Takhrij Do’a Penghilang Kesedihan Dan Duka Lara

tears_cryAl-Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah meriwayatkan :

حَدَّثَنَا يَزِيدُ أَنْبَأَنَا فُضَيْلُ بْنُ مَرْزُوقٍ حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ الْجُهَنِيُّ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَصَابَ أَحَدًا قَطُّ هَمٌّ وَلَا حَزَنٌ فَقَالَ اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجِلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي إِلَّا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ وَحُزْنَهُ وَأَبْدَلَهُ مَكَانَهُ فَرَجًا قَالَ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَا نَتَعَلَّمُهَا فَقَالَ بَلَى يَنْبَغِي لِمَنْ سَمِعَهَا أَنْ يَتَعَلَّمَهَا

Telah menceritakan kepada kami Yaziid, telah memberitakan kepada kami Fudhail bin Marzuuq, telah menceritakan kepada kami Abu Salamah Al-Juhaniy, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari Ayahnya, dari ‘Abdullaah, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah satupun orang yang sedih dan tidak pula yang sedang dilanda duka, lalu berdo’a, “Allaahumma inniy ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatika, naashiyatiy biyadika, maadhin fiy hukmuka, ‘adlun fiy qadhaa’uka, as’aluka bi kullismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au ‘allamtahu ahadan min khalqika, au anzaltahu fiy kitaabika, au ista’tsarta bihi fiy ‘ilmil ghaibi ‘indika an taj’alal qur’aana rabii’a qalbiy wa nuura shadriy wa jilaa’a huzniy wa dzahaaba hammiy (Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hambaMu, anak hambaMu dan anak hamba wanitaMu, ubun-ubunku berada di tanganMu, hukumMu berlaku padaku dan ketetapanMu padaku adalah adil. Aku memohon kepadaMu dengan segenap namaMu atau yang Engkau namai diriMu dengannya, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang dari makhlukMu atau engkau turunkan di dalam kitabMu atau yang Engkau simpan dalam ilmu ghaib di sisiMu agar Engkau menjadikan Al-Qur`an sebagai penyejuk hatiku dan cahaya dadaku serta penawar kesedihanku dan penghilang duka laraku)”, kecuali Allah akan menghilangkan kesedihan dan duka laranya dan menggantikannya dengan kelapangan.” Ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, tidakkah kami mempelajarinya?” Maka beliau bersabda, “Bahkan sudah seharusnya bagi yang mendengarnya untuk mempelajarinya.”
[Musnad Ahmad no. 3712]

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Hibbaan (Shahiih no. 972); Ibnu Abi Syaibah (Musnad no. 329; Al-Mushannaf no. 29808); Abu Ya’laa (Musnad no. 5297); Asy-Syaasyiy (Al-Musnad no. 282); Ath-Thabaraaniy (Mu’jam Al-Kabiir no. 10352; Ad-Du’aa’ no. 1035); Al-Baihaqiy (Al-Asmaa’ wa Ash-Shifaat no. 7; Al-Qadhaa’ wal Qadar 1/259; Ad-Da’awaatul Kabiir no. 155); Al-Haakim (Al-Mustadrak 1/509), semua dari jalan Fudhail bin Marzuuq, dari Abu Salamah Al-Juhaniy, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari Ayahnya, dari Ibnu Mas’uud -radhiyallaahu ‘anhu, secara marfuu’.

Tinjauan Sanad

Al-Haakim berkata :

هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ إِنْ سَلِمَ مِنْ إِرْسَالِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَبِيهِ فَإِنَّهُ مُخْتَلَفٌ فِي سَمَاعِهِ عَنْ أَبِيهِ

“Hadits ini shahih sesuai dengan syarat Muslim, jika selamat dari irsal ‘Abdurrahman bin ‘Abdillaah dari Ayahnya (yaitu Ibnu Mas’uud, -pent) karena ‘Abdurrahman diperselisihkan penyimakannya dari Ayahnya.”

Pernyataan Al-Haakim (shahih sesuai dengan syarat Imam Muslim) perlu ditinjau ulang dikarenakan Abu Salamah Al-Juhaniy, bukanlah perawi Imam Muslim, bukan pula ia perawi yang digunakan Kutubus Sittah. Adz-Dzahabiy berkata :

لا يدرى من هو

“Tidak diketahui siapakah ia.” [Miizaanul I’tidaal 7/377]

Al-Haafizh berkata dalam At-Ta’jiil :

أبو سلمة الجهني عن القاسم بن عبد الرحمن، روى عنه فضيل بن مرزوق، مجهول، قاله الحسيني، وقال مرة : لا يدرى من هو، وهو كلام الذهبي في الميزان، وقد ذكره إبن حبان في الثقات وأخرج حديثه في صحيحه، وقرأت بخط الحافظ إبن عبد الهادي : يحتمل أن يكون خالد بن سلمة، قلت : وهو بعيد لأن خالدا مخزومي، وهذا جهني

