Hadits Larangan Kencing di Lubang

hole-in-ground-850x637Al-Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah meriwayatkan :

حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَرْجِسَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَبُولَنَّ أَحَدُكُمْ فِي الْجُحْرِ وَإِذَا نِمْتُمْ فَأَطْفِئُوا السِّرَاجَ فَإِنَّ الْفَأْرَةَ تَأْخُذُ الْفَتِيلَةَ فَتَحْرِقُ أَهْلَ الْبَيْتِ وَأَوْكِئُوا الْأَسْقِيَةَ وَخَمِّرُوا الشَّرَابَ وَغَلِّقُوا الْأَبْوَابَ بِاللَّيْلِ قَالُوا لِقَتَادَةَ مَا يُكْرَهُ مِنْ الْبَوْلِ فِي الْجُحْرِ قَالَ يُقَالُ إِنَّهَا مَسَاكِنُ الْجِنِّ

Telah menceritakan kepada kami Mu’aadz bin Hisyaam, telah menceritakan kepadaku Ayahku, dari Qataadah, dari ‘Abdullaah bin Sarjis -radhiyallaahu ‘anhu-, bahwasanya Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Janganlah salah seorang dari kalian kencing di lubang, jika kalian tidur maka matikanlah lampu karena sesungguhnya tikus akan menyentuh sumbu kemudian membakar penghuni rumah, ikatlah tempat-tempat minum kalian, tutuplah minuman kalian dan tutuplah pintu-pintu rumah kalian di saat malam hari.”

Mereka bertanya kepada Qataadah, “Apakah yang dibenci dari kencing di lubang?” Qataadah menjawab, “Dikatakan bahwasanya lubang adalah tempat tinggal jin.”
[Musnad Ahmad no. 20775]

Diriwayatkan pula oleh Al-Baihaqiy (Sunan Al-Kubraa 1/99); Ar-Ruuyaaniy (Musnad no. 1451); Adh-Dhiyaa’ Al-Maqdisiy (Al-Mukhtaarah no. 3222); Dan diriwayatkan secara ringkas oleh Abu Daawud (Sunan no. 29); An-Nasaa’iy (Al-Mujtabaa’ no. 34; Sunan Al-Kubraa no. 30); Al-Haakim (Al-Mustadrak 1/186); Al-Baihaqiy (Sunan Ash-Shaghiir no. 59); Ibnul Jaaruud (Al-Muntaqaa no. 34); Al-Baghawiy (Syarhus Sunnah no. 192); Ibnul Mundzir (Al-Ausath fis Sunan wal Ijmaa’ no. 267), semua dari jalan Mu’aadz bin Hisyaam, dari Ayahnya, dari Qataadah, dari Ibnu Sarjis secara marfuu’.

Pembahasan Sanad Hadits

Hadits ini sanadnya adalah para perawi tsiqah, para perawi Ash-Shahiihain kecuali ‘Abdullaah bin Sarjis, ia dipakai oleh Imam Muslim dalam Shahiih-nya.

Ayah Mu’aadz bin Hisyaam adalah Hisyaam bin Abu ‘Abdillaah Ad-Daswutaa’iy, Abu Bakr Al-Bashriy, kata Al-Haafizh ia tsiqah tsabt tertuduh seorang Qadariyyah. [Taqriibut Tahdziib no. 7299]

Masalah pada sanad ini adalah ‘an’anah Qataadah dari ‘Abdullaah bin Sarjis. Qataadah bin Di’aamah As-Saduusiy, Abul Khaththaab Al-Bashriy rahimahullah, seorang yang tsiqah tsabt namun ia kerap melakukan tadlis dan pada hadits ini ia meriwayatkan dengan sighat ‘an.

Apakah tsabt bahwa Qataadah mendengar dari Ibnu Sarjis? Ada perbedaan pendapat antara yang menafikan dan yang menetapkan.

