Riwayat Nabi Khidhir(2) : Nabi Khidhir Bertemu Anas bin Maalik dan Mendo’akan Rasulullah Serta Ummatnya

greenRiwayat ini didatangkan dari 2 jalan, jalan ‘Amr bin ‘Auf dan Anas bin Maalik sendiri. Apakah shahih atau jangan-jangan ia adalah riwayat yang dha’if? Berikut penjelasan jalan-jalan periwayatannya.

1. ‘Amr bin ‘Auf Al-Muzanniy radhiyallaahu ‘anhu

Diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Ahmad Ibnu ‘Adiy Al-Jurjaaniy rahimahullah :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ بْنِ عَاصِمٍ الْبُخَارِيُّ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْقُرَشِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ، عَنْ كَثِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ فِي الْمَسْجِدِ فَسَمِعَ كَلامًا مِنْ وَرَائِهِ، فَإِذَا هُوَ بِقَائِلٍ، يَقُولُ: اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى مَا يُنْجِينِي مِمَّا خَوَّفْتَنِي، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم حِينَ سَمِعَ ذَلِكَ: ” أَلا تَضُمُّ إِلَيْهَا أُخْتَهَا، فَقَالَ الرَّجُلُ: اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي شَوْقَةَ الصَّادِقِينَ إِلَى مَا شَوَّقْتَهُمْ إِلَيْهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم لأَنَسِ ابْنِ مَالِكٍ وَكَانَ مَعَهُ: اذْهَبْ يَا أَنَسُ إِلَيْهِ فَقُلْ لَهُ: يَقُولُ لَكَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: اسْتَغْفِرْ لِي، فَجَاءَهُ أَنَسٌ فَبَلَّغَهُ، فَقَالَ الرَّجُلُ: يَا أَنَسُ أَنْتَ رَسُولُ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِلَيَّ، فَقَالَ: كَمَا أَنْتَ فَرَجِعَ فَاسْتَثْبَتَهُ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: قُلْ لَهُ نَعَمْ، فَقَالَ لَهُ: اذْهَبْ فَقُلْ لَهُ: إِنَّ اللَّهَ فَضَّلَكَ عَلَى الأَنْبِيَاءِ بِمِثْلِ مَا فَضَّلَ بِهِ رَمَضَانَ عَلَى الشُّهُورِ، وَفَضَّلَ أُمَّتِكَ عَلَى الأُمَمِ بِمِثْلِ مَا فَضَّلَ بِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى سَائِرِ الأَيَّامِ، فَذَهَبُوا يَنْظُرُونَ فَإِذَا هُوَ الْخَضِرُ عَلَيْهِ السَّلامُ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yuusuf bin ‘Aashim Al-Bukhaariy, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ismaa’iil Al-Qurasyiy, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Naafi’, dari Katsiir bin ‘Abdillaah, dari Ayahnya, dari Kakeknya, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam sedang berada di dalam masjid, lalu beliau mendengar perkataan seseorang dari arah belakangnya. Ketika orang tersebut berdo’a, “Allaahumma a’inniy ‘alaa maa yunjiiniy mimmaa khawwaftaniy (Ya Allah, bantulah aku pada hal-hal yang dapat menyelamatkan diriku dari hal-hal yang membuatku takut),” maka bersabdalah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika beliau mendengar do’a tersebut, “Ingatlah agar mengikutsertakan saudara perempuannya dalam do’anya.”

Laki-laki itu berdo’a kembali, “Allaahummarzuqniy syauqatash-shaadiqiin ilaa maa syawwaqtahum ilaih (Ya Allah, karuniakanlah aku kerinduan terhadap orang-orang yang jujur hingga kepada hal-hal yang membuat diriku penuh dengan kerinduan terhadap mereka).”

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada Anas bin Maalik yang sedang bersamanya, “Pergilah kepadanya, wahai Anas! Dan katakan kepadanya bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata kepadamu : Mohonkanlah ampunan untuk diriku!” Maka datanglah Anas kepada laki-laki tersebut dan menyampaikan kata-kata Rasulullah kepadanya. Laki-laki itu bertanya, “Wahai Anas, engkau utusan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam kepadaku? Anas menjawab, “Sebagaimana engkau (yang menjadikanku utusan kepada Rasulullah).” Lantas Anas kembali untuk memastikan pada beliau.

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Katakan kepadanya : Ya (aku adalah utusan Rasulullah)!” Lalu Anas kembali dan mengatakan demikian, maka berkatalah laki-laki itu kepadanya, “Pergilah dan katakan kepada Rasulullah : Sesungguhnya Allah telah mengutamakanmu atas para Nabi bagaikan keutamaan bulan Ramadhan atas bulan-bulan lain, dan Allah telah mengutamakan ummatmu atas seluruh umat bagaikan keutamaan hari Jum’at atas seluruh hari.”