“Abu Salamah Al-Juhaniy, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, Fudhail bin Marzuuq meriwayatkan darinya, ia majhuul, demikian Al-Husainiy berkata mengenainya, dan ia berkata pada kesempatan yang lain, “Tidak diketahui siapakah ia,” dan ini juga perkataan Adz-Dzahabiy dalam Al-Miizaan. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat dan mengeluarkan haditsnya dalam kitab Shahiih-nya.” Lalu aku (Al-Haafizh) membaca dengan tulisan Al-Haafizh Ibnu ‘Abdil Haadiy, “Dimungkinkan bahwa Abu Salamah adalah Khaalid bin Salamah.” Aku berkata, “Perkataan ini jauh (dari tepat) dikarenakan Khaalid adalah Makhzuumiy, dan Abu Salamah adalah Juhaniy.” [Ta’jiilul Manfa’ah 2/471]

Kemudian Al-Haafizh menambahkan dalam Al-Lisaan :

والحق انه مجهول الحال وابن حبان يذكر أمثاله في الثقات ويحتج به في الصحيح إذا كان ما رواه ليس بمنكر

“Yang benar adalah ia (Abu Salamah) majhuulul haal, dan Ibnu Hibbaan menyebutkan orang-orang (yang majhuul) sepertinya dan menjadikannya hujjah dalam kitab Shahiih jika apa yang diriwayatkannya tidak terdapat hal-hal yang diingkari.” [Lisaanul Miizaan 9/84]

Disebutkan dalam ta’liiq Syaikh Al-Albaaniy pada Ash-Shahiihah 1/383, ta’liiq Syaikh Ahmad Syaakir dalam Musnad Ahmad no. 3712, dan ta’liiq Syaikh Syu’aib Al-Arna’uuth dalam Shahiih Ibnu Hibbaan no. 972[1], bahwasanya Abu Salamah ini adalah Muusaa Al-Juhaniy, dan pendapat ini harus ditinjau ulang. Mereka yang berpendapat seperti ini mendasarkannya dari perkataan Al-Imam Abu Bisyr Ad-Daulaabiy dalam Al-Kunaa :

سمعتُ يحيى بن معين يقول : أبو سلمة الجهني أراه موسى الجهني

“Aku mendengar Yahyaa bin Ma’iin mengatakan, “Abu Salamah Al-Juhaniy, aku berpendapat ia adalah Muusaa Al-Juhaniy.” [Al-Kunaa wal Asmaa’ 1/428]

Namun Al-Imam Al-Bukhaariy dalam Taariikhnya membedakan antara Abu Salamah Al-Juhaniy dengan Muusaa Al-Juhaniy. Biografi Abu Salamah Al-Juhaniy dapat dilihat pada bagian Al-Kunaa dalam Taariikhul Kabiir 9/39 :

أبو سلمة الجهني عن القاسم بن عبد الرحمن، روى عنه فضيل بن مرزوق

“Abu Salamah Al-Juhaniy dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, Fudhail bin Marzuuq meriwayatkan darinya.”

Adapun Muusaa Al-Juhaniy biografinya ada dalam 7/288, dan disebutkan kuniyahnya adalah Abu ‘Abdillaah.

Demikian pula Ibnu Hibbaan dalam Ats-Tsiqaat 7/449, 659 membedakan antara keduanya. Ibnu Abi Haatim dalam Al-Jarh wa At-Ta’diil 8/149 menyebutkan kuniyah Muusaa Al-Juhaniy adalah Abu ‘Abdillaah, begitu juga Ibnu Sa’d dalam Ath-Thabaqaat 6/353.

Dan Muusaa Al-Juhaniy ini adalah Muusaa bin ‘Abdillaah atau Ibnu ‘Abdirrahman Al-Juhaniy, Abu Salamah atau Abu ‘Abdillaah Al-Kuufiy, ia tsiqah dan ia adalah perawi Shahiih Muslim. Diantara masyaikhnya adalah Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman bin ‘Abdillaah bin Mas’uud namun tidak diketahui Fudhail bin Marzuuq adalah muridnya. [Tahdziibul Kamaal no. 6276]

Jika kita lihat biografi Fudhail bin Marzuuq dalam Tahdziibul Kamaal no. 4769 pada daftar masyaikhnya tidak dijumpai nama Muusaa bin ‘Abdillaah Al-Juhaniy. Namun pada As-Siyar 7/342, dijumpai nama Abu Salamah Al-Juhaniy sebagai syaikhnya dan kami menduga bahwa Abu Salamah inilah yang dimaksud dalam Al-Miizaan 7/377, yang telah berlalu penyebutannya.

Abul Hasan Al-Haitsamiy berkata :

رواه أحمد وأبو يعلى والبزار والطبرني، ورجال أحمد رجال الصحيح غير أبي سلمة الجهني وقد وثقه ابن حبان‏‏

“Diriwayatkan Ahmad, Abu Ya’laa, Al-Bazzaar dan Ath-Thabaraaniy, dan para perawi Ahmad adalah para perawi Ash-Shahiih selain Abu Salamah Al-Juhaniy, ia telah ditautsiq oleh Ibnu Hibbaan.” [Majma’ Az-Zawaa’id 10/189]

Inilah yang mendekati kebenaran di sisi kami, bahwasanya Abu Salamah Al-Juhaniy, ia majhuul, dan bukanlah ia Muusaa bin ‘Abdillaah Al-Juhaniy perawi Shahiih Muslim.

