Tasyahhud dan Shalawat Didalam Shalat Menurut Al-Imam Asy-Syaafi’iy

tasyahudNegara kita, Indonesia, adalah negara yang kaum musliminnya mayoritas bermadzhab Syaafi’iy, oleh karena itu kiranya penting pula jika kita mengetahui bagaimana pendapat dan riwayat-riwayat Al-Imam Asy-Syaafi’iy rahimahullah dalam sebuah permasalahan, termasuk dalam masalah tasyahhud dan shalawat didalam shalat. Lafazh tasyahhud dan shalawat yang sudah kita kenal dan sehari-hari kita baca dalam shalat-shalat kita diriwayatkan oleh beliau didalam kitab Al-Umm dan kemudian diriwayatkan oleh murid dan sahabatnya, Ar-Rabii’ bin Sulaimaan Al-Muraadiy rahimahullah. Inilah lafazh tasyahhud tersebut :

أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ، عَنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، وَطَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” يُعَلِّمُنَا التَّشَهُّدَ كَمَا يُعَلِّمُنَا الْقُرْآنَ، فَكَانَ يَقُولُ: التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ، الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ، سَلَامٌ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، سَلَامٌ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ “. قَالَ الرَّبِيعُ: وَحَدَّثَنَاهُ يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ. قَالَ الشَّافِعِيُّ: وَبِهَذَا نَقُولُ، وَقَدْ رُوِيَتْ فِي التَّشَهُّدِ أَحَادِيثُ مُخْتَلِفَةٌ كُلُّهَا، فَكَانَ هَذَا أَحَبَّهَا إِلَيَّ ؛ لِأَنَّهُ أَكْمَلُهَا

Telah mengkhabarkan kepada kami Ar-Rabii’, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Asy-Syaafi’iy, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Yahyaa bin Hassaan, dari Al-Laits bin Sa’d, dari Abu Az-Zubair Al-Makkiy, dari Sa’iid bin Jubair dan Thaawus, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata, “Dahulu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada kami bacaan tasyahhud sebagaimana beliau mengajarkan Al-Qur’an kepada kami, beliau mengucapkan : Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatu lillaah, salaamun ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, salaamun ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin, asyhadu an laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah.”

Ar-Rabii’ berkata, “Dan telah menceritakannya kepada kami Yahyaa bin Hassaan.”

Asy-Syaafi’iy berkata, “Dengan ini kami berpendapat, dan telah teriwayatkan dalam masalah tasyahhud ini hadits-hadits yang semuanya saling berbeda (lafazh), maka hadits ini lebih aku sukai karena lafazhnya lebih sempurna.”
[Al-Umm 2/269] – dengan sanad yang shahih[1].

Kemudian untuk shalawat dalam shalat, Al-Imam berkata :

فَلَمْ يَكُنْ فَرْضُ الصَّلَاةِ عَلَيْهِ فِي مَوْضِعٍ أَوْلَى مِنْهُ فِي الصَّلَاةِ وَوَجَدْنَا الدَّلَالَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَا وَصَفْت مِنْ أَنَّ الصَّلَاةَ عَلَى رَسُولِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرْضٌ فِي الصَّلَاةِ وَاَللَّهُ تَعَالَى أَعْلَمُ

“Tidak ada tempat yang lebih utama untuk bershalawat atas Rasulullah selain didalam shalat, dan kami mendapati dalil dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang mana aku telah sifatkan bahwasanya bershalawat atas RasulNya Shallallaahu ‘alaihi wasallam adalah fardhu didalam shalat. Wallaahu Ta’ala a’lam.”

أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْك يَعْنِي فِي الصَّلَاةِ قَالَ: قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْت عَلَى إبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْت عَلَى إبْرَاهِيمَ ثُمَّ تُسَلِّمُونَ عَلَيَّ

Telah mengkhabarkan kepada kami Ar-Rabii’, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Asy-Syaafi’iy, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Shafwaan bin Sulaim, dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahman, dari Abu Hurairah bahwa ia bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cara kami bershalawat atasmu? -yaitu didalam shalat-. Rasulullah bersabda, “Ucapkanlah : Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shallaita ‘alaa Ibraahiim, wa baarik ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad kamaa baarakta ‘alaa Ibraahiim, kemudian ucapkan salam kepadaku.”

أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي سَعْدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ فِي الصَّلَاةِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْت عَلَى إبْرَاهِيمَ وَآلِ إبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْت عَلَى إبْرَاهِيمَ وَآلِ إبْرَاهِيمَ إنَّك حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Telah mengkhabarkan kepada kami Ar-Rabii’, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Asy-Syaafi’iy, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin Muhammad, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Sa’d bin Ishaaq bin Ka’b bin ‘Ujrah, dari ‘Abdurrahman bin Abi Lailaa, dari Ka’b bin ‘Ujrah, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau mengucapkan didalam shalat, “Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shallaita ‘alaa Ibraahiim wa aali Ibraahiim, wa baarik ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad kamaa baarakta ‘alaa Ibraahiim wa aali Ibraahiim, innaka hamiidun majiid.”
[Al-Umm 2/270-271] – dengan sanad yang lemah[2].

Al-Imam Asy-Syaafi’iy berkata :

فَلَمَّا رُوِيَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعَلِّمُهُمْ التَّشَهُّدَ فِي الصَّلَاةِ وَرُوِيَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَّمَهُمْ كَيْفَ يُصَلُّونَ عَلَيْهِ فِي الصَّلَاةِ لَمْ يَجُزْ وَاَللَّهُ تَعَالَى أَعْلَمُ أَنْ نَقُولَ: التَّشَهُّدُ وَاجِبٌ وَالصَّلَاةُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَيْرُ وَاجِبَةٍ وَالْخَبَرُ فِيهِمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زِيَادَةُ فَرْضِ الْقُرْآنِ

“Ketika diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dahulu mengajarkan tasyahhud didalam shalat kepada para sahabat dan diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengajarkan pula kepada mereka cara bershalawat atas beliau didalam shalat, maka tidaklah cukup bagi kita -Wallaahu Ta’ala a’lam- jika mengatakan : tasyahhud wajib sementara bershalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bukan kewajiban, karena khabar dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam kedua masalah ini adalah tambahan pada apa yang difardhu-kan oleh Al-Qur’an.”

Inilah pendapat Al-Imam Asy-Syaafi’iy dan dari sini kita ketahui bahwa beliau berpendapat tasyahhud dan shalawat didalam shalat adalah wajib. Akan datang perincian mengenai hal tersebut, insya Allah.

Perincian Tasyahhud dan Shalawat Didalam Shalat Menurut Asy-Syaafi’iy

Berkatalah Al-Imam Asy-Syaafi’iy :

فَعَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَجَبَتْ عَلَيْهِ الْفَرَائِضُ أَنْ يَتَعَلَّمَ التَّشَهُّدَ وَالصَّلَاةَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ يَتَشَهَّدْ فِيهَا وَيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يُحْسِنُ التَّشَهُّدَ فَعَلَيْهِ إعَادَتُهَا وَإِنْ تَشَهَّدَ وَلَمْ يُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ صَلَّى عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يَتَشَهَّدْ فَعَلَيْهِ الْإِعَادَةُ حَتَّى يَجْمَعَهُمَا جَمِيعًا

“Maka bagi setiap muslim yang telah wajib baginya mengerjakan shalat-shalat fardhu, hendaklah ia mempelajari tasyahhud dan shalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Barangsiapa yang shalat dengan satu shalat namun ia tidak mengucapkan tasyahhud didalamnya dan bershalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam padahal ia bagus (pengucapan) tasyahhud-nya, maka wajib baginya mengulang shalatnya. Jika ia mengucapkan tasyahhud namun tidak bershalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, atau bershalawat atas beliau namun tidak mengucapkan tasyahhud, maka wajib baginya mengulang hingga ia menggabungkan (pembacaan) keduanya.”

وَإِنْ كَانَ لَا يُحْسِنُهُمَا عَلَى وَجْهِهِمَا أَتَى بِمَا أَحْسَنَ مِنْهُمَا وَلَمْ يُجْزِهِ إلَّا بِأَنْ يَأْتِيَ بِاسْمِ تَشَهُّدٍ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَإِذَا أَحْسَنَهُمَا فَأَغْفَلَهُمَا، أَوْ عَمَدَ تَرْكَهُمَا فَسَدَتْ وَعَلَيْهِ الْإِعَادَةُ فِيهِمَا جَمِيعًا

“Jika ia tidak bagus mengucapkan tasyahhud dan shalawat sesuai dengan lafazh keduanya, maka ia (cukuplah) membaca dengan apa yang memang ia mampu dari keduanya. Dan tidak mencukupinya melainkan ia membaca dengan lafazh yang dinamakan tasyahhud dan shalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Apabila ia bagus dalam pengucapan keduanya namun ia lalai darinya, atau sengaja meninggalkan keduanya, maka rusak shalatnya dan wajib baginya mengulang keduanya.”

