Para Salaf Mengucapkan Ini di Hari Raya ‘Id

tahni'ah idAllah Ta’ala telah mengkaruniakan umat Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam dengan dua hari raya ‘Id, yaitu hari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha sebagai sebaik-baik peringatan hari raya. Para salaf kita -rahimahumullah- pun biasa memberi ucapan selamat kepada sesamanya ketika tiba hari raya ‘Id. Bagaimanakah ucapan selamat atau tahni’ah mereka? Ada beberapa hadits atau atsar yang bersumber dari mereka mengenai hal ini. Kami akan ketengahkan beberapa hadits tersebut, dengan mengharap kemudahan dari Allah Ta’ala.

1. Hadits Waatsilah bin Al-Asqa’ radhiyallaahu ‘anhu secara mauquuf

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَزْدَادَ التَّوْزِيُّ، ثنا أَبُو هَمَّامٍ الْوَلِيدُ ابْنُ شُجَاعٍ، ثنا بَقِيَّةُ بْنُ الْوَلِيدِ، حَدَّثَنِي حَبِيبُ بْنُ عُمَرَ الأَنْصَارِيُّ، أَخْبَرَنِي أَبِي، قَالَ: ” لَقِيتُ وَاثِلَةَ يَوْمَ عِيدٍ، فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ، تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yazdaad At-Tauziy, telah menceritakan kepada kami Abu Hammaam Al-Waliid bin Syujaa’, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah bin Al-Waliid, telah menceritakan kepadaku Habiib bin ‘Umar Al-Anshaariy, telah mengkhabarkan kepadaku Ayahku, ia berkata, “Aku berjumpa dengan Waatsilah pada hari raya ‘Id, maka aku berkata kepadanya, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka,” Ia menjawab, “Ya, taqabbalallaahu minnaa wa minka.”
[Mu’jam Al-Kabiir 22/53][1]

Namun pada sanad ini terjadi mukhalafah dengan sanad riwayat marfuu’ yang akan datang berikut.

2. Hadits Waatsilah secara marfuu’

أَخْبَرَنَا أَبُو سَعْدٍ الْمَالِينِيُّ، أنبأ أَبُو أَحْمَدَ بْنُ عَدِيٍّ الْحَافِظُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الضَّحَّاكِ بْنِ عَمْرِو بْنِ أَبِي عَاصِمٍ، ثنا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُعَاوِيَةَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الشَّامِيُّ، ثنا بَقِيَّةُ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ وَاثِلَةَ، قَالَ: لَقِيتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ عِيدٍ، فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، قَالَ: ” نَعَمْ، تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Sa’d Al-Maaliiniy, telah memberitakan Abu Ahmad bin ‘Adiy Al-Haafizh, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Adh-Dhahhaak bin ‘Amr bin Abu ‘Aashim, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziiz bin Mu’aawiyah, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ibraahiim Asy-Syaamiy, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Waatsilah, ia berkata, “Aku berjumpa dengan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam pada hari raya ‘Id, aku berkata kepada beliau, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka,” beliau bersabda, “Ya, taqabbalallaahu minnaa wa minka.”
[Sunan Al-Kubraa li Al-Baihaqiy 3/318][2]

Al-Imam Al-Baihaqiy berkata :

أَخْبَرَنَا أَبُو سَعْدٍ الْمَالِينِيُّ، قَالَ: قَالَ أَبُو أَحْمَدَ بْنُ عَدِيٍّ الْحَافِظُ: هَذَا مُنْكَرٌ، لا أَعْلَمُ يَرْوِيهِ عَنْ بَقِيَّةَ غَيْرُ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ هَذَا. قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللَّهُ: قَدْ رَأَيْتُهُ بِإِسْنَادٍ آخَرَ عَنْ بَقِيَّةَ مَوْقُوفًا غَيْرَ مَرْفُوعٍ، وَلا أَرَاهُ مَحْفُوظًا

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Sa’d Al-Maaliiniy, ia berkata, Abu Ahmad bin ‘Adiy Al-Haafizh berkata, “Hadits ini mungkar, aku tidak mengetahui hadits ini diriwayatkan dari Baqiyyah kecuali oleh Muhammad bin Ibraahiim ini.” Asy-Syaikh rahimahullah (yaitu Imam Al-Baihaqiy) berkata, “Aku telah melihat hadits ini dengan sanad yang lain dari Baqiyyah secara mauquuf, tidak marfuu’, dan aku tidak melihat sanadnya mahfuuzh (terjaga).”