Adapun perkataan Al-Haakim, “Jika selamat dari irsal ‘Abdurrahman bin ‘Abdillaah dari Ayahnya (yaitu Ibnu Mas’uud, -pent) karena ‘Abdurrahman diperselisihkan penyimakannya dari Ayahnya.” Maka periwayatan ‘Abdurrahman dari Ayahnya dihukumi muttashil sebagaimana disebutkan dalam Jaami’ut Tahshiil hal. 53-54, dan ini adalah pendapat Ats-Tsauriy, Ahmad, Al-Bukhaariy, ‘Aliy bin Al-Madiiniy dan yang lainnya.

Syaikh Dr. Khaalid Al-Haayik hafizhahullah dalam websitenya berkata :

قد قَبِل الأئمة رواية عبدالرحمن عن أبيه، وإن كان لم يسمع منه كثيراً، فإذا صحّ الإسناد إليه، فهو مما يحتج به؛ لأنه أخذ حديث أبيه من عائلته وأصحاب أبيه

“Riwayat ‘Abdurrahman dari Ayahnya telah diterima oleh para imam, walaupun ia tidak banyak mendengar dari Ayahnya. Maka jika shahih sanad yang sampai kepadanya, haditsnya dapat dijadikan hujjah karena ‘Abdurrahman mengambil hadits Ayahnya dari kerabatnya dan sahabat Ayahnya.”

Maka, sanad hadits ini dha’if dikarenakan majhuul-nya Abu Salamah Al-Juhaniy. Namun Abu Salamah mempunyai mutaba’ah dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq, sebagaimana diriwayatkan Al-Imam Abu Bakr Al-Bazzaar dalam Musnadnya :

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ بُهْلُولٍ، قَالَ: نا إِسْحَاقُ بْنُ عِيسَى، قَالَ: نا مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحٍ الثَّقَفِيُّ، قَالَ: نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: ” كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا هَذَا الدُّعَاءَ: ” اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمِكَ، نَافِذٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلِمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ غَمِّي، إِلا أَذْهَبَ اللَّهُ غَمَّهُ وَأَبْدَلَهُ بِحُزْنِهِ فَرَحًا، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، يَنْبَغِي لَنَا أَنْ نَتَعَلَّمَ هَؤُلاءِ الْكَلِمَاتِ، قَالَ: أَجَلْ يَنْبَغِي لِمَنْ سَمِعَهُنَّ أَنْ يَتَعَلَّمَهُنّ

Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Bahluul, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Ishaaq bin ‘Iisaa, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Shaalih Ats-Tsaqafiy, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari Ayahnya, dari ‘Abdullaah bin Mas’uud, ia berkata, “Dahulu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengajari kami do’a ini…(al-hadits).”
[Musnad Al-Bazzaar no. 1994]

Diriwayatkan pula oleh Al-Baihaqiy (Al-Asmaa’ wa Ash-Shifaat no. 8) dan disebutkan oleh Abul Hasan Al-Haitsamiy dalam Kasyful Astaar no. 3119 dengan sanad Al-Bazzaar.

Muhammad bin Shaalih Ats-Tsaqafiy, meriwayatkan dari Al-A’masy, meriwayatkan darinya Abul Hasan Ar-Raaziy, Abu Haatim mengatakan keduanya (yaitu Muhammad Ats-Tsaqafiy dan Abul Hasan Ar-Raaziy) adalah majhuul. [Al-Jarh wa At-Ta’diil 7/288]

Demikian pula Adz-Dzahabiy mengatakan ia majhuul. [Miizaanul I’tidaal 6/187]

Adapun ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dia adalah ‘Abdurrahman bin Ishaaq bin Al-Haarits, Abu Syaibah Al-Waasithiy atau Al-Kuufiy, disepakati akan kelemahannya. Ahmad mengatakan ia munkarul hadits, dalam riwayat lain ia melemahkannya, Ibnu Ma’iin berkata “dha’if tidak ada nilainya”, Ibnu Sa’d, Ya’quub bin Sufyaan, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Hibbaan sepakat melemahkannya, Al-Bukhaariy berkata “fiihi nazhar”. [Tahdziibul Kamaal no. 3754]

Muhammad bin Shaalih Ats-Tsaqafiy mempunyai mutaba’ah dari ‘Abdul Waahid bin Ziyaad yang diriwayatkan Al-Imam Al-Baihaqiy :