Kemudian mereka menghampirinya, ternyata ia adalah Al-Khidhir ‘Alaihissalaam.
[Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 7/196]

Takhriij dan Derajat Sanad

Dan dari jalan Ibnu ‘Adiy ini, Al-Baihaqiy meriwayatkan dalam Dalaa’ilun Nubuwwah 5/423, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Sa’d Al-Maaliiniy, telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad bin ‘Adiy Al-Haafizh, dengannya. Juga Al-Haafizh Ibnu ‘Asaakir dalam Taariikh Dimasyq 16/422.

Disebutkan Ibnul Jauziy dalam Al-Maudhuu’aat 1/193; Ibnu Katsiir dalam Al-Bidaayah 1/331; Al-Haafizh dalam Al-Ishaabah 2/302 dan Al-Fath 6/434-435; As-Suyuuthiy dalam Al-La’aali’ Al-Mashnuu’ah 1/164-165; Ibnu ‘Iraaq Al-Kinaaniy dalam Tanziih Asy-Syarii’ah 1/233.

Asy-Syaikh Ibnu ‘Iraaq Al-Kinaaniy berkata :

وفيه كثير بن عبد الله حفيد عمرو راوي الحديث وله نسخة موضوعة، عن أبيه، عن جده وفيه أيضا عبد الله بن نافع متروك

“Didalam sanadnya ada Katsiir bin ‘Abdillaah, cucu ‘Amr (bin ‘Auf) periwayat hadits ini, ia mempunyai riwayat-riwayat palsu yang ia datangkan dari Ayahnya, dari Kakeknya. Dan didalam sanadnya pula ada ‘Abdullaah bin Naafi’, perawi matruuk.”

‘Abdullaah bin Naafi’ bin Ash-Shaa’igh Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy, Abu Muhammad Al-Madaniy, Ahmad berkata “bukan seorang ahli hadits namun ia adalah orang yang paling ahli dalam pendapat-pendapat Maalik, ia memberikan fatwa kepada penduduk Madiinah dengan pendapat Maalik”, Ibnu Ma’iin berkata “tsiqah”, Abu Zur’ah berkata “tidak mengapa”, Ibnu Sa’d berkata “ia melazimi Maalik bin Anas dengan pelaziman yang sangat”, Abu Haatim berkata “bukan seorang haafizh, layyin dalam hapalannya namun kitabnya shahih”, An-Nasaa’iy berkata “tidak ada yang salah dengannya”, Ibnu ‘Adiy berkata “meriwayatkan hadits-hadits gharib dari Maalik, dan ia mustaqiimul hadiits dalam riwayat-riwayatnya”, dimasukkan Ibnu Hibbaan dalam Ats-Tsiqaat seraya berkata “kitabnya shahih namun jika meriwayatkan dari hapalannya dimungkinkan ada kesalahan”, Al-Haafizh berkata “tsiqah, dalam hapalannya ada kelemahan”. [Tahdziibul Kamaal no. 3609; Taqriibut Tahdziib no. 3659]

Maka penyifatan Syaikh Ibnu ‘Iraaq rahimahullah atas ‘Abdullaah bin Naafi’ dengan “matruuk”, adalah penyifatan yang berlebihan karena paling sedikit ia shaduuq dan ada sedikit kelemahan dan kesalahan dalam hapalannya terutama jika ia meriwayatkan secara bersendirian. Masalah yang sebenarnya bukan pada Ibnu Naafi’, namun ada pada :

Katsiir bin ‘Abdillaah bin ‘Amr bin ‘Auf Al-Muzanniy Al-Madaniy, Ahmad berkata “munkarul hadiits, tidak ada nilainya”, dalam riwayat lain, putranya ‘Abdullaah bin Ahmad berkata “Ayahku melarang hadits Katsiir bin ‘Abdillaah dalam Al-Musnad, maka kami tidak meriwayatkan darinya”, dan dalam riwayat lain Ahmad berkata “jangan sekalipun meriwayatkan darinya”, Ibnu Ma’iin berkata “Kakeknya adalah sahabat, namun Katsiir dha’iif”, dalam riwayat lain ia berkata “tidak ada nilainya”, Abu Daawud berkata “seorang pendusta besar”, demikian pula perkataan Asy-Syaafi’iy. An-Nasaa’iy dan Ad-Daaraquthniy berkata “matruuk”, dalam riwayat lain An-Nasaa’iy berkata “bukan orang yang tsiqah”, Abu Zur’ah berkata “waahiyul hadiits, laisa bi qawiy”. [Tahdziibul Kamaal no. 4948]

Kesimpulannya, derajat sanad ‘Amr bin ‘Auf ini sangat lemah.