3. Hadits Khaalid bin Ma’daan, ‘Abdullaah bin Busr, ‘Abdurrahman bin ‘Aaidz dan Jubair bin Nufair rahimahumullah

أخبرنا الحسين بن أحمد السمرقندي؛ أنا أبو العباس المستغفري، أنا أبو أحمد محمد بن أحمد بن أبي توبة المروزي، ثنا عبد الله بن محمود، ثنا يحيى بن أكثم، ثنا حاجب بن الوليد، ثنا مبشر بن إسماعيل الحلبي، عن صفوان بن عمرو السكسكي قال: سمعت عبد الله بن بسر وعبد الرحمن بن عائذ، وجبير بن نفر وخالد بن معدان يقال لهم في أيام الأعياد: تقبل الله منا ومنكم، ويقولون ذلك لغيرهم

Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin Ahmad As-Samarqandiy, telah memberitakan kepada kami Abul ‘Abbaas Al-Mustaghfiriy, telah memberitakan kepada kami Abu Ahmad Muhammad bin Ahmad bin Abu Taubah Al-Marwaziy, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Mahmuud, telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Aktsam, telah menceritakan kepada kami Haajib bin Al-Waliid, telah menceritakan kepada kami Mubasyir bin Ismaa’iil Al-Halabiy, dari Shafwaan bin ‘Amr As-Saksakiy, ia berkata, aku mendengar ‘Abdullaah bin Busr, ‘Abdurrahman bin ‘Aaidz, Jubair bin Nufair dan Khaalid bin Ma’daan mengucapkan kepada mereka pada hari-hari raya ‘Id, “Taqabbalallaahu minnaa wa minkum.” Dan mereka juga mengucapkannya kepada yang lainnya.
[At-Targhiib wa At-Tarhiib li Abul Qaasim Al-Ashbahaaniy 1/251][3]

4. Hadits Waatsilah dan Abu Umaamah Al-Baahiliy radhiyallaahu ‘anhuma

حَدَّثَنَا أَبُو زَيْدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ حَاتِمٍ الْمُرَادِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ التِّنِّيسِيُّ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنِ الأَحْوَصِ بْنِ حَكِيمٍ، عَنْ رَاشِدِ بْنِ سَعْدٍ، أَنَ أَبَا أُمَامَةَ الْبَاهِلِيَّ، وَوَاثِلَةَ بْنَ الأَسْقَعِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا لَقِيَاهُ فِي يَوْمِ عِيدٍ، فَقَالا: ” تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Zaid ‘Abdurrahman bin Haatim Al-Muraadiy, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Yuusuf At-Tuniisiy, telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin ‘Ayyaasy, dari Al-Ahwash bin Hakiim, dari Raasyid bin Sa’d, bahwa Abu Umaamah Al-Baahiliy dan Waatsilah bin Al-Asqa’ radhiyallaahu ‘anhuma berjumpa pada hari raya ‘Id, keduanya mengucapkan, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka.”
[Ad-Du’aa’ li Ath-Thabaraaniy no. 928][4]

5. Atsar Jubair bin Nufair seperti disebutkan Al-Haafizh Ibnu Hajar

Al-Haafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy berkata :

وَرَوَيْنَا فِي الْمَحَامِلِيَّاتِ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا الْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

“Dan diriwayatkan kepada kami dalam Al-Mahaamiliyyaat dengan sanad yang hasan, dari Jubair bin Nufair, ia berkata, “Dahulu para sahabat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam jika saling berjumpa pada hari raya ‘Id, sebagian dari mereka mengucapkan kepada sebagian yang lain, “Taqabbalallaahu minnaa wa minkum.”
[Fathul Baariy 2/446]