أنا الأُسْتَاذُ أَبُو مَنْصُورٍ عَبْدُ الْقَاهِرِ بْنُ طَاهِرٍ الْبَغْدَادِيُّ، مِنْ أَصْلِ كِتَابِهِ، نا أَبُو سَعِيدٍ إِسْمَاعِيلُ بْنُ أَحْمَدَ الْجُرْجَانِيُّ، إِمْلاءً، أنا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ السَّلامِ الْبَصْرِيُّ، بِهَا، نا مُحَمَّدُ بْنُ الْمِنْهَالِ الضَّرِيرُ، نا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ أَصَابَهُ هَمٌّ أَوْ حَزَنٌ فَلْيَقُلِ: اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ فِي قَبْضَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي، وَذَهَابَ هَمِّي وَجِلاءَ حُزْنِي “، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَا قَالَهُنَّ مَهْمُومٌ قَطُّ إِلا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ وَأَبْدَلَهُ بِهَمِّهِ فَرَحًا “، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلا نَتَعَلَّمُهُنَّ؟ قَالَ: ” بَلَى فَتَعَلَّمُوهُنَّ وَعَلِّمُوهُنَّ “

Telah memberitakan kepada kami Al-Ustaadz Abu Manshuur ‘Abdul Qaahir bin Thaahir Al-Baghdaadiy -dari asal kitabnya-, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Sa’iid Ismaa’iil bin Ahmad Al-Jurjaaniy -secara imlaa’-, telah memberitakan kepada kami Abu Bakr Muhammad bin ‘Abdissalaam Al-Bashriy -dengannya-, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Al-Minhaal Adh-Dhariir, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdul Waahid bin Ziyaad, dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari Ayahnya, dari ‘Abdullaah bin Mas’uud, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengalami kesedihan dan duka lara, maka ucapkanlah : …(al-hadits).”
[Al-Asmaa’ wa Ash-Shifaat no. 8]

‘Abdul Waahid bin Ziyaad Al-‘Abdiy, Abu Bisyr Al-Bashriy, perawi Ash-Shahiihain, seorang yang tsiqah terkhusus pada hadits-hadits Al-A’masy. [Tahdziibul Kamaal no. 3585; Taqriibut Tahdziib no. 4240]

‘Abdul Waahid dan Muhammad bin Shaalih Ats-Tsaqafiy diselisihi oleh Muhammad bin Fudhail, Muhammad bin Al-Fadhl, Abu Maliih Al-Hudzaliy dan ‘Aliy bin Mushir yang meriwayatkan dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq tanpa menyebut ayah Al-Qaasim, yaitu ‘Abdurrahman bin ‘Abdillaah :

1. Muhammad bin Fudhail Adh-Dhabbiy

Diriwayatkan sendiri olehnya dalam kitabnya, Ad-Du’aa’ :

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: ” إِذَا أَصَابَ أَحَدَكُمْ هَمٌّ أَوْ حَزَنٌ فَلْيَقُلِ: اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، وَابْنُ أَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ، نَاصِيَتِي فِي يَدَيْكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ: أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي “. قَالَ: ” فَمَا قَالَهُنَّ عَبْدٌ قَطُّ إِلا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ، وَأَبْدَلَهُ مَكَانَ حُزْنِهِ فَرَحًا “. قَالُوا: أَفَلا نَتَعَلَّمُهُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: ” بَلَى، فَإِنَّهُ يَنْبَغِي لِكُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُنَّ أَنْ يَتَعَلَّمَهُنَّ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari ‘Abdullaah bin Mas’uud, ia berkata, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian mengalami kesedihan dan duka lara, maka berdo’alah : …(al-hadits).”
[Ad-Du’aa’ li Muhammad bin Fudhail no. 6]

Muhammad bin Fudhail bin Ghazwaan bin Jariir Adh-Dhabbiy, Abu ‘Abdirrahman Al-Kuufiy. Perawi Ash-Shahiihain, Al-Haafizh berkata ia shaduuq ‘aarif, tertuduh tasyayyu’. [Taqriibut Tahdziib no. 6227]

2. Muhammad bin Al-Fadhl As-Saduusiy

Diriwayatkan Al-Imam ‘Abdul Kariim Ar-Raafi’iy :

سَمِعَ الْقَاضِي أَبَا نَصْرٍ الْحُسَيْنَ بْنَ عَلِيِّ بْنِ الْحَسَنِ الْبردشِيرِيَّ بِكِرْمَانَ سَنَةَ خَمْسٍ وَسَبْعِينَ وَأَرْبَعِ مِائَةٍ، ثنا أَبُو أَحْمَد عِيسَى بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، ثنا الْقَاضِي أَبُو الْعَلاءِ صَاعِدُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَنْبَأَ أَحْمَد بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إبراهيم، ثنا أَبُو سَعْدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثنا عَلِيُّ بْنُ سَلَمَةَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: إِذَا أَصَابَ أَحَدَكُمْ هَمٌّ أَوْ حُزْنٌ فَلْيَقُلِ: اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ، وَابْنُ أَمَتِكَ، وَفِي قَبْضَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ بَصَرِي، وَجَلاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي، قَالَ صلى الله عليه وسلم: مَا قَالَهُنَّ عَبْدٌ قَطُّ إِلا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ وَأَبْدَلَهُ مَكَانَ حُزْنِهِ فَرَحًا، قَالُوا: أَفَلا نَتَعَلَّمُهُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: بَلَى، قَالَ: فَإِنَّهُ يَنْبَغِي لِكُلِّ مُسْلِمٍ إِذَا سَمِعَهُنَّ أَنْ يَتَعَلَّمَهُنَّ