2. Anas bin Maalik radhiyallaahu ‘anhu

2.1 Jalan Al-Wadhdhaah bin ‘Abbaad Al-Kuufiy

Diriwayatkan oleh Al-Haafizh Ibnu ‘Asaakir rahimahullah :

أَخْبَرَنَاهُ أَبُو الْقَاسِمِ تَمِيمُ بْنُ أَبِي سَعِيدِ بْنِ أَبِي الْعَبَّاسِ، وأَبُو الْقَاسِمِ الشَّحَّامِيُّ، قَالا: أنا أَبُو سَعْدٍ أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُوسَى الْمُقْرِئُ، قَالَ الشَّحَّامِيُّ: إِمْلاءً، أنا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حَامِدٍ الأَصْبَهَانِيُّ، أنا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ الزَّعْفَرَانِيُّ، نا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ بْنِ جَابِرٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ سَلامٍ الْمَنْبِجِي، نا الْوَضَّاحُ بْنُ عَبَّادٍ الْكُوفِيُّ، نا عَاصِمٌ الأَحْوَلُ، عَنْ أَنَسِ، زَادَ الشَّحَّامِيُّ: بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: خَرَجْتُ مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فِي بَعْضِ اللَّيَالِي أَحْمِلُ لَهُ الطَّهُورَ، إِذْ سَمِعَ مُنَادِيًا، فَقَالَ: يَا أَنَسُ صَهْ، فَقَالَ: اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى مَا يُنْجِينِي مَمَّا خَوَّفْتَنِي مِنْهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: ” لَوْ قَالَ أُخْتَهَا مَعَهَا “، فَكَأَنَّ الرَّجُلَ لَقِنَ مَا أَرَادَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: وارْزُقْنِي شَوْقَ الصَّادِقِينَ إِلَى مَا شَوَّقْتَهُمْ إِلَيْهِ، فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: ” وجَبَتْ يَا أَنَسُ، دَعْ، وقَالَ تَمِيمٌ: ضَعْ هَذَا الطَّهُورَ، وائْتِ الْمُنَادِيَ، فَسَلْهُ أَنْ يَدْعُوَ لِرَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنْ يُعِينَهُ عَلَى مَا ابْتَعَثَهُ بِهِ، ويَدْعُوَ لأُمَّتِهِ وأَنْ يَأْخُذُوا مَا آتَاهُمْ بِهِ نَبِيُّهُمْ بِالْحَقِّ “، فَقَالَ لِي: مَنْ أَرْسَلَكَ؟ فَكَرِهْتُ أَنْ أُعْلِمَهُ ولَمْ أَسْتَأْذِنْ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقُلْتُ: ومَا عَلَيْكَ يَرْحَمُكَ اللَّهُ تَدْعُوَ بِمَا سَأَلْتُكَ، فَقَالَ: لا، أَوْ تُخْبِرَنِي مَنْ أَرْسَلَكَ، فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقُلْتُ لَهُ: فَقَالَ: ” قُلْ لَهُ: أَنَا رَسُولُ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم “، فَقَالَ: مَرْحَبًا بِرَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وبِرَسُولِهِ، أَنَا كُنْتُ أَحَقَّ أَنْ آتِيَهُ، أَقْرِئْ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم السَّلامَ، وقُلْ لَهُ: الْخَضِرُ يُقْرِئُكَ السَّلامَ، ويَقُولُ: زَادَ الشَّحَّامِيُّ: لَكَ، وقَالا: إِنَّ اللَّهَ قَدْ فَضَّلَكَ عَلَى النَّبِيِّينَ، كَمَا فَضَّلَ شَهْرَ رَمَضَانَ عَلَى سَائِرِ الشُّهُورِ، وفَضَّلَ أُمَّتَكَ عَلَى الأُمَمِ، كَمَا فَضَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى سَائِرِ الأَيَّامِ، فَلَمَّا ولَّيْتُ عَنْهُ سَمِعْتُهُ، يَقُولُ: اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مَعَ هَذِهِ الأُمَّةِ الْمَرْحُومَةِ الْمُرْشَدَةِ الْمَتُوبِ عَلَيْهَا

