‘Aqidah Al-Imam Al-Bukhaariy Rahimahullahu Ta’ala

laa tafarraquAl-Haafizh Abul Qaasim Hibbatullah Al-Laalikaa’iy rahimahullah telah meriwayatkan dengan sanadnya mengenai kalam sang imam besar terkait ‘aqidah yang beliau jadikan pegangan, Al-Laalikaa’iy berkata :

أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَفْصٍ الْهَرَوِيُّ , قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ , قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ مُحَمَّدُ بْنُ عِمْرَانَ بْنِ مُوسَى الْجُرْجَانِيُّ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا مُحَمَّدٍ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْبُخَارِيَّ بِالشَّاشِ يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْمَاعِيلَ الْبُخَارِيَّ يَقُولُ

Ahmad bin Muhammad bin Hafsh Al-Harawiy telah mengkhabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Salamah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abul Husain Muhammad bin ‘Imraan bin Muusaa Al-Jurjaaniy telah menceritakan kepada kami, ia berkata, aku mendengar Abu Muhammad ‘Abdurrahman bin Muhammad bin ‘Abdirrahman Al-Bukhaariy -di Syaasyi- mengatakan, aku mendengar Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Ismaa’iil Al-Bukhaariy, mengatakan :

لَقِيتُ أَكْثَرَ مِنْ أَلْفِ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَهْلِ الْحِجَازِ وَمَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ وَالْكُوفَةِ وَالْبَصْرَةِ وَوَاسِطَ وَبَغْدَادَ وَالشَّامِ وَمِصْرَ لَقِيتُهُمْ كَرَّاتٍ قَرْنًا بَعْدَ قَرْنٍ ثُمَّ قَرْنًا بَعْدَ قَرْنٍ , أَدْرَكْتُهُمْ وَهُمْ مُتَوَافِرُونَ مُنْذُ أَكْثَرَ مِنْ سِتٍّ وَأَرْبَعِينَ سَنَةً , أَهْلَ الشَّامِ وَمِصْرَ وَالْجَزِيرَةِ مَرَّتَيْنِ وَالْبَصْرَةِ أَرْبَعَ مَرَّاتٍ فِي سِنِينَ ذَوِي عَدَدٍ بِالْحِجَازِ سِتَّةَ أَعْوَامٍ , وَلَا أُحْصِي كَمْ دَخَلْتُ الْكُوفَةَ وَبَغْدَادَ مَعَ مُحَدِّثِي أَهْلِ خُرَاسَانَ

“Aku telah berjumpa dengan lebih dari seribu orang laki-laki yang termasuk ulama penduduk Hijaaz, Makkah, Madiinah, Kuufah, Bashrah, Waasith, Baghdaad, Syaam dan Mesir, aku menjumpai mereka berkali-kali dari waktu ke waktu hingga masa ke masa, aku telah bertemu banyak dari mereka selama lebih dari 46 tahun, yaitu para ulama penduduk Syaam dan Jaziirah sebanyak dua kali, Bashrah empat kali dalam rentang waktu beberapa tahun ketika aku lama menetap di Hijaaz selama 6 tahun, dan tak terhitung berapa banyak aku memasuki Kuufah dan Baghdaad bersama para ahli hadits syaikh-syaikhku dari penduduk Khuraasaan

مِنْهُمُ الْمَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ , وَيَحْيَى بْنُ يَحْيَى , وَعَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ شَقِيقٍ , وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ , وَشِهَابُ بْنُ مَعْمَرٍ

Mereka adalah Al-Makkiy bin Ibraahiim, Yahyaa bin Yahyaa, ‘Aliy bin Al-Hasan bin Syaqiiq, Qutaibah bin Sa’iid, dan Syihaab bin Ma’mar.

وَبِالشَّامِ مُحَمَّدَ بْنَ يُوسُفَ الْفِرْيَابِيَّ , وَأَبَا مُسْهِرٍ عَبْدَ الْأَعْلَى بْنَ مُسْهِرٍ , وَأَبَا الْمُغِيرَةِ عَبْدَ الْقُدُّوسِ بْنَ الْحَجَّاجِ , وَأَبَا الْيَمَانِ الْحَكَمَ بْنَ نَافِعٍ , وَمِنْ بَعْدِهِمْ عِدَّةٌ كَثِيرَةٌ

Lalu di Syaam yaitu Muhammad bin Yuusuf Al-Firyaabiy, Abu Mushir ‘Abdul A’laa bin Mushir, Abul Mughiirah ‘Abdul Qudduus bin Al-Hajjaaj, Abul Yamaan Al-Hakam bin Naafi’, dan dari beberapa orang setelah mereka yang banyak jumlahnya.