6. Atsar Muhammad bin Ziyaad Al-Alhaaniy rahimahullah

أَخْبَرَنَا أَبُو طَاهِرٍ عَبْدُ الْكَرِيمِ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ، بِقِرَاءَتِي عَلَيْهِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ حِبَّانَ، إِمْلَاءً، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ أَحْمَدَ الْفَارِسِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَهْرَانَ الْحَمَّالُ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ الْحِمْصِيُّ، قَالَ: صَلَّى إِلَى جَانِبِي مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ يَوْمَ عِيدٍ، ” فَلَمَّا سَلَّمَ الْإِمَامُ قَالَ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ، وَزَكَّى أَعْمَالَنَا وَأَعْمَالَكُمْ، وَجَعَلَهَا فِي مَوَازِينِنَا، فَقُلْتُ لَهُ يَا أَبَا سُفْيَانَ: كَانَ السَّلَفُ يَفْعَلُ هَذَا؟ قَالَ: نَعَمْ، إِذَا صَلَّى الْإِمَامُ، فَعَلَ ذَلِكَ، فَقَالَ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ، فَقُلْتُ: أَبُو أُمَامَةَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ؟ قَالَ: نَعَمْ

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Thaahir ‘Abdul Kariim bin ‘Abdil Waahid -dengan qira’ahku kepadanya-, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdullaah bin Muhammad bin Ja’far bin Hibbaan -secara imla’-, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ahmad Al-Faarisiy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mihraan Al-Hammaal, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Harb Al-Himshiy, ia berkata, “Aku shalat disamping Muhammad bin Ziyaad pada hari raya ‘Id, ketika imam shalat mengucapkan salam maka imam pun berkata, “Taqabbalallaahu minnaa wa minkum, wa zakkaa a’maalanaa wa a’maalakum, wa ja’alahaa fiy mawaaziininaa (Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian, dan semoga Allah menyucikan amalan-amalan kami dan kalian dan menjadikannya pemberat pada timbangan-timbangan amalan).”

Aku (Muhammad bin Harb) bertanya kepada Muhammad bin Ziyaad, “Wahai Abu Sufyaan, apakah para salaf melakukan itu?” Ia menjawab, “Ya, jika imam shalat (telah selesai) maka ia melakukan yang demikian yaitu mengucapkan Taqabbalallaahu minna wa minkum.” Aku bertanya kembali, “Apakah Abu Umaamah melakukan yang demikian?” Ia menjawab, “Ya.”
[Tartiib Al-Amaali Al-Khamiisiyyah no. 1624][5]

7. Atsar ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziiz rahimahullah

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، نا أَبُو الْعَبَّاسِ الأَصَمُّ، نا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ، نا أَحْمَدُ بْنُ إِسْحَاقَ، نا عَبْدُ السَّلامِ الْبَزَّارُ، عَنْ أَدْهَمَ، مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، قَالَ: ” كُنَّا نَقُولُ لِعُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ فِي الْعِيدَيْنِ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ، فَيَرُدُّ عَلَيْنَا وَلا يُنْكِرُ ذَلِكَ عَلَيْنَا

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillaah Al-Haafizh, telah mengkhabarkan kepada kami Abul ‘Abbaas Al-Asham, telah mengkhabarkan kepada kami Abul ‘Abbaas bin Muhammad, telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin Ishaaq, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdussalaam Al-Bazzaaz, dari Adham maulaa ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziiz, ia berkata, “Kami dahulu mengucapkan kepada ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziiz pada dua hari raya ‘Id, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka, wahai Amiirul Mu’miniin,” maka ia pun menjawab ucapan kami dan tidak mengingkarinya.”
[Syu’abul Iimaan no. 2508][6]

8. Atsar Yuunus bin ‘Ubaid rahimahullah

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْمَعْمَرِيُّ، ثنا عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ، ثنا أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ، ثنا شُعْبَةُ، قَالَ: لَقِيَنِي يُونُسُ بْنُ عُبَيْدٍ فِي يَوْمِ عِيدٍ، فَقَالَ: ” تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Ma’mariy, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Madiiniy, telah menceritakan kepada kami Abu Daawud Sulaimaan bin Daawud, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, ia berkata, “Yuunus bin ‘Ubaid berjumpa denganku pada hari raya ‘Id, ia mengucapkan, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka.”
[Ad-Du’aa’ li Ath-Thabaraaniy no. 929][7]