Telah mengkhabarkannya kepada kami Abul Qaasim Tamiim bin Abu Sa’iid bin Abul ‘Abbaas dan Abul Qaasim Asy-Syahhaamiy, keduanya berkata, telah memberitakan kepada kami Abu Sa’d Ahmad bin Ibraahiim bin Muusaa Al-Muqri’ -Asy-Syahhaamiy berkata : dengan imlaa’-, telah memberitakan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdullaah bin Haamid Al-Ashbahaaniy, telah memberitakan kepada kami Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Al-Husain Az-Za’faraaniy, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Al-Fadhl bin Jaabir, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Salaam Al-Manbijiy, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Wadhdhaah bin ‘Abbaad Al-Kuufiy, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aashim Al-Ahwal, dari Anas -Asy-Syahhaamiy menambahkan : bin Maalik-, Anas berkata :

“Aku keluar bersama Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pada beberapa malam sementara aku membawa air suci untuk beliau, pada saat itulah terdengar suara orang yang berseru. Nabi bersabda, “Wahai Anas, diamlah!” Suara tersebut berdo’a, “Allaahumma a’inniy ‘alaa maa yunjiiniy mimmaa khawwaftaniy (Ya Allah, bantulah aku pada hal-hal yang dapat menyelamatkan diriku dari hal-hal yang membuatku takut).” Bersabdalah Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, “Kalau saja ia menyertakan saudara perempuannya.” Maka seakan-akan laki-laki tersebut paham dengan apa yang Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam inginkan, ia kembali berdo’a, “Warzuqniy syauqash-shaadiqiin ilaa maa syawwaqtahum ilaih (Dan karuniakanlah aku kerinduan terhadap orang-orang yang jujur hingga kepada hal-hal yang membuat diriku penuh dengan kerinduan terhadap mereka).”

Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Pastilah wahai Anas (bahwa ia adalah Khidhir), tinggalkan! -Tamiim berkata : Letakkan air suci tersebut!-, dan datangilah orang yang berseru itu, serta mintalah ia agar berdo’a untuk Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, agar membantunya pada hal-hal yang ia diutus dengannya serta mendo’akan ummatnya agar mereka mengambil apa yang didatangkan kepada Nabi mereka dengan Al-Haqq.”

Setelah aku mendatanginya, laki-laki tersebut bertanya, “Siapa yang mengutusmu kemari?” Anas berkata, “Dan aku tidak suka memberitahukan kepadanya (siapa yang mengutusku) sementara aku belum meminta izin Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, maka aku katakan, “Akankah kau -semoga Allah merahmatimu- berdo’a dengan do’a yang telah kuminta padamu?” Ia menjawab, “Tidak! Atau kau khabarkan kepadaku siapa yang mengutusmu!” Lalu aku kembali kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan aku ceritakan kejadiannya pada beliau. Beliau bersabda, “Katakan kepadanya : Aku adalah utusan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam.”

Lantas aku kembali mendatanginya dan aku katakan sesuai dengan apa yang disabdakan Rasulullah, laki-laki tersebut berkata, “Selamat datang bagi Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan bagi utusannya! Aku lebih berhak untuk mendatangi beliau. Ucapkan salam kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Katakan pada beliau : Al-Khidhir mengucapkan untukmu salam dan mengatakan -Asy-Syahhaamiy menambahkan, “kepadamu”- : Sesungguhnya Allah telah mengutamakanmu atas para Nabi sebagaimana keutamaan bulan Ramadhan atas seluruh bulan dan Allah mengutamakan ummatmu atas seluruh umat sebagaimana keutamaan hari Jum’at atas seluruh hari.”

Anas berkata, “Tatkala aku hendak beranjak darinya, aku mendengar Al-Khidhir berdo’a : Allaahummaj’alniy ma’a hadzihil ummatil marhuumatil mursyadatil matuubi ‘alaiha (Ya Allah, jadikanlah aku bagian bersama umat ini, umat yang dirahmati, yang diberi petunjuk dan umat yang diturunkan ampunan).”
[Taariikh Dimasyq 16/422]

Takhriij dan Derajat Sanad

Al-Imam Ath-Thabaraaniy rahimahullah juga mengeluarkan hadits ini dalam Mu’jam Al-Ausath no. 3071, dari jalan Bisyr bin ‘Aliy Al-‘Ijliy, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salaam Al-Manbijiy, dengannya.

Ath-Thabaraaniy berkata :

لَمْ يَرْوِ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ أَنَسٍ إِلا عَاصِمٌ الأَحْوَلُ، وَلا عَنْ عَاصِمٍ إِلا الْوَضَّاحُ بْنُ عَبَّادٍ، تَفَرَّدَ بِهِ: مُحَمَّدُ بْنُ سَلامٍ

“Hadits ini tidak teriwayatkan dari Anas kecuali oleh ‘Aashim Al-Ahwal, dan tidak teriwayatkan dari ‘Aashim kecuali oleh Al-Wadhdhaah bin ‘Abbaad. Muhammad bin Salaam tafarrud dengannya.”