وَبِمِصْرَ يَحْيَى بْنَ كَثِيرٍ , وَأَبَا صَالِحٍ كَاتِبَ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ , وَسَعِيدَ بْنَ أَبِي مَرْيَمَ , وَأَصْبَغَ بْنَ الْفَرَجِ , وَنُعَيْمَ بْنَ حَمَّادٍ

Di Mesir yaitu Yahyaa bin Katsiir, Abu Shaalih sekretaris Al-Laits bin Sa’d, Sa’iid bin Abi Maryam, Asbagh bin Al-Faraj, dan Nu’aim bin Hammaad.

وَبِمَكَّةَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ يَزِيدَ الْمُقْرِئَ , وَالْحُمَيْدِيَّ , وَسُلَيْمَانَ بْنَ حَرْبٍ قَاضِيَ مَكَّةَ , وَأَحْمَدَ بْنَ مُحَمَّدٍ الْأَزْرَقِيَّ

Di Makkah yaitu ‘Abdullaah bin Yaziid Al-Muqri’, Al-Humaidiy, Sulaimaan bin Harb -ia seorang qaadhiy di kota Makkah-, dan Ahmad bin Muhammad Al-Azraqiy.

وَبِالْمَدِينَةِ إِسْمَاعِيلَ بْنَ أَبِي أُوَيْسٍ , وَمُطَرِّفَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ , وَعَبْدَ اللَّهِ بْنَ نَافِعٍ الزُّبَيْرِيَّ , وَأَحْمَدَ بْنَ أَبِي بَكْرٍ أَبَا مُصْعَبٍ الزُّهْرِيَّ , وَإِبْرَاهِيمَ بْنَ حَمْزَةَ الزُّبَيْرِيَّ , وَإِبْرَاهِيمَ بْنَ الْمُنْذِرِ الْحِزَامِيَّ

Di Madiinah yaitu Ismaa’iil bin Abi Uwais, Mutharrif bin ‘Abdillaah, ‘Abdullaah bin Naafi’ Az-Zubairiy, Abu Mush’ab Ahmad bin Abu Bakr Az-Zuhriy, Ibraahiim bin Hamzah Az-Zubairiy, dan Ibraahiim bin Al-Mundzir Al-Hizaamiy.

وَبِالْبَصْرَةِ أَبَا عَاصِمٍ الضَّحَّاكَ بْنَ مَخْلَدٍ الشَّيْبَانِيَّ , وَأَبَا الْوَلِيدِ هِشَامَ بْنَ عَبْدِ الْمَلِكِ , وَالْحَجَّاجَ بْنَ الْمِنْهَالِ , وَعَلِيَّ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَعْفَرٍ الْمَدِينِيَّ

Di Bashrah yaitu Abu ‘Aashim Adh-Dhahhaak bin Makhlad Asy-Syaibaaniy, Abul Waliid Hisyaam bin ‘Abdil Malik, Al-Hajjaaj bin Al-Minhaal, dan ‘Aliy bin ‘Abdillaah bin Ja’far Al-Madiiniy.

وَبِالْكُوفَةِ أَبَا نُعَيْمٍ الْفَضْلَ بْنَ دُكَيْنٍ , وَعُبَيْدَ اللَّهِ بْنَ مُوسَى , وَأَحْمَدَ بْنَ يُونُسَ , وَقَبِيصَةَ بْنَ عُقْبَةَ , وَابْنَ نُمَيْرٍ , وَعَبْدَ اللَّهِ وَعُثْمَانَ ابْنَا أَبِي شَيْبَةَ

Di Kuufah yaitu Abu Nu’aim Al-Fadhl bin Dukain, ‘Ubaidullaah bin Muusaa, Ahmad bin Yuunus, Qabiishah bin ‘Uqbah, Ibnu Numair dan dua bersaudara ‘Abdullaah dan ‘Utsmaan bin Abi Syaibah.