Mereka yang menafikan, mendasarkan dari qaul Al-Imam Ahmad berikut :

أخبرنا حرب بن إسماعيل، فيما كتب إلي، قال: قال أحمد بن حنبل: ما أعلم قتادة روى عن أحد من أصحاب النبي صلى الله عليه وسَلَّم، إلا عن أنس. قيل: فابن سرجس؟ فكأنه لم يره سماعا

Telah mengkhabarkan kepada kami Harb bin Ismaa’iil -sebagaimana tertulis padaku-, ia berkata, Ahmad bin Hanbal berkata, “Tidaklah aku mengetahui Qataadah meriwayatkan dari seorang pun sahabat Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, kecuali dari Anas.” Ditanyakan, “Bagaimana dengan Ibnu Sarjis?” Ahmad berkata, “Seakan-akan ia (Qataadah) tidak melihat dan mendengar (dari Ibnu Sarjis).” [Al-Maraasiil li Ibni Abi Haatim hal. 168]

Inilah kalam Al-Imam Ahmad yang menafikan penyimakan Qataadah dari Ibnu Sarjis. Namun telah tsabt dari beliau bahwa Qataadah mendengar dari Ibnu Sarjis, sebagaimana dinyatakan oleh putra beliau sendiri, ‘Abdullaah rahimahullah.

قلتُ لأبي: قتادة سمع من عبد الله بن سرجس؟ قال: ما أشبهه، قد روى عنه عاصم الأحول

Aku bertanya kepada Ayahku, “(Apakah) Qataadah mendengar dari ‘Abdullaah bin Sarjis?” Ayahku menjawab, “Sangat mungkin sekali, (karena) ‘Aashim Al-Ahwal[1] saja telah meriwayatkan dari Ibnu Sarjis.” [Mausuu’atu Aqwaal Al-Imam Ahmad 3/172]

قيل (يعني لأبيه): سمع قتادة من عبد الله بن سرجس؟ قال: نعم، قد حدَّث عنه هشام يعني عن قتادة، عن عبد الله بن سرجس حديثا واحدا، وقد حدَّث عنه عاصم الأحول

Ditanyakan (yaitu kepada Ayahnya), “(Apakah) Qataadah mendengar dari ‘Abdullaah bin Sarjis?” Ahmad berkata, “Ya, sungguh telah meriwayatkan darinya Hisyaam, yaitu dari Qataadah, dari ‘Abdullaah bin Sarjis, satu hadits. Dan sungguh ‘Aashim Al-Ahwal telah meriwayatkan dari Ibnu Sarjis.” [Mausuu’atu Aqwaal Al-Imam Ahmad 3/173]

Periwayatan ‘Abdullaah bin Ahmad lebih didahulukan dari riwayat selainnya dikarenakan dialah yang melazimi ayahnya yang mana tidak seorangpun yang sepertinya dalam periwayatan dari ayahnya[2]. Dan ada kemungkinan Imam Ahmad ruju’ dari pernyataannya yang menafikan. Wallaahu a’lam.

Al-Imam Ibnu Abi Haatim, meriwayatkan dari Ayahnya, Abu Haatim Ar-Raaziy -rahimahumallah :

سمعتُ أبي يقول: قتادة عن أبي هريرة مرسل، وقتادة عن عائشة مرسل، ولم يلق قتادة من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم إلَّا أنسا وعبد الله بن سرجس

Aku mendengar Ayahku mengatakan, “Qataadah dari Abu Hurairah adalah mursal, Qataadah dari ‘Aaisyah adalah mursal, dan Qataadah tidak bertemu dengan sahabat Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam kecuali Anas dan ‘Abdullaah bin Sarjis.” [Al-Maraasiil li Ibni Abi Haatim hal. 175]

Sebagaimana yang terdapat dalam Al-Jarh wa At-Ta’diil 7/133 :

وسمعتُه يقول: لم يلق من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم إلَّا أنسا وعبد الله بن سرجس

Dan aku mendengarnya mengatakan, “Tidak bertemu dengan sahabat Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam kecuali Anas dan ‘Abdullaah bin Sarjis.”