Abul Hasan Al-Haitsamiy berkata :

فيه الوضاح بن عباد الكوفي تكلم فيه أبو الحسين بن المنادي وشيخ الطبراني بشر بن علي بن بشر العمي لم أعرفه وبقية رجاله ثقات

“Didalamnya ada Al-Wadhdhaah bin ‘Abbaad Al-Kuufiy yang diperbincangkan oleh Abul Husain bin Al-Munaadiy sementara syaikh-nya Ath-Thabaraaniy yaitu Bisyr bin ‘Aliy bin Bisyr Al-‘Ammiy, aku tidak mengetahuinya. Para perawi sisanya adalah orang-orang tsiqah.” [Majma’ Az-Zawaa’id 8/214]

Syaikh Ibnu ‘Iraaq Al-Kinaaniy berkata, mengutip perkataan Abul Husain bin Al-Munaadiy :

واه بالوضاح وغيره وهو منكر الإسناد سقيم المتن ولم يراسل الخضر نبينا صلى الله عليه وسلم ولم يلقه

“Lemah dengan sebab Al-Wadhdhaah dan yang selainnya. Hadits ini sanadnya munkar dan matannya rusak. Al-Khidhir tidaklah diutus kepada Nabi kita -Shallallaahu ‘alaihi wasallam, tidak pula bertemu dengan beliau.” [Tanziih Asy-Syarii’ah 1/233]

Muhammad bin Salaam Al-Manbijiy, meriwayatkan dari ‘Iisaa bin Yuunus. Ibnu Mandah berkata “ia mempunyai riwayat-riwayat yang gharib”. [Miizaanul I’tidaal 6/171]

Al-Wadhdhaah bin ‘Abbaad Al-Kuufiy, meriwayatkan dari ‘Aashim Al-Ahwal. Diperbincangkan oleh Abul Husain Ahmad bin Al-Munaadiy. Dalam Adh-Dhu’afaa’ wal Matruukiin disebutkan bahwa ia dijarh oleh Ibnul Munaadiy. [Miizaanul I’tidaal 7/124; Adh-Dhu’afaa’ wal Matruukiin li Ibnil Jauziy 3/183]

Maka, sanad dari jalan ini mungkar karena tafarrudnya Muhammad bin Salaam dan matannya bathil seperti kata Ibnul Munaadiy.

Hadits Anas bin Maalik juga datang dari beberapa jalan lain :

2.2 Jalan Abu Khaalid -mu’adzdzin bani Musliyah-

Diriwayatkan oleh Al-Haafizh Ibnu ‘Asaakir :

أَخْبَرَنَاهُ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، فِي كِتَابِهِ، أنا الْقَاضِي أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، بِمِصْرَ، أنا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُوسَى التَّمَّارُ الْحَافِظُ، نا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيدٍ، نا الْحُسَيْنُ بْنُ رَبِيعٍ، نا الْحُسَيْنُ بْنُ يَزِيدَ السَّلُولِيُّ، نا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُور، نا أَبُو خَالِدٍ، مُؤَذِّنُ بَنِي مُسْلِيَةَ، نا أَبُو دَاوُدَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَتَوَضَّأُ مِنَ اللَّيْلِ إِلَى اللَّيْلِ، فَخَرَجْتُ مَعَهُ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فِي بَعْضِ طُرُقِ الْمَدِينَةِ ومَعِي الطَّهُورُ، فَسَمِعَ صَوْتَ رَجُلٍ يَدْعُو: اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى مَا يُنْجِينِي مِمَّا خَوَّفْتَنِي…إلخ

Telah mengkhabarkannya kepada kami Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Ahmad bin Ibraahiim -pada kitabnya-, telah memberitakan kepada kami Al-Qaadhiy Abul Hasan ‘Aliy bin ‘Ubaidillaah bin Muhammad Al-Hamdaaniy -di Mesir-, telah memberitakan kepada kami Abul Hasan ‘Aliy bin Muhammad bin Muusaa At-Tammaar Al-Haafizh, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Sa’iid, telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Rabii’, telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin Yaziid As-Saluuliy, telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Manshuur, telah menceritakan kepada kami Abu Khaalid -mu’adzdzin bani Musliyah-, telah menceritakan kepada kami Abu Daawud, dari Anas bin Maalik, ia berkata, “Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa berwudhu’ dari malam ke malam, lalu aku keluar bersama beliau pada suatu malam melalui beberapa jalan di kota Madinah, dan aku membawa air untuk bersuci. Lantas terdengarlah suara seorang laki-laki yang sedang berdo’a : Allaahumma a’inniy ‘alaa maa yunjiiniy mimmaa khawwaftaniy… (hingga akhir hadits)”
[Taariikh Dimasyq 16/423]

Takhriij dan Derajat Sanad

Sanad ini sebagaimana disebutkan dalam Tahdziib Taariikh Dimasyq 3/101 secara singkat.