9. Atsar Al-Hasan Al-Bashriy rahimahullah

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ثَعْلَبٌ النَّحْوِيُّ الْبَصْرِيُّ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ بِشْرِ بْنِ مَنْصُورٍ السَّلِيمِيُّ، ثنا مِسْكِينٌ أَبُو فَاطِمَةَ، ثنا حَوْشَبُ بْنُ عَقِيلٍ، قَالَ: لَقِيتُ الْحَسَنَ فِي يَوْمِ عِيدٍ، فَقُلْتُ: ” تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ، تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdurrahman Tsa’lab An-Nahwiy Al-Bashriy, telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Bisyr bin Manshuur As-Saliimiy, telah menceritakan kepada kami Miskiin Abu Faathimah, telah menceritakan kepada kami Hausyab bin ‘Aqiil, ia berkata, “Aku berjumpa dengan Al-Hasan pada hari raya ‘Id, maka aku ucapkan kepadanya, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka,” maka ia menjawab, “Ya, taqabbalallaahu minnaa wa minka.”
[Ad-Du’aa’ li Ath-Thabaraaniy no. 930][8]

10. Atsar Maalik bin Anas rahimahullah

حَدَّثنا ابن الباغندي، ثنا محمد بن حاتم الزمي، ثنا علي بن ثابت، قال: سألت مالك بن أنس عن قول الناس يوم العيد تقبل الله منا ومنك، فقال: ما زال ذلك الأمر عندنا ما نرى به بأسًا

Telah menceritakan kepada kami Ibnul Baaghandiy, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Haatim Az-Zammiy, telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Tsaabit, ia berkata, aku bertanya kepada Maalik bin Anas mengenai perkataan orang-orang pada hari raya ‘Id, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka,” maka Maalik menjawab, “Telah tetap perkara tersebut di sisi kami, dan kami melihatnya tidak ada masalah.”
[Ats-Tsiqaat li Ibni Hibbaan 9/90][9]

Namun hadits ‘Ubaadah menafikan ucapan tahni’ah hari raya ‘Id, sebagaimana akan datang berikut.

11. Hadits ‘Ubaadah bin Ash-Shaamit radhiyallaahu ‘anhu secara marfuu’

أَخْبَرَنَاهُ أَبُو الْحُسَيْنِ بْنُ بِشْرَانَ بِبَغْدَادَ، أنبأ أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو الرَّزَّازُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْهَيْثَمِ بْنِ حَمَّادٍ، ثنا نُعَيْمُ بْنُ حَمَّاد، ثنا عَبْدُ الْخَالِقِ بْنُ زَيْدِ بْنِ وَاقِدٍ الدِّمَشْقِيُّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” عَنْ قَوْلِ النَّاسِ فِي الْعِيدَيْنِ: ” تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ، قَالَ: ” ذَلِكَ فِعْلُ أَهْلِ الْكِتَابَيْنِ وَكَرِهَهُ

Telah mengkhabarkannya kepada kami Abul Husain bin Bisyraan -di Baghdaad-, telah memberitakan Abu Ja’far Muhammad bin ‘Amr Ar-Razzaaz, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Haitsam bin Hammaad, telah menceritakan kepada kami Nu’aim bin Hammaad, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Khaaliq bin Zaid bin Waaqid Ad-Dimasyqiy, dari Ayahnya, dari Makhuul, dari ‘Ubaadah bin Ash-Shaamit radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata, aku bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengenai perkataan orang-orang pada dua hari raya ‘Id, “Taqabbalallaahu minnaa wa minkum,” maka beliau bersabda, “Itu adalah perbuatan dua ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) dan tidak disukai.”
[Sunan Al-Kubraa li Al-Baihaqiy 3/319]

Al-Imam Al-Baihaqiy berkata :

عَبْدُ الْخَالِقِ بْنُ زَيْدٍ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ، قَالَهُ الْبُخَارِيُّ

“‘Abdul Khaaliq bin Zaid munkarul hadiits, demikian Al-Bukhaariy berkata.”