Penyimakan Al-Qaadhiy Abu Nashr Al-Husain bin ‘Aliy bin Al-Hasan Al-Baradasyiiriy -di Kirmaan pada tahun 475 H-, telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad ‘Iisaa bin ‘Abdillaah, telah menceritakan kepada kami Al-Qaadhiy Abul ‘Alaa’ Shaa’id bin Muhammad, telah memberitakan Ahmad bin Muhammad bin Ibraahiim, telah menceritakan kepada kami Abu Sa’d ‘Abdurrahman bin Al-Husain, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Salamah, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Fadhl, dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari ‘Abdullaah bin Mas’uud radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian mengalami kesedihan atau duka lara, maka berdo’alah : …”
[At-Tadwiin fiy Akhbaar Qazwiin 2/337]

Muhammad bin Al-Fadhl As-Saduusiy, Abu An-Nu’maan Al-Bashriy, berlaqab ‘Aarim, perawi Ash-Shahiihain, Al-Haafizh berkata “Tsiqah tsabt, hapalannya berubah di akhir umurnya.” [Taqriibut Tahdziib no. 6226]

3. Abu Maliih Al-Hudzaliy

Diriwayatkan Al-Imam Hisyaam bin ‘Ammaar dalam Hadiits-nya, dari riwayat Sa’iid bin Yahyaa Al-Lakhmiy :

حَدَّثَنَا سَعِيدٌ، نا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ أَبِي مَلِيحٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَاقَ الْقُرَشِيِّ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: ” مَنْ خَشِيَ أَنْ يَنْسَى، الْقُرْآنَ فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ نَوِّرْ بِالْكِتَابِ بَصَرِي، وَأَطْلِقْ بِهِ لِسَانِي، وَاشْرَحْ بِهِ صَدْرِي، وَاسْتَعْمِلْ بِهِ جَسَدِي، بَحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ، فَإِنَّهُ لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلا بِكَ، وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ أَصَابَهُ هَمٌّ، أَوْ حُزْنٌ، فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، وَابْنُ أَمَتِكَ، وَفِي قَبْضَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي شَيْءٍ مِنْ كُتُبِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ بَصَرِي، وَجِلاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي “، وَقَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَا قَالَهُنَّ عَبْدٌ قَطُّ إِلا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ، وَأَبْدَلَ حُزْنَهُ فَرَحًا “، قَالُوا: أَفَلا نَتَعَلَّمُهُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟، قَالَ: ” بَلَى، يَنْبَغِي لِكُلِّ عَبْدٍ مُسْلِمٍ إِذَا سَمِعَهُنَّ أَنْ يَتَعَلَّمَهُنَّ

Telah menceritakan kepada kami Sa’iid, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Ubaidullaah, dari Abu Maliih, dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq Al-Qurasyiy, dari Al-Qaasim, dari Ibnu Mas’uud, ia berkata, “Barangsiapa yang takut (dirinya) melupakan Al-Qur’an, maka berdo’alah : … dan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengalami kesedihan dan duka lara, maka berdo’alah : “…(al-hadits).”
[Hadiits Hisyaam bin ‘Ammaar no. 16, 17]

‘Ubaidullaah dalam sanad diatas adalah ‘Ubaidullaah bin Abu Humaid (Abu Humaid adalah Ghaalib) Al-Hudzaliy, Abul Khaththaab Al-Bashriy, disepakati akan kelemahannya, dia perawi yang sering membolak-balikkan sanad dan menambah-nambahinya maka wajib untuk ditinggalkan, demikian kata Ibnu Hibbaan, Al-Bukhaariy berkata ia munkarul hadiits, sedangkan An-Nasaa’iy berkata ia matruuk. [Al-Majruuhiin 2/65; Miizaanul I’tidaal 5/6]

Sementara Abu Maliih Al-Hudzaliy, ia bukanlah ‘Aamir bin Usaamah bin ‘Umair, Abul Maliih Al-Hudzaliy Al-Bashriy, Abul Maliih ‘Aamir bin Usaamah ini adalah perawi Ash-Shahiihain, Al-Haafizh dalam At-Taqriib no. 8390 berkata ia tsiqah dan ia dimasukkan ke dalam thabaqah ke-3, sementara ‘Abdurrahman bin Ishaaq berada pada thabaqah dibawahnya yaitu thabaqah ke-7, silahkan rujuk At-Taqriib no. 3799. Maka mustahil perawi yang berada pada thabaqah ke-3 meriwayatkan dari perawi thabaqah ke-7. Jadi, Abu Maliih Al-Hudzaliy ini tidak diketahui keadaannya alias majhuul al-‘ain.