Al-Haafizh Ibnu Katsiir berkata :

روي إبن عساكر عن أبي داود الأعمى نفيع بن الحارث، وهو كذاب وضاع عن أنس بن مالك

“Diriwayatkan Ibnu ‘Asaakir dari Abu Daawud Al-A’maa Nufai’ bin Al-Haarits, dan dia seorang pendusta gemar memalsukan hadits dari Anas bin Maalik.” [Al-Bidaayah wa An-Nihaayah 1/331]

Nufai’ bin Al-Haarits, Abu Daawud Al-A’maa Ad-Daarimiy, dikatakan namanya adalah Naafi’, terkenal dengan kuniyahnya, Abu Daawud Al-A’maa, ia seorang tukang cerita. Yahyaa Al-Qaththaan dan Ibnu Mahdiy meninggalkan hadits-haditsnya, Ahmad berkata “ia mengaku-aku telah mendengar dari Al-‘Abaadilah (Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Abbaas dan Ibnu Az-Zubair -radhiyallaahu ‘anhum-) padahal ia tidak pernah mendengar sedikitpun dari mereka”, Ibnu Ma’iin berkata “ia pemalsu hadits, tidak ada nilainya”, dalam riwayat lain ia berkata “Abu Daawud bukan orang yang tsiqah”, ‘Amr bin ‘Aliy Al-Fallaas dan An-Nasaa’iy berkata “matruukul hadiits”, dalam riwayat lain An-Nasaa’iy berkata “bukan orang yang tsiqah, tidak ditulis haditsnya”, Abu Haatim berkata “munkarul hadiits, dha’iif”, Al-Bukhaariy berkata “mereka membicarakannya”, Abu Ja’far Al-‘Uqailiy berkata “dia termasuk orang-orang yang ghuluw dalam aqidah raafidhah”, Al-Haafizh berkata “matruuk, Ibnu Ma’iin mendustakannya”. [Tahdziibul Kamaal no. 6466; Taqriibut Tahdziib no. 7181]

Sanad hadits ini sangat lemah karena sebab Abu Daawud Al-A’maa, seorang pendusta dan ditinggalkan hadits-haditsnya.

2.3 Jalan Mu’aadz bin ‘Abdillaah bin Abu Bakr, yang diriwayatkan Al-Imam Ibnu Syaahiin

Al-Haafizh As-Suyuuthiy rahimahullah menyebutkan jalan ini dari Ibnu Syaahiin :

وقال ابن شاهين حَدَّثَنَا مُوسَى بْن أنس بْن خَالِد بْن عَبْد الله بْن أَبِي طلحة بْن مُوسَى بْن أنس بْن مالك، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا مُحَمَّد بْن عَبْد الله الْأنْصَارِيّ، حَدَّثَنَا حاتِم بْن أَبِي داود، عَن مُعاذ بْن عَبْد الله بْن أَبِي بَكْر، عَن أَبِيهِ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: ” خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ لَيْلَةٍ لِحَاجَةٍ، فَخَرَجْتُ خَلْفَهُ، فَسَمِعْنَا قَائِلا يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ شَوْقَ الصَّادِقِينَ إِلَى مَا شَوَّقْتَهُمْ إِلَيْهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم…إلخ

Ibnu Syaahiin berkata : telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Anas bin Khaalid bin ‘Abdillaah bin Abu Thalhah bin Muusaa bin Anas bin Maalik, telah menceritakan kepada kami Ayahku, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillaah Al-Anshaariy, telah menceritakan kepada kami Haatim bin Abu Daawud, dari Mu’aadz bin ‘Abdillaah bin Abu Bakr, dari Ayahnya, dari Anas, ia berkata, “Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar pada suatu malam untuk sebuah keperluan, dan aku mengikuti di belakang beliau. Lantas kami mendengar sebuah suara yang berdo’a : Allaahumma inniy as’aluka syauqash-shaadiqiin ilaa maa syawwaqtahum ilaih. Lalu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda… (hingga akhir hadits).”
[Al-La’aali’ Al-Mashnuu’ah 1/166]

Takhriij dan Derajat Sanad

Disebutkan oleh Al-Haafizh dalam Al-Ishaabah fiy Tamyiiz Ash-Shahaabah 2/304 yang dinukil dari Ibnu Syaahiin rahimahullah.