وَبِبَغْدَادَ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ , وَيَحْيَى بْنَ مَعِينٍ , وَأَبَا مَعْمَرٍ , وَأَبَا خَيْثَمَةَ , وَأَبَا عُبَيْدٍ الْقَاسِمَ بْنَ سَلَّامٍ , وَمِنْ أَهْلِ الْجَزِيرَةِ: عَمْرَو بْنَ خَالِدٍ الْحَرَّانِيَّ

Di Baghdaad yaitu Ahmad bin Hanbal, Yahyaa bin Ma’iin, Abu Ma’mar, Abu Khaitsamah, Abu ‘Ubaid Al-Qaasim bin Sallaam dan dari penduduk Jaziirah yaitu ‘Amr bin Khaalid Al-Harraaniy.

وَبِوَاسِطَ عَمْرَو بْنَ عَوْنٍ , وَعَاصِمَ بْنَ عَلِيِّ بْنِ عَاصِمٍ

Di Waasith yaitu ‘Amr bin ‘Aun dan ‘Aashim bin ‘Aliy bin ‘Aashim.

وَبِمَرْوَ صَدَقَةَ بْنَ الْفَضْلِ , وَإِسْحَاقَ بْنَ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيَّ

Di Marw yaitu Shadaqah bin Al-Fadhl dan Ishaaq bin Ibraahiim Al-Hanzhaliy.

وَاكْتَفَيْنَا بِتَسْمِيَةِ هَؤُلَاءِ كَيْ يَكُونَ مُخْتَصَرًا وَأَنْ لَا يَطُولَ ذَلِكَ , فَمَا رَأَيْتُ وَاحِدًا مِنْهُمْ يَخْتَلِفُ فِي هَذِهِ الْأَشْيَاءِ: أَنَّ الدِّينَ قَوْلٌ وَعَمَلٌ؛ وَذَلِكَ لِقَوْلِ اللَّهِ: {وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةِ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ} [البينة: 5]. وَأَنَّ الْقُرْآنَ كَلَامُ اللَّهِ غَيْرُ مَخْلُوقٍ لِقَوْلِهِ: {إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ}، قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ: قَالَ ابْنُ عُيَيْنَةَ: فَبَيَّنَ اللَّهُ الْخَلْقَ مِنَ الْأَمْرِ لِقَوْلِهِ: {أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ} [الأعراف: 54] . وَأَنَّ الْخَيْرَ وَالشَّرَّ بِقَدَرٍ لِقَوْلِهِ: {قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ} [الفلق: 2] وَلِقَوْلِهِ: {وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ} [الصافات: 96] وَلِقَوْلِهِ: {إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ} [القمر: 49]

Dan kami mencukupkan diri dengan menyebutkan nama-nama mereka secara singkat saja serta tidak memperpanjang yang demikian[1].

Aku tidak melihat salah seorangpun dari para syaikh tersebut menyelisihi perkara-perkara berikut :

Bahwasanya ad-diin (agama) adalah perkataan dan perbuatan, demikianlah firman Allah :

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus.” [QS Al-Bayyinah : 5]

Dan bahwasanya Al-Qur’an adalah kalamullah, bukan makhluk, dengan firmanNya :

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia beristiwa di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakanNya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintahNya.” [QS Al-A’raaf : 54]

Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Ismaa’iil melanjutkan :

“Ibnu ‘Uyainah berkata, “Lalu Allah menjelaskan bahwa Dia-lah yang menciptakan segala sesuatu, dengan firmanNya :

“Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.” [QS Al-A’raaf : 54]

Dan bahwasanya kebaikan dan keburukan terjadi dengan takdir, dengan firmanNya :

“Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhlukNya.” [QS Al-Falaq : 1-2]

FirmanNya :

“Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu.” [QS Ash-Shaaffaat : 96]

Dan firmanNya :

“Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut takdirnya.” [QS Al-Qamar : 49]