وَالتَّشَهُّدُ وَالصَّلَاةُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ فِي كُلِّ صَلَاةٍ غَيْرِ الصُّبْحِ تَشَهُّدَانِ تَشَهُّدٌ أَوَّلٌ وَتَشَهُّدٌ آخِرٌ، إنْ تَرَكَ التَّشَهُّدَ الْأَوَّلَ وَالصَّلَاةَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ سَاهِيًا لَا إعَادَةَ عَلَيْهِ وَعَلَيْهِ سَجْدَتَا السَّهْوِ لِتَرْكِهِ وَمَنْ تَرَكَ التَّشَهُّدَ الْآخِرَ سَاهِيًا، أَوْ عَامِدًا فَعَلَيْهِ إعَادَةُ الصَّلَاةِ

“Tasyahhud dan shalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam (wajib dibaca lengkap) pada tasyahhud awal dalam semua shalat selain shalat Subuh, (pada shalat ini) ia menggabungkan dua tasyahhud : tasyahhud awal dan tasyahhud akhir. Apabila ia meninggalkan bacaan tasyahhud awal dan shalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pada tasyahhud awal karena lupa, ia tidak perlu mengulang shalatnya namun wajib baginya melakukan sujud sahwi karena meninggalkannya. Barangsiapa meninggalkan bacaan tasyahhud akhir karena lupa atau disengaja maka wajib baginya mengulang shalatnya.”

وَلَوْ لَمْ يَزِدْ رَجُلٌ فِي التَّشَهُّدِ عَلَى أَنْ يَقُولَ: التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ السَّلَامُ عَلَيْك أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ وَصَلَّى عَلَى رَسُولِ اللَّهِ كَرِهْت لَهُ ذَلِكَ وَلَمْ أَرَ عَلَيْهِ إعَادَةً؛ لِأَنَّهُ قَدْ جَاءَ بِاسْمِ تَشَهُّدٍ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَلَّمَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ وَالتَّشَهُّدُ فِي الْأُولَى وَالثَّانِيَةِ لَفْظٌ وَاحِدٌ لَا يَخْتَلِفُ

“Kalau seseorang tidak menambahi lafazh tasyahhud pada apa yang ia baca (sekadarnya) : Attahiyyaatu lillaahi, asyhadu an laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah, assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin, lalu ia bershalawat atas Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, maka aku membenci ia melakukan yang demikian namun aku tidak berpendapat ia wajib mengulang karena ia telah membaca dengan lafazh yang sesuai dengan nama tasyahhud dan shalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, serta ia telah mengucapkan salam kepada Rasulullah dan kepada para hamba Allah. Lafazh tasyahhud pertama dan kedua adalah sama, tidak dibedakan.”

Inilah ijtihad Asy-Syaafi’iy yang kami kutip secara singkat dari kitab Al-Umm karyanya. Semoga Allah Ta’ala meluaskan rahmat dan ampunanNya untuk Asy-Syaafi’iy atas ilmunya yang bermanfaat dan berkah bagi umat Islam hingga masa kini.

Pendapat yang Menyelisihi Ijtihad Asy-Syaafi’iy Dalam Bacaan Pada Tasyahhud Awal

Jika Asy-Syaafi’iy berpendapat bahwa bershalawat kepada Rasulullah pada tasyahhud awal (disamping bacaan tasyahhud itu sendiri) adalah wajib dan jika meninggalkannya maka harus sujud sahwi, lalu adakah pendapat yang berbeda dengan beliau? Tentu saja ada. Dalam hal ini, dalil yang mendasarinya telah diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad rahimahullah :

حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَنْ تَشَهُّدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي وَسَطِ الصَّلَاةِ وَفِي آخِرِهَا، عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْأَسْوَدِ بْنِ يَزِيدَ النَّخَعِيُّ، عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: عَلَّمَنِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ التَّشَهُّدَ فِي وَسَطِ الصَّلَاةِ وَفِي آخِرِهَا، فَكُنَّا نَحْفَظُ عَنْ عَبْدِ اللهِ حِينَ أَخْبَرَنَا أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَّمَهُ إِيَّاهُ، قَالَ: فَكَانَ يَقُولُ: إِذَا جَلَسَ فِي وَسَطِ الصَّلَاةِ، وَفِي آخِرِهَا عَلَى وَرِكِهِ الْيُسْرَى: ” التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ، وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ، وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ “، قَالَ: ” ثُمَّ إِنْ كَانَ فِي وَسَطِ الصَّلَاةِ نَهَضَ حِينَ يَفْرُغُ مِنْ تَشَهُّدِهِ، وَإِنْ كَانَ فِي آخِرِهَا دَعَا بَعْدَ تَشَهُّدِهِ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَدْعُوَ ثُمَّ يُسَلِّمَ

Telah menceritakan kepada kami Ya’quub, ia berkata, telah menceritakan kepadaku Ayahku, dari Ibnu Ishaaq, ia berkata, telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahman bin Al-Aswad bin Yaziid An-Nakha’iy -mengenai tasyahhud Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam pada pertengahan dan akhir shalat-, dari Ayahnya, dari ‘Abdullaah bin Mas’uud, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengajariku bacaan tasyahhud pada pertengahan dan akhir shalat, -maka kami (yaitu Al-Aswad bin Yaziid dan murid-murid Ibnu Mas’uud) menghapal dari ‘Abdullaah ketika ia mengkhabarkan kepada kami bahwa Rasulullah mengajarkan kepadanya-, Ibnu Mas’uud berkata :

“Jika beliau duduk pada pertengahan dan akhir shalat dengan bertumpu pada telapak kaki kirinya, beliau mengucapkan : Attahiyyaatu lillaah wash shalawaatu wath thayyibaat, assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin, asyhadu an laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuulah.” Ibnu Mas’uud melanjutkan, “Kemudian apabila beliau duduk pada pertengahan shalat (yakni pada saat tasyahhud awal, -pent), beliau segera bangkit setelah menyelesaikan bacaan tasyahhudnya, apabila beliau duduk pada akhir shalat beliau berdo’a setelah bacaan tasyahhudnya dengan do’a yang Allah kehendaki untuk beliau kemudian beliau mengucapkan salam.”
[Musnad Ahmad 7/392 no. 4382] – dengan sanad yang hasan[3].

Dipahami dari dalil diatas, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam duduk ringan ketika tasyahhud awal dan tidak menambahi dengan bacaan apapun didalamnya selain bacaan tasyahhud.

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ، حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ هُوَ الطَّيَالِسِيُّ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، أَخْبَرَنَا سَعْدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَال: سَمِعْتُ أَبَا عُبَيْدَةَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ يُحَدِّثُ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” إِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ كَأَنَّهُ عَلَى الرَّضْفِ

Telah menceritakan kepada kami Mahmuud bin Ghailaan, telah menceritakan kepada kami Abu Daawud -yaitu Ath-Thayaalisiy-, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, telah mengkhabarkan kepada kami Sa’d bin Ibraahiim, ia berkata, aku mendengar Abu ‘Ubaidah bin ‘Abdillaah bin Mas’uud menceritakan dari Ayahnya, ia berkata, “Dahulu jika Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam duduk pada dua raka’at awal seakan-akan beliau duduk diatas batu yang dipanaskan.”
[Jaami’ At-Tirmidziy no. 366]

At-Tirmidziy memberikan ta’liq terhadap hadits ini, ia berkata :

هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ إِلَّا أَنَّ أَبَا عُبَيْدَةَ لَمْ يَسْمَعْ مِنْ أَبِيهِ وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ يَخْتَارُونَ أَنْ لَا يُطِيلَ الرَّجُلُ الْقُعُودَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ وَلَا يَزِيدَ عَلَى التَّشَهُّدِ شَيْئًا وَقَالُوا إِنْ زَادَ عَلَى التَّشَهُّدِ فَعَلَيْهِ سَجْدَتَا السَّهْوِ هَكَذَا رُوِيَ عَنْ الشَّعْبِيِّ وَغَيْرِهِ

“Hadits ini adalah hadits hasan, hanya saja Abu ‘Ubaidah tidak mendengar dari Ayahnya. Pengamalan hadits ini menurut para ulama adalah mereka memilih agar seseorang tidak memanjangkan duduk pada dua raka’at awal dan tidak menambahi dengan sesuatu pada bacaan tasyahhud. Para ulama berkata, apabila seseorang menambah atas bacaan tasyahhud maka wajib baginya sujud sahwi. Demikianlah diriwayatkan dari Asy-Sya’biy dan yang lainnya.”