As-Suyuuthiy menukil kalam Al-Haafizh, ia berkata :

وقال الدَّارَقُطْنِيّ فِي الأفراد: حَدَّثَنَا أَحْمَد بْن الْعَبَّاس البغوي، حَدَّثَنَا أنس بْن خَالِد، حدَّثَنِي مُحَمَّد بْن عَبْد الله، نحوه. مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ هذا هُوَ أَبُو سَلَمَةَ الأَنْصَارِيُّ، وَهُوَ وَاهِي الْحَدِيثِ جِدًّا، وليس هُوَ شيخ الْبُخَاريّ قاضي البصرة ذاك ثقة، وهو أقدمُ من أَبِي سلمة، انتهى كلامُ الحافظ ابن حجر، والله أعلم

“Ad-Daaraquthniy berkata dalam Al-Afraad : telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Al-‘Abbaas Al-Baghawiy, telah menceritakan kepada kami Anas bin Khaalid, telah menceritakan kepadaku Muhammad bin ‘Abdillaah dengannya, yang semaknanya. Muhammad bin ‘Abdillaah ini adalah Abu Salamah Al-Anshaariy, dia perawi yang sangat lemah, dia bukanlah syaikhnya Al-Bukhaariy, qaadhiy kota Bashrah yang tsiqah dan dia lebih tua dari Abu Salamah. Selesai perkataan Al-Haafizh Ibnu Hajar. Wallaahu a’lam.” [Al-La’aali’ 1/166]

Syaikhnya Al-Imam Al-Bukhaariy yang dimaksud adalah Muhammad bin ‘Abdillaah bin Al-Mutsannaa bin ‘Abdillaah bin Anas bin Maalik Al-Anshaariy, Abu ‘Abdillaah Al-Qaadhiy Al-Bashriy, Abu Haatim berkata “aku tidak melihat para imam kecuali 3 orang, Ahmad bin Hanbal, Sulaimaan bin Daawud Al-Haasyimiy dan Muhammad bin ‘Abdillaah Al-Anshaariy”, Al-Haafizh berkata “tsiqah”. [Tahdziibul Kamaal no. 5372; Taqriibut Tahdziib no. 6046]

Sementara Abu Salamah Al-Anshaariy adalah :

Muhammad bin ‘Abdillaah bin Ziyaad Al-Anshaariy, Abu Salamah Al-Bashriy, dikatakan ia bernama Muhammad bin ‘Amr bin ‘Abdillaah. Abu Ja’far Al-‘Uqailiy berkata “munkarul hadiits”, Ibnu Hibbaan berkata “munkarul hadiits jiddan, meriwayatkan dari orang-orang tsiqah hal-hal yang tidak berasal dari hadits mereka, tidak boleh berhujjah dengannya”, Ibnu Thaahir berkata “kadzdzaab”, Al-Haakim Abu ‘Abdillaah berkata “meriwayatkan hadits-hadits maudhuu'”, Al-Haafizh berkata “mereka mendustakannya”. [Tahdziibut Tahdziib 9/256; Taqriibut Tahdziib no. 6019]

Inilah Abu Salamah yang menjadi cacat dalam sanad.

Sementara jalan yang terakhir…

2.4 Jalan Dhamrah bin Rabii’ah

Disebutkan oleh Al-Imam ‘Abdul Kariim Ar-Raafi’iy Asy-Syaafi’iy rahimahullah dalam At-Tadwiin :

ثَنَا مَوْهَبُ بْنُ يَزِيدَ الرَّمْلِيُّ، ثَنَا ضَمْرَةُ بْنُ رَبِيعٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ حَسَنٍ نَسِيبِ أَيُّوبَ السَّخْتِيَانِيِّ، عَنِ الْعَلاءِ بْنِ يَزِيدَ السُّلَمِيِّ، عَنْ أَنَسٍ، سَمِعَ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَائِلا، يَقُولُ: يَا ذَا الْجَلالِ، يَا ذَا الْبَهْجَةِ وَالْجَمَالِ، يَا حَسِنَ الْفِعَالِ، أَسْأَلَكَ أَنْ تُعِينَنِي عَلَى مَا يُنْجِينِي مِمَّا خَوَّفْتَنِي مِنْهُ، وَأَنْ تَرْزُقَنِي شَوْقَ الصَّادِقِينَ، إِلَى مَا شَوَّقْتَهُمْ إِلَيْهِ، فَقَالَ: يَا أَنَسُ، أَتِيهِ فَقُلْ لَهُ: إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ، وَقُلْ لَهُ: فَلْيَسْتَغْفِرْ لِي، فَقَالَ: غَفَرَ اللَّهُ لِي وَلأَخِي أَبْلِغْهُ مِنِّي السَّلامَ، وَأَخْبِرْهُ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَضَّلَهُ عَلَى الأَنْبِيَاءِ، كَمَا فَضَّلَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ عَلَى سَائِرِ اللَّيَالِي، ثُمَّ قَالَ: يَا أَنَسُ، تَعْرِفَهُ، قَالَ: لا، قَالَ: ذَاكَ أَخِي الْخَضِرُ عَلَيْهِ السَّلامُ