وَلَمْ يَكُونُوا يُكَفِّرُونَ أَحَدًا مِنْ أَهْلِ الْقِبْلَةِ بِالذَّنْبِ لِقَوْلِهِ: {إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمِنْ يَشَاءُ} [النساء: 48] . وَمَا رَأَيْتُ فِيهِمْ أَحَدًا يَتَنَاوَلُ أَصْحَابَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَتْ عَائِشَةُ: «أُمِرُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لَهُمْ» وَذَلِكَ قَوْلُهُ: {رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَحِيمٌ} [الحشر: 10]. وَكَانُوا يَنْهَوْنَ عَنِ الْبِدَعِ مَا لَمْ يَكُنْ عَلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابُهُ؛ لِقَوْلِهِ: {وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا} [آل عمران: 103] وَلِقَوْلِهِ: {وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا} [النور: 54] . وَيَحُثُّونَ عَلَى مَا كَانَ عَلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَتْبَاعُهُ لِقَوْلِهِ: {وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ} [الأنعام: 153]

Para syaikh tersebut tidak mengkafirkan satupun ahli kiblat dengan dosa yang ia lakukan, firman Allah :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakiNya.” [QS An-Nisaa’ : 48]

Dan aku tidak melihat seorangpun dari mereka mengusik kehormatan para sahabat Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam, ‘Aaisyah berkata :

“Mereka diperintahkan agar memohonkan ampunan untuk mereka (para sahabat)[2].”

Dengan inilah firman Allah :

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” [QS Al-Hasyr : 10]

Dan mereka melarang dari perbuatan bid’ah (mengada-ada dalam syari’at, -pent) yang belum pernah terjadi pada masa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya, dengan firman Allah :

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai.” [QS Ali ‘Imraan : 103]

FirmanNya :

“Dan jika kamu taat kepadanya (yaitu Rasul), niscaya kamu mendapat petunjuk.” [QS An-Nuur : 54]

Dan mereka menekankan agar berpegang teguh pada apa yang Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam berada diatasnya dan ittiba’ kepadanya, dengan firman Allah :

“Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa.” [QS Al-An’aam : 153]

وَأَنْ لَا نُنَازِعَ الْأَمْرَ أَهْلَهُ لِقَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “ثَلَاثٌ لَا يَغُلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ: إِخْلَاصُ الْعَمَلِ لِلَّهِ, وَطَاعَةُ وُلَاةِ الْأَمْرِ, وَلُزُومُ جَمَاعَتِهِمْ, فَإِنَّ دَعْوَتَهُمْ تُحِيطُ مِنْ وَرَائِهِمْ”, ثُمَّ أَكَّدَ فِي قَوْلِهِ: {أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ} [النساء: 59]. وَأَنْ لَا يَرَى السَّيْفَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَقَالَ الْفُضَيْلُ: ” لَوْ كَانَتْ لِي دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ لَمْ أَجْعَلْهَا إِلَّا فِي إِمَامٍ؛ لِأَنَّهُ إِذَا صَلُحَ الْإِمَامُ أَمِنَ الْبِلَادُ وَالْعِبَادُ. قَالَ ابْنُ الْمُبَارَكِ: يَا مُعَلِّمَ الْخَيْرِ، مَنْ يَجْتَرِئُ عَلَى هَذَا غَيْرُكَ

Dan agar kami tidak mencabut suatu perkara dari ahlinya[3] dengan sabda Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam :

“Tiga perkara yang mana hati seorang muslim tidak pernah dengki : mengikhlashkan amalan karena Allah, ta’at kepada para pemimpin kaum muslimin dan melazimi jama’ah mereka, karena sesungguhnya dakwah meliputi arah belakang mereka[4].”

Kemudian hal ini dikokohkan oleh firman Allah :

“Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.” [QS An-Nisaa’ : 59]

Dan tidak pula mengarahkan pedang kepada umat Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam.

Al-Fudhail (bin ‘Iyaadh) berkata, “Jika saja aku memiliki do’a-do’a yang mustajab, aku tidak akan menjadikan do’a tersebut kecuali (aku jadikan ia) kepada imam (pemimpin), karena apabila shalih seorang imam niscaya amanlah negeri dan penduduknya.” Ibnul Mubaarak berkata, “Wahai pengajar kebaikan, siapa yang berani akan hal ini selain dirimu?[5]

[Syarh Ushuul I’tiqaad Ahlussunnah wal Jamaa’ah 1/172-176]

Demikianlah ‘aqidah sang imam panutan, Abu ‘Abdillaah Al-Bukhaariy. Lebih lengkap mengenai sikap dan bantahan beliau kepada firqah sesat Jahmiyyah dan Mu’tazilah, bisa merujuk kepada kitabnya, “Khalq Af’aal Al-‘Ibaad” termasuk bayan beliau akan lafzhiyyah makhluk dengan Al-Qur’an.