حَدَّثَنَا حَفْصٌ، عَنْ أَشْعَثَ، عَنِ الْحَسَنِ، أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ: ” لَا يَزِيدُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ عَلَى التَّشَهُّدِ

Telah menceritakan kepada kami Hafsh, dari Asy’ats, dari Al-Hasan bahwa ia mengatakan, “Jangan menambahi bacaan tasyahhud pada dua raka’at awal (yaitu pada duduk tahiyat awal, -pent).”
[Al-Mushannaf li Ibni Abi Syaibah no. 3035]

حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ نُعَيْمٍ الْقَارِئِ، عَنْ مُطَرِّفٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، قَالَ: ” مَنْ زَادَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ عَلَى التَّشَهُّدِ فَعَلَيْهِ سَجْدَتَا سَهْوٍ

Telah menceritakan kepada kami Jariir, dari Nu’aim Al-Qaari’, dari Mutharrif, dari Asy-Sya’biy, ia berkata, “Barangsiapa menambah bacaan atas tasyahhud pada dua raka’at awal, maka wajib baginya sujud sahwi.”
[Al-Mushannaf li Ibni Abi Syaibah no. 3036]

عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مَيْسَرَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ طَاوُسًا، يَقُولُ: ” لا أَعْلَمُ بَعْدَ الرَّكْعَتَيْنِ إِلا التَّشَهُّدَ

Dari Ibnu Juraij, dari Ibraahiim bin Maisarah, ia berkata, aku mendengar Thaawus mengatakan, “Aku tidak mengetahui bacaan setelah dua raka’at awal kecuali tasyahhud.”
[Al-Mushannaf li ‘Abdirrazzaaq no. 3059]

Al-Imam Ibnul Mundzir rahimahullah berkata :

فَكَرِهَ بَعْضُهُمُ الزِّيَادَةَ عَلَى التَّشَهُّدِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُولَيَيْنِ، فَكَانَ عَطَاءٌ يَقُولُ فِي الْمَثْنَى الأَوَّلِ: إِنَّمَا هُوَ لِلتَّشَهُّدِ، وَقَالَ طَاوُسٌ فِي الْمَثْنَى الأَوَّلِ: مَا أَعْلَمُهُ إِلا التَّشَهُّدَ قَطُّ، وَهَذَا مَذْهَبُ النَّخَعِيِّ، وَهُوَ قَوْلُ الثَّوْرِيِّ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ، وَغَيْرِهِمْ مِنْ أَصْحَابِنَا، وَكَانَ الشَّعْبِيُّ يَقُولُ: مَنْ زَادَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُولَيَيْنِ عَلَى التَّشَهُّدِ، فَعَلَيْهِ سَجْدَتَا السَّهْوِ، وَكَانَ الشَّافِعِيُّ يَقُولُ: لا تُزِدْ فِي الْجُلُوسِ الأَوَّلِ عَلَى التَّشَهُّدِ وَالصَّلاةِ عَلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَدْ رُوِّينَا عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ أَبَاحَ أَنْ يَدْعُوَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُولَيَيْنِ إِذَا قَضَى تَشَهُّدَهُ بِمَا بَدَا لَهُ، وَقَالَ مَالِكٌ: ذَاكَ وَاسِعٌ، وَدِينُ اللَّهِ يُسْرٌ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: الْقَوْلُ الأَوَّلُ أَحَبُّ إِلَيَّ