Al-Haafizh Siraajuddiin Abu Hafsh Ibnul Mulaqqin rahimahullah menukil riwayat dari Al-Imam ‘Aliy bin Al-Madiiniy :

قال الطبراني: سمعتُ محمد بن أحمد بن البراء يقول: قال علي بن المديني: سمع قتادة من عبد الله بن سرجس

Ath-Thabaraaniy berkata, aku mendengar Muhammad bin Ahmad bin Al-Baraa’ mengatakan, ‘Aliy bin Al-Madiiniy berkata, “Qataadah mendengar dari ‘Abdullaah bin Sarjis.” [Al-Badrul Muniir 2/322]

Al-Haafizh Shalaahuddiin Abu Sa’iid Al-‘Alaa’iy rahimahullah berkata :

وصحح أبو زرعة سماعه من عبد الله بن سرجس وزاد إبن المديني أبا الطفيل

“Abu Zur’ah menshahihkan pendengaran Qataadah dari ‘Abdullaah bin Sarjis, dan Ibnul Madiiniy menambahkan (keshahihan pendengarannya dari) Abu Ath-Thufail.” [Jaami’ At-Tahshiil hal. 256]

Dan penyimakan Hisyaam Ad-Dastuwaa’iy dari Qataadah telah cukup untuk menyatakan tsabit-nya pendengaran Qataadah dari Ibnu Sarjis. Sebagaimana perkataan para huffaazh berikut :

حدثنا أحمد بن زهير، قال: سمعت يحيى بن معين يقول: أثبت الناس في قتادة: سعيد بن أبي عروبة، وهشامٌ الدستوائي، وشعبة. ومن حَدَّثَ من هؤلاء بحديث، فلا تبال أن تسمعه من غيره

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Zuhair, ia berkata, aku mendengar Yahyaa bin Ma’iin mengatakan, “Orang-orang yang paling tsabt pada Qataadah, adalah Sa’iid bin Abu ‘Aruubah, Hisyaam Ad-Dastuwaa’iy dan Syu’bah. Dan barangsiapa yang meriwayatkan dari mereka semua dengan hadits (Qataadah), maka janganlah kau pedulikan mendengarnya dari selainnya.” [Musnad Ibnul Ja’d no. 1081]

نا محمد بن عمار، قال: سمعتُ علي بن الجعد يقول: سمعتُ شعبة يقول: كان هشام يعني الدَستُوائي احفظ مني عن قتادة

Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Ammaar, ia berkata, aku mendengar ‘Aliy bin Al-Ja’d mengatakan, aku mendengar Syu’bah mengatakan, “Hisyaam -yakni Ad-Dastuwaa’iy- lebih hapal dariku mengenai hadits Qataadah.”

أنا أبو بكر بن أبي خيثمة، فيما كتب إلي، قال: سمعتُ يحيى بن معين يقول: قال شعبة: هشام الدَستُوائي أعلم بحديث قتادة مني، وأكثر له مجالسة مني

Telah memberitakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Khaitsamah, sebagaimana tertulis padaku, ia berkata, aku mendengar Yahyaa bin Ma’iin mengatakan, Syu’bah berkata, “Hisyaam Ad-Dastuwaa’iy lebih mengetahui hadits Qataadah dariku, ia bermajelis (dengannya) lebih banyak dariku[3].”

Kedua riwayat diatas adalah riwayat Ibnu Abi Haatim dalam Al-Jarh wa At-Ta’diil 9/59.

Dari penjabaran diatas, jelaslah bahwa Hisyaam Ad-Dastuwaa’iy adalah orang yang paling tsabt pada hadits-hadits Qataadah dan ia lebih hapal padanya dibanding Syu’bah. Maka sebagaimana lazimnya dalam ilmu periwayatan hadits, “penetapan didahulukan atas penafian”, dari sini telah tetap bahwasanya Qataadah mendengar dari ‘Abdullaah bin Sarjis.

Kesimpulan

Hadits ini shahih dengan tanpa keraguan. Pendengaran Qataadah dari ‘Abdullaah bin Sarjis telah ditetapkan keshahihannya oleh para huffaazh tsiqah dari kalangan mutaqaddimin (walaupun ia meriwayatkannya dengan sighat ‘an’anah) seperti telah kami jabarkan diatas dan dipersaksikan pula oleh Hisyaam Ad-Dastuwaa’iy sebagai periwayat paling tsabt pada hadits-hadits Qataadah. Maka ‘an’anah Qataadah tidaklah membahayakan sanad hadits.