Demikian tulisan singkat kami. Semoga bermanfaat.
Wallaahu ‘Azza wa Jalla a’lam.

Dirampungkan di Ciputat, 3 Rajab 1436 H,

Tommi Marsetio Abu Ahmad Al-Faqiir

Sumber :
Syarh Ushuul I’tiqaad Ahlussunnah wal Jamaa’ah min Al-Kitaab wa As-Sunnah wa Ijmaa’ Ash-Shahaabah wa At-Taabi’iin wa min ba’dihim“, karya Al-Haafizh Abul Qaasim Al-Laalikaa’iy, tahqiiq : Dr. Ahmad bin Sa’d bin Hamdaan Al-Ghaamidiy, Daar Thayyibah, cetakan kedua.

Footnotes :

[1] Sebab tidak ada gunanya memperpanjang suatu hal yang bukan merupakan intisari dari apa yang ingin dibicarakan.

[2] Perkataan ‘Aaisyah radhiyallaahu ‘anha ini diriwayatkan oleh Imam Muslim rahimahullah dalam Shahih-nya no. 3022 :

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، أَخْبَرَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: قَالَتْ لِي عَائِشَةُ: يَا ابْنَ أُخْتِي ” أُمِرُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِأَصْحَابِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَسَبُّوهُمْ “، وحَدَّثَنَاه أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، حَدَّثَنَا هِشَامٌ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ

Yahyaa bin Yahyaa telah menceritakan kepada kami, Abu Mu’aawiyah telah mengkhabarkan kepada kami, dari Hisyaam bin ‘Urwah, dari Ayahnya, ia berkata, ‘Aaisyah berkata kepadaku, “Wahai putra saudariku, mereka diperintahkan agar memohonkan ampunan bagi para sahabat Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam namun mereka malah mencela para sahabat.” Dan Abu Bakr bin Abi Syaibah telah menceritakannya kepada kami, Abu Usaamah telah menceritakan kepada kami, Hisyaam telah menceritakan kepada kami dengan sanad ini, semisal hadits tersebut.

Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkannya dalam Fadhaa’il Ash-Shahaabah no. 14 dan no. 1738 dengan sanad :

قثنا وَكِيعٌ، وَأَبُو مُعَاوِيَةَ، قَالا: نا هِشَامٌ يَعْنِي ابْنَ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ: ” أُمِرُوا بِالاسْتِغْفَارِ لأَصْحَابِ مُحَمَّدٍ فَسَبُّوهُمْ

Wakii’ dan Abu Mu’aawiyah telah menceritakan kepada kami, keduanya berkata, Hisyaam -yaitu Ibnu ‘Urwah- telah mengkhabarkan kepada kami, dari Ayahnya, dari ‘Aaisyah, (dan seterusnya).

Kemudian Imam Ibnu Abi Haatim rahimahullah meriwayatkan pula dalam Tafsir-nya no. 18856 dengan sanad :

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَسْرُوقِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُهَاجِرٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ: ” أُمِرُوا أَنْ يَسَتَغْفَرُوا لَهُمْ فَسَبُّوهُمْ، ثُمَّ قَرَأَتْ هَذِهِ الْآيَةَ: وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالإِيمَانِ

Muusaa bin ‘Abdirrahman Al-Masruuqiy telah menceritakan kepada kami, Muhammad bin Bisyr telah menceritakan kepada kami, Ismaa’iil bin Ibraahiim bin Muhaajir telah menceritakan kepada kami, dari Ayahnya, dari ‘Aaisyah bahwa ia berkata, (dan seterusnya).

Ismaa’iil bin Ibraahiim bin Muhaajir dikatakan oleh Al-Haafizh bahwa ia dha’if [Taqriibut Tahdziib no. 417].
Sementara ayahnya, Ibraahiim bin Muhaajir shaduuq namun lemah hapalannya [Taqriibut Tahdziib no. 254].
Dan tidak diketahui Ibraahiim bin Muhaajir memiliki periwayatan dari ‘Aaisyah, jadi sanadnya munqathi’.