4. ‘Aliy bin Mushir

Kami tidak mendapati sanad ini kecuali dari apa yang dikatakan Al-Imam Ad-Daaraquthniy dalam Al-‘Ilal Al-Waaridah 5/200 dan ia berkata, “mursal, laisa bil qawiy[2].”

Maka, terjadi idhtirab pada sanad-sanad mutaba’ah ini yang mana satu sama lain saling bertentangan (tanaaqudh) dan kami tidak mendapati perkataan para imam yang merajihkan salah satu sanadnya.

‘Abdullaah bin Mas’uud mempunyai syawaahid dari :

1. Abu Muusaa Al-Asy’ariy radhiyallaahu ‘anhu

Diriwayatkan Al-Imam Ibnus Sunniy dalam Al-‘Amal :

حَدَّثَنِي أَبُو عَرُوبَةَ، ثنا عَمْرُو بْنُ هِشَامٍ، ثنا مَخْلَدُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ بُرْقَانَ، عَنْ فَيَّاضٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زُبَيْدٍ، عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ أَصَابَهُ هَمٌّ أَوْ حَزَنٌ فَلْيَدْعُ بِهَذِهِ الْكَلِمَاتِ يَقُولُ: أَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ فِي قَبْضَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ نُورَ صَدْرِي، وَرَبِيعَ قَلْبِي، وَجَلاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي وَغُمِّي “. فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ الْمَغْبُونَ لَمَنْ غُبِنَ هَؤُلاءِ الْكَلِمَاتِ. قَالَ: ” أَجَلْ، فَقُولُوهُنَّ وَعَلِّمُوهُنَّ، فَإِنَّهُ مَنْ قَالَهُنَّ الْتِمَاسَ مَا فِيهِنَّ أَذْهَبَ اللَّهُ عز وجل حُزْنَهُ، وَأَطَالَ فَرَحَهُ

Telah menceritakan kepadaku Abu ‘Aruubah, telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin Hisyaam, telah menceritakan kepada kami Makhlad bin Yaziid, dari Ja’far bin Burqaan, dari Fayyaadh, dari ‘Abdullaah bin Zubaid, dari Abu Muusaa radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa mengalami kesedihan atau duka lara, maka berdoa’alah dengan kalimat-kalimat berikut,…(al-hadits).”
[‘Amalul Yaum wal Lailah no. 340]

Fayyaadh, menurut Syaikh Al-Albaaniy dalam Ash-Shahiihah 1/386, dia adalah Fayyaadh Ibnu Ghazwaan Adh-Dhabbiy Al-Kuufiy[3], sedikit dilemahkan Al-Bukhaariy, namun diriwayatkan dari Ahmad bahwa ia berkata “seorang syaikh, tsiqah”. [Al-Jarh wa At-Ta’diil 7/87; Miizaanul I’tidaal 5/444; Lisaanul Miizaan 6/363]

Sedangkan ‘Abdullaah bin Zubaid bin Al-Haarits Al-Yaamiy, dia berasal dari Kuufah. Meriwayatkan dari Ayahnya dan ‘Abdul Malik bin ‘Umair, meriwayatkan darinya penduduk Kuufah, tidak diterangkan jarh dan ta’dil atas dirinya. [Ats-Tsiqaat 7/23]

Dan ada keterputusan antara ‘Abdullaah bin Zubaid dengan Abu Muusaa Al-Asy’ariy, karena ayahnya saja, yaitu Zubaid bin Al-Haarits (perawi Ash-Shahiihain dan ia tsiqah tsabt) dimasukkan oleh Al-Haafizh dalam At-Taqriib no. 1989 pada generasi tabi’in kecil thabaqah ke-6 yang mana generasi tabi’in ini tidak bertemu dengan seorang sahabat pun.

Jadi, sanad hadits Abu Muusaa ini dha’if munqathi’.

2. ‘Abdullaah bin ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma

Diriwayatkan oleh Al-Imam Abul Qaasim Ibnu ‘Asaakir dalam Taariikh-nya :

