semuanya dari Abu Mu’aawiyah, Abu Kuraib berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyah, telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Ibraahiim At-Taimiy, dari Ayahnya, ia berkata, ‘Aliy bin Abi Thaalib berkhutbah kepada kami, ia berkata, “Barangsiapa yang menyangka bahwa di sisi kami ada sesuatu yang kami baca selain Kitabullah dan lembaran ini (lembaran yang digantungkan di sarung pedangnya), maka sungguh dia telah berdusta!”

Di dalam lembaran tersebut tertulis gigi-gigi unta dan hewan-hewan sembelihan lain (sebagai diyat), dan didalamnya Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda mengenai Madinah, “Madinah adalah tanah haram antara wilayah ‘Air hingga Tsaur. Barangsiapa yang membuat pelanggaran di Madinah atau melindungi orang yang berbuat pelanggaran, maka baginya laknat Allah, laknat Malaikat dan laknat semua manusia, serta Allah tidak menerima (amalan) orang tersebut kelak pada hari kiamat, ia tertolak dan tidak diperhitungkan. Jaminan perlindungan kaum muslimin adalah satu, orang yang paling rendah dari mereka, bisa memberi perlindungan dengan jaminan itu. Barangsiapa yang mengakui orang lain yang bukan ayahnya sebagai ayahnya, maka baginya laknat Allah, laknat Malaikat dan laknat semua manusia, serta Allah tidak akan menerima (amalan) orang tersebut kelak pada hari kiamat, ia tertolak dan tidak diperhitungkan.”
[Shahiih Muslim no. 1372]

Dari kedua hadits diatas dan dari penjelasan Al-Haafizh, terlihat bahwa perkataan ‘Aliy tersebut terjadi di zaman kekhalifahannya ketika firqah sesat syi’ah ciptaan ‘Abdullaah bin Saba’ yang mengaku-aku pengikut setia ‘Aliy mengemuka ke permukaan dan membuat-buat fitnah seputar ‘Aliy dan ahli baitnya, dan telah kita ketahui dugaan tersebut bahwa ‘Aliy dan ahli baitnya mempunyai sesuatu seperti wahyu selain Al-Qur’an adalah kedustaan yang dinisbatkan kepada mereka. Kita berlindung kepada Allah Ta’ala dari kedustaan dan kejelekan firqah syi’ah raafidhah yang mengaku-aku pencinta ahli bait.

Kesimpulan

Maka sudah jelas bahwasanya tidak ada wasiat secara khusus kepada ‘Aliy, entah itu mengenai kekhilafahan, pewaris utama atau penerus kenabian, semua pesan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam kepada para sahabat (termasuk ‘Aliy) sebelum beliau wafat adalah pesan-pesan yang bersifat umum, seperti perintah untuk tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun, menjaga shalat, tidak menelantarkan hamba-hamba sahaya, jangan meminum khamr, tidak menjadikan kuburan sebagai masjid, selalu berbaik sangka kepada Allah, dan sesuatu yang Nabi Muhammad tinggalkan untuk umatnya tidak lain adalah Al-Qur’an, yang kita dianjurkan agar berpegang teguh dengannya, dan dalam hadits tsaqalain dianjurkan untuk menghormati hak-hak ahli bait beliau dan mencintai mereka.

Adapun yang beliau beritakan kepada Faathimah, adalah sebagai khabar bahwasanya beliau telah sampai pada akhir hayatnya, oleh karena itu Faathimah pun menangis sebagai wujud rasa sedih akan ditinggal orangtuanya, namun kemudian Rasulullah mengkhabarkan kepadanya bahwa ia adalah sayyidah (pemimpin) para wanita muslimah, maka Faathimah senang mendengarnya sehingga ia tertawa. Ini adalah keutamaan Faathimah bintu Rasulullah yang dikhabarkan melalui nash, sebagaimana riwayat berikut :

حَدَّثَنَا يُونُسُ حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ أَبِي الْفُرَاتِ عَنْ عِلْبَاءَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ خَطَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْأَرْضِ أَرْبَعَةَ خُطُوطٍ قَالَ تَدْرُونَ مَا هَذَا فَقَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ نِسَاءِ أَهْلِ الْجَنَّةِ خَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ وَفَاطِمَةُ بِنْتُ مُحَمَّدٍ وَآسِيَةُ بِنْتُ مُزَاحِمٍ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ وَمَرْيَمُ ابْنَةُ عِمْرَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُنَّ أَجْمَعِينَ

Telah menceritakan kepada kami Yuunus, telah menceritakan kepada kami Daawud bin Abil Furaat, dari ‘Ilbaa’, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam membuat 4 garis di atas tanah, beliau bertanya, “Apakah kalian mengetahui apakah ini?” Para sahabat menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui.” Maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya wanita penduduk surga adalah Khadiijah bintu Khuwailid, Faathimah bintu Muhammad, Asiyah bintu Muzaahim, ia adalah istri Fir’aun, dan Maryam bintu ‘Imraan, semoga Allah meridhai mereka semua.”
[Musnad Ahmad no. 2663] – Sanadnya shahih.

Selesai. Semoga bermanfaat.
Wallaahu a’lam.

Diselesaikan di Bumi Serpong Damai, 28 Jumadil Akhir 1435 H.

Tommi Marsetio

NB : Jazahullaahu khairan kepada Ustadzuna Al-Akh Anshari Taslim, Lc -hafizhahullah- atas bimbingannya pada bagian ‘Aliy bin Abi Thaalib.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s