“Sebagian dari para ulama membenci tambahan atas bacaan tasyahhud pada dua raka’at awal. ‘Athaa’ mengatakan pada dua raka’at awal sesungguhnya hanya ada bacaan tasyahhud. Thaawus berkata pada dua raka’at awal, “Aku tidak mengetahui (ada bacaan lain) kecuali bacaan tasyahhud saja.” Dan inilah madzhab An-Nakha’iy, juga pendapat Ats-Tsauriy, Ahmad, Ishaaq (ibnu Raahawaih), dan selain mereka dari sahabat-sahabat kami. Asy-Sya’biy mengatakan, “Barangsiapa menambah bacaan atas tasyahhud pada dua raka’at awal maka wajib baginya sujud sahwi.” Asy-Syaafi’iy mengatakan, “Jangan kau tambah bacaan atas tasyahhud dan shalawat kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika duduk tahiyat awal.” Telah diriwayatkan kepada kami dari Ibnu ‘Umar bahwa ia membolehkan berdo’a ketika duduk tahiyat pada dua raka’at awal jika telah selesai bacaan tasyahhudnya dengan do’a-do’a yang mudah baginya. Maalik berkata, “Perkara ini luas dan agama Allah itu mudah.” Abu Bakr (yaitu Al-Imam Ibnul Mundzir) berkata, “Pendapat pertama lebih kusukai.”
[Al-Ausath fiy As-Sunan wa Al-Ijmaa’ no. 1521]

Dan pendapat inilah yang dipilih oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimiin rahimahullah, yaitu menyingkat duduk tahiyat awal dan hanya membaca tasyahhud :

لو أن أحداً مِن النَّاس صَلَّى على النبيِّ صلّى الله عليه وسلّم في هذا الموضع ما أنكرنا عليه، لكن لو سألنا أيُّهما أحسن؟ لقلنا: الاقتصار على التشهُّدِ فقط، ولو صَلَّى لم يُنْهَ عن هذا الشيء؛ لأنه زيادة خير، وفيه احتمال، لكن اتباع ظاهر السُّنَّة أَولى

“Seumpama ada salah seorang dari kaum muslimin yang bershalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pada tempat ini (yaitu pada saat duduk tahiyat awal), maka kami tidak mengingkarinya, namun apabila ditanyakan kepada kami, yang mana yang lebih baik? Maka kami jawab : cukup menyingkatnya pada bacaan tasyahhud saja, dan apabila ia bershalawat maka ia tidak perlu dilarang dari perkara ini sedikitpun karena bacaan shalawat ini adalah tambahan yang baik dan didalamnya ada beberapa kemungkinan, akan tetapi mengikuti yang nampak (pada dalil) adalah sunnah yang utama.”
[Asy-Syarh Al-Mumti’ ‘alaa Zaad Al-Mustaqni’ 3/162]

Dalam Al-Mausuu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah :

يَرَى جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ أَنَّ الْمُصَلِّيَ لاَ يَزِيدُ عَلَى التَّشَهُّدِ فِي الْقَعْدَةِ الأْولَى بِالصَّلاَةِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِهَذَا قَال النَّخَعِيُّ وَالثَّوْرِيُّ وَإِسْحَاقُ. وَذَهَبَ الشَّافِعِيَّةُ فِي الأْظْهَرِ مِنَ الأْقْوَال إِلَى اسْتِحْبَابِ الصَّلاَةِ فِيهَا، وَبِهِ قَال الشَّعْبِيُّ. وَأَمَّا إِذَا جَلَسَ فِي آخِرِ صَلاَتِهِ فَلاَ خِلاَفَ بَيْنَ الْفُقَهَاءِ فِي مَشْرُوعِيَّةِ الصَّلاَةِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ التَّشَهُّدِ

“Jumhur fuqaha berpendapat bahwa orang yang shalat tidak menambahi bacaan tasyahhud pada saat duduk tahiyat awal dengan bacaan shalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, dan inilah pendapat An-Nakha’iy, Ats-Tsauriy serta Ishaaq. Sementara Asy-Syaafi’iyyah -menurut pendapat yang paling kuat dari beberapa pendapat- berpendapat dibolehkannya bershalawat kepada Nabi didalamnya, dan dengannya berkatalah Asy-Sya’biy. Adapun jika duduk tahiyat akhir maka tidak ada perselisihan diantara para fuqaha mengenai masyru’nya bershalawat atas Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam setelah bacaan tasyahhud.”
[Al-Mausuu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah 12/39]

‘Alaa kulli haal, benar kata Al-Imam Maalik rahimahullah (sebagaimana yang disebutkan Ibnul Mundzir) bahwa perkara ini luas dan agama Allah itu mudah, maka masalah ini masuk pada ranah ikhtilaf ulama yang tidak mencapai kata kesepakatan (ijma’). Oleh karena itu diperbolehkan bagi seseorang condong kepada pendapat yang menurutnya lebih kuat sesuai dengan dalil-dalil yang mendasarinya tanpa perlu berselisih lebih jauh dengan orang lain yang memilih pendapat berbeda dengannya.