أَنْبَأَنَا أَبُو طَاهِرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ، وَأَبُو الْحَسَنِ سَعْدُ الْخَيْرِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَنْصَارِيُّ، قَالا: أنا أَبُو مَنْصُورٍ نَصْرُ بْنُ عَبْدِ الْجَبَّارِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ التَّمِيمِيُّ الْقَزْوِينِيُّ الزَّاهِدُ، قَدِمَ عَلَيْنَا بَغْدَادَ حَاجًّا سَنَةَ سِتٍّ وَتِسْعِينَ وَأَرْبَعِ مِائَةٍ، أنا أَبُو يَعْلَى الْخَلِيلُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْخَلِيلِيُّ الْقَزْوِينِيُّ، أنا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْعَبَّاسِ، نا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي حَاتِمٍ، أَخْبَرَنَا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، أنا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زِيَادِ بْنِ أَنْعُمٍ، عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ دِمَشْقَ: أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُولُ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَقُولُ: ” مَنْ قَالَ هَذِهِ الْكَلِمَاتِ وَدَعَا بِهِنَّ فَرَّجَ اللَّهُ هَمَّهُ، وَأَذْهَبَ حُزْنَهُ، وَأَطَالَ سُرُورَهُ، أَنْ يَقُولَ: اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ ابْنُ عَبْدِكَ ابْنُ أَمَتِكَ، وَفِي قَبْضَتِكَ، نَاصِيَتِي فِي يَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِأَحَبِّ أَسْمَائِكَ إِلَيْكَ، وَبِاسْمِكَ الَّذِي سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، وَبِكُلِّ اسْمٍ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ نُورَ صَدْرِي، وَرَبِيعَ قَلْبِي، وَجَلاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir Ahmad bin Muhammad bin Ahmad, dan Abul Hasan Sa’d Al-Khair bin Muhammad Al-Anshaariy, keduanya berkata, telah memberitakan kepada kami Abu Manshuur Nashr bin ‘Abdil Jabbaar bin ‘Abdillaah At-Tamiimiy Al-Qazwiiniy Az-Zaahid -datang kepada kami di Baghdaad pada musim Haji, tahun 496 H-, telah memberitakan kepada kami Abu Ya’laa Al-Khaliil bin ‘Abdillaah Al-Khaliiliy Al-Qazwiiniy, telah memberitakan kepada kami Abul Hasan ‘Aliy bin Muhammad bin ‘Umar bin Al-‘Abbaas, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdurrahman bin Abu Haatim, telah mengkhabarkan kepada kami Yuunus bin ‘Abdil A’laa, telah memberitakan kepada kami Ibnu Wahb, telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdurrahman bin Ziyaad bin An’am, dari seorang laki-laki penduduk Damaskus, bahwa ‘Abdullaah bin ‘Umar dahulu mengatakan, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “Barangsiapa yang berkata dengan kalimat-kalimat ini dan berdo’a dengannya, maka Allah akan melenyapkan kesedihannya, menghilangkan duka laranya dan memanjangkan kegembiraannya, “Allaahumma inniy ‘abduka…(al-hadits).”
[Taariikh Dimasyq 68/120]

Dalam sanadnya ada seorang yang mubham yaitu laki-laki dari penduduk Damaskus dan tidak diketahui siapakah ia.

Kemudian ‘Abdurrahman bin Ziyaad bin An’am, Abu Ayyuub Asy-Sya’baaniy Al-Ifriiqiy Al-Qaadhiy, seorang ‘alim dan qadhiy wilayah Afrika, Al-Haafizh berkata “dha’if karena hapalannya”. [Siyaru A’laam An-Nubalaa’ 6/411; Taqriibut Tahdziib no. 3862]

Maka, sanad hadits Ibnu ‘Umar ini dha’if.

Kesimpulan

Hadits do’a penghilang kesedihan dan duka lara ini teriwayatkan dari 3 jalan, jalan ‘Abdullaah bin Mas’uud, Abu Muusaa Al-Asy’ariy dan ‘Abdullaah bin ‘Umar. Untuk jalan Ibnu Mas’uud, maka terbagi menjadi 2 sanad :

1. Abu Salamah Al-Juhaniy, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari Ayahnya, dari Ibnu Mas’uud secara marfuu’, sanad ini dha’if karena majhuul-nya Abu Salamah.

2. ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari Ayahnya, dari Ibnu Mas’uud secara marfuu’. Yang meriwayatkan dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq secara muttashil (namun dha’if) adalah Muhammad bin Shaalih Al-Waasithiy dan ‘Abdul Waahid bin Ziyaad, namun keduanya diselisihi oleh 4 perawi lain, yaitu Muhammad bin Fudhail, Muhammad bin Al-Fadhl, Abu Maliih Al-Hudzaliy dan ‘Aliy bin Mushir yang meriwayatkan dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq dengan tanpa perantara Ayahnya, sanadnya dha’if munqathi’.

Maka terjadi idhtirab pada sanad mutaba’ah ini yang tidak bisa ditarjih mana sanad yang lebih kuat.

Untuk jalan Abu Muusaa Al-Asy’ariy, teriwayatkan dari jalan Ja’far bin Burqaan, dari Fayyaadh, dari ‘Abdullaah bin Zubaid, dari Abu Muusaa secara marfuu’, namun sanad ini dha’if munqathi’ karena majhuul-nya ‘Abdullaah bin Zubaid dan ada keterputusan antara ia dan sahabat Abu Muusaa, seperti yang telah kami sebutkan.

Untuk jalan Ibnu ‘Umar, teriwayatkan dari jalan Ibnu Wahb, dari ‘Abdurrahman bin Ziyaad bin An’am, dari seorang laki-laki penduduk Damaskus, dari Ibnu ‘Umar secara marfuu’, namun sanad ini dha’if karena lemahnya hapalan ‘Abdurrahman bin Ziyad bin An’am dan terdapat seorang laki-laki mubham yang tidak diketahui bagaimana keadaannya.