Al-‘Allaamah Abul Faraj Ibnul Jauziy berkata mengenai hadits ini :

هَذَا حديث ليس بصحيح، قال النسائي: عَبْد الخالق ليس بثقة، وقال ابن حبان: لا يجوز الاحتجاج به

“Hadits ini tidaklah shahih. An-Nasaa’iy berkata, “‘Abdul Khaaliq tidak tsiqah”, Ibnu Hibbaan berkata, “Tidak boleh menjadikan haditsnya hujjah.” [Al-‘Ilal Al-Mutanaahiyah no. 900]

Jadi, hadits ini lemah dan tidak bisa dijadikan hujjah mengenai ucapan kemakruhan ucapan tahni’ah hari raya ‘Id.

Pendapat Al-Imam Ahmad rahimahullah mengenai ucapan tahni’ah hari raya ‘Id

سَمِعْتُ أَحْمَدَ، ” سُئِلَ عَنْ قَوْلِهِمْ يَوْمَ الْعِيدِ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ؟، قَالَ: أَرْجُو أَنْ لَا يَكُونَ بِهِ بَأْسٌ

“Aku mendengar Ahmad ditanya mengenai perkataan mereka pada hari raya ‘Id, “Taqabbalallaahu minnaa wa minka”? Ia menjawab, “Aku berharap tidak mengapa dengannya.” [Masaa’il Ahmad li Abi Daawud As-Sijistaaniy hal. 89]

Fatwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah

Syaikhul Islam ditanya mengenai ucapan tahni’ah pada hari raya ‘Id, maka ia menjawab :

أَمَّا التَّهْنِئَةُ يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ إذَا لَقِيَهُ بَعْدَ صَلَاةِ الْعِيدِ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك وَنَحْوُ ذَلِكَ فَهَذَا قَدْ رُوِيَ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْ الصَّحَابَةِ أَنَّهُمْ كَانُوا يَفْعَلُونَهُ وَرَخَّصَ فِيهِ الْأَئِمَّةُ كَأَحْمَدَ وَغَيْرِهِ. لَكِنْ قَالَ أَحْمَد: أَنَا لَا أَبْتَدِئُ أَحَدًا فَإِنْ ابْتَدَأَنِي أَحَدٌ أَجَبْته وَذَلِكَ لِأَنَّ جَوَابَ التَّحِيَّةِ وَاجِبٌ وَأَمَّا الِابْتِدَاءُ بِالتَّهْنِئَةِ فَلَيْسَ سُنَّةً مَأْمُورًا بِهَا وَلَا هُوَ أَيْضًا مِمَّا نُهِيَ عَنْهُ فَمَنْ فَعَلَهُ فَلَهُ قُدْوَةٌ وَمَنْ تَرَكَهُ فَلَهُ قُدْوَةٌ. وَاَللَّهُ أَعْلَمُ

“Adapun ucapan tahni’ah pada hari raya ‘Id, sebagian mereka berkata kepada sebagian yang lain jika saling berjumpa setelah menunaikan shalat ‘Id : Taqabbalallaahu minnaa wa minkum wa ahaalahullaahu ‘alaika, dan yang semisal dengannya, maka hal ini sungguh telah diriwayatkan dari sejumlah sahabat bahwa mereka dahulu melakukannya, dan para imam semisal Ahmad dan lainnya memperbolehkannya. Namun Ahmad berkata, “Aku tidak memulai ucapan tersebut, namun jika seseorang memulainya terlebih dahulu maka aku akan menjawabnya.” Yang demikian dikarenakan menjawab salam penghormatan adalah wajib, adapun memulai dengan tahni’ah maka ia bukanlah sunnah yang ditekankan dengannya, dan bukan pula ia perkara yang terlarang. Maka barangsiapa melakukannya, ia mempunyai panutan, dan barangsiapa meninggalkannya, ia pun mempunyai panutan. Wallaahu a’lam.”
[Majmuu’ Al-Fataawaa 24/253]

Sebagai kesimpulan, maka perkara ini seperti apa yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, bahwa boleh seseorang memberi ucapan tahni’ah “Taqabbalallaahu minnaa wa minka” pada dua hari raya ‘Id, sebagaimana boleh pula seseorang meninggalkannya. Akan tetapi hendaknya jika seseorang memberi tahni’ah, dianjurkan kepada kita untuk membalasnya dengan ucapan serupa dan yang semisalnya karena ucapan tahni’ah adalah bagian dari do’a.