Selesai. Semoga bermanfaat.
Wallaahu a’lam.

Dirampungkan di Ciputat, 2 Jumadal Ula 1436 H

Tommi Marsetio Abu Ahmad

Sumber :

Kitab “Al-Umm” karya Al-Imam Muhammad bin Idriis Asy-Syaafi’iy, tahqiiq : Dr. Rif’at Fauziy ‘Abdul Muththalib, Daar Al-Wafaa’, cetakan pertama.

Footnotes :

[1] Al-Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan lafazh tasyahhud ini dalam Shahih-nya no. 405 dengan sanad :

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا لَيْثٌ. ح وحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، وَعَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّهُ قَالَ: ” كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا التَّشَهُّدَ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid, telah menceritakan kepada kami Laits, (dari jalur lainnya) telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rumh bin Al-Muhaajir, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Laits, dari Abu Az-Zubair, dari Sa’iid bin Jubair dan Thaawus, dari Ibnu ‘Abbaas bahwa ia berkata, “Dahulu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada kami bacaan tasyahhud…”

Diriwayatkan pula oleh At-Tirmidziy (Jaami’ no. 290); Abu Daawud (Sunan no. 974); An-Nasaa’iy (Al-Mujtaba’ no. 1174; Al-Kubraa no. 764); Ibnu Maajah (Sunan no. 900); Ahmad (Musnad no. 2660); Ibnu Khuzaimah (Shahiih no. 682); Ibnu Hibbaan (Shahiih no. 1952); Al-Baihaqiy (Sunan Al-Kubraa 2/140); dan yang lainnya.

[2] Kedua hadits tersebut dha’if dengan sebab Ibraahiim bin Muhammad.

Namanya adalah Ibraahiim bin Muhammad bin Abi Yahyaa (nama Abu Yahyaa adalah Sam’aan) Al-Aslamiy, Abu Ishaaq Al-Madaniy. Ulama hampir sepakat atas kelemahannya dalam hadits dan jarh yang disematkan pada dirinya adalah jarh yang keras.

Maalik melarang meriwayatkan darinya dan ketika ditanya mengenai pelarangannya Maalik menjawab “Tidak ada yang bagus pada agamanya”, dalam riwayat dari Yahyaa Al-Qaththaan, Maalik berkata “tidak tsiqah, tidak pula tsiqah dalam agamanya”, Ahmad berkata “ia seorang qadariy, mu’taziliy, jahmiy, semua hal-hal yang celaka ada didalam dirinya”, dalam riwayat lain Ahmad berkata “jangan menulis haditsnya, kaum muslimin meninggalkan periwayatannya, ia meriwayatkan hadits-hadits munkar yang tidak punya asal-usul”, Bisyr bin Al-Mufadhdhal berkata “aku bertanya pada para fuqaha Madinah mengenai dirinya, semuanya berkata : kadzdzab! atau yang semakna dengannya”, Yahyaa Al-Qaththaan dalam riwayat Ibnul Madiiniy berkata “kadzdzab” sedangkan dalam riwayat lain ia berkata “kami menuduhnya dengan kedustaan”, Al-Bukhaariy berkata “seorang jahmiyyah, Ibnul Mubaarak dan kaum muslimin meninggalkan hadits-haditsnya, ia bermadzhab qadariyyah”, Ibnu Ma’iin dalam suatu riwayat berkata “bukan orang yang tsiqah”, dalam riwayat lain ia berkata “seorang pendusta pada semua yang ia riwayatkan”, dan dalam riwayat terakhir ia berkata “ia seorang qadariy, pendusta dan rafidhiy”, An-Nasaa’iy berkata “matruuk”. Lihat selengkapnya dalam Tahdziibul Kamaal 2/184.

Namun Imam Asy-Syaafi’iy mempunyai pandangan yang baik terhadap Ibraahiim bin Abi Yahyaa.