Oleh karenanya dengan memperhatikan keseluruhan jalan periwayatannya, hadits do’a penghilang kesedihan dan duka lara ini tetap pada kelemahannya dan tidak bisa terangkat ke derajat hasan.

Dilemahkan Syaikh Syu’aib Al-Arna’uuth dalam ta’liiq Musnad Ahmad 6/247, dan Syaikh Husain Saliim Asad dalam tahqiiq Musnad Abu Ya’laa no. 5297, sementara Syaikh Al-Albaaniy menshahihkan dalam Silsilah Ash-Shahiihah 1/383, begitu pula Syaikh Ahmad Syaakir dalam ta’liiq Musnad Ahmad no. 3712.

Ibnu ‘Allaan Ash-Shiddiiqiy berkata dalam Al-Futuhaat Ar-Rabbaaniyyah 4/13 :

غريب وعن ابن مسعود نحوه وحديث ابن مسعود أثبت سندا وأشهر رجالا وهو حديث حسن

“Ghariib dan dari Ibnu Mas’uud yang semaknanya, dan hadits Ibnu Mas’uud lebih atsbat sanadnya dan para perawinya lebih dikenal, hadits Ibnu Mas’uud hadits hasan[4].”

Wallaahu a’lam.

Diselesaikan di BSD, 17 Sya’ban 1435 H

Tommi Marsetio

Footnotes :

[1] Syaikh Al-Arna’uuth telah meralat ta’liiqnya tersebut dalam ta’liiq Musnad Ahmad. Beliau ruju’ kepada pendapat bahwasanya Abu Salamah Al-Juhaniy adalah majhuul.

[2] Al-Imam Ad-Daaraquthniy rahimahullah berkata :

يرويه القاسم بن عبد الرحمن؛ واختلف عنه: فرواه فضيل بن مرزوق، عن أبي سلمة الجهني، عن القاسم بن عبد الرحمن، عن أبيه، عن ابن مسعود. وتابعه محمد بن صالح الواسطي: رواه عن عبد الرحمن بن إسحاق، عن القاسم، عن أبيه، عن ابن مسعود. وخالفهما علي بن مسهر: فرواه عن عبد الرحمن بن إسحاق، عن القاسم، عن ابن مسعود مرسلا، وإسناده ليس بالقوي

“Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman meriwayatkannya dan terjadi ikhtilaf darinya; Fudhail bin Marzuuq meriwayatkannya, dari Abu Salamah Al-Juhaniy, dari Al-Qaasim bin ‘Abdirrahman, dari Ayahnya, dari Ibnu Mas’uud. Fudhail mendapat mutaba’ah dari Muhammad bin Shaalih Al-Waasithiy, ia meriwayatkannya dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dari Al-Qaasim, dari Ayahnya, dari Ibnu Mas’uud. Namun ‘Aliy bin Mushir menyelisihi keduanya; diriwayatkan dari ‘Abdurrahman bin Ishaaq, dari Al-Qaasim, dari Ibnu Mas’uud, secara mursal, dan sanadnya laisa bil qawiy.” [Al-‘Ilal Al-Waaridah 5/200]

[3] Dengan tetap menghormati ijtihad Syaikh Al-Albaaniy -semoga Allah Ta’ala mensucikan ruhnya di surgaNya-, ijtihad beliau perlu ditinjau ulang, karena Ja’far bin Burqaan tidaklah diketahui memiliki guru bernama Fayyaadh bin Ghazwaan, dan Fayyaadh bin Ghazwaan pun tidak diketahui memiliki periwayatan dari ‘Abdullaah bin Zubaid bin Al-Haarits, malahan ia meriwayatkan langsung dari ayahnya ‘Abdullaah, yaitu Zubaid bin Al-Haarits. Wallaahu a’lam.

[4] Hasan disini berarti : dari beberapa riwayat yang membahas mengenai do’a penghilang kesedihan ini, hadits Ibnu Mas’uud adalah hadits yang paling ringan dha’if-nya. Ini adalah hal yang ma’ruuf pada sebagian ahli hadits yang menyebut ‘hasan’ pada sanad hadits yang paling ringan kelemahannya dibanding sanad-sanad hadits lainnya pada satu bab masalah.

Sebagaimana Al-Imam Ad-Daaraquthniy yang menyebut hadits do’a ketika berbuka puasa, “Dzahabazh-zhama’u wabtalatil ‘uruuqu…,” sebagai hadits yang sanadnya hasan, maksudnya bukanlah ia hadits hasan secara dzat-nya karena terdapat satu perawi majhuul dalam sanadnya, namun ia adalah hadits yang paling ringan kelemahannya dibanding hadits-hadits lain dalam bab tersebut. Wallaahul Muwaffiq.

* * * * *

One thought on “Takhrij Do’a Penghilang Kesedihan Dan Duka Lara

  1. Pingback: Do’a Penghilang Kesedihan Dan Duka Lara | Ibnu Umar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s