Telah menceritakan kepada kami Mauhab bin Yaziid Ar-Ramliy, telah menceritakan kepada kami Dhamrah bin Rabii’ah, dari Zaid bin Hasan -kerabat Ayyuub As-Sakhtiyaaniy-, dari Al-‘Alaa’ bin Yaziid As-Sulamiy, dari Anas, “Suatu ketika Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam mendengar seseorang yang berdo’a : Wahai Pemilik Kemuliaan, wahai Pemilik Kebahagiaan dan Keindahan, wahai Dzat yang Maha Berbuat Baik, aku memohon kepadaMu untuk membantuku pada hal-hal yang dapat menyelamatkan diriku dari hal-hal yang membuatku takut, dan agar Kau mengkaruniakanku kerinduan terhadap orang-orang yang jujur hingga kepada hal-hal yang membuat diriku penuh dengan kerinduan terhadap mereka.”

Nabi bersabda, “Wahai Anas, datangilah ia dan katakan kepadanya bahwa aku adalah Rasulullah, katakan pula kepadanya agar memohonkan ampunan untukku.”

Maka laki-laki tersebut berkata (setelah Anas mendatanginya), “Semoga Allah mengampuniku dan saudaraku, sampaikan padanya salam dariku dan khabarkan padanya bahwa Allah telah mengutamakannya atas para Nabi, sebagaimana keutamaan lailatul qadr atas seluruh malam.”

Kemudian Nabi bertanya, “Wahai Anas, tahukah kau siapa dia?” Anas menjawab, “Tidak.” Nabi bersabda, “Dia adalah saudaraku, Al-Khidhir ‘Alaihissalaam.”
[At-Tadwiin fiy Akhbaar Qazwiin 1/209]

Takhriij dan Derajat Sanad

Sanad ini berderajat sangat lemah. Al-‘Alaa’ adalah seorang pemalsu hadits.

Al-‘Alaa’ bin Yaziid As-Sulamiy Ats-Tsaqafiy, Abu Muhammad Al-Bashriy Al-Waasithiy, dikenal dengan nama Ibnu Zaidal. ‘Aliy bin Al-Madiiniy berkata “ia seorang pemalsu hadits”, Al-Bukhaariy, Al-‘Uqailiy dan Ibnu ‘Adiy bersepakat “munkarul hadiits”, Abu Haatim menambahkan “matruukul hadiits”, begitu pula Abu Daawud. Ibnu Hibbaan berkata “meriwayatkan kisah-kisah palsu dari Anas, tidak halal menyebutkan riwayatnya”, Ad-Daaraquthniy berkata “matruuk”, Abul Waliid berkata “Al-‘Alaa’ pendusta”. [Tahdziibul Kamaal no. 4569; Miizaanul I’tidaal 5/132]

3. Al-Khulaashah

Dengan memperhatikan jalan keseluruhan sanad-sanad diatas yang tak terlepas dari cacat-cacat seperti adanya para perawi yang tak dikenal, ditinggalkan haditsnya ataupun perawi yang gemar memalsukan hadits, juga komentar para imam hadits yang terpercaya, terlihat bahwasanya kisah Nabi Khidhir bertemu Anas bin Maalik yang diutus Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam kemudian Al-Khidhir mendo’akan Rasulullah serta umatnya, adalah kisah dusta, bathil dan tidak layak dijadikan hujjah bahwa Al-Khidhir bertemu Rasulullah dan tidak layak dinisbatkan kepada Nabi Khidhir ‘Alaihissalaam apalagi kepada Rasulullah, sayyidul mursalin wal anbiyaa’.

Kisah-kisah seperti ini adalah kegemaran para tukang cerita yang tidak mementingkan keshahihan hadits, yang terpenting bagi mereka adalah cerita-cerita mereka laris didengar dan disimak orang. Dan sungguh, kita telah dicukupkan dengan kisah-kisah shahih dari para Nabi dan Rasul yang terdapat dalam Al-Qur’an serta hadits-hadits shahih, maka tidak perlu kita menyibukkan diri dengan kisah-kisah bathil dan dusta ini.

Wallaahu a’lam.

Bersambung…

Mega Kuningan, 12 Muharram 1436 H

Abu Ahmad Tommi Marsetio

One thought on “Riwayat Nabi Khidhir(2) : Nabi Khidhir Bertemu Anas bin Maalik dan Mendo’akan Rasulullah Serta Ummatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s