Semoga bermanfaat.
Wallaahu a’lam.

Diselesaikan di Ciputat, 29 Ramadhan 1435 H

Tommi Marsetio

Sumber :

Wushuulul Amaaniy bi Ushuulit Tahaaniy“, karya Al-Haafizh Jalaaluddiin As-Suyuuthiy, tahqiiq dan ta’liiq : Syaikh Yahyaa bin ‘Aliy Al-Hajuuriy, Daar Al-Imam Ahmad, cetakan pertama.

Footnotes :

[1] Sanadnya lemah, Habiib bin ‘Umar Al-Anshaariy, Abu Haatim berkata “ia haditsnya lemah, majhuul, tidak diketahui ada yang meriwayatkan darinya selain Baqiyyah”, Ad-Daaraquthniy berkata “majhuul.” [Al-Jarh wa At-Ta’diil 3/105; Miizaanul I’tidaal 2/194]

[2] Sanadnya sangat lemah karena sebab Muhammad bin Ibraahiim, dia adalah Muhammad bin Ibraahiim bin Al-‘Alaa’ Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy, Ibnu ‘Adiy berkata “semua hadits-haditsnya bukanlah hadits yang mahfuuzh”, Ibnu Hibbaan berkata “tidak halal meriwayatkan darinya kecuali dengan berbagai pertimbangan, ia pemalsu hadits”, Ad-Daaraquthniy berkata “kadzdzaab”, dan disetujui Adz-Dzahabiy, Al-Haafizh berkata “munkarul hadiits”. [Miizaanul I’tidaal 6/33; Taqriibut Tahdziib no. 5698]

Dan sanad ini mukhalafah dengan hadits Waatsilah yang pertama, oleh sebab itu ia hadits mungkar sebagaimana dikatakan Imam Ibnu ‘Adiy.

[3] Sanadnya sangat lemah.

‘Abdullaah bin Mahmuud, dia adalah ‘Abdullaah bin Mahmuud bin Muhammad, Dikatakan oleh Adz-Dzahabiy dan Al-Haafizh “ia dajjaal”. [Miizaanul I’tidaal 4/196; Lisaanul Miizaan 5/6]

Yahyaa bin Aktsam bin Muhammad bin Qathn bin Sam’aan Al-Usaidiy At-Tamiimiy, Abu Muhammad Al-Marwaziy Al-Qaadhiy. Ibnu Ma’iin mendustakannya, Ishaaq bin Raahawaih berkata “ia dajjaal”, ‘Aliy bin Al-Husain bin Al-Junaid berkata “mereka tidak ragu bahwa ia mencuri hadits orang-orang, dan menjadikan hadits tersebut milik dirinya”, Abu Haatim berkata “fiihi nazhar”, Abul Fath Al-Azdiy berkata “mereka membicarakannya, meriwayatkan dari para perawi tsiqah hal-hal mengherankan yang tidak memiliki penguat atasnya”, Shaalih bin Muhammad berkata “demi Allah, aku membenci hadits darinya”, An-Nasaa’iy berkata “ahadul fuqahaa'”, dalam riwayat lain ia berkata “termasuk salah satu dari ahli fiqh Khurasaan”, Abu ‘Abdillaah Al-Haakim berkata “termasuk imam ahli ilmu”, Ahmad ditanya mengenainya, ia berkata “aku tidak mengetahui padanya terdapat bid’ah” dan Ahmad mengingkari dengan keras tuduhan yang mengarah pada Yahyaa, Adz-Dzahabiy berkata “termasuk kibaarul fuqahaa'”, Al-Haafizh berkata “ahli fiqh, shaduuq, kecuali terdapat tuduhan padanya bahwa ia mencuri hadits namun tuduhan tersebut tidak pada tempatnya, yang benar ia mendapat riwayat dengan ijazah dan wijadah.” [Tahdziibul Kamaal no. 6788; Miizaanul I’tidaal 7/159; Taqriibut Tahdziib no. 7507]

Maka, Yahyaa bin Aktsam shaduuq sebagaimana dikatakan Al-Haafizh. Tuduhan-tuduhan yang mengarah padanya seperti dajjaal, atau ia mencuri hadits adalah tuduhan-tuduhan yang tidak pada tempatnya sebagaimana diingkari dengan keras oleh Imam Ahmad, dan perkaranya adalah seperti telah dijelaskan oleh Al-Haafizh. Wallaahu a’lam.