[3] Maksudnya adalah, mencabut suatu perkara yang berhubungan dengan kemaslahatan suatu kaum dari orang yang memang ahli di bidangnya, kemudian menyerahkan perkara tersebut kepada orang yang bukan ahlinya. Sebagaimana sabda Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, Nabi bersabda :

إِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا أُسْنِدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ

“Apabila amanah telah disia-siakan, maka tunggulah saat kebinasaan.” Sahabat ada yang bertanya, “Bagaimana maksud amanah tersebut disia-siakan, wahai Rasulullah?” Rasulullah bersabda, “Apabila suatu perkara diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah saat kebinasaan!”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 6496]

[4] Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah menshahihkan hadits ini dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 404, begitu pula Husain Saliim Asad rahimahullah dalam takhriij Sunan Ad-Daarimiy no. 234 dan Syu’aib Al-Arna’uuth hafizhahullah dalam takhriij dan ta’liiq Musnad Ahmad 27/301.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْحَدِيثِ الْمَشْهُورِ فِي السُّنَنِ مِنْ رِوَايَةِ فَقِيهَيْ الصَّحَابَةِ: عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، وَزَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ {ثَلَاثٌ لَا يَغِلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ مُسْلِمٍ إخْلَاصُ الْعَمَلِ لِلَّهِ، وَمُنَاصَحَةُ وُلَاةِ الْأَمْرِ وَلُزُومُ جَمَاعَةِ الْمُسْلِمِينَ؛ فَإِنَّ دَعْوَتَهُمْ تُحِيطُ مِنْ وَرَائِهِمْ} وَفِي حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ الْمَحْفُوظِ: {إنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلَاثًا: أَنْ تَعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا، وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا، وَأَنْ تَنَاصَحُوا مَنْ وَلَّاهُ اللَّهُ أَمْرَكُمْ} . فَقَدْ جَمَعَ فِي هَذِهِ الْأَحَادِيثِ بَيْنَ الْخِصَالِ الثَّلَاثِ؛ إخْلَاصِ الْعَمَلِ لِلَّهِ وَمُنَاصَحَةِ أُولِي الْأَمْرِ وَلُزُومِ جَمَاعَةِ الْمُسْلِمِينَ، وَهَذِهِ الثَّلَاثُ تَجْمَعُ أُصُولَ الدِّينِ وَقَوَاعِدَهُ وَتَجْمَعُ الْحُقُوقَ الَّتِي لِلَّهِ وَلِعِبَادِهِ، وَتَنْتَظِمُ مَصَالِحَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

“Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam sebuah hadits masyhur yang terdapat pada kitab-kitab Sunan dari riwayat dua orang sahabat yang faqih, ‘Abdullaah bin Mas’uud dan Zaid bin Tsaabit : “Tiga perkara yang mana hati seorang muslim tidak pernah dengki yaitu mengikhlaskan amalan karena Allah, menasehati ulil amri dan melazimi jama’ah kaum muslimin karena sesungguhnya dakwah mereka meliputi dari arah belakang mereka.” Lalu dalam hadits Abu Hurairah yang mahfuuzh : “Sesungguhnya Allah meridhai tiga perkara bagi kalian, agar kalian beribadah semata-mata hanya kepadaNya dan janganlah kalian menyekutukanNya dengan sesuatu, agar kalian berpegang teguh kepada tali agama Allah dan janganlah kalian berpecah belah, dan agar kalian menasehati sesiapa yang Allah jadikan ia pemimpin yang mengurus urusan kalian.” Hadits-hadits ini sungguh telah menggabungkan diantara 3 perkara, yaitu : mengikhlaskan amalan karena Allah, menasehati ulil amri dan melazimi jama’ah kaum muslimin. Ketiga perkara tersebut adalah gabungan pokok-pokok agama berikut kaidah-kaidahnya, gabungan hak-hak yang terdiri dari hak Allah dan hak para hambaNya serta mengatur kemaslahatan dunia dan akhirat.”
[Majmuu’ Al-Fataawaa 1/18]

[5] Atsar masyhur dari Fudhail bin ‘Iyaadh rahimahullah ini diriwayatkan Al-Imam Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy rahimahullah dalam Hilyatul Auliyaa’ 8/91, kemudian dalam Fadhiilah Al-‘Aadiliin min Al-Wullah no. 48.

* * * * *

One thought on “‘Aqidah Al-Imam Al-Bukhaariy Rahimahullahu Ta’ala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s