قال يحيى بن زكريا ابن حيويه: فقلت للربيع: فما حمل الشافعي على الرواية عنه؟ قال: كان يقول: لان يخر من السماء – أو قال من بعد – أحب إليه من أن يكذب، وكان ثقة في الحديث

Yahyaa bin Zakariyaa bin Hayyawaih berkata, “Aku bertanya kepada Ar-Rabii’, “Apa yang Asy-Syaafi’iy bawa tentang riwayat mengenai Ibnu Abi Yahyaa?” Ar-Rabii’ menjawab, “Asy-Syaafi’iy mengatakan, “Bahkan jatuh dari langit -atau dari tempat yang jauh- lebih ia (yaitu Ibnu Abi Yahyaa, -pent) sukai ketimbang ia berdusta, ia seorang yang tsiqah dalam hadits.”

قال الربيع: كان الشافعي إذا قال: حدثنا من لا أتهم – يريد به إبراهيم ابن أبي يحيى

Ar-Rabii’ berkata, “Jika Asy-Syaafi’iy berkata : telah menceritakan kepada kami seseorang yang tidak kutuduh (berdusta) – yang ia maksud adalah Ibraahiim bin Abi Yahyaa.” [Miizaanul I’tidaal 1/183]

Hadits Ka’b bin ‘Ujrah diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya no. 4797 dengan sanad :

حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ، عَنْ الْحَكَمِ، عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَمَّا السَّلَامُ عَلَيْكَ فَقَدْ عَرَفْنَاهُ، فَكَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْكَ؟ قَالَ

Telah menceritakan kepadaku Sa’iid bin Yahyaa bin Sa’iid, telah menceritakan kepada kami Ayahku, telah menceritakan kepada kami Mis’ar, dari Al-Hakam, dari Ibnu Abi Lailaa, dari Ka’b bin ‘Ujrah radhiyallaahu ‘anhu, ditanyakan, “Wahai Rasulullah, adapun mengucapkan salam kepadamu maka kami telah mengetahuinya, lalu bagaimana cara bershalawat atasmu?” Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, …

Dan Al-Imam Muslim dalam Shahih-nya no. 409 dengan sanad :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى، قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنِ الْحَكَمِ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ أَبِي لَيْلَى، قَالَ: لَقِيَنِي كَعْبُ بْنُ عُجْرَةَ، فَقَالَ: أَلَا أُهْدِي لَكَ هَدِيَّةً، خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقُلْنَا: قَدْ عَرَفْنَا كَيْفَ نُسَلِّمُ عَلَيْكَ، فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ، قَالَ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa dan Muhammad bin Basysyaar -lafazhnya milik Ibnul Mutsannaa-, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Al-Hakam, ia berkata, aku mendengar Ibnu Abi Lailaa berkata, “Ka’b bin ‘Ujrah berjumpa denganku, ia berkata, “Maukah aku beri kau sebuah hadiah? Pada suatu hari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar bersama kami, kami bertanya pada beliau, “Sungguh kami telah mengetahui bagaimana cara mengucapkan salam atasmu, lalu bagaimanakah cara kami bershalawat atasmu?” Maka beliau menjawab, …

Maka kesimpulannya, hadits Asy-Syaafi’iy shahih dengan dikuatkan dari jalur yang lain.

[3] Asy-Syaikh Syu’aib Al-Arna’uuth hafizhahullah berkata :

صحيح، وهذا إسناد حسن من أجل ابن إسحاق- وهو محمد- وقد صرح بالتحديث، فانتفت شبهة تدليسه، وبافي رجاله ثقات رجال الشيخين

“Shahiih, dan hadits ini sanadnya hasan karena sebab Ibnu Ishaaq -ia adalah Muhammad-, ia telah jelas menyatakan tahdiits (telah menceritakan kepadaku, -pent) maka hilanglah syubhat tadlisnya. Para perawi sisanya adalah para perawi tsiqah, para perawi Asy-Syaikhain.”
[Ta’liiq Musnad Ahmad 7/392]

* * * * *

4 thoughts on “Tasyahhud dan Shalawat Didalam Shalat Menurut Al-Imam Asy-Syaafi’iy

  1. Alhamdulillah, berfaedah. Semoga Allah Ta’ala beri antum kemudahan untuk berbagi tulisan selanjutnya.
    Jazakumullahu khairan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s