[4] Sanadnya lemah, Al-Ahwash bin Hakiim bin ‘Umair Al-‘Ansiy atau Al-Hamdaaniy Al-Himshiy, Yahyaa Al-Qaththaan meninggalkannya, Ibnul Madiiniy berkata “Al-Ahwash shaalih”, dalam riwayat lain ia berkata “tsiqah”, dan dalam riwayat terakhir ia berkata “tidak ditulis haditsnya”, Ibnu ‘Uyainah mendahulukan Al-Ahwash dibanding Tsaur bin Yaziid, Ahmad berkata “haditsnya tidak ada nilainya”, Ibnu Ma’iin berkata “tidak ada apa-apanya”, Al-‘Ijliy berkata “tidak mengapa dengannya”, Ya’quub bin Sufyaan berkata “seorang mujtahid dan ahli ibadah namun haditsnya tidak kuat”, Abu Haatim berkata “laisa bil qawiy” demikian pula Al-Jauzajaaniy, Abu Haatim menambahkan “munkarul hadiits, Ibnu ‘Uyainah telah keliru mendahulukan Al-Ahwash dibanding Tsaur”, An-Nasaa’iy berkata “lemah”, dalam riwayat lain ia berkata “tidak tsiqah”, Ibnu ‘Adiy berkata “ia mempunyai banyak riwayat dan ia termasuk perawi yang ditulis haditsnya, para perawi tsiqah banyak yang meriwayatkan darinya dan tidak ada sedikitpun kemungkaran dari apa yang ia riwayatkan kecuali bahwa ia mendatangkan sanad-sanad yang tidak memiliki penguat atasnya”, Al-Haafizh berkata “lemah hapalannya”. [Tahdziibul Kamaal no. 287; Taqriibut Tahdziib no. 290]

Klaim munkarul hadiits dari Abu Haatim telah dijelaskan oleh Ibnu ‘Adiy bahwa ia banyak bersendirian dalam meriwayatkan sanad haditsnya, tidak ada riwayat yang diingkari darinya, dan kesimpulannya ia dha’if.

[5] Al-Haafizh Jalaaluddiin As-Suyuuthiy mengatakan sanadnya hasan. [Wushuulul Amaaniy bi Ushuulit Tahaaniy hal. 43]

[6] Sanadnya lemah, ‘Abdussalaam Al-Bazzaaz adalah ‘Abdussalaam bin Haasyim, Abu ‘Utsmaan Al-Bazzaaz, Abu Haatim berkata “di sisiku ia tidaklah kuat”. [Al-Jarh wa At-Ta’diil 6/47]

[7] Sanadnya shahih, para perawinya adalah orang-orang tsiqah. Al-Hasan bin ‘Aliy bin Syabiib Al-Ma’mariy, Abu ‘Aliy Al-Baghdaadiy, Al-Imam Al-Haafizh, Ad-Daaraquthniy berkata “shaduuq haafizh”. [Taariikh Baghdaad 8/359]

Para perawi sisanya adalah para perawi Ash-Shahiih.

[8] Sanadnya lemah, Miskiin dia adalah Miskiin bin ‘Abdillaah, Abu Faathimah, Abu Haatim melemahkannya. [Al-Jarh wa At-Ta’diil 8/329]

[9] Sanadnya shahih, Muhammad bin Haatim Az-Zammiy, berkata Al-Haafizh dalam At-Taqriib no. 5792, “tsiqah”. Sementara Ibnul Baaghandiy adalah Muhammad bin Muhammad bin Sulaimaan bin Al-Haarits Al-Waasithiy, Abu Bakr Al-Azdiy Al-Baaghandiy, Al-Imam Al-Haafizh Al-Kabiir, ahli hadits asal ‘Iraaq. Lihat biografinya pada As-Siyar 14/383.

* * * * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s