Diantara para ulama yang menshahihkan hadits ini adalah :

1. Al-Imam Ibnu Khuzaimah dan Ibnu As-Sakan rahimahumallah sebagaimana dinukil Al-Haafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy dalam Talkhiishul Habiir 1/187 :

قيل إن قتادة لم يسمع من عبد الله بن سرجس، حكاه حرب عن أحمد، وأثبت سماعه منه؛ علي بن المديني، وصححه إبن خزيمة وإبن السكن

“Dikatakan sesungguhnya Qataadah tidak mendengar dari ‘Abdullaah bin Sarjis, Harb menghikayatkan ini dari Ahmad. Dan telah menetapkan pendengarannya dari Ibnu Sarjis; (yaitu) ‘Aliy bin Al-Madiiniy. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu As-Sakan menshahihkannya.”

2. Al-Imam Al-Haakim Abu ‘Abdillaah An-Naisaabuuriy rahimahullah dalam Al-Mustadrak 1/186, ia berkata (dan disepakati Adz-Dzahabiy) :

هَذَا حَدِيثٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ فَقَدِ احْتَجَّا بِجَمِيعِ رُوَاتِهِ

“Hadits ini sesuai syarat Asy-Syaikhain, keduanya telah menjadikan hujjah dengan semua para perawinya.”

3. Al-Imam An-Nawawiy rahimahullah dalam Khulaashah Al-Ahkaam no. 344, ia berkata :

صحيح، رواه أبو داود والنسائي وغيرهما بأسانيد صحيحة

“Shahih, diriwayatkan Abu Daawud, An-Nasaa’iy dan selain keduanya dengan sanad yang shahih.”

4. Al-Imam Ibnu Daqiiq Al-‘Id rahimahullah dalam Al-Imaam fiy Ma’rifati Ahaadiitsil Ahkaam 2/458-459.

5. Al-Haafizh Ibnu Katsiir rahimahullah dalam Irsyaadul Faqiih 1/56, ia berkata :

إسناده صحيح على شرطهما

“Sanadnya shahiih sesuai syarat keduanya (Al-Bukhaariy dan Muslim).”

6. Al-Haafizh Ibnul Mulaqqin rahimahullah dalam Al-Badrul Muniir 2/321.

7. Syaikh Muqbil bin Haadiy Al-Waadi’iy rahimahullah dalam Al-Jaami’ Ash-Shahiih mimmaa laisa fiy Ash-Shahiihain 1/436.

8. Syaikh Syu’aib Al-Arna’uuth hafizhahullah dalam takhriij dan ta’liiq atas Sunan Abu Daawud 1/23 dan Musnad Ahmad 34/373.

Dan para ulama yang melemahkan hadits ini adalah :

1. Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah dalam Dha’iif Abu Daawud, Al-Irwaa’ no. 55, dan Dha’iif At-Targhiib no. 120.

2. Syaikh Abu Ishaaq Al-Huwainiy hafizhahullah dalam takhriij dan ta’liiq atas Al-Muntaqaa Ibnul Jaaruud, hadits no. 34

Selesai. Semoga bermanfaat.
Wallaahu a’lam

Tangerang Selatan, 26 Sya’ban 1435 H

Tommi Marsetio

Footnotes :

[1] ‘Aashim bin Sulaimaan Al-Ahwal, Abu ‘Abdirrahman Al-Bashriy. Perawi Ash-Shahiihain, seorang yang tsiqah, tidak ada yang membicarakan mengenainya kecuali (Yahyaa) Al-Qaththaan, demikian dikatakan Al-Haafizh. Ia satu thabaqah dengan Qataadah yaitu thabaqah ke-4 dan sama-sama penduduk Bashrah, namun Qataadah lebih tua darinya. Rujuk biografinya pada Taqriibut Tahdziib no. 3060 dan Tahdziibul Kamaal no. 3008. Sisi pendalilannya adalah, ‘Aashim saja yang dari segi umur lebih muda dari Qataadah dapat meriwayatkan dari Ibnu Sarjis, maka bagaimanakah lagi dengan Qataadah?

[2] Biografi Al-Imam ‘Abdullaah bin Ahmad dapat dibaca disini.

[3] Riwayat kedua ini sanadnya terputus, Yahyaa bin Ma’iin tidak bertemu dengan Syu’bah.

One thought on “Hadits Larangan Kencing di Lubang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s